Semester 2

Rencana Pembelajaran Semester (RPS/SAP)

 

 

PROGRAM STUDI SARJANA
TEKNIK MESIN FAKULTAS TEKNIK
UNIVERSITAS SUMATERA UTARA
Gedung J17 Jl. Almamater Kampus USU Medan 2015
dtm.usu.ac.id

 

 

Semester 2

 

 

EKONOMI TEKNIK

Program Studi (Study Program)
Teknik Mesin (Mechanical Engineering)
Fakultas / Sekolah (Faculty / School)
Fakultas Teknik (Engineering Faculty)
Kode Kuliah (Course Number)
RTF 3202
Nama Kuliah (Course Title)
Ekonomi Teknik
Beban Kuliah (Course Load)
2 sks / 2 crs.
Sifat Kuliah (Wajib / Pilihan)
Course Type (Mandatory / Elective)
Pilihan Wajib Prodi
(Selection Program-Mandatory)
Prasyarat (Prerequisites)
Syarat Pengambilan Bersama (CoRequisites)
Referensi Utama (Primary References)
–     Thuessen, G.J., and Fabricky, W.J., Engineering Economy, Prentice Hall, New Jersey, 1993.
–     Barish, N.N, and Seymore Caplan, Economic Analysis for Engineering and Managerial Decision Making, New York, 1978.
–     Joyowiyono dan Marsudi, F.X., Ekonomi Teknik, Jilid 1, Dep.P.U., Jakarta, 1989
Bahan Pelengkap (Supplemental Material)
Semester Posisi Kuliah (Course Semester)
2
Koordinator Matakuliah (Course Coordinator)
Dosen Pengampu (Course Instructor)
Prof.Dr.Ir. Darwin Sitompul, M.Eng
Beban Kerja Kuliah dalam Jam Per Minggu (Course Load in Hours Per Week)
–    Tatap muka kelas (classroom sessions): 2
–    Responsi / tutorial (tutorials): 3
–    Belajar mandiri (independent study): 4
Deskripsi Matakuliah Sesuai Katalog (Course Description In Catalog)
Mata Kuliah ini mempelajari prinsip-prinsip analisa dan evaluasi aspek ekonomi dari suatu rencana sistem produksi dan aliran keuangan (cash flow), depresiasi, teori pengambilan keputusan dan analisis ekonomi bagi proyek-proyek umum.
Tujuan Instruksional Umum (Course Objectives)
Setelah menyelesaikan mata kuliah ini mahasiswa akan dapat membuat model dan menganalisis suatu proyek-proyek umum secara ekonomis dan effisien.
Luaran-Luaran Pembelajaran Matakuliah
(Course Learning Outcomes)
IABEE SO
Assessment
1.
2.
3.
4.
5.

Rencana Perkuliahan Mingguan (Weekly Course Plan)

Minggu Ke-
(Week No.)
Topik (Topics)
LPK (CLO)1
Sub-topik / indikator kinerja (Subtopics / performance indicators)
Tugas-tugas (Assignments)
1-2
Pendahuluan
•   Pengertian dan ruang lingkup ekonomi teknik
•   Konsep nilai waktu dari uang (Time Value of Money)
•   Pengertian ekivalensi
mampu menghitung, menganalisa pokok bahasan yang diberikan
3-4-5
Pendahuluan
•   Notasi yang digunakan
•   Hubungan P dan F
•   Hubungan F dan A
•   Hubungan P dan A
•   Gradien Samarata
•   Sukubunga Nominal dan Efektif
•   Conto-contoh
 mampu menghitung, menganalisa pokok bahasan yang diberikan
6
Evaluasi I (Quiz I)
•   Menjelang UTS
mampu menghitung, menganalisa pokok bahasan yang diujikan
7
UTS (Ujian Tengah Semester)
mampu menghitung, menganalisa pokok bahasan yang diujikan
8-9
Ekivalensi Nilai
•   Pengertian Ekivalensi Nilai
•   Ekivalensi Nilai Tahunan
•    (Equivalent Uniform Annual Cash Flow)
•   Ekivalensi Nilai Sekarang (Present Worth)
•   Hubungan antara Ekivalensi Nilai •   Tahunan dengan Ekivalensi Nilai Sekarang)
mampu menghitung, menganalisa pokok bahasan yang diberikan
10-11
Laju Pengembangan (Rate Of Return= ROR)
•   Pengertian dan Kegunaan
•   Contoh Perhitungan
•   Laju Pengembalian Dalam (Internal Rate of Return = IRR)
mampu menghitung, menganalisa pokok bahasan yang diberikan
12
Nisbah Manfaat Biaya (Benefit Cost Ratio)
•   Pengertian dan Kegunaan
•   Contoh Perhitungan
mampu menghitung, menganalisa pokok bahasan yang diberikan
13-14
Depresiasi dan Umur
•   Depresiasi
•   Umur Ekonomis
mampu menghitung, menganalisa pokok bahasan yang diberikan
Tingkat pembelajaran IABEE SO (ABET SO learning level) – L(low), M(medium), H(high)
SO
Deskripsi
Description
Level
  1
[4].  Mampu merancang suatu proses kerekayasaan dengan menerapkan prinsip perancangan sistem mekanik dari berbagai aplikasi Industri dengan memperhatikan unsur keselamatan, kehandalan, kemudahan serta faktor faktor ekonomi, sosiokultur dan lingkungan.
[4].   Able to design a engineering process by applying the principles of designing mechanical systems from various Industri applications with attention to the element of safety, reliability, convenience and economic factors, sociocultural and environment.
T,S,E
0,2
[5].  Mampu merencanakan dan mendesain proses pengukuran yang presisi dan akurat dalam menyelesaikan masalah keteknikan secara bertanggung jawab dan beretika.
[5].  Able to plan and design precise and accurate measurement process in solving engineering problems with full a responsible and ethical manner.
T,S,E
0,8
[7].  Mampu bekerja sama dalam tim dan memberikan solusi masalah dalam lintas bidang keteknikan dengan memperhatikan faktor-faktor ekonomi, kesehatan dan keselamatan publik, etika dan lingkungan.
[7].  Able to provide solution in cross-engineering field with attention to economic, public health and safety factors, ethics and environmental consideration.
T,A,S
K – (Knowledge) Pengetahuan
P – Pemahaman
T – Terapan(Aplikasi)
A – Analisa
S – Perpaduan (Sintesa)
E – Evaluasi

 

 

ETIKA PROFESI

Program Studi (Study Program)
Teknik Mesin (Mechanical Engineering)
Fakultas / Sekolah (Faculty / School)
Fakultas Teknik (Engineering Faculty)
Kode Kuliah (Course Number)
RTM 1206
Nama Kuliah (Course Title)
Etika Profesi
Beban Kuliah (Course Load)
2 sks / 2 crs.
Sifat Kuliah (Wajib / Pilihan)
Course Type (Mandatory / Elective)
Pilihan Wajib Prodi
(Selection Program-Mandatory)
Prasyarat (Prerequisites)
Syarat Pengambilan Bersama (CoRequisites)
Referensi Utama (Primary References)
–     Sonny Keraf. Etika Bisnis
–     Franz M.Suseno,Etika Dasar
–     Prof. Poedjawiyata,Etika Filsafat Tingkah Laku
–     K.Bartens,Etika
Bahan Pelengkap (Supplemental Material)
Semester Posisi Kuliah (Course Semester)
2
Koordinator Matakuliah (Course Coordinator)
Dosen Pengampu (Course Instructor)
Ir. Farida Ariani Daulay, MT
Beban Kerja Kuliah dalam Jam Per Minggu (Course Load in Hours Per Week)
–    Tatap muka kelas (classroom sessions): 2
–    Responsi / tutorial (tutorials): 3
–    Belajar mandiri (independent study): 4
Deskripsi Matakuliah Sesuai Katalog (Course Description In Catalog)
Mata kuliah ini membahas tentang sikap intelektualitas seorang yang bergerak dalam bidang profesinya misalnya bisnis. Sudah barang tetu yang dihadapi oleh pengemban profesi adalah kelompok manusia baik perorangan, yang berbeda latar belakang. Untuk berhasilnya pengemban profesi dalam menjalankan tugas tentu harus memamfaatkan pengetahuan-pengetahuan, Ilmu Ekonomi, Sosiologi, Psikologi Sosial, Etika Dasar, Etika Bisnis
Tujuan Instruksional Umum (Course Objectives)
Setelah menyelesaikan mata kuliah ini (pada akhir semester) maka diharapkan mahasiswa dapat menjelaskan tentang konsep-konpsep yang dikembangkan untuk mengkaji fenomena-fenomena sosial dan penalaran mahasiswa sebagai calon pengemban profesi.
Luaran-Luaran Pembelajaran Matakuliah
(Course Learning Outcomes)
IABEE SO
Assessment
1.
2.
3.
4.
5.

Rencana Perkuliahan Mingguan (Weekly Course Plan)

Minggu Ke-
(Week No.)
Topik (Topics)
LPK (CLO)1
Sub-topik / indikator kinerja (Subtopics / performance indicators)
Tugas-tugas (Assignments)
1
Pengertian etika dan moral
•   Etika deontologi
•   Etika deskrifsi
•   Etika normatif
•   Etika teologie
dapat menjelaskan dan memahami arti etika dan moral serta dapat menjelaskan persamaan dan perbedaan etika dan moral
2
Hubungan etika dan profesi
•   Sistematika  etika
•   Profesi dan pekerjaan
•   Pengertian profesi
•   Ciri-ciri profesi
•   Prinsip-prinsip etika profesi
•   Hubungan etika dan profesi
•   Kode etik profesi
dapat menjelaskan secara konprehensif nilai-nilai etika dalam profesi.
3
Etika dan bisnis
•   Bisnis sebagai profesi
•   Prinsip-prinsip etika bisnis
•   Hubungan primer
•   Hubungan sekunder
•   Hubungan etika bisnis sebagai profesi
dapat menjelaskan secara analitis tentang bisnis sebagai profesi dan prinsip-prinsip etika bisnis
4
Tanggungjawab sosial perusahaan dan etika profesi
•   Status perusahaan
•   Tanggungjawab sosial perusahaan
•   Peningkatan sumber daya manusia
•   Kawajiban moral
dapat menjelaskan secara terperinci tanggungjawab sosial perusahaan dari segi etika profesi
5
Keadilan sosial dan etika profesi
•   Pengertian keadilan sosial
•   Beberapa paham tentang keadilan
•   Keadilan sebagai hak
•   Hak legal dan normal
dapat menjelaskan pengertian keadilan sosial serta beberapa paham tentang keadilan
6
Nilai dan moral
•   Nilai moral
•   Normal moral
dapat menjelaskan arti nilaidan moral serta mamanifasikannya
7
Objek etika
•   Tindakan manusia
•   Determinisme materialistis
•   Determinisme religius
•   Kesadaran etis
dapat menjelaskan tindakan manusia, yang berhubungan dengan etika
8
Beberapa sistem filsafat moral
•   Hedonisme
•   Utilirisme
•   Sosialisme
•   Humanisme
•   Vitalisme
dapat menjelaskan sifat penganut sistem filosof tersebut
9-10
Jurusan tenik mesin sebagai objek
•   Kepropesian teknik mesin
•   Sub. Propesi teknik mesin
dapat memahami etika sebagai ilmuan
11-12
Etika dan organisasi
•   Kepropesian teknik mesin
•   Sub. Propesi teknik mesin
dapat memahami etika sebagai tenaga kerja
Tingkat pembelajaran IABEE SO (ABET SO learning level) – L(low), M(medium), H(high)
SO
Deskripsi
Description
Level
0,4
[4].  Mampu merancang suatu proses kerekayasaan dengan menerapkan prinsip perancangan sistem mekanik dari berbagai aplikasi Industri dengan memperhatikan unsur keselamatan, kehandalan, kemudahan serta faktor faktor ekonomi, sosiokultur dan lingkungan.
[4].    Able to design a engineering process by applying the principles of designing mechanical systems from various Industri applications with attention to the element of safety, reliability, convenience and economic factors, sociocultural and environment.
T,S,E
0,4
[5].  Mampu merencanakan dan mendesain proses pengukuran yang presisi dan akurat dalam menyelesaikan masalah keteknikan secara bertanggung jawab dan beretika.
[5].  Able to plan and design precise and accurate measurement process in solving engineering problems with full a responsible and ethical manner.
T,S,E
0,4
[7].  Mampu bekerja sama dalam tim dan memberikan solusi masalah dalam lintas bidang keteknikan dengan memperhatikan faktor-faktor ekonomi, kesehatan dan keselamatan publik, etika dan lingkungan.
[7].  Able to provide solution in cross-engineering field with attention to economic, public health and safety factors, ethics and environmental consideration.
T,A,S
0,4
[8].  Mampu menulis proposal untuk penawaran dan laporan Proyek berkaitan Menguasai rekayasa permesinan, berkomunikasi, negosiasi dan presentasi berkaitan bidang teknik mesin; sesuai bidang konsentrasi.
[8].  Able to write proposals for bidding and Project reports relating to Mastering in mechanical engineering, communicate, negotiate and presentations related to mechanical engineering; according to the field of concentration.
P,T,A
0,4
[10].     Mampu menerapkan kerekayasaan teknik mesin dan melakukan penelitian dibawah bimbingan dengan memakai kaedah-kaedah ilmiah dan menghasilkan karya ilmiah, melibatkan proses pembelajaran sepanjang hayat terhadap pengetahuan kekinian yang relevan.
[10].     Able to apply mechanical engineering and conduct research under guidance by using scientific methods and producing scientific papers, involve a lifelong learning process to the relevant contemporary knowledge.
K,P,T,A
K – (Knowledge) Pengetahuan
P – Pemahaman
T – Terapan(Aplikasi)
A – Analisa
S – Perpaduan (Sintesa)
E – Evaluasi

 

 

FISIKA DASAR II

Program Studi (Study Program)
Teknik Mesin (Mechanical Engineering)
Fakultas / Sekolah (Faculty / School)
Fakultas Teknik (Engineering Faculty)
Kode Kuliah (Course Number)
RTM 1203
Nama Kuliah (Course Title)
Fisika Dasar II
Beban Kuliah (Course Load)
2 sks / 2 crs.
Sifat Kuliah (Wajib / Pilihan)
Course Type (Mandatory / Elective)
Pilihan Wajib Prodi
(Selection Program-Mandatory)
Prasyarat (Prerequisites)
Syarat Pengambilan Bersama (CoRequisites)
Referensi Utama (Primary References)
–     David Haliday and Restnick (1988). Fundamentals of physics,John,Wiley Schaum Series, Fisika, Erlangga
Bahan Pelengkap (Supplemental Material)
Semester Posisi Kuliah (Course Semester)
2
Koordinator Matakuliah (Course Coordinator)
Dosen Pengampu (Course Instructor)
Terang UHSG, ST. MT
Beban Kerja Kuliah dalam Jam Per Minggu (Course Load in Hours Per Week)
–    Tatap muka kelas (classroom sessions): 2
–    Responsi / tutorial (tutorials): 3
–    Belajar mandiri (independent study): 4
Deskripsi Matakuliah Sesuai Katalog (Course Description In Catalog)
Mendasari fenomena alam secara umum dan mendasari gejala-gejala fisika khususnya yang mencakup : persoalan kelistrikan, magnit  dan optik sebagai penunjang ilmu teknik mesin.
Tujuan Instruksional Umum (Course Objectives)
Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa diharapkan dapat menghitung dan mengaplikasikan ilmu fisik umumnya dan prinsip dasar ilmu kelistrikan, magnit  dan optik khususnya yang melandasi ilmu teknik mesin.
Luaran-Luaran Pembelajaran Matakuliah
(Course Learning Outcomes)
IABEE SO
Assessment
1.
2.
3.
4.
5.

Rencana Perkuliahan Mingguan (Weekly Course Plan)

Minggu Ke-
(Week No.)
Topik (Topics)
LPK (CLO)1
Sub-topik / indikator kinerja (Subtopics / performance indicators)
Tugas-tugas (Assignments)
1
Penguraian listrik statis dan penerapan hukum faraday dan maxwel. Penguraian muatan electron bebas pada konduktor dan isolator.
•   Proses ilmu elektromagnetik yang meliputi : jumlah muatan tertentu jika suatu zat digosok dengan zat lain akan bermuatan listrik statis dan proses terjadinya
•   pemakainan electron bebas (franklin)
Dapat memahami  tentang listrik statis dan muatan electron bebas
1
Penguraian medan listrik antar muatan. System medan listrik untuk beberapa muatan
•   Medan listrik dan gaya antar muatan listrik
•   Mengukur gaya tarik dan gaya tolak
•   Prinsip super posisi beberapa medan listrik
•   Kuat medan listrik
Dapat memahami tentang  interaksi muatan listrik dan hukum Coloumb
2
Flux listrik dan potensial listrik, serta sifat bola konduktor.
•   Sifat garis gaya listrik (Hukum gauss), dan sifat medan listrik untuk menentukan potensial listrik sebagai ukuran saklarnya medan listrik, juga menghitung rapatan muatan.
Dapat memahami tentang   garis gaya listrik
3
Kapasitor dengan ggl listrik. Dan dielektrik
•   Kapasitansi suatu penghantar sebagai kemampuan menerima muatan
•   Kapasitas bola
•   Energi listrik konduktor
•   Kapasitansi gabungan.
Dapat memahami tentang  alat untuk menyimpan muatan
3-4
Hukum Ohm dan kirchoff, Tegangan Gerak Eletrik, Rangkaian RC, Potensiometer, Alat ukur arus dan beda potensial
•   Meliputi : arus listrik, rapat arus listrik dan tahanan (hambatan) listrik serta rangkaian sederhana
•   Rangkaian RC dan Potensiometer
•   Hukum Ohm dan Kirchoff
•   Daya listrik arus searah.
Dapat memahami tentang   arus listrik, rangkaian arus listrik dan daya listrik
4-5
Medan Magnet, Definisi B,  Kemagnitan dan listrik.
•   Medan Magnet dan Definisi B
•   Gaya Magnet pada suatu arus listrik
•   Momen Kakas pada sebuah simpal arus
•   Efek Hall
•   Muatan bersirkulasi.
Dapat memahami tentang   medan magnet
5
Hukum Ampere dan garis medan magnet
•   Hukum Ampere
•   Medan Magnet pada kawat panjang, kawat sejajar
•   Garis-garis B
•   Solenoida
•   Hukum Biot Savart.
Dapat memahami tentang   Hukum Ampere
5
Hukum Induksi Faraday, Hukum Lenz dan Arus Induksi
•   Ekperiemen Faraday
•   Hukum Induksi Faraday
•   Hukum Lenz
•   Induksi
•   Medan magnet yang berubah terhadap waktu, induksi dan gerak relatif.
Dapat memahami tentang   hukum induksi faraday
6
Induktans,  Rangkaian LR, Energi Magnet
•   Induktans
•   Perhitungan Induktans
•   Rangkaian LR
•   Energi dan Medan Magnet
•   Kerapatan Energi
•   Induktans bersama.
Dapat memahami tentang   induktans
6
Hukum Gauss, Kemagnetan Bumi, Bahan-bahan Magnetik
•   Kutub dan Dipol
•   Hukum Gauss
•   Kemagnetan Bumi
•   Paramagnetisma
•   Diamgnetisme
•   Terromagetisma
•   Kemagnetan inti
•   Tiga Magnetik Vektor
Dapat memahami tentang   sifat-sifat magnetik materi
7
Osilasi elektromagnetik
•   Osilasi LC
•   Analogi dengan gerak harmonik sederhana
•   Osilasi elektromagnetik
•   Elemen-elemen yang tergumpal dan yang terdistribusi
Dapat memahami tentang   osilasi elektromagnetik
7, 8
Rangkaian RLC, Resonansi dan Daya
•   Rangkaian RCL bersimpal tunggal
•   Daya pada rangkaian
•   Resonansi
•   Penyaring (filter) dan peluntur bolak-balik
•   Transformator.
Dapat memahami tentang arus bolak balik
8
Persamaan Maxwell
•   Persamaan-persamaan dasar keeletromagetan
•    Medan magnet imbas
•   Arus Pergeseran
•   Persamaan-persamaan Maxwell
•   Persamaan Maxwell dan rongga
Dapat memahami tentang persamaan Maxwell
9
Gelombang Elektromagnetik
•   Spektrum elektromagnetik
•   Gelombang elekromagnet
•   Jalur transmisi
•   Kabel sesumbu-medan dan arus
•   Pandu gelombang
•   Radiasi
•   Gelombang berjalan dan Persamaan Maxwell
•   Vektor poynting
Dapat memahami tentang gelombang elektromagnetik
10
Generator arus searah
•   Kumparan penghantar yang digerakkan dalam suatu medan magnet dan memotong garis gaya.
Dapat memahami tentang   perubahan energi mekanik menjadi energi listrik
11
Motor dan generator listrik
•   Energi listrik menjadi energi mekanik (sebaliknya), generator listrik AC, generator listrik DC.
Dapat memahami tentang  dasar kerja motor listrik.
11
Elektromagnetik
•   Pengantar, tenaga dan momentum
•   Laju cahaya
•    Sumber dan pengamat yang bergerak
•    Efek doppler
Dapat memahami tentang  sifat dan penjalaran cahaya.
12
Prinsip Huygens
•   Refleksi dan Refraksi
•   Prinsip Huygens
•   Hukum Refleksi dan Refraksi
•   Refleksi Internal Total
•   Prinsip Fermat
Dapat memahami tentang  refleksi dan refraksi gelombang datar dan permukaan datar.
12
Gelombang sferis dan permukaan sferis
•   Optika-geometris dan optika gelombang
•   Gelombang sferis dan cermin datar
•   Gelombang sferis dan cermin sferis
•   Permukaan refraktor sferis
•   Lensa Tipis
•   Alat-alat optik.
Dapat memahami tentang  refleksi dan refraksi gelombang sferis dan permukaan sferis.
13
Interferensi dan  Interferometer
•   Percobaan Young
•   Koherensi
•   Intensitas dalam Percobaan Young
•   Interferensi dari selaput tipis
•   Interferometer Michelson dan perambatan cahaya
Dapat memahami tentang  interferensi cahaya
13
Celah Tunggal
•   Celah tunggal
•   Celah tunggal Kuantitatif
•   Celah tunggal Kualitatif
•   Difraksi oleh lubang berbentuk lingkaran
Dapat memahami tentang  difraksi cahaya
14
Kisi, Difraksi, dan Hukum Bragg
•   Celah Rangkap
•   Kisi defraksi
•   Daya pisah sebuah kisi, Difraksi Sinar X
•   Hukum Bragg
Dapat memahami tentang  kisi dan spektrum
14
Polarisasi dan hamburan
•   Polarisasi
•   Pelat polarisasi, Polarisasi oleh relfeksi
•   Refraksi rangkap
•   Polarisasi lingkaran
•   Momentum Sudut cahaya
•   Hamburan cahaya
•   Hamburan rangkap
Dapat memahami tentang  polarisasi
Tingkat pembelajaran IABEE SO (ABET SO learning level) – L(low), M(medium), H(high)
SO
Deskripsi
Description
Level
  2
[1].  Mampu menerapkan matematika, sains, material dan prinsip rekayasa (engineering principles) yang mencakup pengetahuan desain, produksi, operasi, dan pemeliharaan untuk menyelesaikan permasalahan teknik mesin
[1].  Able to apply math, science, material and engineering principles that include design, production, operation and maintenance knowledge to solve mechanical engineering problems.
K,P
K – (Knowledge) Pengetahuan
P – Pemahaman
T – Terapan(Aplikasi)
A – Analisa
S – Perpaduan (Sintesa)
E – Evaluasi

 

 

ILMU LOGAM FISIK

Program Studi (Study Program)
Teknik Mesin (Mechanical Engineering)
Fakultas / Sekolah (Faculty / School)
Fakultas Teknik (Engineering Faculty)
Kode Kuliah (Course Number)
RTM 1205
Nama Kuliah (Course Title)
Ilmu Logam Fisik
Beban Kuliah (Course Load)
2 sks / 2 crs.
Sifat Kuliah (Wajib / Pilihan)
Course Type (Mandatory / Elective)
Pilihan Wajib Prodi
(Selection Program-Mandatory)
Prasyarat (Prerequisites)
Syarat Pengambilan Bersama (CoRequisites)
Referensi Utama (Primary References)
–     Intro To Physical Metalurgi, Avner, S. H
–     Engineering Material, Ashy M.F dan jones R.H Regamon, Oxford.
Bahan Pelengkap (Supplemental Material)
Semester Posisi Kuliah (Course Semester)
2
Koordinator Matakuliah (Course Coordinator)
Dosen Pengampu (Course Instructor)
Ir. Syahrul Abda, M.Sc
Beban Kerja Kuliah dalam Jam Per Minggu (Course Load in Hours Per Week)
–    Tatap muka kelas (classroom sessions): 2
–    Responsi / tutorial (tutorials): 3
–    Belajar mandiri (independent study): 4
Deskripsi Matakuliah Sesuai Katalog (Course Description In Catalog)
Mata kuliah ini mengkaji mengenai : mekanisme deformasi, diagram fasa, baja dan perlakuan panas baja, kekerasan permukaan, paduan baja, baja pahatan, paduan non-fero, korosi logam, fatik dan fraktur dan logam penggunaan khusus.
Tujuan Instruksional Umum (Course Objectives)
Setelah mengikuti kulih ini mahasiswa diharapkan dapat memahami sifat-sifat baja dan paduannya, mekanisme deformasi, perlakuan–perlakuan terhadap baja guna untuk menunjang praktikum dan tugas akhir mahasiswa.
Luaran-Luaran Pembelajaran Matakuliah
(Course Learning Outcomes)
IABEE SO
Assessment
1.
2.
3.
4.
5.

Rencana Perkuliahan Mingguan (Weekly Course Plan)

Minggu Ke-
(Week No.)
Topik (Topics)
LPK (CLO)1
Sub-topik / indikator kinerja (Subtopics / performance indicators)
Tugas-tugas (Assignments)
1 – 2
Mekanisme deformasi
•   Cacat titik, permukaan, Slip, Twinning, kotoran logam, tegangan shear urai.
•   Efek regangan dan jenis pengerjaan panas, pengaruh pemanasan, recovery, recristallisasi, pertumbuhan butir vs sifat mekanis, ukuran butir.
mampu memahami dan menjelaskan tentang mekanisme deformasi
3 – 4
Diagram fasa
•   Keristitasi, paduan, solid solution, instertitial, fasa kompoun, diagram fasa eutectic,
•   Peritectic, eutectoid, diagram fasa Fe-C, transformasi, fasa kesetimbangan.
 mampu memahami dan menjelaskan tentang diagram fasa.
5 – 6
Baja dan perlakuan panas baja
•   Temperature kritis, fasa-fasa baja, campuran eutectoid, fullannealing, normalizing, hardening, proses aniel,  stress reliv,media pendinginan.
•   Martensit dan sifat-sifatnya, laju pendinginan kritis, diagram I Tdan contoh-contohnya.
•   Transformasi non-kesetimbangan, fasa-fasa antara temperature Ms dan Mc, pengaruh komposisi.
•   Diagram CCT tempering, austempering.
mampu memahami dan menjelaskan tentang baja dan perlakuan panas baja
7 – 8
Hard surfacing dan paduan baja.
•   Aus logam, gas dan liquid, carburizing, nitriding, carbonitriding, surface hardening, hardsurfacing.
•   Penomoran baja, pembentukan carbide, unsur-unsur larut didalam ferit, baja nikel, baja mangan, baja cromium, baja Ni-Cr, baja molybdenum, baja titanium, baja stainless,diagram schefter, jenis-jenis baja stainless.
mampu memahami dan menjelaskan tentang hard surfacing dan paduan baja.
9 – 10
Baja pahat dan paduan non-ferro
•   Kedalaman pengerasan, ketanguhan, katahanan aus.
•   Sifat mampu mesin, water hardening, schok recistance.
•   Tembaga dan paduan, penomoran, brass-brou.
•   Al dan paduan, penomoran.
•   Paduan,ondering, coherensi,diagram fasa.
•   Nikel dan paduan.
•   Titanium dan paduan.
mampu memahami dan menjelaskan baja pahat dan paduan non-ferro.
11 – 12
Korosi logam
•   Logam dan lingkungan.
•   Faktor-faktor yang mempengaruhi korosi,polarivasi   dan passivasi, jenis-jenis korosi, pencegahan diagram porbaix, tabel EMF dan tabel galvanik
mampu memahami dan menjelaskan korosi logam.
13 – 14
Fatik dan fractur serta logam penggunaan khusus.
•   Beban berulang, fatik siklus panjang, fatik siklus pendek, tegangan mean, hukum basquin, kurva SN     ,asal fatik, permukaan fatik.
•   Toughnress, fracture toughness, retak kritis, perambatan retak, factor intensitas, tegangan kritis.
•   Logam untuk transfortasi, penerbangan dan lain-lain                   logam untuk bahan-bahan magnit
dapat memahami dan mampu menjelaskan tentang fatik dan fractur serta logam penggunaan khusus.
Tingkat pembelajaran IABEE SO (ABET SO learning level) – L(low), M(medium), H(high)
SO
Deskripsi
Description
Level
1,8
[1].  Mampu menerapkan matematika, sains, material dan prinsip rekayasa (engineering principles) yang mencakup pengetahuan desain, produksi, operasi, dan pemeliharaan untuk menyelesaikan permasalahan teknik mesin
 [1]. Able to apply math, science, material and engineering principles that include design, production, operation and maintenance knowledge to solve mechanical engineering problems.
K,P
0,2
[4].  Mampu merancang suatu proses kerekayasaan dengan menerapkan prinsip perancangan sistem mekanik dari berbagai aplikasi Industri dengan memperhatikan unsur keselamatan, kehandalan, kemudahan serta faktor faktor ekonomi, sosiokultur dan lingkungan.
[4].  Able to design a engineering process by applying the principles of designing mechanical systems from various Industri applications with attention to the element of safety, reliability, convenience and economic factors, sociocultural and environment.
T,S,E
K – (Knowledge) Pengetahuan
P – Pemahaman
T – Terapan(Aplikasi)
A – Analisa
S – Perpaduan (Sintesa)
E – Evaluasi

 

 

KALKULUS II

Program Studi (Study Program)
Teknik Mesin (Mechanical Engineering)
Fakultas / Sekolah (Faculty / School)
Fakultas Teknik (Engineering Faculty)
Kode Kuliah (Course Number)
RTM 1202
Nama Kuliah (Course Title)
Kalkulus II
Beban Kuliah (Course Load)
2 sks / 2 crs.
Sifat Kuliah (Wajib / Pilihan)
Course Type (Mandatory / Elective)
Pilihan Wajib Prodi
(Selection Program-Mandatory)
Prasyarat (Prerequisites)
Syarat Pengambilan Bersama (CoRequisites)
Referensi Utama (Primary References)
–          Edwin J.Purcell dan Dale varberg, Calculus with Analytic Geometry
–          Frank Aydes Jr.Phd, Differential and Integral, Calculus, Schaum’s outlina series
–          Howard Anton, Aljabar Linier Elementer, Erlangga
Bahan Pelengkap (Supplemental Material)
Semester Posisi Kuliah (Course Semester)
2
Koordinator Matakuliah (Course Coordinator)
Dosen Pengampu (Course Instructor)
Dr. Tulus Burhanuddin Sitorus, ST, MT
Beban Kerja Kuliah dalam Jam Per Minggu (Course Load in Hours Per Week)
–    Tatap muka kelas (classroom sessions): 2
–    Responsi / tutorial (tutorials): 3
–    Belajar mandiri (independent study): 4
Deskripsi Matakuliah Sesuai Katalog (Course Description In Catalog)
Perkuliahan ini membahas tentang integral, vector, matriks beserta beberapa operasi, metode penyelesaian dan pemakaiannya, terutama yang berhubungan dalam bidang keteknikan
Tujuan Instruksional Umum (Course Objectives)
Setelah menyelesaikan mata kuliah ini mahasiswa diharapkan dapat mengaplikasikan dari integral, vector, dan matriks serta dapat mengaplikasikannya dalam bidang keteknikan dan sebagai dasar penunjang untuk mata kuliah lainnya
Luaran-Luaran Pembelajaran Matakuliah
(Course Learning Outcomes)
IABEE SO
Assessment
1.
2.
3.
4.
5.

Rencana Perkuliahan Mingguan (Weekly Course Plan)

Minggu Ke-
(Week No.)
Topik (Topics)
LPK (CLO)1
Sub-topik / indikator kinerja (Subtopics / performance indicators)
Tugas-tugas (Assignments)
1
Integrasi Tertentu
•     Integral terbatas, luas bidang
•    Volume putaran, panjang   busur, titik berat/momen
•    Luas permukaan benda putar, integral pendekatan
Dapat menentukan luas dan volume dari suatu bentuk
2
Deret Tak Berhingga
•    Barisan Tak Berhingga
•    Deret Tak Berhingga
•    Deret Positif
•    Deret Pangkat
•    Deret Taylor
•    Maclaurin
Dapat menentukan sudah deret tak berhingga
3
Persamaan linear dan Matriks
•    Sistem persamaan linear
•    Eliminasi Gauss
•    Sistem persamaan homogeny
•    Matriks dan Operasi Matriks
•    Aturan-aturan Ilmu Hitung Matriks, Matriks Elementer
Dapat memahami menyelesaikan persamaan linear
4
Determinan
Fungsi determinan, menghitung, determinan dengan reduksi baris
•    Sifat-sifat fungsi determinan, Ekspansi Kofaktor/Aturan Cramer
Dapat memahami menyelesaikan determinan suatu matriks
5
Irisan Kerucut dan Sistem Koordinat kutub
•    Parabola
•    Elips
•    Hiperbol
•    Sistem Koordinat Kutub
Dapat menyelesaikan persoalan tentang pencerminan dan sistem koordinat kutub
6
Vektor pada bidang
•    Kurva pada Bidang
•    Vektor pada Bidang
•    Fungsi bernilai pada vector
•    Kelengkungan dan Percepatan
Dapat menyelesaikan persoalan geometri pada bidang vektor
7
Vektor pada ruang
•      Koordinat Cartesius pada Ruang Dimensi Tiga Vektor pada bidang
•    Fungsi bernilai pada vector
•    Perkalian silang
•    Kelengkungan dan Percepatan
Dapat menyelesain persoalan geometri pada ruang vector
8
Ruang Vektor
•    Ruang n-Euclidis, Ruang vector umum, Subruang, Kebebasan Linear, Basis dan Dimensi, Ruang Baris dan Kolom Matriks, Ruang Hasil Kali Dalam
Dapat menyelesaikan persoalan ruang-ruang vector
9-10
Differential Parsial dan Total
•    Fungsi dua Pengubah
•    Turunan Parsial
•    Limit dan kekontinuan
•    Keterdiferensial Gradien, Bidang Singgung
•    Maksimum dan Minimum
•    Metode Langrange, turunan pertama dari fungsi implicit, Pertumbuhan parsial dan total
Dapat menyelesaikan turunan dalam ruang dimensi –n
11
Integral Lipat dua dan tiga
Integral lipat dua pada persegi panjang, bukan persegi panjang, koordinat kutub
Penerapan Integral lipat tiga, Internal Lipat Tiga
Dapat menyelesaikan integral dalam Ruang Dimensi-n
12
Medan Vektor, Integral Garis dan Integral Permukaan
•    Medan Vektor
•    Integral Garis
•    Kebebasan Tapak
•    Teorema Green
•    Integral Permukaan
•    Teorema Divergensi
•    Teorema Stokes
Dapat menyelesaikan kalkulus Vektor
13
Transformasi Linear
•     Pengantar Transformasi Linear, Sifat Transformasi Linear, Kernel dan Jangkauan, Transformasi linear dari Rn ke Rm, Geometri Transformasi Linear dari R2 ke R2, Matriks Transformasi
•    Keserupaan
Dapat Menyelesaikan Transformasi Linear
14
Nilai Eigen dan Vektor Eigen
•    Nilai Eigen dan Vektor Eigen
•    Diagonaisasi
•    Diagonalisasi Ortogonal
•    Matriks Simetri
Dapat menentukan nilai eigen dai sebuah vector/matriks
Tingkat pembelajaran IABEE SO (ABET SO learning level) – L(low), M(medium), H(high)
SO
Deskripsi
Description
Level
  2
[1].  Mampu menerapkan matematika, sains, material dan prinsip rekayasa (engineering principles) yang mencakup pengetahuan desain, produksi, operasi, dan pemeliharaan untuk menyelesaikan permasalahan teknik mesin
[1].     Able to apply math, science, material and engineering principles that include design, production, operation and maintenance knowledge to solve mechanical engineering problems.
K,P
K – (Knowledge) Pengetahuan
P – Pemahaman
T – Terapan(Aplikasi)
A – Analisa
S – Perpaduan (Sintesa)
E – Evaluasi

 

 

MEKANIKA FLUIDA I

Program Studi (Study Program)
Teknik Mesin (Mechanical Engineering)
Fakultas / Sekolah (Faculty / School)
Fakultas Teknik (Engineering Faculty)
Kode Kuliah (Course Number)
RTM1207
Nama Kuliah (Course Title)
Mekanika Fluida I
Beban Kuliah (Course Load)
2 sks / 2 crs.
Sifat Kuliah (Wajib / Pilihan)
Course Type (Mandatory / Elective)
Pilihan Wajib Prodi
(Selection Program-Mandatory)
Prasyarat (Prerequisites)
Syarat Pengambilan Bersama (CoRequisites)
Referensi Utama (Primary References)
–     Elementary fluid mechanics- S.I.Version 5th edition, 1976 by vennard & street.
–     Fundamentals of fluid  Mechanics, McGRAW-Hill international editions  2nd  Priting, 1988 by Jock B. Evett, Cheng Liu.
–     V.L. Streeter,” Mekanika Fluida,” Penerbit Erlangga, Jakarta Terjemahan 1988.
–     P Gerhart, R. Gross & J.I Hochstein, Fundamentals of fluid  Mechanics, Addison Wiley, 1985
Bahan Pelengkap (Supplemental Material)
Semester Posisi Kuliah (Course Semester)
2
Koordinator Matakuliah (Course Coordinator)
Dosen Pengampu (Course Instructor)
Prof.Dr.Ir. Farel H. Napitupulu, DEA
Beban Kerja Kuliah dalam Jam Per Minggu (Course Load in Hours Per Week)
–    Tatap muka kelas (classroom sessions): 2
–    Responsi / tutorial (tutorials): 3
–    Belajar mandiri (independent study): 4
Deskripsi Matakuliah Sesuai Katalog (Course Description In Catalog)
Mata kuliah ini menjelaskan dasar-dasar Mekanika Fluida, Statika fluida, kinematika aliran fluida, aliran fluida ideal inkomfresibel dan kompresibel, persamaan aliran fluida..
Tujuan Instruksional Umum (Course Objectives)
Setelah mengikuti kuliah ini mahasiswa mempu mengaplikasikan ilmu mekanika fluida sebagai dasr perancangan mesin-mesin dengan fluida
Luaran-Luaran Pembelajaran Matakuliah
(Course Learning Outcomes)
IABEE SO
Assessment
1.
2.
3.
4.
5.

Rencana Perkuliahan Mingguan (Weekly Course Plan)

Minggu Ke-
(Week No.)
Topik (Topics)
LPK (CLO)1
Sub-topik / indikator kinerja (Subtopics / performance indicators)
Tugas-tugas (Assignments)
1
Pengantar mekanika Fluida
•   Defenisi mekanika Fluida
•   Klasifikasi Fluida
•   Sistem satuan
•   Sifat-sifat fluida
•   Contoh-contoh soal
mampu memahami dan dapat menghitung, menganalisa pokok bahasan yang diberikan
2
 Statik fluida
•   Hubungan tekanan- kerapatan-ketinggian
•   Tekanan pengukur dan absolute
•   Contoh-contoh soal
•   Massa fluida yang dihubungkan dengan percepatan
•   Percepatan linier Konstan dengan  ax = 0
•   Pencepatan liner konstan
Contoh soal
 mampu memahami dan dapat menghitung, menganalisa pokok bahasan yang diberikan
3 – 4
Kinematika aliran fluida
•    Aliran stedi dan tak stedi
•    Aliran 1, 2, 3, dimensi
•    Kecepatan dan percepatan
•    Contoh-contoh soal
•    Persamaan kontinuitas
•    Aliran stedi dimensi
mampu memahami dan dapat menghitung, menganalisa pokok bahasan yang diberikan
5 – 6
Aliran fluida ideal inkompresibel
•   Persamaan EULER
•   Persamaan BERNOULLI
•   Persamaan Energi-Kinerja
•  Contoh persamaan Bernouille
•   Kavitasi
•   Penggunaan bersama persamaan kontinuitas dengan persamaan bernoulliPersamaan EULER
mampu memahami dan dapat menghitung, menganalisa pokok bahasan yang diberikan
5
Aliran fluida ideal kompresibel
•   Hukum thermodinamika
•   Persamaan Euler
•   Persamaan Energi
•   Integrasi persamaan Euler
•   Contoh soal
•   Titik Stagnasi
•   Kecepatan subsonik dan supersonic
•   Nosel konvergen
•   Contoh soal
•   Konstriksi dalam tabunggen-divergen arus
•   Contoh soal
•   Nosel konvergen
Contoh soal
mampu memahami dan dapat menghitung, menganalisa pokok bahasan yang diberikan
6
Persamaan aliran fluida
•   Kerugian head karena gesekan.
•   Kerapian minor
•   Contoh soal
mampu memahami dan dapat menghitung, menganalisa pokok bahasan yang diberikan
7
Analisa Dimensional
•   Dasar-dasar Analisa Dimensional
•   Parameter Tak Berdimensi dan Teorema PI
•   Parameter-parameter Tak Berdimensi dalam Mekanika Fluida
Aplikasi Analisa Dimensional
mampu memahami dan dapat menghitung, menganalisa pokok bahasan yang diberikan
Tingkat pembelajaran IABEE SO (ABET SO learning level) – L(low), M(medium), H(high)
SO
Deskripsi
Description
Level
0,8
[3].  Mampu merancang dan merekayasa kontruksi  mesin dengan menerapkan teori dan prinsip rekayasa mekanik dengan benar. Serta merancang Prosedur Standard operasi Mesin dan Merancang Perawatan mesin-mesin produksi;
[3].     Able to design machinery construction by applying the principles of mechanical engineering. As well as designing Standard Operating Procedures for Machinery and Maintenance planning;
T,A,S
0,8
[4].  Mampu merancang suatu proses kerekayasaan dengan menerapkan prinsip perancangan sistem mekanik dari berbagai aplikasi Industri dengan memperhatikan unsur keselamatan, kehandalan, kemudahan serta faktor faktor ekonomi, sosiokultur dan lingkungan.
[4].    Able to design a engineering process by applying the principles of designing mechanical systems from various Industri applications with attention to the element of safety, reliability, convenience and economic factors, sociocultural and environment.
T,S,E
0,4
[9].  Mampu melakukan identifikasi, formulasi dan analisis masalah rekayasa sesuai dengan bidang keilmuan teknik mesin melalui penelitian.
[9].     Able to identify, formulate and analyse engineering problems in accordance with the field of mechanical engineering through research.
A,S,E
K – (Knowledge) Pengetahuan
P – Pemahaman
T – Terapan(Aplikasi)
A – Analisa
S – Perpaduan (Sintesa)
E – Evaluasi

 

 

MENGGAMBAR TEKNIK II

Program Studi (Study Program)
Teknik Mesin (Mechanical Engineering)
Fakultas / Sekolah (Faculty / School)
Fakultas Teknik (Engineering Faculty)
Kode Kuliah (Course Number)
RTM 1204
Nama Kuliah (Course Title)
Menggambar Teknik II
Beban Kuliah (Course Load)
2 sks / 2 crs.
Sifat Kuliah (Wajib / Pilihan)
Course Type (Mandatory / Elective)
Pilihan Wajib Prodi
(Selection Program-Mandatory)
Prasyarat (Prerequisites)
Syarat Pengambilan Bersama (CoRequisites)
Referensi Utama (Primary References)
–     Giesecke, Mitchell, Spenser, Hill, Digdon,Novak. 2000. Technical DRAWING, Eleventh Edition, Terjemahan dalam bahasa Indonesia  dengan judul Gambar  TEKNIK …,Edisi ke – 11. pada Penerbit Erlangga
Bahan Pelengkap (Supplemental Material)
Semester Posisi Kuliah (Course Semester)
2
Koordinator Matakuliah (Course Coordinator)
Dosen Pengampu (Course Instructor)
Mahadi, ST, MT
Beban Kerja Kuliah dalam Jam Per Minggu (Course Load in Hours Per Week)
–    Tatap muka kelas (classroom sessions): 2
–    Responsi / tutorial (tutorials): 3
–    Belajar mandiri (independent study): 4
Deskripsi Matakuliah Sesuai Katalog (Course Description In Catalog)
Mata kuliah ini menjelaskan bagaimana cara menggambar teknik untuk menggambar sebuah komponen mesin dengan aturan-aturan standarisasi.
Tujuan Instruksional Umum (Course Objectives)
Setelah menyelesaikan mata kuliah ini (pada akhir semester) maka diharapkan mahasiswa dapat memahami, menjelaskan serta mampu melaksanakan membuat gambar teknik  yang menunjang perkuliahan, pratikum serta tugas akhir mahasiswa.
Luaran-Luaran Pembelajaran Matakuliah
(Course Learning Outcomes)
IABEE SO
Assessment
1.
2.
3.
4.
5.

Rencana Perkuliahan Mingguan (Weekly Course Plan)

Minggu Ke-
(Week No.)
Topik (Topics)
LPK (CLO)1
Sub-topik / indikator kinerja (Subtopics / performance indicators)
Tugas-tugas (Assignments)
1 – 2
Rusuk Pada Potongan , Garis-garis Arsiran
•    Pengertian  rusuk pada potongan/irisan
•    Potongan sebaris
•    Pandangan sebagian
•    Pemutusan Konvensional
•    Garis-garis Arsiran
dapat  memahami dan menjelaskan dan mampu membuat gambar teknik tentang Rusuk Pada Potongan , Lambang garis-garis arsir untuk menandakan bahan yang spesifik
3 – 4
Rusuk Pada Potongan , Arsiran Berselang Seling
•     Pengertian  rusuk pada potongan/irisan
•     Potongan sebaris
•      Pandangan sebagian
•      Pemutusan Konvensional
dapat  memahami dan menjelaskan dan mampu membuat gambar teknik tentang Rusuk Pada Potongan , Arsiran berselang seling
5 – 6
Toleransi system ISO
•     Suaian
•     Ukuran nominal
•     Toleransi
•     Penyimpangan membesar /     mengecil
•     Clearance
dapat  memahami dan menjelaskan dan mampu membuat gambar teknik dengan system toleransi
7 – 8
Sistem basis lubang dan system basis poros
•      Tingkatan suaian
•     Sistem basis lubang (SBL)
•     Sistem basis poros (SBP)
dapat  memahami dan menjelaskan tentang system basis lubang dan sistem basis poros
9 – 10
Penulisan toleransi
•     Penulisan toleransi pada gambar-gambar bagian / potongan
•     Penulisan toleransi pada gambar-gambar susunan.
mampu menggambar penulisan toleransi
11 – 12
Kekasaran permukaan
•      Kekasaran permukaan, tanda-tanda pengerjaan
Mampu memahami tentang kekasaran permukaan
13 – 14
Peletakan tanda-tanda pengerjaan umum dan khusus
Mampu memahami tentang peletakan tanda-tanda pengerjaan umum dan khusus
15 – 16
Pandangan potongan 2D dan 3D dengan menggunakan CAD
•     Sistem CAD dengan perintah arsin untuk membuat    arsir dan pola arsip
mampu menggambar teknik  dengan menggunakan CAD
Tingkat pembelajaran IABEE SO (ABET SO learning level) – L(low), M(medium), H(high)
SO
Deskripsi
Description
Level
0,4
[1].  Mampu menerapkan matematika, sains, material dan prinsip rekayasa (engineering principles) yang mencakup pengetahuan desain, produksi, operasi, dan pemeliharaan untuk menyelesaikan permasalahan teknik mesin
[1].   Able to apply math, science, material and engineering principles that include design, production, operation and maintenance knowledge to solve mechanical engineering problems.
K,P
1,2
[2].  Mampu mendeskripsikan rancangan dalam bentuk gambar teknik menggunakan perangkat lunak CAD sesuai dengan ketentuan/standarisasi (ISO, SNI, dll.); dan merancang buku manual pengoperasian dan perawatan.
[2].  Able to describe the design in accordance with the standardization (ISO, SNI, etc.); and also manuals operation and maintenance.
K,P,T
0,2
[4].  Mampu merancang suatu proses kerekayasaan dengan menerapkan prinsip perancangan sistem mekanik dari berbagai aplikasi Industri dengan memperhatikan unsur keselamatan, kehandalan, kemudahan serta faktor faktor ekonomi, sosiokultur dan lingkungan.
[4].  Able to design a engineering process by applying the principles of designing mechanical systems from various Industri applications with attention to the element of safety, reliability, convenience and economic factors, sociocultural and environment.
T,S,E
0,2
 [5]. Mampu merencanakan dan mendesain proses pengukuran yang presisi dan akurat dalam menyelesaikan masalah keteknikan secara bertanggung jawab dan beretika.
[5].  Able to plan and design precise and accurate measurement process in solving engineering problems with full a responsible and ethical manner.
T,S,E
K – (Knowledge) Pengetahuan
P – Pemahaman
T – Terapan(Aplikasi)
A – Analisa
S – Perpaduan (Sintesa)
E – Evaluasi

 

 

PRAKTIKUM / TUGAS MENGGAMBAR TEKNIK

Program Studi (Study Program)
Teknik Mesin (Mechanical Engineering)
Fakultas / Sekolah (Faculty / School)
Fakultas Teknik (Engineering Faculty)
Kode Kuliah (Course Number)
RTM 1209P
Nama Kuliah (Course Title)
Praktikum / Tugas Menggamba Teknik
Beban Kuliah (Course Load)
1 sks / 1 crs.
Sifat Kuliah (Wajib / Pilihan)
Course Type (Mandatory / Elective)
Pilihan Wajib Prodi
(Selection Program-Mandatory)
Prasyarat (Prerequisites)
Syarat Pengambilan Bersama (CoRequisites)
Referensi Utama (Primary References)
–     Giesecke, Mitchell, Spenser, Hill, Digdon,Novak. 2000. Technical DRAWING, Eleventh Edition, Terjemahan dalam bahasa Indonesia  dengan judul Gambar  TEKNIK …,Edisi ke – 11. pada Penerbit Erlangga
Bahan Pelengkap (Supplemental Material)
Semester Posisi Kuliah (Course Semester)
2
Koordinator Matakuliah (Course Coordinator)
Dosen Pengampu (Course Instructor)
Beban Kerja Kuliah dalam Jam Per Minggu (Course Load in Hours Per Week)
–    Tatap muka kelas (classroom sessions): 1
–    Responsi / tutorial (tutorials): 2
–    Belajar mandiri (independent study): 3
Deskripsi Matakuliah Sesuai Katalog (Course Description In Catalog)
Mata kuliah praktikum ini mengkaji bagaimana cara menggambar teknik untuk menggambar sebuah komponen  mesin.
Tujuan Instruksional Umum (Course Objectives)
Setelah menyelesaikan mata kuliah praktikum ini (pada akhir semester) maka diharapkan mahasiswa dapat memahami dan mampu membuat gambar teknik.
Luaran-Luaran Pembelajaran Matakuliah
(Course Learning Outcomes)
IABEE SO
Assessment
1.
2.
3.
4.
5.

Rencana Perkuliahan Mingguan (Weekly Course Plan)

Minggu Ke-
(Week No.)
Topik (Topics)
LPK (CLO)1
Sub-topik / indikator kinerja (Subtopics / performance indicators)
Tugas-tugas (Assignments)
1 – 2 – 3
Gambar teknik tentang kopling
•   Gambar teknik kopling kerucut
•   Kopling fleus
•   Kopling  cakar
•   Kopling rantai
•   Kopling ban
mampu memahami dan mampu menggambar sketsa dan meggambar teknik tentang berbagai kopling .
4 – 5 – 6
Gambar roda gigi
•   Gambar teknik tentang roda gigi lurus
•   Roda gigi kerucut,
•   Roda gigi miring,
•   Roda gigi cacing
 mampu memahami dan dan mampu membuat gambar teknik dari roda gigi .
7 – 8 – 9
Gambar assembling pada mesin bubut
•   Gambar assembling dan detail tentang roda gigi mesin bor vertical
•   Roda gigi transmissi pada sebuah mesin bubut
mampu memahami dan dan mampu membuat gambar assembling .
10 – 11 – 12
Gambar assembling pada hydraulic jeck
•    Gambar assembling dan detail tentang sebuah hydraulic jheck
mampu memahami dan mampu membuat gambar assembling
13 – 14 – 15
Gambar assembling rem
•   Gambar assembling rem dan Rem (Internal shoes brake)
mampu memahami dan dan mampu membuat gambar teknik serta assembling dari rem .
Tingkat pembelajaran IABEE SO (ABET SO learning level) – L(low), M(medium), H(high)
SO
Deskripsi
Description
Level
0,8
[2].  Mampu mendeskripsikan rancangan dalam bentuk gambar teknik menggunakan perangkat lunak CAD sesuai dengan ketentuan/standarisasi (ISO, SNI, dll.); dan merancang buku manual pengoperasian dan perawatan.
[2].  Able to describe the design in accordance with the standardization (ISO, SNI, etc.); and also manuals operation and maintenance.
K,P,T
0,2
[5].  Mampu merencanakan dan mendesain proses pengukuran yang presisi dan akurat dalam menyelesaikan masalah keteknikan secara bertanggung jawab dan beretika.
[5].  Able to plan and design precise and accurate measurement process in solving engineering problems with full a responsible and ethical manner.
T,S,E
K – (Knowledge) Pengetahuan
P – Pemahaman
T – Terapan(Aplikasi)
A – Analisa
S – Perpaduan (Sintesa)
E – Evaluasi