Bidang Tek Pemeliharaan dan Perawatan

Rencana Pembelajaran Semester (RPS/SAP)

 

   

PROGRAM STUDI SARJANA
TEKNIK MESIN FAKULTAS TEKNIK
UNIVERSITAS SUMATERA UTARA
Gedung J17 Jl. Almamater Kampus USU Medan 2015
dtm.usu.ac.id

 

 

Pilihan Wajib 1 Semester Ganjil 

 

Bidang Teknik Pemeliharaan dan Perawatan

 

MANAJEMEN PEMELIHARAAN PABRIK

Program Studi (Study Program)
Teknik Mesin (Mechanical Engineering)
Fakultas / Sekolah (Faculty / School)
Fakultas Teknik (Engineering Faculty)
Kode Kuliah (Course Number)
RTM 4323
Nama Kuliah (Course Title)
Manajemen Pemeliharaan Pabrik
Beban Kuliah (Course Load)
2 sks / 2 crs.
Sifat Kuliah (Wajib / Pilihan)
Course Type (Mandatory / Elective)
Pilihan Wajib Prodi 1
(Selection Program-Mandatory 1)
Prasyarat (Prerequisites)
Syarat Pengambilan Bersama (CoRequisites)
Referensi Utama (Primary References)
Bahan Pelengkap (Supplemental Material)
Semester Posisi Kuliah (Course Semester)
7
Koordinator Matakuliah (Course Coordinator)
Dosen Pengampu (Course Instructor)
Ir. Alfian Hamsi, M.Sc
Beban Kerja Kuliah dalam Jam Per Minggu (Course Load in Hours Per Week)
–    Tatap muka kelas (classroom sessions): 3
–    Responsi / tutorial (tutorials):
–    Belajar mandiri (independent study): 5
Deskripsi Matakuliah Sesuai Katalog (Course Description In Catalog)
Mata kuliah Manajemen Pemeliharaan Pabrik adalah Matakuliah yang mempelajari tentang Sejarah pemeliharaan pabrik agar mahasiswa dapat mengerti tentang sistem pemeliharaan preventive, break down, corrective, productive dan pencegahan
Tujuan Instruksional Umum (Course Objectives)
Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa akan mampu merencanakan, mengestimasi, merekam dan mengetsekusi pekerjaan-pekerjaan pemeliharaan dari suatu pabrik secara lengkap, baik pemeliharaan mingguan, bulanan dan tahunan
Luaran-Luaran Pembelajaran Matakuliah
(Course Learning Outcomes)
IABEE SO
Assessment
1.
2.
3.
4.
5.

Rencana Perkuliahan Mingguan (Weekly Course Plan)

Minggu Ke-
(Week No.)
Topik (Topics)
LPK (CLO)1
Sub-topik / indikator kinerja (Subtopics / performance indicators)
Tugas-tugas (Assignments)
1
Sejarah Pemeliharaan Pabrik
•     Pemeliharaan Breakdown
     *) Menjelaskan GBRP, TIK
     *) Diagram Kinematis, mekanisme, pasangan
     *) Gerak Translasi dan rotasi, perjumlahan dan pengurangan vector, penggabungan dan penguraian vektor
Diharapkan mahasiswa dapat mengerti tentang Pemeliharaan Breakdown
•   Mendengar dan mencatat dan bertanya
•   Mahasiswa Menyimpulkan
•   Presentasi tugas kelompok
2
Sejarah Pemeliharaan Pabrik
•     Pemeliharaan Preventive
     *) Menjelaskan kecepatan linier, kecepatan sudut, percepatan linier, percepatan sudut, percepatan normal dan tangential
Diharapkan mahasiswa dapat mengerti tentang Pemeliharaan Preventive
•   Mendengar dan mencatat dan bertanya
•   Mahasiswa Menyimpulkan
•   Presentasi tugas kelompok
3
Perintah-perintah kerja pada pemeliharaan pabrik
 •     Breakdown, corrective, productive dan pencegahan
     *) Menjelaskan gerakan absolute dan relative, metode pemindahan gerakan, ratio kecepatan sudut, kontak meluncur dan menggelinding
Diharapkan mahasiswa dapat mengerti tentang Perintah-perintah kerja pada pemeliharaan pabrik : Breakdown, Corrective, Productive dan Pencegahan
•   Mendengar dan mencatat dan bertanya
•   Mahasiswa Menyimpulkan
•   Presentasi tugas kelompok
4
Perintah-perintah kerja pada pemeliharaan pabrik
 •     Breakdown, corrective, productive dan pencegahan
     *) Menjelaskan Sistem empat batang, Batang Penghubung seret, Mekanisme engkol peluncur, Mekanisme pembalik cepat
Diharapkan mahasiswa dapat mengerti tentang Perintah-perintah kerja pada pemeliharaan pabrik : Breakdown, Corrective, Productive dan Pencegahan
•   Mendengar dan mencatat dan bertanya
•   Mahasiswa Menyimpulkan
•   Presentasi tugas kelompok
5
Organisasi dan ruang lingkup pemeliharaan
 •     Pemeliharaan pabrik yang beroperasi kontinu
     *) Menjelaskan benda meluncur dan menggelinding, Teori Kenedy, Mekanisme kontak langsung, Metoda diagram lingkaran
Diharapkan mahasiswa dapat mengerti pentingnya pemeliharaan pabrik dan arti serta implementasi dari perintah-perintah kerja pada manajemen pemeliharaan pabrik serta mengerti akan organisasi dan ruang lingkup pemeliharaan pabrik secara keseluruhan
•   Mendengar dan mencatat dan bertanya
•   Mahasiswa Menyimpulkan
•   Presentasi tugas kelompok
6
Organisasi ruang lingkup pemeliharaan
•     Menjaga kapasitas produksi stabil
     *) Menjelaskan menentukan kecepatan linier, Kecepatan dalam rangkaian system batang penghubung empat batang, Kecepatan mekanisme engkol peluncur, Menentukan kecepatan sudut
Diharapkan mahasiswa dapat mengerti pentingnya pemeliharaan pabrik dan arti serta implementasi dari perintah-perintah kerja pada manajemen pemeliharaan pabrik serta mengerti akan organisasi dan ruang lingkup pemeliharaan pabrik secara keseluruhan
•   Mendengar dan mencatat dan bertanya
•   Mahasiswa Menyimpulkan
•   Presentasi tugas kelompok
7
Perintah-perintah kerja harian
•     Ruang lingkup pemeliharaan
     *) Menjelaskan Kecepatan relative dua titik berbeda, Kecepatan relative Dua Titik pada satu penghubung kaku
Diharapkan mahasiswa dapat mengerti pentingnya pemeliharaan pabrik dan arti serta implementasi dari perintah-perintah kerja pada manajemen pemeliharaan pabrik serta mengerti akan organisasi dan ruang lingkup pemeliharaan pabrik secara keseluruhan
•   Mendengar dan mencatat dan bertanya
•   Mahasiswa Menyimpulkan
•   Presentasi tugas kelompok
8
Perintah-perintah kerja harian
•     Tujuan pemeliharaan pabrik
     *) Menjelaskan mekanisme peluncur, Mekanisme empat batang
Diharapkan mahasiswa dapat mengerti pentingnya pemeliharaan pabrik dan arti serta implementasi dari perintah-perintah kerja pada manajemen pemeliharaan pabrik serta mengerti akan organisasi dan ruang lingkup pemeliharaan pabrik secara keseluruhan
•   Mendengar dan mencatat dan bertanya
•   Mahasiswa Menyimpulkan
•   Presentasi tugas kelompok
9
Tanggung jawab dan hak
•     Organisasi dan fungsi pemeliharaan
     *) Menjelaskan kecepatan pada Mesin Powel, Dua titik berimpit, Mekanisme penyerut
Diharapkan mahasiswa dapat menguraikan tugas masing-masing bahagian departemen pemeliharaan dan tugas-tugas bahasian perencanaan
•   Mendengar dan mencatat dan bertanya
•   Mahasiswa Menyimpulkan
•   Presentasi tugas kelompok
10
Desain engineering
•     Organisasi workshop
     *) Menjelaskan kecepatan pada mekanisme penyerut, Metode khusus penyelesaian kecepatan, Titik Bantu
Diharapkan mahasiswa dapat menguraikan tugas masing-masing bahagian departemen pemeliharaan dan tugas-tugas bahasian perencanaan
•   Mendengar dan mencatat dan bertanya
•   Mahasiswa Menyimpulkan
•   Presentasi tugas kelompok
Tingkat pembelajaran IABEE SO (ABET SO learning level) – L(low), M(medium), H(high)
SO
Deskripsi
Description
Level
0,2
[3].  Mampu merancang dan merekayasa kontruksi  mesin dengan menerapkan teori dan prinsip rekayasa mekanik dengan benar. Serta merancang Prosedur Standard operasi Mesin dan Merancang Perawatan mesin-mesin produksi;
[3].    Able to design machinery construction  by applying the principles of mechanical engineering. As well as designing Standard Operating Procedures for Machinery and Maintenance planning;
T,A,S
0,2
[4].  Mampu merancang suatu proses kerekayasaan dengan menerapkan prinsip perancangan sistem mekanik dari berbagai aplikasi Industri dengan memperhatikan unsur keselamatan, kehandalan, kemudahan serta faktor faktor ekonomi, sosiokultur dan lingkungan.
[4].  Able to design a engineering process by applying the principles of designing mechanical systems from various Industri applications with attention to the element of safety, reliability, convenience and economic factors, sociocultural and environment.
T,S,E
0,1
[6].  Mampu memilih sumberdaya dan memanfaatkan perangkat perancangan-dan-analisis berbasis TIK dan komputasi untuk melakukan aktivitas rekayasa teknik mesin
[6].   Capable of selecting resources and utilizing computational design-and-analysis tools for mechanical engineering activities.
T,A,S
0,2
[7].  Mampu bekerja sama dalam tim dan memberikan solusi masalah dalam lintas bidang keteknikan dengan memperhatikan faktor-faktor ekonomi, kesehatan dan keselamatan publik, etika dan lingkungan.
[7].  Able to provide solution in cross-engineering field with attention to economic, public health and safety factors, ethics and environmental consideration.
T,A,S
0,2
[9].  Mampu melakukan identifikasi, formulasi dan analisis masalah rekayasa sesuai dengan bidang keilmuan teknik mesin melalui penelitian.
[9].  Able to identify, formulate and analyse engineering problems in accordance with the field of mechanical engineering through research.
A,S,E
0,1
[10].Mampu menerapkan kerekayasaan teknik mesin dan melakukan penelitian dibawah bimbingan dengan memakai kaedah-kaedah ilmiah dan menghasilkan karya ilmiah, melibatkan proses pembelajaran sepanjang hayat terhadap pengetahuan kekinian yang relevan.
[10].     Able to apply mechanical engineering and conduct research under guidance by using scientific methods and producing scientific papers, involve a lifelong learning process to the relevant contemporary knowledge.
K,P,T,A
K – (Knowledge) Pengetahuan
P – Pemahaman
T – Terapan(Aplikasi)
A – Analisa
S – Perpaduan (Sintesa)
E – Evaluasi