PROGRAM STUDI SARJANA
TEKNIK MESIN - FAKULTAS TEKNIK
UNIVERSITAS SUMATERA UTARA
Gedung J17 Jl. Almamater Kampus USU Medan 2015
mesin.usu.ac.id
RTM2107 CAPSTONE DESIGN
Program Studi
Fakultas
Referensi Utama
-
Course handouts, modul & laporan Lab Instruksional
Dosen Pengampu
-
Prof.Dr.Ir. Bustami Syam, MSME
Beban kerja Kuliah dalam Jam Per Minggu
Deskripsi Mata Kuliah Sesuai Katalog
- Cara mengembangkan produk untuk melebihi persyaratan dan harapan pelanggan menggunakan proses desain terstruktur.
- Produk yang nyata, bukan desain di atas kertas
Tujuan Instruksional Umum
Mahasiswa bekerja dalam tim pada proyek rekayasa/ desain teknik ‘’terbuka’’ yang menghasilkan wujud karya dalam bentuk fisik
Topik-topik penting disajikan dalam kuliah, termasuk proses desain, alat desain, manajemen proyek, teknik komunikasi, etika teknik dan assembling komponen mesin
No. | Luaran-Luaran Pembelajaran Mata Kuliah | IABEE SO | Assessment |
---|---|---|---|
1. | Mahasiswa akan memahami pentingnya proses desain yang terstruktur | - | |
2. | Mahasiswa mengembangkan ide terhadap penciptaan, modifikasi, dan inovasi baru terhadap komponen permesinan | - | |
3. | Mahasiswa melakukan evaluasi terhadap peluang kegagalan komponen permesinan | - | |
4. | Mahasiswa mengorganisir projek dan kerja tim | - | |
5. | Mahasiswa dapat menganalisa kualitas hasil inovasi yang di kembangkan | - |
Minggu Ke-(Week No.) |
Topik (Topics) |
LPK (CLO)1 |
Sub-topik / indikator kinerja (Subtopics / performance
|
Tugas-tugas (Assignments) |
1 |
Pendahuluan, PenjelasanProgramProses Ideation |
1,2 |
Mampu memahami dan menjelaskan tentang konsep dasar Perancangan
|
Baca Ch.1Tugas lakukan brainstorming ide ide inovasi terhadap berbagai komponen
|
2 |
Proses Design |
1,2 |
Mampu mengidentifikasi keperluan (costumer need) terhadap penciptaan,
|
Bacah Ch.berkaitanMemberi kajian tugas melakukan eksplorasi keperluan customer |
3 |
Menetapkan Spesifikasi Design |
1,2 |
Mampu membangun matrik keperluan - fungsi komponenMelakukan survey pasar eksistensi komponen sesuai fungsi (eksternal
|
Presentasi hasil identifikasi keperluan customer dan survey eksistensi
|
4 |
Konsep Desain |
1,2 |
Mampu melakukan proses perwujudan konsep baru dari fungsi komponen
|
Diskusi kelompok dalam rangka branstorming konsepPresentasi stimulasi konsep baru komponen mesin |
5 |
Seleksi (Screening dan Scooring) komponen permesinan yang telah di
|
Mampu membangun matrik criteria unggul dan konsep komponen baruMemberi score (menilai) keunggulan sesuai kriteria yang dibangunMenetapkan rentang dan ranking kriteriaMenyaring (Screening) komponen unggulMenilai bobot(Scoring) komponen unggulMenetapkan komponen yang akan dibuat prototype |
Diskusi kelompok dalam rangka branstorming konsepPresentasi penetapan komponen mesin yang akan dijadikan prototype |
|
6 |
Tinjauan Desain Sistem |
5 |
||
7 |
Desain untuk x (DFX) |
5 |
||
8 |
Desain & Analisa Parameter |
2,3,5 |
- |
|
Ujian Tengah Semester |
1,2,3 |
|||
9 |
Proposal Desain Taraf Parameter |
2,3,5 |
||
10 |
Mengorganisir Tim Kerja |
4 |
Mampu membangun kerja sama berkelompokMerancang fungs kerja sama berkelompokMenjalankan kerja sama berkelompok |
Baca Ch.berkaitanQuiz & Tugas |
11 |
Deskripsi Projek |
4 |
Mampu mendefinisikan kerja yang diusul sebagaiMembuat proposal sebuah kerja projekMerancang schedule (Gan Chat) dan anggaran biaya |
Baca Ch.berkaitan |
12 |
Persyaratan projek |
4 |
Mampu mendefinisikan kerja yang diusul sebagaiMembuat proposal sebuah kerja projekMerancang schedule (Gan Chat) dan anggaran biaya |
Baca Ch.berkaitan |
13 |
Perencanaan Projek |
4 |
Mampu mendefinisikan kerja yang diusul sebagaiMembuat proposal sebuah kerja projekMerancang schedule (Gan Chat) dan anggaran biaya |
Baca Ch.berkaitan |
14 |
Penyebaran Fungsi Kualitas (QFD) |
1,4,5 |
Studi Kualitas Produk- Internet- Survey bengkel- Presentasi- |
|
15 |
Analisa akibat dari ragam kegagalan |
3 |
Studi resiko kegagalan- Presentasi |
Tingkat pembelajaran IABEE SO (ABET SO learning level) - L(low),
|
|||
SO |
Deskripsi |
Description |
Level |
0,5 |
[2]. Mampu mendeskripsikan rancangan dalam bentuk gambar teknik
|
[2]. Able to describe the design in accordance with the
|
K,P,T |
0,5 |
[3]. Mampu merancang dan merekayasa kontruksi mesin dengan
|
[3]. Able to design machinery construction by applying the
|
T,A,S |
0,5 |
[4]. Mampu merancang suatu proses kerekayasaan dengan menerapkan
|
[4]. Able to design a engineering process by applying the principles
|
T,S,E |
0,3 |
[5]. Mampu merencanakan dan mendesain proses pengukuran yang presisi
|
[5]. Able to plan and design precise and accurate measurement process
|
T,S,E |
0,2 |
[6]. Mampu memilih sumberdaya dan memanfaatkan perangkat
|
[6]. Capable of selecting resources and utilizing computational
|
T,A,S |
- K - (Knowledge) Pengetahuan
- P - Pemahaman
- T - Terapan(Aplikasi)
- A - Analisa
- S - Perpaduan (Sintesa)
- E - Evaluasi
RTM2103 DESAIN ELEMEN MESIN I
Program Studi
Fakultas
Referensi Utama
-
SPOT Design Of Machine Elemen
-
Perencanaan Teknik Mesin Oleh Yoseph Seigley dan Gandhy Harahap,M.S
-
Rancangan elemen mesin, oleh Sularso
-
Machine element, Oleh Hall dan Hollowenko
Dosen Pengampu
-
Prof.Dr.Ir. Bustami Syam, MSME
Beban kerja Kuliah dalam Jam Per Minggu
Deskripsi Mata Kuliah Sesuai Katalog
Tujuan Instruksional Umum
No. | Luaran-Luaran Pembelajaran Mata Kuliah | IABEE SO | Assessment |
---|---|---|---|
1. | Mahasiswa akan memahami pentingnya proses desain yang terstruktur | - | |
2. | Mahasiswa mengembangkan ide terhadap penciptaan, modifikasi, dan inovasi baru terhadap komponen permesinan | - | |
3. | Mahasiswa melakukan evaluasi terhadap peluang kegagalan komponen permesinan | - | |
4. | Mahasiswa mengorganisir projek dan kerja tim | - | |
5. | Mahasiswa dapat menganalisa kualitas hasil inovasi yang di kembangkan | - |
Minggu Ke-(Week No.) |
Topik (Topics) |
LPK (CLO)1
|
Sub-topik / indikator kinerja (Subtopics / performance
|
Tugas-tugas (Assignments) |
1 - 2 |
Pendahuluan , analisa tegangan• Tegangan tarik dan tekan• Tegangan lengkung• Tegangan geser dan tegangan jumlah• Momen inersia penampang• Momen torsi poros dan tegangan geser• Momen inersia polar |
Diharapkan mahasiswa dapat menjelaskan analisa tegangan dan
|
||
3 - 4 |
Tegangan kerja dan kekuatan bahan• Diagram Hook (diagram kait)• Faktor keamanan untuk brittle dan ductile
• Tegangan-tegangan elestis, plastis, yield, ultimate, dan tegangn
|
Diharapkan mahasiswa dapat menjelaskan tegangan tegangan yang timbul
|
||
5 - 6 |
Konsentrasi tegangan Poros dan pasak
• Konsentrasi tegangn pada elmen mesin akibat adanya lubang, fillet,
|
Diharapkan mahasiswa dapat menjelaskan tegangan maksimum akibat
|
||
7 - 8 |
Daya poros dan daya rancangan serta putaran kritis. Macam-macam
|
Diharapkan mahasiswa dapat menjelaskan daya poros dan putaran kritis.
|
||
9 - 10 |
Sambungan paku keling dan sambungan las• Sambungan paku keling (rivet)• Pada sambungan sisi• Pada sambungan berimpit• Las sisi• Las sudut• Las berimpit• Analisa tegangan pada sambungan. |
Diharapkan mahasiswa dapat menjelaskan perhitungan sambungan paku
|
||
11 - 12 |
Sambungan Coupling and Cloutch• Kopling tetap• Kopling tidak tetap• Analisa gaya-gaya pada kopling dan cloutch |
Diharapkan mahasiswa dapat menjelaskan perhitungan Sambungan Coupling
|
||
13 - 14 |
Bantalan (bearing)• Bantalan linear• Bantalan gelinding• Pelumasan bantalan• Analisa gaya pada bantalan |
Diharapkan mahasiswa dapat menjelaskan perhitungan bantalan (bearing)
|
Tingkat pembelajaran IABEE SO (ABET SO learning level) - L(low),
|
|||
SO |
Deskripsi |
Description |
Level |
1,8 |
[2]. Mampu mendeskripsikan rancangan dalam bentuk gambar teknik
|
[2]. Able to describe the design in accordance with the
|
K,P,T |
0,6 |
[5]. Mampu merencanakan dan mendesain proses pengukuran yang presisi
|
[5]. Able to plan and design precise and accurate measurement process
|
T,S,E |
0,6 |
[6]. Mampu memilih sumberdaya dan memanfaatkan perangkat
|
[6]. Capable of selecting resources and utilizing computational
|
T,A,S |
- K - (Knowledge) Pengetahuan
- P - Pemahaman
- T - Terapan(Aplikasi)
- A - Analisa
- S - Perpaduan (Sintesa)
- E - Evaluasi
RTM2101 MATEMATIKA TEKNIK I
Program Studi
Fakultas
Referensi Utama
-
Kreyzigs E., Advanced Engineering Mathematics,
-
Schaum Series, Advanced Mathematics
Dosen Pengampu
-
Dr.Ing. Pramio Garson Sembiring, ST, M.Sc
Beban kerja Kuliah dalam Jam Per Minggu
Deskripsi Mata Kuliah Sesuai Katalog
Tujuan Instruksional Umum
No. | Luaran-Luaran Pembelajaran Mata Kuliah | IABEE SO | Assessment |
---|---|---|---|
1. | Mahasiswa akan memahami pentingnya proses desain yang terstruktur | - | |
2. | Mahasiswa mengembangkan ide terhadap penciptaan, modifikasi, dan inovasi baru terhadap komponen permesinan | - | |
3. | Mahasiswa melakukan evaluasi terhadap peluang kegagalan komponen permesinan | - | |
4. | Mahasiswa mengorganisir projek dan kerja tim | - | |
5. | Mahasiswa dapat menganalisa kualitas hasil inovasi yang di kembangkan | - |
Minggu Ke-(Week No.) |
Topik (Topics) |
LPK (CLO)1
|
Sub-topik / indikator kinerja (Subtopics / performance
|
Tugas-tugas (Assignments) |
1 |
Persamaan diferential biasa (Pers. Differential Order Pertama)•
|
dapat menghitung, menganalisa pokok bahasan yang diberikan |
||
2 |
Persamaan diferential biasa (Pers. Diff. Linear Order kedua dan
|
dapat menghitung, menganalisa pokok bahasan yang diberikan |
||
3 |
Persamaan diferential biasa• Sistem Homogen dengan Koef. Konstan• Bidang Phase• Titik Kritis• Kriteria Titik Kritis (Stabilitas)• Metode Kualitatif untuk Sistem Non-Linear• Sistem Linear NonHomogen |
dapat menghitung, menganalisa pokok bahasan yang diberikan |
||
4 |
Persamaan diferential biasa• Metode Power Series• Teori Metode Power Series• Pers. Legendre• Polinomial Legendre• Metode Frobenius, Pers. Bessel• Fungsi Bessel Bentuk-I• Fungsi Bessel Bentuk-II• Fungsi Ortogonal• Ekspansi Ortogonal Fungsi Eigen |
dapat menghitung, menganalisa pokok bahasan yang diberikan |
||
5 |
Persamaan diferential biasa• Transformasi Laplace• Inverse Transformasi• Linearitas• Pergeseran• Fungsi Dirac-Delta• Integrasi dan Differential dari Transformasi• Pers. Integral• Formula Umum• Tabel Transformasi Laplace |
dapat menghitung, menganalisa pokok bahasan yang diberikan |
||
6 |
Analisa Fourier dan Pers. Diffeerensial Parsial• Deret Fourier• Integral Fourier• Trasnformasi Fourier• Tabel Transformasi Fourier |
dapat menghitung, menganalisa pokok bahasan yang diberikan |
||
7 |
Analisa Fourier dan Pers. Diffeerensial Parsial• Pemisahan Variabel• Solusi D’Alembert• Penerapan Persamaan Perpan• Membran• Laplacian dalam Koordinat PolarMembram Lingkar• Pers. Laplace dalam Koordinaat Boladan Silinder• Pemecahan dengan Trans. Laplace. |
dapat menghitung, menganalisa pokok bahasan yang diberikan |
||
8 |
Metode Numerik Secara Umum• Titik Ambang• Round-off• Kesalahan• Iterasi• Interpolasi• Splines• Integrasi dan Differential Numerik |
dapat menghitung, menganalisa pokok bahasan yang diberikan |
- |
|
9-10 |
Metode Numerik pada Aljabar Linear• Eliminiasi Gauss• LU-Faktorisasi (Inversi Matriks)• Iterasi• Ill-Conditioning (Norm)• Metode Least Square• Masalah Nilai-Eigen Matriks• Inklusi Nilai Eigen Matriks• Nilai eigen dengan iterasi (Metode Power)• Tridiagonalisasi dan QR-Faktorisasi. |
dapat menghitung, menganalisa pokok bahasan yang diberikan |
||
11-12 |
Metode Numerik untuk Pers. Diferensial dan Integrasi• Metode untuk Pers. Diff. Orde-I• Metode Multistep• Metode untuk Pers. Diff. Orde-Tinggi dan Sistem• Metode utk Pers. Diff. Parsial Elipptik• Metode utk Pers. Parabolik• Metode utk Pers. Hiperbolik• Masalah Nilai batas dan Nilai-eigen. |
dapat menghitung, menganalisa pokok bahasan yang diberikan |
||
13-14 |
Metode Numerik untuk Pers. Diferensial dan Integrasi• Formula Integrasi Newton-Cotes• Integrasi Persamaan• Penerapan Metode Numerik. |
dapat menghitung, menganalisa pokok bahasan yang diberikan |
Tingkat pembelajaran IABEE SO (ABET SO learning level) - L(low),
|
|||
SO |
Deskripsi |
Description |
Level |
3 |
[1]. Mampu menerapkan matematika, sains, material dan prinsip
|
[1]. Able to apply math, science, material and engineering principles
|
K,P |
- K - (Knowledge) Pengetahuan
- P - Pemahaman
- T - Terapan(Aplikasi)
- A - Analisa
- S - Perpaduan (Sintesa)
- E - Evaluasi
RTM2106 MATERIAL TEKNIK
Program Studi
Fakultas
Referensi Utama
-
Surdia, Pengetahuan Bahan Teknik, Prad-nya Paramita, 1985
-
Callister, Material Science and Engineering, John Wiley, 1985.
-
Dieter, Mechanical Metallurgy, McGraw Hill, 1986
Dosen Pengampu
-
Maraghi Muttaqin, ST, MT
Beban kerja Kuliah dalam Jam Per Minggu
Deskripsi Mata Kuliah Sesuai Katalog
Tujuan Instruksional Umum
No. | Luaran-Luaran Pembelajaran Mata Kuliah | IABEE SO | Assessment |
---|---|---|---|
1. | Mahasiswa akan memahami pentingnya proses desain yang terstruktur | - | |
2. | Mahasiswa mengembangkan ide terhadap penciptaan, modifikasi, dan inovasi baru terhadap komponen permesinan | - | |
3. | Mahasiswa melakukan evaluasi terhadap peluang kegagalan komponen permesinan | - | |
4. | Mahasiswa mengorganisir projek dan kerja tim | - | |
5. | Mahasiswa dapat menganalisa kualitas hasil inovasi yang di kembangkan | - |
Minggu Ke-(Week No.) |
Topik (Topics) |
LPK (CLO)1
|
Sub-topik / indikator kinerja (Subtopics / performance
|
Tugas-tugas (Assignments) |
1 |
Pembagian material teknik,Ferous metal dan pembagiannya• Material dan metal serta contoh-contohnya
• Elemen, compound, campuran paduan, kotoran dan contoh-contohnya
|
Mampu memahami dan menjelaskan pembagian secara garis besar material
|
||
2 |
Jenis-jenis besi cor• Besi cor abu-abu, sifat-sifatnya dan penggunaanya• Besi cor putih, sifat-sifatnya dan penggunaanya• Besi cor mampu tempa, sifat-sifatnya dan penggunaanya• Besi cor liat, sifat-sifatnya dan penggunaanya• Besi cor paduan, sifat-sifatnya dan penggunaanya• Wrought iron, sifat-sifatnya dan penggunaanya |
Mampu memahami dan menjelaskan pembagian besi cor dan penggunaan
|
||
3 |
Jenis-jenis baja• Jenis bijih besi dan pengolahannya menjadi pig iron• Dapur pengolahan baja dari pid iron contoh
• Baja dan klasifikasinya menurut klasifikasi Carbon dan
|
Mampu memahami dan menjelaskan pembagian baja dan penggunaannya |
||
4 |
Jenis-jenis baja, Jenis-jenis baja paduan• Baja karbon sedang menurut pemakaianya• Baja karbon tinggi menurut pemakaianya• Baja paduan rendah dan penggunaannya |
Mampu memahami dan menjelaskan pembagian baja dan penggunaanya serta
|
||
5 |
Klasifikasi baja paduan tinggi• Baja tahan karat dan contoh pemakaian• Baja tahan panas dan contoh pemakaian• Baja perkakas dan contoh pemakaian• Baja listrik dan contoh pemakaian |
Mampu memahami dan menjelaskan baja paduan tinggi dan pengunaannya
|
||
6 |
Copper dan paduan-paduanya• Sifat-sifat copper• Jenis-jenis copper• Kuningan dan pemakaianya• Perunggu dan pemakaianya |
Mampu memahami dan menjelaskan metal copper dan paduan-paduannya serta
|
||
7 |
Nikel dan paduanya• Sifat-sifat nikel• Jenis-jenis nikel• Paduan-paduan nikel dan pemakaian |
Mampu memahami dan menjelaskan metal nikel dan paduan-paduannya |
||
8 |
Aluminium dan paduan-paduannnya• Sifat-sifat aluminium• Pembuatan aluminium• Paduan-paduan Aluminium dan aplikasinya |
Mampu memahami dan menjelaskan metal Aluminium dan paduan-paduannya
|
||
9 |
Lead dan paduannya, Zinc dan paduannya• Sifat-sifat lead• Jenis-jenis lead• Paduan-paduan lead dan penggunaanya• Sifat-sifat zinc dan penggunaanya |
Mampu memahami dan menjelaskan metal lead dan zinc serta aplikasinya
|
- |
|
10 |
Tin dan paduannya• Sifat-sifat tin• Jenis-jenis paduan tin dan penggunaannya |
Mampu memahami dan menjelaskan metal tin dan aplikasinya |
||
11 |
Metal-metal lain dan pengguanaannya• Sifat masing-masing metal dan penggunaannya |
Mampu memahami dan menjelaskan metal-metal lain yang biasa digunakan
|
||
12 |
Keramik dan klasifikasinya• Bahan keramik• Klasifikasi keramik dan metode-metode produksinya• Sifat-sifat keramik• Pengolahan• Glass, jenis-jenisnya dan penggunaannya• Keramik refraktori dan penggunaannya• Karbon dan sifat-sifatnya |
Mampu memahami dan menjelaskan keramik dan aplikasinya |
||
13 |
Material refraktori dan sifat-sifatnya serta aplikasinya• Definisi dan sifat-sifatnya• Sifat-sifat material silica-alumina• Jenis-jenis lain dari material refraktori• Sifat-sifat refraktori dibandingkan dengana ikatan keramik• High grade refarctories• Carbide dan sifat-sifatnya• Borides, nitrides, silicides, sulfides, cermet |
Mampu memahami dan menjelaskan material refarktori dan penggunaannya
|
||
14 |
Plastik• Sejarah
• Bahan plastik, keuntungan, keterbatasannya dalam pemakaian,
|
Mampu memahami dan menjelaskan material plastik dan penggunaanya
|
Tingkat pembelajaran IABEE SO (ABET SO learning level) - L(low),
|
|||
SO |
Deskripsi |
Description |
Level |
1,6 |
[1]. Mampu menerapkan matematika, sains, material dan prinsip
|
[1]. Able to apply math, science, material and engineering
|
K,P |
0,4 |
[2]. Mampu mendeskripsikan rancangan dalam bentuk gambar teknik
|
[2]. Able to describe the design in accordance with the
|
K,P,T |
- K - (Knowledge) Pengetahuan
- P - Pemahaman
- T - Terapan(Aplikasi)
- A - Analisa
- S - Perpaduan (Sintesa)
- E - Evaluasi
RTM2104 MEKANIKA KEKUATAN BAHAN
Program Studi
Fakultas
Referensi Utama
-
Mekanika Bahan oleh Gere dan Timoshenko
-
Strength of Materias Part I Elementry oleh S.Timoshenko
Dosen Pengampu
-
Dr.Ing. Pramio Garson Sembiring, ST, M.Sc
Beban kerja Kuliah dalam Jam Per Minggu
Deskripsi Mata Kuliah Sesuai Katalog
Tujuan Instruksional Umum
No. | Luaran-Luaran Pembelajaran Mata Kuliah | IABEE SO | Assessment |
---|---|---|---|
1. | Mahasiswa akan memahami pentingnya proses desain yang terstruktur | - | |
2. | Mahasiswa mengembangkan ide terhadap penciptaan, modifikasi, dan inovasi baru terhadap komponen permesinan | - | |
3. | Mahasiswa melakukan evaluasi terhadap peluang kegagalan komponen permesinan | - | |
4. | Mahasiswa mengorganisir projek dan kerja tim | - | |
5. | Mahasiswa dapat menganalisa kualitas hasil inovasi yang di kembangkan | - |
Minggu Ke-(Week No.) |
Topik (Topics) |
LPK (CLO)1
|
Sub-topik / indikator kinerja (Subtopics / performance
|
Tugas-tugas (Assignments) |
1 |
Tarik, Tekan dan Geser• Tegangan dan regangan normal• Diagram tegangan regangan• Elastisitas linier dan Hukum Hooke |
Mampu menghitung tegangan dan beban maksimum |
||
1 |
Tarik, Tekan dan Geser• Tegangan dan regangan geser• Tegangan izin dan Beban izin |
Mampu menghitung tegangan dan beban maksimum |
||
2 |
Pembebanan batang secara aksial• Lendutan batang• Struktur statis tak tentu• Tegangan pd tampang miring |
Dapat menghitung perpindahan sebuah titik dalam batang.. |
||
2 |
Puntitan• Puntiran batang bundar• Puntiran tak seragam• Transmisi daya oleh poros |
Dapat menhitung tegangan puntir dan sudut puntir |
||
3 |
Tegangan dalam balok• Kelengkungan• Regangan normal dalam balok• Tegangan normal dalam balok• Berbagai bentuk penampang balok |
Dapat menentukan tegangan dalam balok yang mengalami lenturan |
||
3 |
Tegangan dalam balok• Tegangan geser dalam balok• Penampang empat persegi• Tegangan geser dalam berbagai bentuk, penampang balok |
Dapat menentukan tegangan dalam balok yang mengalami lenturan |
||
4 |
Analisa tegangan dan regangan• Tegangan bidang• Tegangan Utama dan tegangan geser maksimum• Lingk. Mohr untuk tegangan bidang |
Dapat menentukan tegangan maksimum dalam suatu batang |
||
4 |
Analisa tegangan dan regangan
• Hukum Hooke untuk teg. bidang, • Tegangan biaxial dan triaxial.
|
Dapat menentukan tegangan maksimum dalam suatu batang |
||
5 |
Lendutan pada balok• Persamaan diferential dari curve lendutan• Lendutan dengan integrasi |
Dapat menentukan lendutan pada balok |
- |
|
5 |
Lendutan pada balok• Metode luas momen• Metode super-posisi• Fungsi-fungsi tak menerus |
Dapat menentukan lendutan pada balok |
||
6 |
Statis tak tentu• Momen reaksi• Dalil tiga momen |
Dapat menentukan momen, reaksi dan lendutan |
||
6 |
Teori Coulumns• Beban eccectric• Batang langsing• Beban kritis |
Dapat menghitung beban kritis |
||
7 |
Kombinasi beban aksial dan lateral• Persamaan momen lentur/diffrential• Integrasi persamaan diffrensial |
Dapat menghitung lendutan dan tegangan maksimum pada balok |
||
7 |
Kombinasi beban aksial tekan dan lateral.• Beban lateral terpusat• Beban momen• Beban terbagi rata |
Dapat menghitung lendutan dan tegangan maksimum pada balok |
||
8 |
Kombinasi beban aksial tarik dan lateral.• Hubungan aksial tekan dengan tarik• Bentuk-bentuk pembebanan |
Dapat menghitung lendutan dan tegangan maksimum pada balok |
||
8 |
Statis tak tentu• Superposisi• Dalil Tiga Momen |
Dapat menghitung lendutan dan tegangan maksimum pada balok |
||
9 |
Torsi Penampang Non Sirkular• Persamaan Torsi• Teori Saint Venant• Membrane Analogi |
Dapat menentukan tegangan puntir maksimum. |
||
9 |
Torsi Penampang Terbuka
• Torsional penampang terbuka • Tegangan puntir dan
|
Dapat menentukan tegangan puntir maksimum. |
||
10 |
Torsi Penampang Tertutup
• Penggunaan Membrane Analogi • Puntiran Penampang Satu Cell
|
Dapat menentukan tegangan puntir maksimum. |
||
10 |
Torsi Penampang Pada Penampang Gabungan (Tertutup dan Terbuka)
• Kombinasi Penampang • Tegangan puntir dan
|
Dapat menentukan tegangan puntir maksimum. |
||
11 |
Deformasi Silinder Dinding Tebal
• Tegangan Pada Elemen Silinder • Kesetimbangan Pada Elemen
|
Dapat menghitung tegangan radial dan tangential pada silinder. |
||
11 |
Deformasi Silinder Dinding Tebal• Sambungan Shrink-fit,• Tekanan Shrink-fit |
Dapat menghitung tegangan radial dan tangential pada silinder. |
||
12 |
Deformasi Silinder Dinding Tebal
• Pengaruh tekanan dalam & pengaruh putaran pada sambungan
|
Dapat menghitung tegangan radial dan tangential pada silinder. |
||
12 |
Deformasi Plastis
• Pembebanan Elastis-Plastis • Pembebanan Plastis
|
Memahami pengaruh tekanan dalamyang terlalu besar. |
Tingkat pembelajaran IABEE SO (ABET SO learning level) - L(low),
|
|||
SO |
Deskripsi |
Description |
Level |
0,9 |
[3]. Mampu merancang dan merekayasa kontruksi mesin dengan
|
[3]. Able to design machinery construction by applying the
|
T,A,S |
0,9 |
[4]. Mampu merancang suatu proses kerekayasaan dengan menerapkan
|
[4]. Able to design a engineering process by applying the
|
T,S,E |
0,6 |
[6]. Mampu memilih sumberdaya dan memanfaatkan perangkat
|
[6]. Capable of selecting resources and utilizing computational
|
T,A,S |
0,6 |
[9]. Mampu melakukan identifikasi, formulasi dan analisis masalah
|
[9]. Mampu melakukan identifikasi, formulasi dan analisis masalah
|
A,S,E |
- K - (Knowledge) Pengetahuan
- P - Pemahaman
- T - Terapan(Aplikasi)
- A - Analisa
- S - Perpaduan (Sintesa)
- E - Evaluasi
RTM2102 TERMODINAMIKA TEKNIK I
Program Studi
Fakultas
Referensi Utama
-
Soebiyantoro, Dasar Termodinamik, Universitas Gunadarma,1997
-
Werlin S. Nainggolan, Termodinamika Teori-Soal-Penyelasaian, CV. Armico, Bandung, 1987
-
William C. Reynolds, Henry C. Perkins, Engineering thermodynamics, Mc Graw-Hill, Engkand, 1997
Dosen Pengampu
-
Dr.Eng. Taufiq Bin Nur, ST, M.Eng.Sc
Beban kerja Kuliah dalam Jam Per Minggu
Deskripsi Mata Kuliah Sesuai Katalog
Tujuan Instruksional Umum
No. | Luaran-Luaran Pembelajaran Mata Kuliah | IABEE SO | Assessment |
---|---|---|---|
1. | Mahasiswa akan memahami pentingnya proses desain yang terstruktur | - | |
2. | Mahasiswa mengembangkan ide terhadap penciptaan, modifikasi, dan inovasi baru terhadap komponen permesinan | - | |
3. | Mahasiswa melakukan evaluasi terhadap peluang kegagalan komponen permesinan | - | |
4. | Mahasiswa mengorganisir projek dan kerja tim | - | |
5. | Mahasiswa dapat menganalisa kualitas hasil inovasi yang di kembangkan | - |
Minggu Ke-(Week No.) |
Topik (Topics) |
LPK (CLO)1
|
Sub-topik / indikator kinerja (Subtopics / performance
|
Tugas-tugas (Assignments) |
1 - 2 |
Konsep dan difenisi termodinamika, Proses dan siklus termodinamika,
|
mampu memahami dan menjelaskan tentang defenisi system dan masalah
|
||
3 - 4 |
Jenis-jenis energi dan hukum kekekalan tenaga.
• Kerja, energi dalam, energi mekanis, energi potensial, energi
|
mampu memahami konsep energi termal, energi aliran dan hukum
|
||
5 - 6 |
Hukum termodinamika I
• • Hukum termodinamika I untuk system, energi dalam gas ideal,
|
mampu memahami dan menjelaskan tentang hukum termodinamika I |
||
7 - 8 |
Persamaan energi aliran mantap. Proses dan penerapannya.
• Penukaran kalor, turbin dan kompresor, ketel, turbin, nosel, dan
|
mampu memahami dan menjelaskan tentang persamaan energi aliran mantap.
|
||
9 - 10 |
Sifat-sifat zat murni• Kalor laten. Perubahan phase. Contoh-contoh soal
• Perubahan phase, table dan grafik/diagram p-v dan T-s dan contoh
|
mampu memahami dan menjelaskan sifat dan keadaan zat, perubahan phase,
|
||
11 - 12 |
Entropi dan hukum termodinamika II• Pendahuluan dan hukum termodinamika II
• Siklus carnot dan prinsip-prinsip carnot; pendingin dan pemanas.
|
mampu memahami dan menjelaskan hukum termodinamika II |
||
13 - 14 |
Energi• Kerja reversibel dan irrevesibel.
• Kerja reversible dalam proses non aliran dan aliran. Contoh soal.
|
mampu memahami penggunaan-pengunaan hukum termodinamika II |
Tingkat pembelajaran IABEE SO (ABET SO learning level) - L(low),
|
|||
SO |
Deskripsi |
Description |
Level |
1,6 |
[3]. Mampu merancang dan merekayasa kontruksi mesin dengan
|
[3]. Able to design machinery construction by applying the
|
T,A,S |
1,6 |
[4]. Mampu merancang suatu proses kerekayasaan dengan menerapkan
|
[4]. Able to design a engineering process by applying the principles
|
T,S,E |
0,8 |
[9]. Mampu melakukan identifikasi, formulasi dan analisis masalah
|
[9]. Able to identify, formulate and analyse engineering problems in
|
A,S,E |
- K - (Knowledge) Pengetahuan
- P - Pemahaman
- T - Terapan(Aplikasi)
- A - Analisa
- S - Perpaduan (Sintesa)
- E - Evaluasi