Rencana Pembelajaran Semester (RPS/SAP) Semester 2

PROGRAM STUDI SARJANA
TEKNIK MESIN - FAKULTAS TEKNIK
UNIVERSITAS SUMATERA UTARA
Gedung J17 Jl. Almamater Kampus USU Medan 2015
mesin.usu.ac.id

RTF3202 EKONOMI TEKNIK

2 SKS
Wajib

Program Studi

Teknik Mesin

Fakultas

Fakultas Teknik

Referensi Utama

  • Thuessen, G.J., and Fabricky, W.J., Engineering Economy, Prentice Hall, New Jersey, 1993.
  • Barish, N.N, and Seymore Caplan, Economic Analysis for Engineering and Managerial Decision Making, New York, 1978.
  • Joyowiyono dan Marsudi, F.X., Ekonomi Teknik, Jilid 1, Dep.P.U., Jakarta, 1989
Bahan Pelengkap
Koordinator Mata Kuliah

Dosen Pengampu

  • Prof.Dr.Ir. Darwin Sitompul, M.Eng

Beban kerja Kuliah dalam Jam Per Minggu

Tatap muka kelas (2 jam)
Responsi / tutorial (3 jam)
Belajar Mandiri (4 jam)

Deskripsi Mata Kuliah Sesuai Katalog

Mata Kuliah ini mempelajari prinsip-prinsip analisa dan evaluasi aspek ekonomi dari suatu rencana sistem produksi dan aliran keuangan (cash flow), depresiasi, teori pengambilan keputusan dan analisis ekonomi bagi proyek-proyek umum.

Tujuan Instruksional Umum

Setelah menyelesaikan mata kuliah ini mahasiswa akan dapat membuat model dan menganalisis suatu proyek-proyek umum secara ekonomis dan effisien.
No. Luaran-Luaran Pembelajaran Mata Kuliah IABEE SO Assessment
1.
2.
3.
4.
5.
Minggu Ke-
(Week No.)
Topik (Topics)
LPK (CLO)1
Sub-topik / indikator kinerja (Subtopics / performance
indicators)</strong >
Tugas-tugas (Assignments)
1-2
Pendahuluan
•   Pengertian dan ruang lingkup ekonomi teknik
•   Konsep nilai waktu dari uang (Time Value of Money)
•   Pengertian ekivalensi
mampu menghitung, menganalisa pokok bahasan yang diberikan
3-4-5
Pendahuluan
•   Notasi yang digunakan
•   Hubungan P dan F
•   Hubungan F dan A
•   Hubungan P dan A
•   Gradien Samarata
•   Sukubunga Nominal dan Efektif
•   Conto-contoh
 mampu menghitung, menganalisa pokok bahasan yang diberikan
6
Evaluasi I (Quiz I)
•   Menjelang UTS
mampu menghitung, menganalisa pokok bahasan yang diujikan
7
UTS (Ujian Tengah Semester)
mampu menghitung, menganalisa pokok bahasan yang diujikan
8-9
Ekivalensi Nilai
•   Pengertian Ekivalensi Nilai
•   Ekivalensi Nilai Tahunan
•    (Equivalent Uniform Annual Cash Flow)
•   Ekivalensi Nilai Sekarang (Present Worth)
•   Hubungan antara Ekivalensi Nilai •   Tahunan dengan Ekivalensi
Nilai Sekarang)
mampu menghitung, menganalisa pokok bahasan yang diberikan
10-11
Laju Pengembangan (Rate Of Return= ROR)
•   Pengertian dan Kegunaan
•   Contoh Perhitungan
•   Laju Pengembalian Dalam (Internal Rate of Return = IRR)
mampu menghitung, menganalisa pokok bahasan yang diberikan
12
Nisbah Manfaat Biaya (Benefit Cost Ratio)
•   Pengertian dan Kegunaan
•   Contoh Perhitungan
mampu menghitung, menganalisa pokok bahasan yang diberikan
13-14
Depresiasi dan Umur
•   Depresiasi
•   Umur Ekonomis
mampu menghitung, menganalisa pokok bahasan yang diberikan
-
Tingkat pembelajaran IABEE SO (ABET SO learning level) - L(low),
M(medium), H(high)
SO
Deskripsi
Description
Level
  1
[4].  Mampu merancang suatu proses kerekayasaan dengan menerapkan
prinsip perancangan sistem mekanik dari berbagai aplikasi Industri
dengan memperhatikan unsur keselamatan, kehandalan, kemudahan serta
faktor faktor ekonomi, sosiokultur dan lingkungan.
[4].   Able to design a engineering process by applying the principles
of designing mechanical systems from various Industri applications
with attention to the element of safety, reliability, convenience and
economic factors, sociocultural and environment.
T,S,E
0,2
[5].  Mampu merencanakan dan mendesain proses pengukuran yang presisi
dan akurat dalam menyelesaikan masalah keteknikan secara bertanggung
jawab dan beretika.
[5].  Able to plan and design precise and accurate measurement process
in solving engineering problems with full a responsible and ethical
manner.
T,S,E
0,8
[7].  Mampu bekerja sama dalam tim dan memberikan solusi masalah dalam
lintas bidang keteknikan dengan memperhatikan faktor-faktor ekonomi,
kesehatan dan keselamatan publik, etika dan lingkungan.
[7].  Able to provide solution in cross-engineering field with
attention to economic, public health and safety factors, ethics and
environmental consideration.
T,A,S
  • K - (Knowledge) Pengetahuan
  • P - Pemahaman
  • T - Terapan(Aplikasi)
  • A - Analisa
  • S - Perpaduan (Sintesa)
  • E - Evaluasi

RTF3202 ETIKA PROFESI

2 SKS
Wajib

Program Studi

Teknik Mesin

Fakultas

Fakultas Teknik

Referensi Utama

  • Sonny Keraf. Etika Bisnis
  • Franz M.Suseno,Etika Dasar
  • Prof. Poedjawiyata,Etika Filsafat Tingkah Laku
  • K.Bartens,Etika
Bahan Pelengkap
Koordinator Mata Kuliah

Dosen Pengampu

  • Ir. Farida Ariani Daulay, MT

Beban kerja Kuliah dalam Jam Per Minggu

Tatap muka kelas (2 jam)
Responsi / tutorial (3 jam)
Belajar Mandiri (4 jam)

Deskripsi Mata Kuliah Sesuai Katalog

Mata kuliah ini membahas tentang sikap intelektualitas seorang yang bergerak dalam bidang profesinya misalnya bisnis. Sudah barang tetu yang dihadapi oleh pengemban profesi adalah kelompok manusia baik perorangan, yang berbeda latar belakang. Untuk berhasilnya pengemban profesi dalam menjalankan tugas tentu harus memamfaatkan pengetahuan-pengetahuan, Ilmu Ekonomi, Sosiologi, Psikologi Sosial, Etika Dasar, Etika Bisnis

Tujuan Instruksional Umum

Setelah menyelesaikan mata kuliah ini (pada akhir semester) maka diharapkan mahasiswa dapat menjelaskan tentang konsep-konpsep yang dikembangkan untuk mengkaji fenomena-fenomena sosial dan penalaran mahasiswa sebagai calon pengemban profesi.
No. Luaran-Luaran Pembelajaran Mata Kuliah IABEE SO Assessment
1.
2.
3.
4.
5.
Minggu Ke-
(Week No.)
Topik (Topics)
LPK (CLO)1
Sub-topik / indikator kinerja (Subtopics / performance
indicators)
Tugas-tugas (Assignments)
1
Pengertian etika dan moral
•   Etika deontologi
•   Etika deskrifsi
•   Etika normatif
•   Etika teologie
dapat menjelaskan dan memahami arti etika dan moral serta dapat
menjelaskan persamaan dan perbedaan etika dan moral
2
Hubungan etika dan profesi
•   Sistematika  etika
•   Profesi dan pekerjaan
•   Pengertian profesi
•   Ciri-ciri profesi
•   Prinsip-prinsip etika profesi
•   Hubungan etika dan profesi
•   Kode etik profesi
dapat menjelaskan secara konprehensif nilai-nilai etika dalam profesi.
3
Etika dan bisnis
•   Bisnis sebagai profesi
•   Prinsip-prinsip etika bisnis
•   Hubungan primer
•   Hubungan sekunder
•   Hubungan etika bisnis sebagai profesi
dapat menjelaskan secara analitis tentang bisnis sebagai profesi dan
prinsip-prinsip etika bisnis
4
Tanggungjawab sosial perusahaan dan etika profesi
•   Status perusahaan
•   Tanggungjawab sosial perusahaan
•   Peningkatan sumber daya manusia
•   Kawajiban moral
dapat menjelaskan secara terperinci tanggungjawab sosial perusahaan
dari segi etika profesi
5
Keadilan sosial dan etika profesi
•   Pengertian keadilan sosial
•   Beberapa paham tentang keadilan
•   Keadilan sebagai hak
•   Hak legal dan normal
dapat menjelaskan pengertian keadilan sosial serta beberapa paham
tentang keadilan
6
Nilai dan moral
•   Nilai moral
•   Normal moral
dapat menjelaskan arti nilaidan moral serta mamanifasikannya
7
Objek etika
•   Tindakan manusia
•   Determinisme materialistis
•   Determinisme religius
•   Kesadaran etis
dapat menjelaskan tindakan manusia, yang berhubungan dengan etika
8
Beberapa sistem filsafat moral
•   Hedonisme
•   Utilirisme
•   Sosialisme
•   Humanisme
•   Vitalisme
dapat menjelaskan sifat penganut sistem filosof tersebut
-
9-10
Jurusan tenik mesin sebagai objek
•   Kepropesian teknik mesin
•   Sub. Propesi teknik mesin
dapat memahami etika sebagai ilmuan
11-12
Etika dan organisasi
•   Kepropesian teknik mesin
•   Sub. Propesi teknik mesin
dapat memahami etika sebagai tenaga kerja
Tingkat pembelajaran IABEE SO (ABET SO learning level) - L(low),
M(medium), H(high)
SO
Deskripsi
Description
Level
0,4
[4].  Mampu merancang suatu proses kerekayasaan dengan menerapkan
prinsip perancangan sistem mekanik dari berbagai aplikasi Industri
dengan memperhatikan unsur keselamatan, kehandalan, kemudahan serta
faktor faktor ekonomi, sosiokultur dan lingkungan.
[4].    Able to design a engineering process by applying the
principles of designing mechanical systems from various Industri
applications with attention to the element of safety, reliability,
convenience and economic factors, sociocultural and environment.
T,S,E
0,4
[5].  Mampu merencanakan dan mendesain proses pengukuran yang presisi
dan akurat dalam menyelesaikan masalah keteknikan secara bertanggung
jawab dan beretika.
[5].  Able to plan and design precise and accurate measurement process
in solving engineering problems with full a responsible and ethical
manner.
T,S,E
0,4
[7].  Mampu bekerja sama dalam tim dan memberikan solusi masalah dalam
lintas bidang keteknikan dengan memperhatikan faktor-faktor ekonomi,
kesehatan dan keselamatan publik, etika dan lingkungan.
[7].  Able to provide solution in cross-engineering field with
attention to economic, public health and safety factors, ethics and
environmental consideration.
T,A,S
0,4
[8].  Mampu menulis proposal untuk penawaran dan laporan Proyek
berkaitan Menguasai rekayasa permesinan, berkomunikasi, negosiasi dan
presentasi berkaitan bidang teknik mesin; sesuai bidang konsentrasi.
[8].  Able to write proposals for bidding and Project reports relating
to Mastering in mechanical engineering, communicate, negotiate and
presentations related to mechanical engineering; according to the
field of concentration.
P,T,A
0,4
[10].     Mampu menerapkan kerekayasaan teknik mesin dan melakukan
penelitian dibawah bimbingan dengan memakai kaedah-kaedah ilmiah dan
menghasilkan karya ilmiah, melibatkan proses pembelajaran sepanjang
hayat terhadap pengetahuan kekinian yang relevan.
[10].     Able to apply mechanical engineering and conduct research
under guidance by using scientific methods and producing scientific
papers, involve a lifelong learning process to the relevant
contemporary knowledge.
K,P,T,A
  • K - (Knowledge) Pengetahuan
  • P - Pemahaman
  • T - Terapan(Aplikasi)
  • A - Analisa
  • S - Perpaduan (Sintesa)
  • E - Evaluasi

RTM1203 FISIKA DASAR II

2 SKS
Wajib

Program Studi

Teknik Mesin

Fakultas

Fakultas Teknik

Referensi Utama

  • David Haliday and Restnick (1988). Fundamentals of physics,John,Wiley Schaum Series, Fisika, Erlangga
Bahan Pelengkap
Koordinator Mata Kuliah

Dosen Pengampu

  • Terang UHSG, ST. MT

Beban kerja Kuliah dalam Jam Per Minggu

Tatap muka kelas (2 jam)
Responsi / tutorial (3 jam)
Belajar Mandiri (4 jam)

Deskripsi Mata Kuliah Sesuai Katalog

Mendasari fenomena alam secara umum dan mendasari gejala-gejala fisika khususnya yang mencakup : persoalan kelistrikan, magnit dan optik sebagai penunjang ilmu teknik mesin.

Tujuan Instruksional Umum

Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa diharapkan dapat menghitung dan mengaplikasikan ilmu fisik umumnya dan prinsip dasar ilmu kelistrikan, magnit dan optik khususnya yang melandasi ilmu teknik mesin.
No. Luaran-Luaran Pembelajaran Mata Kuliah IABEE SO Assessment
1.
2.
3.
4.
5.
Minggu Ke-
(Week No.)
Topik (Topics)
LPK (CLO)1
Sub-topik / indikator kinerja (Subtopics / performance
indicators)

Tugas-tugas (Assignments)
1
Penguraian listrik statis dan penerapan hukum faraday dan maxwel.
Penguraian muatan electron bebas pada konduktor dan isolator.
•   Proses ilmu elektromagnetik yang meliputi : jumlah muatan tertentu
jika suatu zat digosok dengan zat lain akan bermuatan listrik statis
dan proses terjadinya
•   pemakainan electron bebas (franklin)
Dapat memahami  tentang listrik statis dan muatan electron bebas
1
Penguraian medan listrik antar muatan. System medan listrik untuk
beberapa muatan
•   Medan listrik dan gaya antar muatan listrik
•   Mengukur gaya tarik dan gaya tolak
•   Prinsip super posisi beberapa medan listrik
•   Kuat medan listrik
Dapat memahami tentang  interaksi muatan listrik dan hukum Coloumb
2
Flux listrik dan potensial listrik, serta sifat bola konduktor.
•   Sifat garis gaya listrik (Hukum gauss), dan sifat medan listrik
untuk menentukan potensial listrik sebagai ukuran saklarnya medan
listrik, juga menghitung rapatan muatan.
Dapat memahami tentang   garis gaya listrik
3
Kapasitor dengan ggl listrik. Dan dielektrik
•   Kapasitansi suatu penghantar sebagai kemampuan menerima muatan
•   Kapasitas bola
•   Energi listrik konduktor
•   Kapasitansi gabungan.
Dapat memahami tentang  alat untuk menyimpan muatan
3-4
Hukum Ohm dan kirchoff, Tegangan Gerak Eletrik, Rangkaian RC,
Potensiometer, Alat ukur arus dan beda potensial
•   Meliputi : arus listrik, rapat arus listrik dan tahanan (hambatan)
listrik serta rangkaian sederhana
•   Rangkaian RC dan Potensiometer
•   Hukum Ohm dan Kirchoff
•   Daya listrik arus searah.
Dapat memahami tentang   arus listrik, rangkaian arus listrik dan daya
listrik
4-5
Medan Magnet, Definisi B,  Kemagnitan dan listrik.
•   Medan Magnet dan Definisi B
•   Gaya Magnet pada suatu arus listrik
•   Momen Kakas pada sebuah simpal arus
•   Efek Hall
•   Muatan bersirkulasi.
Dapat memahami tentang   medan magnet
5
Hukum Ampere dan garis medan magnet
•   Hukum Ampere
•   Medan Magnet pada kawat panjang, kawat sejajar
•   Garis-garis B
•   Solenoida
•   Hukum Biot Savart.
Dapat memahami tentang   Hukum Ampere
5
Hukum Induksi Faraday, Hukum Lenz dan Arus Induksi
•   Ekperiemen Faraday
•   Hukum Induksi Faraday
•   Hukum Lenz
•   Induksi
•   Medan magnet yang berubah terhadap waktu, induksi dan gerak
relatif.
Dapat memahami tentang   hukum induksi faraday
-
6
Induktans,  Rangkaian LR, Energi Magnet
•   Induktans
•   Perhitungan Induktans
•   Rangkaian LR
•   Energi dan Medan Magnet
•   Kerapatan Energi
•   Induktans bersama.
Dapat memahami tentang   induktans
6
Hukum Gauss, Kemagnetan Bumi, Bahan-bahan Magnetik
•   Kutub dan Dipol
•   Hukum Gauss
•   Kemagnetan Bumi
•   Paramagnetisma
•   Diamgnetisme
•   Terromagetisma
•   Kemagnetan inti
•   Tiga Magnetik Vektor
Dapat memahami tentang   sifat-sifat magnetik materi
7
Osilasi elektromagnetik
•   Osilasi LC
•   Analogi dengan gerak harmonik sederhana
•   Osilasi elektromagnetik
•   Elemen-elemen yang tergumpal dan yang terdistribusi
Dapat memahami tentang   osilasi elektromagnetik
7, 8
Rangkaian RLC, Resonansi dan Daya
•   Rangkaian RCL bersimpal tunggal
•   Daya pada rangkaian
•   Resonansi
•   Penyaring (filter) dan peluntur bolak-balik
•   Transformator.
Dapat memahami tentang arus bolak balik
8
Persamaan Maxwell
•   Persamaan-persamaan dasar keeletromagetan
•    Medan magnet imbas
•   Arus Pergeseran
•   Persamaan-persamaan Maxwell
•   Persamaan Maxwell dan rongga
Dapat memahami tentang persamaan Maxwell
9
Gelombang Elektromagnetik
•   Spektrum elektromagnetik
•   Gelombang elekromagnet
•   Jalur transmisi
•   Kabel sesumbu-medan dan arus
•   Pandu gelombang
•   Radiasi
•   Gelombang berjalan dan Persamaan Maxwell
•   Vektor poynting
Dapat memahami tentang gelombang elektromagnetik
10
Generator arus searah
•   Kumparan penghantar yang digerakkan dalam suatu medan magnet dan
memotong garis gaya.
Dapat memahami tentang   perubahan energi mekanik menjadi energi
listrik
11
Motor dan generator listrik
•   Energi listrik menjadi energi mekanik (sebaliknya), generator
listrik AC, generator listrik DC.
Dapat memahami tentang  dasar kerja motor listrik.
11
Elektromagnetik
•   Pengantar, tenaga dan momentum
•   Laju cahaya
•    Sumber dan pengamat yang bergerak
•    Efek doppler
Dapat memahami tentang  sifat dan penjalaran cahaya.
12
Prinsip Huygens
•   Refleksi dan Refraksi
•   Prinsip Huygens
•   Hukum Refleksi dan Refraksi
•   Refleksi Internal Total
•   Prinsip Fermat
Dapat memahami tentang  refleksi dan refraksi gelombang datar dan
permukaan datar.
12
Gelombang sferis dan permukaan sferis
•   Optika-geometris dan optika gelombang
•   Gelombang sferis dan cermin datar
•   Gelombang sferis dan cermin sferis
•   Permukaan refraktor sferis
•   Lensa Tipis
•   Alat-alat optik.
Dapat memahami tentang  refleksi dan refraksi gelombang sferis dan
permukaan sferis.
13
Interferensi dan  Interferometer
•   Percobaan Young
•   Koherensi
•   Intensitas dalam Percobaan Young
•   Interferensi dari selaput tipis
•   Interferometer Michelson dan perambatan cahaya
Dapat memahami tentang  interferensi cahaya
13
Celah Tunggal
•   Celah tunggal
•   Celah tunggal Kuantitatif
•   Celah tunggal Kualitatif
•   Difraksi oleh lubang berbentuk lingkaran
Dapat memahami tentang  difraksi cahaya
14
Kisi, Difraksi, dan Hukum Bragg
•   Celah Rangkap
•   Kisi defraksi
•   Daya pisah sebuah kisi, Difraksi Sinar X
•   Hukum Bragg
Dapat memahami tentang  kisi dan spektrum
14
Polarisasi dan hamburan
•   Polarisasi
•   Pelat polarisasi, Polarisasi oleh relfeksi
•   Refraksi rangkap
•   Polarisasi lingkaran
•   Momentum Sudut cahaya
•   Hamburan cahaya
•   Hamburan rangkap
Dapat memahami tentang  polarisasi
Tingkat pembelajaran IABEE SO (ABET SO learning level) - L(low),
M(medium), H(high)
SO
Deskripsi
Description
Level
  2
[1].  Mampu menerapkan matematika, sains, material dan prinsip
rekayasa (engineering principles) yang mencakup pengetahuan desain,
produksi, operasi, dan pemeliharaan untuk menyelesaikan permasalahan
teknik mesin
[1].  Able to apply math, science, material and engineering principles
that include design, production, operation and maintenance knowledge
to solve mechanical engineering problems.
K,P
  • K - (Knowledge) Pengetahuan
  • P - Pemahaman
  • T - Terapan(Aplikasi)
  • A - Analisa
  • S - Perpaduan (Sintesa)
  • E - Evaluasi

RTM1205 ILMU LOGAM FISIK

2 SKS
Wajib

Program Studi

Teknik Mesin

Fakultas

Fakultas Teknik

Referensi Utama

  • Intro To Physical Metalurgi, Avner, S. H
  • Engineering Material, Ashy M.F dan jones R.H Regamon, Oxford
Bahan Pelengkap
Koordinator Mata Kuliah

Dosen Pengampu

  • Ir. Syahrul Abda, M.Sc

Beban kerja Kuliah dalam Jam Per Minggu

Tatap muka kelas (2 jam)
Responsi / tutorial (3 jam)
Belajar Mandiri (4 jam)

Deskripsi Mata Kuliah Sesuai Katalog

Mata kuliah ini mengkaji mengenai : mekanisme deformasi, diagram fasa, baja dan perlakuan panas baja, kekerasan permukaan, paduan baja, baja pahatan, paduan non-fero, korosi logam, fatik dan fraktur dan logam penggunaan khusus.

Tujuan Instruksional Umum

Setelah mengikuti kulih ini mahasiswa diharapkan dapat memahami sifat-sifat baja dan paduannya, mekanisme deformasi, perlakuan–perlakuan terhadap baja guna untuk menunjang praktikum dan tugas akhir mahasiswa.
Minggu Ke-
(Week No.)
Topik (Topics)
LPK (CLO)1
Sub-topik / indikator kinerja (Subtopics / performance
indicators)
Tugas-tugas (Assignments)
1 - 2
Mekanisme deformasi
•   Cacat titik, permukaan, Slip, Twinning, kotoran logam, tegangan
shear urai.
•   Efek regangan dan jenis pengerjaan panas, pengaruh pemanasan,
recovery, recristallisasi, pertumbuhan butir vs sifat mekanis, ukuran
butir.
mampu memahami dan menjelaskan tentang mekanisme deformasi
3 - 4
Diagram fasa
•   Keristitasi, paduan, solid solution, instertitial, fasa kompoun,
diagram fasa eutectic,
•   Peritectic, eutectoid, diagram fasa Fe-C, transformasi, fasa
kesetimbangan.
 mampu memahami dan menjelaskan tentang diagram fasa.
5 - 6
Baja dan perlakuan panas baja
•   Temperature kritis, fasa-fasa baja, campuran eutectoid,
fullannealing, normalizing, hardening, proses aniel,  stress
reliv,media pendinginan.
•   Martensit dan sifat-sifatnya, laju pendinginan kritis, diagram I
Tdan contoh-contohnya.
•   Transformasi non-kesetimbangan, fasa-fasa antara temperature Ms
dan Mc, pengaruh komposisi.
•   Diagram CCT tempering, austempering.
mampu memahami dan menjelaskan tentang baja dan perlakuan panas baja
7 - 8
Hard surfacing dan paduan baja.
•   Aus logam, gas dan liquid, carburizing, nitriding, carbonitriding,
surface hardening, hardsurfacing.
•   Penomoran baja, pembentukan carbide, unsur-unsur larut didalam
ferit, baja nikel, baja mangan, baja cromium, baja Ni-Cr, baja
molybdenum, baja titanium, baja stainless,diagram schefter,
jenis-jenis baja stainless.
mampu memahami dan menjelaskan tentang hard surfacing dan paduan baja.
9 - 10
Baja pahat dan paduan non-ferro
•   Kedalaman pengerasan, ketanguhan, katahanan aus.
•   Sifat mampu mesin, water hardening, schok recistance.
•   Tembaga dan paduan, penomoran, brass-brou.
•   Al dan paduan, penomoran.
•   Paduan,ondering, coherensi,diagram fasa.
•   Nikel dan paduan.
•   Titanium dan paduan.
mampu memahami dan menjelaskan baja pahat dan paduan non-ferro.
11 - 12
Korosi logam
•   Logam dan lingkungan.
•   Faktor-faktor yang mempengaruhi korosi,polarivasi   dan passivasi,
jenis-jenis korosi, pencegahan diagram porbaix, tabel EMF dan tabel
galvanik
mampu memahami dan menjelaskan korosi logam.
13 - 14
Fatik dan fractur serta logam penggunaan khusus.
•   Beban berulang, fatik siklus panjang, fatik siklus pendek,
tegangan mean, hukum basquin, kurva SN     ,asal fatik, permukaan
fatik.
•   Toughnress, fracture toughness, retak kritis, perambatan retak,
factor intensitas, tegangan kritis.
•   Logam untuk transfortasi, penerbangan dan
lain-lain                   logam untuk bahan-bahan magnit
dapat memahami dan mampu menjelaskan tentang fatik dan fractur serta
logam penggunaan khusus.
Tingkat pembelajaran IABEE SO (ABET SO learning level) - L(low),
M(medium), H(high)
SO
Deskripsi
Description
Level
1,8
[1].  Mampu menerapkan matematika, sains, material dan prinsip
rekayasa (engineering principles) yang mencakup pengetahuan desain,
produksi, operasi, dan pemeliharaan untuk menyelesaikan permasalahan
teknik mesin
 [1]. Able to apply math, science, material and engineering principles
that include design, production, operation and maintenance knowledge
to solve mechanical engineering problems.
K,P
0,2
[4].  Mampu merancang suatu proses kerekayasaan dengan menerapkan
prinsip perancangan sistem mekanik dari berbagai aplikasi Industri
dengan memperhatikan unsur keselamatan, kehandalan, kemudahan serta
faktor faktor ekonomi, sosiokultur dan lingkungan.
[4].  Able to design a engineering process by applying the principles
of designing mechanical systems from various Industri applications
with attention to the element of safety, reliability, convenience and
economic factors, sociocultural and environment.
T,S,E
  • K - (Knowledge) Pengetahuan
  • P - Pemahaman
  • T - Terapan(Aplikasi)
  • A - Analisa
  • S - Perpaduan (Sintesa)
  • E - Evaluasi

RTM1202 KALKULUS II

2 SKS
Wajib

Program Studi

Teknik Mesin

Fakultas

Fakultas Teknik

Referensi Utama

  • Edwin J.Purcell dan Dale varberg, Calculus with Analytic Geometry
  • Frank Aydes Jr.Phd, Differential and Integral, Calculus, Schaum’s outlina series
  • Howard Anton, Aljabar Linier Elementer, Erlangga
  • Bahan Pelengkap
    Koordinator Mata Kuliah

    Dosen Pengampu

    • Dr. Tulus Burhanuddin Sitorus, ST, MT

    Beban kerja Kuliah dalam Jam Per Minggu

    Tatap muka kelas (2 jam)
    Responsi / tutorial (3 jam)
    Belajar Mandiri (4 jam)

    Deskripsi Mata Kuliah Sesuai Katalog

    Perkuliahan ini membahas tentang integral, vector, matriks beserta beberapa operasi, metode penyelesaian dan pemakaiannya, terutama yang berhubungan dalam bidang keteknikan.

    Tujuan Instruksional Umum

    Setelah menyelesaikan mata kuliah ini mahasiswa diharapkan dapat mengaplikasikan dari integral, vector, dan matriks serta dapat mengaplikasikannya dalam bidang keteknikan dan sebagai dasar penunjang untuk mata kuliah lainnya.
    Minggu Ke-
    (Week No.)
    Topik (Topics)
    LPK (CLO)1
    Sub-topik / indikator kinerja (Subtopics / performance
    indicators)

    Tugas-tugas (Assignments)
    1
    Integrasi Tertentu
    •     Integral terbatas, luas bidang
    •    Volume putaran, panjang   busur, titik berat/momen
    •    Luas permukaan benda putar, integral pendekatan
    Dapat menentukan luas dan volume dari suatu bentuk
    2
    Deret Tak Berhingga
    •    Barisan Tak Berhingga
    •    Deret Tak Berhingga
    •    Deret Positif
    •    Deret Pangkat
    •    Deret Taylor
    •    Maclaurin
    Dapat menentukan sudah deret tak berhingga
    3
    Persamaan linear dan Matriks
    •    Sistem persamaan linear
    •    Eliminasi Gauss
    •    Sistem persamaan homogeny
    •    Matriks dan Operasi Matriks
    •    Aturan-aturan Ilmu Hitung Matriks, Matriks Elementer
    Dapat memahami menyelesaikan persamaan linear
    4
    Determinan
    Fungsi determinan, menghitung, determinan dengan reduksi baris
    •    Sifat-sifat fungsi determinan, Ekspansi Kofaktor/Aturan Cramer
    Dapat memahami menyelesaikan determinan suatu matriks
    5
    Irisan Kerucut dan Sistem Koordinat kutub
    •    Parabola
    •    Elips
    •    Hiperbol
    •    Sistem Koordinat Kutub
    Dapat menyelesaikan persoalan tentang pencerminan dan sistem koordinat
    kutub
    6
    Vektor pada bidang
    •    Kurva pada Bidang
    •    Vektor pada Bidang
    •    Fungsi bernilai pada vector
    •    Kelengkungan dan Percepatan
    Dapat menyelesaikan persoalan geometri pada bidang vektor
    7
    Vektor pada ruang
    •      Koordinat Cartesius pada Ruang Dimensi Tiga Vektor pada bidang
    •    Fungsi bernilai pada vector
    •    Perkalian silang
    •    Kelengkungan dan Percepatan
    Dapat menyelesain persoalan geometri pada ruang vector
    8
    Ruang Vektor
    •    Ruang n-Euclidis, Ruang vector umum, Subruang, Kebebasan Linear,
    Basis dan Dimensi, Ruang Baris dan Kolom Matriks, Ruang Hasil Kali
    Dalam
    Dapat menyelesaikan persoalan ruang-ruang vector
    9-10
    Differential Parsial dan Total
    •    Fungsi dua Pengubah
    •    Turunan Parsial
    •    Limit dan kekontinuan
    •    Keterdiferensial Gradien, Bidang Singgung
    •    Maksimum dan Minimum
    •    Metode Langrange, turunan pertama dari fungsi implicit,
    Pertumbuhan parsial dan total
    Dapat menyelesaikan turunan dalam ruang dimensi –n
    11
    Integral Lipat dua dan tiga
    Integral lipat dua pada persegi panjang, bukan persegi panjang,
    koordinat kutub
    Penerapan Integral lipat tiga, Internal Lipat Tiga
    Dapat menyelesaikan integral dalam Ruang Dimensi-n
    12
    Medan Vektor, Integral Garis dan Integral Permukaan
    •    Medan Vektor
    •    Integral Garis
    •    Kebebasan Tapak
    •    Teorema Green
    •    Integral Permukaan
    •    Teorema Divergensi
    •    Teorema Stokes
    Dapat menyelesaikan kalkulus Vektor
    13
    Transformasi Linear
    •     Pengantar Transformasi Linear, Sifat Transformasi Linear, Kernel
    dan Jangkauan, Transformasi linear dari Rn ke Rm, Geometri
    Transformasi Linear dari R2 ke R2, Matriks Transformasi
    •    Keserupaan
    Dapat Menyelesaikan Transformasi Linear
    14
    Nilai Eigen dan Vektor Eigen
    •    Nilai Eigen dan Vektor Eigen
    •    Diagonaisasi
    •    Diagonalisasi Ortogonal
    •    Matriks Simetri
    Dapat menentukan nilai eigen dai sebuah vector/matriks
    Tingkat pembelajaran IABEE SO (ABET SO learning level) - L(low),
    M(medium), H(high)
    SO
    Deskripsi
    Description
    Level
      2
    [1].  Mampu menerapkan matematika, sains, material dan prinsip
    rekayasa (engineering principles) yang mencakup pengetahuan desain,
    produksi, operasi, dan pemeliharaan untuk menyelesaikan permasalahan
    teknik mesin
    [1].     Able to apply math, science, material and engineering
    principles that include design, production, operation and maintenance
    knowledge to solve mechanical engineering problems.
    K,P
    • K - (Knowledge) Pengetahuan
    • P - Pemahaman
    • T - Terapan(Aplikasi)
    • A - Analisa
    • S - Perpaduan (Sintesa)
    • E - Evaluasi

    RTM1207 MEKANIKA FLUIDA I

    2 SKS
    Wajib

    Program Studi

    Teknik Mesin

    Fakultas

    Fakultas Teknik

    Referensi Utama

    • Elementary fluid mechanics- S.I.Version 5th edition, 1976 by vennard & street.
    • Fundamentals of fluid Mechanics, McGRAW-Hill international editions 2nd Priting, 1988 by Jock B. Evett, Cheng Liu.
    • V.L. Streeter,” Mekanika Fluida,” Penerbit Erlangga, Jakarta Terjemahan 1988.
    • P Gerhart, R. Gross & J.I Hochstein, Fundamentals of fluid Mechanics, Addison Wiley, 1985
    Bahan Pelengkap
    Koordinator Mata Kuliah

    Dosen Pengampu

    • Prof.Dr.Ir. Farel H. Napitupulu, DEA

    Beban kerja Kuliah dalam Jam Per Minggu

    Tatap muka kelas (2 jam)
    Responsi / tutorial (3 jam)
    Belajar Mandiri (4 jam)

    Deskripsi Mata Kuliah Sesuai Katalog

    Mata kuliah ini menjelaskan dasar-dasar Mekanika Fluida, Statika fluida, kinematika aliran fluida, aliran fluida ideal inkomfresibel dan kompresibel, persamaan aliran fluida.

    Tujuan Instruksional Umum

    Setelah mengikuti kuliah ini mahasiswa mempu mengaplikasikan ilmu mekanika fluida sebagai dasr perancangan mesin-mesin dengan fluida.
    Minggu Ke-
    (Week No.)
    Topik (Topics)
    LPK (CLO)1
    Sub-topik / indikator kinerja (Subtopics / performance
    indicators)

    Tugas-tugas (Assignments)
    1
    Pengantar mekanika Fluida
    •   Defenisi mekanika Fluida
    •   Klasifikasi Fluida
    •   Sistem satuan
    •   Sifat-sifat fluida
    •   Contoh-contoh soal
    mampu memahami dan dapat menghitung, menganalisa pokok bahasan yang
    diberikan
    2
     Statik fluida
    •   Hubungan tekanan- kerapatan-ketinggian
    •   Tekanan pengukur dan absolute
    •   Contoh-contoh soal
    •   Massa fluida yang dihubungkan dengan percepatan
    •   Percepatan linier Konstan dengan  ax = 0
    •   Pencepatan liner konstan
    Contoh soal
     mampu memahami dan dapat menghitung, menganalisa pokok bahasan yang
    diberikan
    3 - 4
    Kinematika aliran fluida
    •    Aliran stedi dan tak stedi
    •    Aliran 1, 2, 3, dimensi
    •    Kecepatan dan percepatan
    •    Contoh-contoh soal
    •    Persamaan kontinuitas
    •    Aliran stedi dimensi
    mampu memahami dan dapat menghitung, menganalisa pokok bahasan yang
    diberikan
    5 - 6
    Aliran fluida ideal inkompresibel
    •   Persamaan EULER
    •   Persamaan BERNOULLI
    •   Persamaan Energi-Kinerja
    •  Contoh persamaan Bernouille
    •   Kavitasi
    •   Penggunaan bersama persamaan kontinuitas dengan persamaan
    bernoulliPersamaan EULER
    mampu memahami dan dapat menghitung, menganalisa pokok bahasan yang
    diberikan
    5
    Aliran fluida ideal kompresibel
    •   Hukum thermodinamika
    •   Persamaan Euler
    •   Persamaan Energi
    •   Integrasi persamaan Euler
    •   Contoh soal
    •   Titik Stagnasi
    •   Kecepatan subsonik dan supersonic
    •   Nosel konvergen
    •   Contoh soal
    •   Konstriksi dalam tabunggen-divergen arus
    •   Contoh soal
    •   Nosel konvergen
    Contoh soal
    mampu memahami dan dapat menghitung, menganalisa pokok bahasan yang
    diberikan
    6
    Persamaan aliran fluida
    •   Kerugian head karena gesekan.
    •   Kerapian minor
    •   Contoh soal
    mampu memahami dan dapat menghitung, menganalisa pokok bahasan yang
    diberikan
    7
    Analisa Dimensional
    •   Dasar-dasar Analisa Dimensional
    •   Parameter Tak Berdimensi dan Teorema PI
    •   Parameter-parameter Tak Berdimensi dalam Mekanika Fluida
    Aplikasi Analisa Dimensional
    mampu memahami dan dapat menghitung, menganalisa pokok bahasan yang
    diberikan
    Tingkat pembelajaran IABEE SO (ABET SO learning level) - L(low),
    M(medium), H(high)
    SO
    Deskripsi
    Description
    Level
    0,8
    [3].  Mampu merancang dan merekayasa kontruksi  mesin dengan
    menerapkan teori dan prinsip rekayasa mekanik dengan benar. Serta
    merancang Prosedur Standard operasi Mesin dan Merancang Perawatan
    mesin-mesin produksi;
    [3].     Able to design machinery construction by applying the
    principles of mechanical engineering. As well as designing Standard
    Operating Procedures for Machinery and Maintenance planning;
    T,A,S
    0,8
    [4].  Mampu merancang suatu proses kerekayasaan dengan menerapkan
    prinsip perancangan sistem mekanik dari berbagai aplikasi Industri
    dengan memperhatikan unsur keselamatan, kehandalan, kemudahan serta
    faktor faktor ekonomi, sosiokultur dan lingkungan.
    [4].    Able to design a engineering process by applying the
    principles of designing mechanical systems from various Industri
    applications with attention to the element of safety, reliability,
    convenience and economic factors, sociocultural and environment.
    T,S,E
    0,4
    [9].  Mampu melakukan identifikasi, formulasi dan analisis masalah
    rekayasa sesuai dengan bidang keilmuan teknik mesin melalui
    penelitian.
    [9].     Able to identify, formulate and analyse engineering problems
    in accordance with the field of mechanical engineering through
    research.
    A,S,E
    • K - (Knowledge) Pengetahuan
    • P - Pemahaman
    • T - Terapan(Aplikasi)
    • A - Analisa
    • S - Perpaduan (Sintesa)
    • E - Evaluasi

    RTM1204 MENGGAMBAR TEKNIK II

    2 SKS
    Wajib

    Program Studi

    Teknik Mesin

    Fakultas

    Fakultas Teknik

    Referensi Utama

    • Giesecke, Mitchell, Spenser, Hill, Digdon,Novak. 2000. Technical DRAWING, Eleventh Edition, Terjemahan dalam bahasa Indonesia dengan judul Gambar TEKNIK …,Edisi ke – 11. pada Penerbit Erlangga
    Bahan Pelengkap
    Koordinator Mata Kuliah

    Dosen Pengampu

    • Mahadi, ST, MT

    Beban kerja Kuliah dalam Jam Per Minggu

    Tatap muka kelas (2 jam)
    Responsi / tutorial (3 jam)
    Belajar Mandiri (4 jam)

    Deskripsi Mata Kuliah Sesuai Katalog

    Mata kuliah ini menjelaskan bagaimana cara menggambar teknik untuk menggambar sebuah komponen mesin dengan aturan-aturan standarisasi.

    Tujuan Instruksional Umum

    Setelah menyelesaikan mata kuliah ini (pada akhir semester) maka diharapkan mahasiswa dapat memahami, menjelaskan serta mampu melaksanakan membuat gambar teknik yang menunjang perkuliahan, pratikum serta tugas akhir mahasiswa.
    Minggu Ke-
    (Week No.)
    Topik (Topics)
    LPK (CLO)1
    Sub-topik / indikator kinerja (Subtopics / performance
    indicators)

    Tugas-tugas (Assignments)
    1 - 2
    Rusuk Pada Potongan , Garis-garis Arsiran
    •    Pengertian  rusuk pada potongan/irisan
    •    Potongan sebaris
    •    Pandangan sebagian
    •    Pemutusan Konvensional
    •    Garis-garis Arsiran
    dapat  memahami dan menjelaskan dan mampu membuat gambar teknik
    tentang Rusuk Pada Potongan , Lambang garis-garis arsir untuk
    menandakan bahan yang spesifik
    3 - 4
    Rusuk Pada Potongan , Arsiran Berselang Seling
    •     Pengertian  rusuk pada potongan/irisan
    •     Potongan sebaris
    •      Pandangan sebagian
    •      Pemutusan Konvensional
    dapat  memahami dan menjelaskan dan mampu membuat gambar teknik
    tentang Rusuk Pada Potongan , Arsiran berselang seling
    5 - 6
    Toleransi system ISO
    •     Suaian
    •     Ukuran nominal
    •     Toleransi
    •     Penyimpangan membesar /     mengecil
    •     Clearance
    dapat  memahami dan menjelaskan dan mampu membuat gambar teknik dengan
    system toleransi
    7 - 8
    Sistem basis lubang dan system basis poros
    •      Tingkatan suaian
    •     Sistem basis lubang (SBL)
    •     Sistem basis poros (SBP)
    dapat  memahami dan menjelaskan tentang system basis lubang dan sistem
    basis poros
    9 - 10
    Penulisan toleransi
    •     Penulisan toleransi pada gambar-gambar bagian / potongan
    •     Penulisan toleransi pada gambar-gambar susunan.
    mampu menggambar penulisan toleransi
    11 - 12
    Kekasaran permukaan
    •      Kekasaran permukaan, tanda-tanda pengerjaan
    Mampu memahami tentang kekasaran permukaan
    13 - 14
    Peletakan tanda-tanda pengerjaan umum dan khusus
    Mampu memahami tentang peletakan tanda-tanda pengerjaan umum dan
    khusus
    15 - 16
    Pandangan potongan 2D dan 3D dengan menggunakan CAD
    •     Sistem CAD dengan perintah arsin untuk membuat    arsir dan pola
    arsip
    mampu menggambar teknik  dengan menggunakan CAD
    Tingkat pembelajaran IABEE SO (ABET SO learning level) - L(low),
    M(medium), H(high)
    SO
    Deskripsi
    Description
    Level
    0,4
    [1].  Mampu menerapkan matematika, sains, material dan prinsip
    rekayasa (engineering principles) yang mencakup pengetahuan desain,
    produksi, operasi, dan pemeliharaan untuk menyelesaikan permasalahan
    teknik mesin
    [1].   Able to apply math, science, material and engineering
    principles that include design, production, operation and maintenance
    knowledge to solve mechanical engineering problems.
    K,P
    1,2
    [2].  Mampu mendeskripsikan rancangan dalam bentuk gambar teknik
    menggunakan perangkat lunak CAD sesuai dengan ketentuan/standarisasi
    (ISO, SNI, dll.); dan merancang buku manual pengoperasian dan
    perawatan.
    [2].  Able to describe the design in accordance with the
    standardization (ISO, SNI, etc.); and also manuals operation and
    maintenance.
    K,P,T
    0,2
    [4].  Mampu merancang suatu proses kerekayasaan dengan menerapkan
    prinsip perancangan sistem mekanik dari berbagai aplikasi Industri
    dengan memperhatikan unsur keselamatan, kehandalan, kemudahan serta
    faktor faktor ekonomi, sosiokultur dan lingkungan.
    [4].  Able to design a engineering process by applying the principles
    of designing mechanical systems from various Industri applications
    with attention to the element of safety, reliability, convenience and
    economic factors, sociocultural and environment.
    T,S,E
    0,2
     [5]. Mampu merencanakan dan mendesain proses pengukuran yang presisi
    dan akurat dalam menyelesaikan masalah keteknikan secara bertanggung
    jawab dan beretika.
    [5].  Able to plan and design precise and accurate measurement process
    in solving engineering problems with full a responsible and ethical
    manner.
    T,S,E
    • K - (Knowledge) Pengetahuan
    • P - Pemahaman
    • T - Terapan(Aplikasi)
    • A - Analisa
    • S - Perpaduan (Sintesa)
    • E - Evaluasi

    RTM1209P PRAKTIKUM / TUGAS MENGGAMBAR TEKNIK

    1 SKS
    Wajib

    Program Studi

    Teknik Mesin

    Fakultas

    Fakultas Teknik

    Referensi Utama

    • Giesecke, Mitchell, Spenser, Hill, Digdon,Novak. 2000. Technical DRAWING, Eleventh Edition, Terjemahan dalam bahasa Indonesia dengan judul Gambar TEKNIK …,Edisi ke – 11. pada Penerbit Erlangga
    Bahan Pelengkap
    Koordinator Mata Kuliah

    Dosen Pengampu

    • Mahadi, ST, MT

    Beban kerja Kuliah dalam Jam Per Minggu

    Tatap muka kelas (1 jam)
    Responsi / tutorial (2 jam)
    Belajar Mandiri (3 jam)

    Deskripsi Mata Kuliah Sesuai Katalog

    Mata kuliah praktikum ini mengkaji bagaimana cara menggambar teknik untuk menggambar sebuah komponen mesin.

    Tujuan Instruksional Umum

    Setelah menyelesaikan mata kuliah praktikum ini (pada akhir semester) maka diharapkan mahasiswa dapat memahami dan mampu membuat gambar teknik.
    Minggu Ke-
    (Week No.)
    Topik (Topics)
    LPK (CLO)1
    Sub-topik / indikator kinerja (Subtopics / performance
    indicators)

    Tugas-tugas (Assignments)
    1 - 2 – 3
    Gambar teknik tentang kopling
    •   Gambar teknik kopling kerucut
    •   Kopling fleus
    •   Kopling  cakar
    •   Kopling rantai
    •   Kopling ban
    mampu memahami dan mampu menggambar sketsa dan meggambar teknik
    tentang berbagai kopling .
    4 - 5 – 6
    Gambar roda gigi
    •   Gambar teknik tentang roda gigi lurus
    •   Roda gigi kerucut,
    •   Roda gigi miring,
    •   Roda gigi cacing
     mampu memahami dan dan mampu membuat gambar teknik dari roda gigi .
    7 – 8 – 9
    Gambar assembling pada mesin bubut
    •   Gambar assembling dan detail tentang roda gigi mesin bor vertical
    •   Roda gigi transmissi pada sebuah mesin bubut
    mampu memahami dan dan mampu membuat gambar assembling .
    10 – 11 - 12
    Gambar assembling pada hydraulic jeck
    •    Gambar assembling dan detail tentang sebuah hydraulic jheck
    mampu memahami dan mampu membuat gambar assembling
    13 – 14 - 15
    Gambar assembling rem
    •   Gambar assembling rem dan Rem (Internal shoes brake)
    mampu memahami dan dan mampu membuat gambar teknik serta assembling
    dari rem .
    Tingkat pembelajaran IABEE SO (ABET SO learning level) - L(low),
    M(medium), H(high)
    SO
    Deskripsi
    Description
    Level
    0,8
    [2].  Mampu mendeskripsikan rancangan dalam bentuk gambar teknik
    menggunakan perangkat lunak CAD sesuai dengan ketentuan/standarisasi
    (ISO, SNI, dll.); dan merancang buku manual pengoperasian dan
    perawatan.
    [2].  Able to describe the design in accordance with the
    standardization (ISO, SNI, etc.); and also manuals operation and
    maintenance.
    K,P,T
    0,2
    [5].  Mampu merencanakan dan mendesain proses pengukuran yang presisi
    dan akurat dalam menyelesaikan masalah keteknikan secara bertanggung
    jawab dan beretika.
    [5].  Able to plan and design precise and accurate measurement process
    in solving engineering problems with full a responsible and ethical
    manner.
    T,S,E
    • K - (Knowledge) Pengetahuan
    • P - Pemahaman
    • T - Terapan(Aplikasi)
    • A - Analisa
    • S - Perpaduan (Sintesa)
    • E - Evaluasi