Penilaian Prodi

Penilaian proses dan hasil belajar mahasiswa mencakup:

  1. Prinsip penilaian;
  2. Teknik dan instrumen penilaian;
  3. Mekanisme dan prosedur penilaian;
  4. Pelaksanaan penilaian;
  5. Pelaporan penilaian; dan
  6. Kelulusan mahasiswa.

Prinsip penilaian mencakup prinsip edukatif, otentik, objektif, akuntabel, dan transparan yang dilakukan secara terintegrasi.

Komponen penilaian yang diterapkan di Teknik Mesin FT-USU:

  1. Keaktifan mahasiswa dalam kelas, Kegiatan SCL, Tugas dan Quiz 30 – 60%
  2. Sikap, Prilaku mahasiswa 10%,
  3. Ujian Tengah Semester (UTS): 10 – 30%
  4. Ujian Akhir Semester (UAS): 20 – 60%

Domain dan atribut penilaian sikap dan perilaku mahasiswa adalah:

Penilaian Prodi

KomunikasiBerkomunikasi secara efektif dalam menyajikan informasi, ide-ide dan persuasif dalam menulis
Cermat
Berinteraksi secara efektif dengan orang lain
Menyampaikan ide-ide dalam kelas atau publik dengan yakin
Kemampuan untuk mengekspresikan & berkontribusi pandangan & gagasan dengan lancar & spontan
Kepemimpinan/LeadershipMemimpin kelompok tim / proyek
Menunjukkan rasa percaya diri dalam berurusan dengan orang lain
Membuat keputusan berdasarkan semua factor & isu-isu kunci
Mendelegasikan tugas
Memberikan instruksi yang jelas & tepat kepada orang lain
Kerja Tim/TeamworkKontribusi yang konstruktif terhadap penetapan target
Dukungan Misi tim
Mengembangkan & memelihara hubungan positif antara anggota
ProfessionalismeMenyelesaikan tugas yang ditugaskan
Praktek manajemen waktu yang baik
Kontrol emosi dalam berbagai situasi
Mengikuti standar & prosedur
Penyelesaian masalah & Berfikir kritis (Problem Solving & Critical Thinking)Analisis masalah
Evaluasi kemungkinan penyelesaian masalah
Membuat keputusan berdasarkan informasi faktual
Mengatur pekerjaan secara sistematis dan / atau dalam urutan yang logis
Beragam tugas (Multitasking)Mengerjakan berbagai tugas
Melaksanakan tugas-tugas tak-rutin
Berurutan serta melakukan tugas-tugas sesuai dengan prioritas
Manajemen informasi & Belajar sepanjang hayat (Information Management & Lifelong Learning)Mengumpulkan / memperoleh informasi dari berbagai sumber
Mengelola informasi yang relevan dari berbagai sumber
Mengelola informasi yang relevan dari berbagai sumber

Contoh Tabel Spesifikasi pemetaan soal ujian Getaran Mekanik:

No Topik Bentuk Seleksi  Bentuk Supply  Total Nilai (a+b)
 Pengetahuan  Komprehensif  Aplikasi Total Nilai (a) Jumlah soal (nilai/soal)  Pengetahuan  Komprehensif  Aplikasi Aplikasi lebih dalam Total Nilai (b) Jumlah soal (nilai/soal)
1 Dasar Getaran 7 7 7 10 0 0 0 10 2(5) 17
2 Getaran paksa dan redaman 2 3 4 9 9 3 3 4 1 10 2(5) 19
3 Sustem getaran – analisis modal 4 3 7 7 0 0 6 0 10 2(5) 17
4 Getaran Transien 2 2 4 4 2 2 2 1 5 1(5) 9
5 Metode Pendekatan Numerik 4 0 5 9 9 4 4 4 0 8 2(4) 17
6 Sistem berparameter banyak 5 2 7 7 0 0 0 0 0 7
7 Getaran non linear 2 2 4 4 3 3 0 0 3 1(3) 7
8 Getaran Acek 3 3 3 0 0 0 0 4 1(4) 7