PROGRAM STUDI SARJANA
TEKNIK MESIN - FAKULTAS TEKNIK
UNIVERSITAS SUMATERA UTARA
Gedung J17 Jl. Almamater Kampus USU Medan 2015
mesin.usu.ac.id
RTM2204 DESAIN ELEMEN MESIN II
Program Studi
Fakultas
Referensi Utama
-
SPOT Design Of Machine Element
-
Perencanaan Teknik Mesin Oleh Yoseph Seigley dan Gandhy Harahap,M.Sc
-
Rancangan elemen mesin, oleh Sularso
-
Machine element, Oleh Hall dan Hollowenko.
Dosen Pengampu
-
Ir. Tugirman, MT
Beban kerja Kuliah dalam Jam Per Minggu
Deskripsi Mata Kuliah Sesuai Katalog
Tujuan Instruksional Umum
No. | Luaran-Luaran Pembelajaran Mata Kuliah | IABEE SO | Assessment |
---|---|---|---|
1. | - | ||
2. | - | ||
3. | - | ||
4. | - | ||
5. | - |
Minggu Ke-(Week No.) |
Topik (Topics) |
LPK (CLO)1 |
Sub-topik / indikator kinerja (Subtopics / performance
|
Tugas-tugas (Assignments) |
1, 2, 3 |
Kopling tidak tetap• Kopling gesek• Plat tunggal• Kopling gesek plat ganda• Kopling kerucut• Kopling cakar• Kopling Hidraulik• Menghitung kekuatan, kapasitas, dan ukuran-ukuran (dimensi)
|
Menjelaskan prinsip kerja kopling dan perhitungannya |
||
4,5,6,7 |
Perencanaan rem dan pegas• Rem luar• Rem dalam• Rem Pita• Pegas• Kekuatan/ukuran-ukuran rem dan pegas. |
Menjelaskan berbagai macam jenis rem dan pegas dan perhitungannya |
||
8,9,10,11,12 |
System pelumasan dan bantalan• Pelumasan dan perencanaan bantalan• Persamaan petrafisAngka SOMERFELd |
Menjelaskan jenis pelumasan dan system bantalan |
Tingkat pembelajaran IABEE SO (ABET SO learning level) - L(low),
|
|||
SO |
Deskripsi |
Description |
Level |
1,2 |
[2]. Mampu mendeskripsikan rancangan dalam bentuk gambar teknik
|
[2]. Able to describe the design in accordance with the
|
K,P,T |
0,9 |
[5]. Mampu merencanakan dan mendesain proses pengukuran yang presisi
|
[5]. Able to plan and design precise and accurate measurement process
|
T,S,E |
0,9 |
[6]. Mampu memilih sumberdaya dan memanfaatkan perangkat
|
[6]. Able to design a engineering process by applying the principles
|
T,A,S |
- K - (Knowledge) Pengetahuan
- P - Pemahaman
- T - Terapan(Aplikasi)
- A - Analisa
- S - Perpaduan (Sintesa)
- E - Evaluasi
RTM2201 GETARAN MEKANIS
Program Studi
Fakultas
Referensi Utama
-
William T. Thomson dan Lea Prasetyo,,Teori Getaran Dengan Penerapan, Edisi Kedua tahun 1986, Penerbit Erlangga, Jakarta.
-
M.L. James/G.M. Smith, J.C. Wolford/P.W. Whaley, Vibration of Mechanical and Structural Systems, With Microcomputer Applications, Harper & Row, Publisher, New York. 1986.
Dosen Pengampu
-
Dr.Ing.Ir. Ikhwansyah Isranuri
Beban kerja Kuliah dalam Jam Per Minggu
Deskripsi Mata Kuliah Sesuai Katalog
Tujuan Instruksional Umum
No. | Luaran-Luaran Pembelajaran Mata Kuliah | IABEE SO | Assessment |
---|---|---|---|
1. | - | ||
2. | - | ||
3. | - | ||
4. | - | ||
5. | - |
Minggu Ke-(Week No.) |
Topik (Topics) |
LPK (CLO)1 |
Sub-topik / indikator kinerja (Subtopics / performance
|
Tugas-tugas (Assignments) |
1-2 |
Gerak OsilasiGetaran Bebas satu derajat kebebasan• Gerak harmonik, Periodik, Terminologi Getaran• Sistem-sistem dasar yang dapat bergetar• Persamaan Dasar Gerak Metode D’ Alembert• frekuensi natural (pribadi) |
mampu memahami dan dapat menghitung, menganalisa pokok bahasan yang
|
||
3-4 |
Getaran Bebas satu derajat kebebasan• Metode Energi• Getaran teredam viskos |
mampu memahami dan dapat menghitung, menganalisa pokok bahasan yang
|
||
5-6 |
Getaran Paksa• Getaran harmonik paksa• Kesetimbangan rotasimassa tidak setimbang, akibat efek tumpuan |
mampu memahami dan dapat menghitung, menganalisa pokok bahasan yang
|
||
7 |
Evaluasi I (Quiz I)• Menjelang UTS |
mampu memahami dan dapat menghitung, menganalisa pokok bahasan yang
|
||
8 |
UTS (Ujian Tengah Semester) |
mampu memahami dan menghitung, menganalisa pokok bahasan yang diujikan |
||
9-10 |
Getaran Dua Derajat Kebebasan• Persamaan gerak• Frekuensi natural• Modus getar• Eigen vektor• Eigen vektor orthogonal |
mampu memahami dan menghitung, menganalisa pokok bahasan yang
|
||
11-12 |
Getaran Multi (Banyak) Derajat Kebebasan• Persamaan gerak metode matriks• Frekuensi natural• Modus getar• Eigen vektor• Eigen vektor orthogonal |
mampu memahami dan menghitung, menganalisa pokok bahasan yang
|
||
13-14 |
Kopling• Kopling Statik• Kopling Dinamik• Kopling Statik-Dinamik |
mampu memahami dan menghitung, menganalisa pokok bahasan yang
|
||
15 |
Evaluasi II (Quiz II)• Menjelang UAS |
mampu memahami dan menghitung, menganalisa pokok bahasan yang diujikan |
- |
|
16 |
UAS (Ujian Akhir Semester)• Melakukan Ujian Akhir Semester (UAS) |
mampu memahami dan menghitung, menganalisa pokok bahasan yang diujikan |
Tingkat pembelajaran IABEE SO (ABET SO learning level) - L(low),
|
|||
SO |
Deskripsi |
Description |
Level |
0,8 |
[3]. Mampu merancang dan merekayasa kontruksi mesin dengan
|
[3]. Able to design machinery construction by applying the principles
|
T,A,S |
0,8 |
[4]. Mampu merancang suatu proses kerekayasaan dengan menerapkan
|
[4]. Able to design a engineering process by applying the principles
|
T,S,E |
0,4 |
[9]. Mampu melakukan identifikasi, formulasi dan analisis masalah
|
[9]. Able to identify, formulate and analyse engineering problems in
|
A,S,E |
- K - (Knowledge) Pengetahuan
- P - Pemahaman
- T - Terapan(Aplikasi)
- A - Analisa
- S - Perpaduan (Sintesa)
- E - Evaluasi
RTM2202 MATEMATIKA TEKNIK II
Program Studi
Fakultas
Referensi Utama
-
Erwin Kreyszig,1999, Advanced Engineering Mathematics, John Wiley & Son, Edisi ke 8.
Dosen Pengampu
-
Dr. Tulus Burhanuddin Sitorus, ST.MT
Beban kerja Kuliah dalam Jam Per Minggu
Deskripsi Mata Kuliah Sesuai Katalog
Tujuan Instruksional Umum
No. | Luaran-Luaran Pembelajaran Mata Kuliah | IABEE SO | Assessment |
---|---|---|---|
1. | - | ||
2. | - | ||
3. | - | ||
4. | - | ||
5. | - |
Minggu Ke-(Week No.) |
Topik (Topics) |
LPK (CLO)1 |
Sub-topik / indikator kinerja (Subtopics / performance
|
Tugas-tugas (Assignments) |
1,2,3 |
Bilangan dan fungsi Kompleks dan Pemetaan Conformal• Bilangan Kompleks• Bidang Kompleks• Bentuk Polar Bil. Kompleks• Power dan Akar• Turunan Fungsi Analitik• Pers. Cauchy-Riemann• Geometri Fungsi Analitik (Pemetaan Confromal)• Fungsi Eksponensial• Fungsi Trigonometrik• Fungsi Hiperbolik• Logaritma• Transformasi Fraksi Linear• Permukaan Riemann. |
dapat menghitung, menganalisa pokok bahasan yang diberikan |
||
4,5 |
Integrasi Fungsi Kompleks• Integral Garis dalam Bidang Kompleks• Teorema Integral Cauchy• Formula Integral Cauchy• Turunan Fungsi-fungsi Analitik |
dapat menghitung, menganalisa pokok bahasan yang diberikan |
||
6,7 |
Deret Pangkat, Deret Taylor• Urutan, Deret• Test Konvergensi• Deret Pangkat• Fungsi-fungsi yang diperoleh oleh Deret Pangkat• Deret Taylor , Deret Maclaurin• Konvergensi Uniform. |
dapat menghitung, menganalisa pokok bahasan yang diberikan |
||
8,9 |
Deret Laurent, Integrasi Residu• Deret Laurent• Singularitas dan Nol• Tak berhingga• Metode Integrasi Residu• Evaluasi Integral Nyata |
dapat menghitung, menganalisa pokok bahasan yang diberikan |
||
10,11,12 |
Penerapan Kompleks Pada Teori Potensial• Medan Elektorstatik• Pengggunaan Pemetaan Konformal• Masalah Perpindahan Panas• Aliran Fluida• Formula Integral Poisson• Fungsi Harmonik |
dapat menghitung, menganalisa pokok bahasan yang diberikan |
Tingkat pembelajaran IABEE SO (ABET SO learning level) - L(low),
|
|||
SO |
Deskripsi |
Description |
Level |
3 |
[1]. Mampu menerapkan matematika, sains, material dan prinsip
|
[1]. Able to apply math, science, material and engineering
|
K,P |
- K - (Knowledge) Pengetahuan
- P - Pemahaman
- T - Terapan(Aplikasi)
- A - Analisa
- S - Perpaduan (Sintesa)
- E - Evaluasi
RTM2203 PERPINDAHAN PANAS I
Program Studi
Fakultas
Referensi Utama
-
Fundamental of heat transfer, 1981-frank P. Incropera & David P. Dewitt
-
Initiation aux transferts thermiques, CENTRE d’actualisation seientifique et technique, INSA de lyon, 1982 coordonnateur J.F SACADURA
Dosen Pengampu
-
Prof.Dr.Ir. Farel H. Napitupulu, DEA
Beban kerja Kuliah dalam Jam Per Minggu
Deskripsi Mata Kuliah Sesuai Katalog
Tujuan Instruksional Umum
No. | Luaran-Luaran Pembelajaran Mata Kuliah | IABEE SO | Assessment |
---|---|---|---|
1. | - | ||
2. | - | ||
3. | - | ||
4. | - | ||
5. | - |
Minggu Ke-(Week No.) |
Topik (Topics) |
LPK (CLO)1
|
Sub-topik / indikator kinerja (Subtopics / performance
|
Tugas-tugas (Assignments) |
1 |
Pengantar pindahan panas• Pindahan panas konduksi• Pindahan panas konveksi• Pindahan panas radiasi• Hubungan dengan thermoDinamika |
Mampu memahami metode perpindahan panas |
||
2 |
Pengantar konduksi• Persamaan laju konduksi• Persamaan difusi panas |
Mampu memahami perpindahan panas konduksi |
||
3 |
Dinding rataSystem radialPerpindahan panas dari permukaan yang diperluas• Distribusi suhu• Tahanan panas• Dinding berlapis• Tahanan persinggungan• Silinder• Bola• Analisa konduksi umum• Sirip dengan penampang merata• Performan sirip |
Mampu memahami persoalan konduksi panas keadaan stedi 1 dimensi |
||
4 |
Persamaan benda hinggaPenyelesaian benda hingga• Jaringan nodal• Benda hingga dari persamaan difusi panas• Metode neraca energi• Metode relaksasi• Iterasi Gauss-Seidel• Metode invers matriks |
Mampu memahami persoalan konduksi panas keadaan stedi 2 dimensi |
||
5 |
Benda semi tak terhinggaEfek multidimensi• Kasus suhu permukaan konstan• Kasus konveksi permukaan• Penyelesaian multidimensi |
Mampu memahami persoalan konduksi transien |
||
6 |
Definisi dan hukum radiasi panasRadiasi elektromagnetik• Radiasi panas• Klasifikasi besaran fisika yang digunakan• Definisi dan hukum dasar• Hukum dan radiasi panas• Emisi benda riel• Radiasi yang diterima benda : refleksi, absorpsi, transmissi• Hubungan antara absorpsi dan emisi : hokum Kirce Hoff• Relisasi praktis benda hitam |
Mampu memahami perpindahan panas radiasi |
||
7 |
Pindahan radiasi antara permukaan yang dipisahkan oleh media yang
|
Mampu memahami perpindahan radiasi antara permukaan yang terpisah
|
Tingkat pembelajaran IABEE SO (ABET SO learning level) - L(low),
|
|||
SO |
Deskripsi |
Description |
Level |
0,8 |
[3]. Mampu merancang dan merekayasa kontruksi mesin dengan
|
[3]. Able to design machinery construction by applying the principles
|
T,A,S |
0,8 |
[4]. Mampu merancang suatu proses kerekayasaan dengan menerapkan
|
[4]. Able to design a engineering process by applying the principles
|
T,S,E |
0,4 |
[9]. Mampu melakukan identifikasi, formulasi dan analisis masalah
|
[9]. Able to identify, formulate and analyse engineering problems in
|
A,S,E |
- K - (Knowledge) Pengetahuan
- P - Pemahaman
- T - Terapan(Aplikasi)
- A - Analisa
- S - Perpaduan (Sintesa)
- E - Evaluasi
RTM2207P PRAKTIKUM ILMU LOGAM FISIK
Program Studi
Fakultas
Referensi Utama
-
Intro To Physical Metalurgi, Avner, S. H
-
Engineering Material, Ashy M.F dan jones R.H Regamon, Oxford.
Dosen Pengampu
Beban kerja Kuliah dalam Jam Per Minggu
Deskripsi Mata Kuliah Sesuai Katalog
Tujuan Instruksional Umum
No. | Luaran-Luaran Pembelajaran Mata Kuliah | IABEE SO | Assessment |
---|---|---|---|
1. | - | ||
2. | - | ||
3. | - | ||
4. | - | ||
5. | - |
Minggu Ke-(Week No.) |
Topik (Topics) |
LPK (CLO)1 |
Sub-topik / indikator kinerja (Subtopics / performance
|
Tugas-tugas (Assignments) |
1-2 |
Pengujian impact• Charpy dan izod dan spesmen, jenis-jenis takik• Energi awal, energi akhir. Deskripsi jenis-jenis patahan. |
mampu memahami dan mampu melakukan pengujian,menganalisa membuat
|
||
3-4 |
Pengujian perlakuan panas• Menghaluskan permukaan, mengukur kekerasan, rata-ratakan• Temperatur pemanasan, temperature kritis A11,
|
mampu memahami dan mampu melakukan pengujian,menganalisa membuat
|
||
5-6 |
Pengujian jominy• Hardenaability, pengaruh komposisi, Cr, C dan lain-lain. Pemanasan
|
mampu memahami dan mampu melakukan pengujian,menganalisa membuat
|
||
7-8 |
Pengujian metalography• Fasa-fasa pada baja dan logam Al, Cu, Ti, pemeriksaan dengan
|
mampu memahami dan mampu melakukan pengujian,menganalisa membuat
|
||
9-10 |
Pengujian impact• Assistensi laporan pengujian impact |
mampu memahami dan mampu melakukan pengujian,menganalisa membuat
|
||
11-12 |
Pengujian perlakuan panas• Assistensi laporan pengujian perlakuan panas |
mampu memahami dan mampu melakukan pengujian,menganalisa membuat
|
||
13-14 |
Pengujian jominy• Assistensi laporan pengujian jominy |
mampu memahami dan mampu melakukan pengujian,menganalisa membuat
|
||
15-16 |
Pengujian metalography.• Assistensi laporan pengujian metalography |
mampu memahami dan mampu melakukan pengujian,menganalisa membuat
|
- |
Tingkat pembelajaran IABEE SO (ABET SO learning level) - L(low),
|
|||
SO |
Deskripsi |
Description |
Level |
0,4 |
[1]. Mampu menerapkan matematika, sains, material dan prinsip
|
[1]. Able to apply math, science, material and engineering principles
|
K,P |
1 |
[4]. Mampu merancang suatu proses kerekayasaan dengan menerapkan
|
[4]. Able to design a engineering process by applying the principles
|
T,S,E |
0,6 |
[6]. Mampu memilih sumberdaya dan memanfaatkan perangkat
|
[6]. Capable of selecting resources and utilizing computational
|
T,A,S |
- K - (Knowledge) Pengetahuan
- P - Pemahaman
- T - Terapan(Aplikasi)
- A - Analisa
- S - Perpaduan (Sintesa)
- E - Evaluasi
RTM2205 PROSES PRODUKSI
Program Studi
Fakultas
Referensi Utama
-
Kalpakjian,S, Manufacturing Proceses for Engineering Materials
-
Alexander,J.M, Manufacturing Technologi vol I, Engineering Materials
-
Hosford, W.F. and Caddell, R.M, Metal forming Mechanics and metallurgy
Dosen Pengampu
-
Ir.Syahrul Abda, M.Sc
Beban kerja Kuliah dalam Jam Per Minggu
Deskripsi Mata Kuliah Sesuai Katalog
Tujuan Instruksional Umum
No. | Luaran-Luaran Pembelajaran Mata Kuliah | IABEE SO | Assessment |
---|---|---|---|
1. | - | ||
2. | - | ||
3. | - | ||
4. | - | ||
5. | - |
Minggu Ke-(Week No.) |
Topik (Topics) |
LPK (CLO)1
|
Sub-topik / indikator kinerja (Subtopics / performance
|
Tugas-tugas (Assignments) |
1 |
Gambaran Umum Proses Produksi• Prosedur dalam proses produksi sebuah komponen• contoh-contoh produk manufaktur. |
Mengenal Proses Produksi dan hal-hal yang terkait didalamnya |
||
2 |
Gambaran Umum Proses Produksi• Kriteria dalam pemilihan bahan dan proses |
Mengenal Proses Produksi dan hal-hal yang terkait didalamnya |
||
3 |
Sifat-sifat mekanis bahan• Pengujian bahan |
Mengenal sifat-sifat mekanik bahan |
||
4 |
Sifat-sifat mekanis bahan• Pengujian bahan |
Mengenal sifat-sifat mekanik bahan |
||
5 |
Sifat-sifat mekanis bahan• Tegangan Sisa |
Mengenal sifat-sifat mekanik bahan |
||
6 |
Sifat-sifat mekanis bahan• Kriteria Luluh• Kerja Pembentukan |
Mengenal sifat-sifat mekanik bahan |
||
7 |
Sifat-sifat mekanis bahan• Beberapa metode analisis proses pengerjaan logam |
Mengenal sifat-sifat mekanik bahan |
||
8 |
Proses perubahan bentuk plastis dan analisa proses produksinya• Tempa, Tempa dengan die terbuka dan die tertutup• Gaya-gaya dan kerja pembentukan |
Memahami proses perubahan bentuk |
||
9 |
Proses perubahan bentuk plastis dan analisa proses produksinya• Desain die• Cacat pada penempaan• Peralatan tempa• Rolling |
Memahami proses perubahan bentuk |
- |
|
10 |
Proses perubahan bentuk plastis dan analisa proses produksinya
• Rol datar (analisa gaya, tegangan, torsi, daya, friksi,
|
Memahami proses perubahan bentuk |
||
11 |
Proses perubahan bentuk plastis dan analisa proses produksinya
• Ekstrusi: aliran logam pada proses produksi, gaya dan tegangan
|
Memahami proses perubahan bentuk |
||
12 |
Proses perubahan bentuk plastis dan analisa proses produksinya
• Ekstrusi dalam praktek (ekstrusi panas, dingin, impak), cacat pada
|
Memahami proses perubahan bentuk |
Tingkat pembelajaran IABEE SO (ABET SO learning level) - L(low),
|
|||
SO |
Deskripsi |
Description |
Level |
0,4 |
[4]. Mampu merancang suatu proses kerekayasaan dengan menerapkan
|
[4]. Able to design a engineering process by applying the principles
|
T,S,E |
0,2 |
[5]. Mampu merencanakan dan mendesain proses pengukuran yang presisi
|
[5]. Able to plan and design precise and accurate measurement process
|
T,S,E |
0,6 |
[6]. Mampu memilih sumberdaya dan memanfaatkan perangkat
|
[6]. Capable of selecting resources and utilizing computational
|
T,A,S |
0,8 |
[7]. Mampu bekerja sama dalam tim dan memberikan solusi masalah dalam
|
[7]. Able to provide solution in cross-engineering field with
|
T,A,S |
- K - (Knowledge) Pengetahuan
- P - Pemahaman
- T - Terapan(Aplikasi)
- A - Analisa
- S - Perpaduan (Sintesa)
- E - Evaluasi
RTM2208 STATISTIKA STRUKTUR
Program Studi
Fakultas
Referensi Utama
-
Mechanics for Engineers Statics oleh Ferdinand P.Beer and E.Russell Jhonston Jr.
-
Mekanika Bahan oleh Gere dan Timoshenko
Dosen Pengampu
-
Ir Tugiman, MT
Beban kerja Kuliah dalam Jam Per Minggu
Deskripsi Mata Kuliah Sesuai Katalog
Tujuan Instruksional Umum
No. | Luaran-Luaran Pembelajaran Mata Kuliah | IABEE SO | Assessment |
---|---|---|---|
1. | - | ||
2. | - | ||
3. | - | ||
4. | - | ||
5. | - |
Minggu Ke-(Week No.) |
Topik (Topics) |
LPK (CLO)1
|
Sub-topik / indikator kinerja (Subtopics / performance
|
Tugas-tugas (Assignments) |
1 |
Gaya-Gaya Dua Dimensi• Konsep & Prinsip Dasar Mekanika• Perjumlahan dan Pengurangan Gaya• Kesetimbangan Gaya Dua Dimensi |
Mampu menjumlahkan dan mengurangkan gaya-gaya pada Partikel. |
||
2 |
Gaya-Gaya Tiga Dimensi• Perjumlahan dan Pengurangan Gaya• Kesetimbangan Gaya Tiga Dimensi |
Mampu menjumlahkan dan mengurangkan gaya-gaya pada Partikel |
||
3 |
Statika Benda Tegar Dalam Dua Dimensi• Momen Gaya, Teori Varigon• Momen Kopel• Sistem Equivalent |
Mampu menjumlahkan gaya-gaya dalam benda tegar. |
||
4 |
Statika Benda Tegar Dalam Dua Dimensi• Reaksi Pada Tumpuan/Sambungan• Kesetimbangan Gaya/Momen |
Mampu menjumlahkan gaya-gaya dalam benda tegar. |
||
5 |
Statika Benda Tegar Dalam Tiga Dimensi• Momen Gaya Dalam Ruang• Kopel Sebagai Vektor |
Mampu menjumlahkan gaya-gaya dalam benda tegar. |
||
6 |
Statika Benda Tegar Dalam Tiga Dimensi• Reaksi Pada Tumpuan/Sambungan• Kesetimbangan Gaya/Momen |
Mampu menjumlahkan gaya-gaya dalam benda tegar. |
||
7 |
Titik Berat• Titik berat benda dua dimensi• Titik Berat Dari Luas Penampang |
Mampu menentukan letak titik berat benda/penampang. |
||
8 |
Analisa Struktur• Menentukan Gaya-Gaya Pada Batang dengan Cara Sambungan |
Mampu menentukan gaya-gaya reaksi pada batang. |
||
9 |
Analisa Rangka Dan Machine• Analisa Rangka• Menentukan Gaya-Gaya pada Machine |
Mampu menentukan gaya-gaya reaksi pada batang. |
- |
|
10 |
Gaya Lintang Dan Momen Lentur• Jenis-Jenis Balok.• Gaya Lintang dan Momen Lentur |
Mampu menentukan Reaksi, Gaya Lintang dan Momen Lentur. |
||
11 |
Gaya Lintang Dan Momen Lentur• Hubungan antara beban• gaya lintang dan momen lentur• Diagram gaya lintang dan momen lentur |
Mampu menentukan Reaksi, Gaya Lintang dan Momen Lentur. |
||
12 |
Momen Inertia• Momen inertia dari luas penampang• Teori sumbu sejajar• Momen Inertia polar |
Mampu menghitung momen inertia penampang |
Tingkat pembelajaran IABEE SO (ABET SO learning level) - L(low),
|
|||
SO |
Deskripsi |
Description |
Level |
1,2 |
[1]. Mampu menerapkan matematika, sains, material dan prinsip
|
[1]. Able to apply math, science, material and engineering principles
|
K,P |
0,9 |
[3]. Mampu merancang dan merekayasa kontruksi mesin dengan
|
[3]. Able to design machinery construction by applying the principles
|
T,A,S |
0,9 |
[4]. Mampu merancang suatu proses kerekayasaan dengan menerapkan
|
[4]. Able to design a engineering process by applying the principles
|
T,S,E |
- K - (Knowledge) Pengetahuan
- P - Pemahaman
- T - Terapan(Aplikasi)
- A - Analisa
- S - Perpaduan (Sintesa)
- E - Evaluasi
RTM2206 TERMODINAMIKA TEKNIK II
Program Studi
Fakultas
Referensi Utama
-
Soebiyantoro, Dasar Termodinamika Teknik, Universitas Gunadarma,1997
-
William C. Reynolds, Henry C. Perkins, Engineering thermodynamics, Mc Graw-Hill, Engkand, 1997
-
Werlin S. Nainggolan, Termodinamika Teori-Soal-Penyelasaian, CV. Armico, Bandung, 1987
Dosen Pengampu
-
Dr.Eng. Himsar Ambarita, ST.MT
Beban kerja Kuliah dalam Jam Per Minggu
Deskripsi Mata Kuliah Sesuai Katalog
Tujuan Instruksional Umum
No. | Luaran-Luaran Pembelajaran Mata Kuliah | IABEE SO | Assessment |
---|---|---|---|
1. | - | ||
2. | - | ||
3. | - | ||
4. | - | ||
5. | - |
Minggu Ke-(Week No.) |
Topik (Topics) |
LPK (CLO)1
|
Sub-topik / indikator kinerja (Subtopics / performance
|
Tugas-tugas (Assignments) |
1-2 |
Tingkat keadaan termodinamika• Persamaan Gibbs.• Persamaan tingkat keadaan gas sempurna.• Persamaan tingkat kaadaan aljabar cairan inkompresibel.• Persamaan diferensial tingkat keadaan |
mampu memahami pengunaan hukum-hukum pertama dan kedua untuk
|
||
3-4 |
Analisa system termodinamik yang mengandung zat kerja uap dan gas .
|
mampu memahami dan menganalisa berbagai system yang mengandung zat
|
||
5-6 |
Berbagai siklus tenaga gas dan system penghasil daya dorong• Siklus Otto• Siklus diesel• Sistem dorong sederhana jenis “ Blowdown”• Sistem pendorong lainnya |
mampu memahami siklus tenaga gas lainnya dan berbagai system propulsi
|
||
7-8 |
Termodinamika campuran-campuran tak bereaksi dan penerapannya .• Campuran berbagai zat bebas dan gas sempurna• Penerapan terhadap berbagai campuran udara uap air• Penerapan pada pengaturan suhu udara• Penerapan pada menara pendingin |
mampu memahami teori termodinamika berbagai campuran dari berbagai
|
||
9-10 |
Termodinamika campuran-campuran bereaksi dan prinsip dasar pada aliran
|
mampu memahami berbagai aspek campuran berbagai zat yang mengalami
|
||
11-12 |
Sifat-sifat stagnasi pada aliaran kompresibel dan aliran isentropic
|
mampu memahami keadaan stagnasi isentropic dan aliran isentropic
|
||
13-14 |
Perhitungan aliran termampatkan (Kompresibel).• Pipa semprot aliran termampatkan .• Analisa mesin jet .• Aliran pipa Konvergen-Divergen• Rancangan pipa semprot uap• Perancangan jet-ram nuklir |
mampu memahami berbagai contoh perhitungan dalam aliran termampatkan
|
Tingkat pembelajaran IABEE SO (ABET SO learning level) - L(low),
|
|||
SO |
Deskripsi |
Description |
Level |
1,2 |
[3]. Mampu merancang dan merekayasa kontruksi mesin dengan
|
[3]. Able to design machinery construction by applying the principles
|
T,A,S |
1,2 |
[4]. Mampu merancang suatu proses kerekayasaan dengan menerapkan
|
[4]. Able to design a engineering process by applying the principles
|
T,S,E |
0,6 |
[9]. Mampu melakukan identifikasi, formulasi dan analisis masalah
|
[9]. Able to identify, formulate and analyse engineering problems in
|
A,S,E |
- K - (Knowledge) Pengetahuan
- P - Pemahaman
- T - Terapan(Aplikasi)
- A - Analisa
- S - Perpaduan (Sintesa)
- E - Evaluasi