Semester 6

Rencana Pembelajaran Semester (RPS/SAP)

 

   

PROGRAM STUDI SARJANA
TEKNIK MESIN FAKULTAS TEKNIK
UNIVERSITAS SUMATERA UTARA
Gedung J17 Jl. Almamater Kampus USU Medan 2015
dtm.usu.ac.id

 

 

Semester 6

 

 

MEKATRONIKA

Program Studi (Study Program)
Teknik Mesin (Mechanical Engineering)
Fakultas / Sekolah (Faculty / School)
Fakultas Teknik (Engineering Faculty)
Kode Kuliah (Course Number)
RTM 3204
Nama Kuliah (Course Title)
Mekatronika
Beban Kuliah (Course Load)
2 sks / 2 crs.
Sifat Kuliah (Wajib / Pilihan)
Course Type (Mandatory / Elective)
Pilihan Wajib Prodi
(Selection Program-Mandatory)
Prasyarat (Prerequisites)
Fisika Dasar II
Syarat Pengambilan Bersama (CoRequisites)
Referensi Utama (Primary References)
Bahan Pelengkap (Supplemental Material)
Semester Posisi Kuliah (Course Semester)
6
Koordinator Matakuliah (Course Coordinator)
Dosen Pengampu (Course Instructor)
Dr.Ir.M. Sabri, MT
Beban Kerja Kuliah dalam Jam Per Minggu (Course Load in Hours Per Week)
–    Tatap muka kelas (classroom sessions): 2
–    Responsi / tutorial (tutorials): 3
–    Belajar mandiri (independent study): 4
Deskripsi Matakuliah Sesuai Katalog (Course Description In Catalog)
Mata kuliah ini menjelaskan dasar perangkat semikonduktor, Penyearah arus, Operational Amplifier, Sistem bilangan, Aljabar Boolean, Sistem analog dan digital. Konversi data, Perangkat keras logika. Prosesor mikro. Programmable logic controller. Sensor (Tachometer, pot., encoders.Infrared, Ultrasonic, Acc’s). Simbol rangkaian kendali pneumatic, hidrolik, elektro-pneumatik, elektro-hidrolik. Pengaturan motor pnemuatik, hidrolik dan listrik. Teknik dan perangkat kendali motor step dan motor DC. Pemodelan sistem mekanik sederhana. Simulasi sistem mekanik. Perancangan sistem kendali untuk sistem mekanik.
Tujuan Instruksional Umum (Course Objectives)
Setelah menyelesaikan mata kuliah ini (pada akhir semester) maka diharapkan mahasiswa dapat mengerti dan merancang suatu sistem pengaturan yang sederhana baik menggunakan pneumaik, hidrolik dan listrik.
Luaran-Luaran Pembelajaran Matakuliah
(Course Learning Outcomes)
IABEE SO
Assessment
1.
2.
3.
4.
5.

Rencana Perkuliahan Mingguan (Weekly Course Plan)

Minggu Ke-
(Week No.)
Topik (Topics)
LPK (CLO)1
Sub-topik / indikator kinerja (Subtopics / performance indicators)
Tugas-tugas (Assignments)
1,2
Semikonduktor
•   Dasar-dasar Semikonduktor
•   Dioda
•   Penyearah Arus
•   Operational Amplifier
Dapat memahami tentang semikonduktor
3
Sistem Bilangan
•   Sistem Bilangan
•   Aljabar Boolean
Dapat memahami sistem bilangan dan operasinya
4
Sistem Analog dan Digital
•   Sistem Analog & Digital
•   Konversi Data
•   Perangkat Keras Logika
•   Prosessor Mikro
Dapat memahami tentang sistem analog dan digital
5, 6
Progammable Logic Controller
•   Progammable Logic Controller
•   Ladder Diagram
•   Lambang-lambang Umum
•   Studi Kasus
Dapat memahami tentang progammable Logic Controller
7
Sensor
•   Tachometer
•   Pot, Encoder
•   Infra Merah
•   Ultrasonik
•   Acc’s
Dapat memahami tentang Sensor
8
Sistem Pneumatik
•   Simbol Rangkaian Pneumatik dan Elektro-pneumatik
•   Perangkat kendali Pneumatik
•   Sistem pengaturan motor pneumatik
Dapat memahami tentang sistem pneumatik
9
Sistem Hidrolik
•   Simbol Rangkaian Hidrolik dan Elektro- Hidrolik
•   Perangkat kendali Hidrolik
•   Sistem pengaturan motor Hidrolik
Dapat memahami tentang sistem Hidrolik
10
Sistem Listrik
•    Sistem pengaturan motor listrik, motor step dan DC.
Dapat memahami tentang sistem listrik
11,12
Sistem Mekanik
•   Pemodelan sistem mekanik sederhana
•   Simulasi sistem mekanik
•   Perancangan Sistem Kendali untuk sistem mekanik
Dapat memahami tentang sistem mekanik
Tingkat pembelajaran IABEE SO (ABET SO learning level) – L(low), M(medium), H(high)
SO
Deskripsi
Description
Level
0,6
[3].  Mampu merancang dan merekayasa kontruksi  mesin dengan menerapkan teori dan prinsip rekayasa mekanik dengan benar. Serta merancang Prosedur Standard operasi Mesin dan Merancang Perawatan mesin-mesin produksi;
[3].   Able to design machinery construction by applying the principles of mechanical engineering. As well as designing Standard Operating Procedures for Machinery and Maintenance planning;
T,A,S
0,8
[4].  Mampu merancang suatu proses kerekayasaan dengan menerapkan prinsip perancangan sistem mekanik dari berbagai aplikasi Industri dengan memperhatikan unsur keselamatan, kehandalan, kemudahan serta faktor faktor ekonomi, sosiokultur dan lingkungan.
[4].   Able to design a engineering process by applying the principles of designing mechanical systems from various Industri applications with attention to the element of safety, reliability, convenience and economic factors, sociocultural and environment.
T,S,E
0,6
[6].  Mampu memilih sumberdaya dan memanfaatkan perangkat perancangan-dan-analisis berbasis TIK dan komputasi untuk melakukan aktivitas rekayasa teknik mesin
[6].   Capable of selecting resources and utilizing computational design-and-analysis tools for mechanical engineering activities.
T,A,S
K – (Knowledge) Pengetahuan
P – Pemahaman
T – Terapan(Aplikasi)
A – Analisa
S – Perpaduan (Sintesa)
E – Evaluasi

 

 

METODOLOGI PENELITIAN

Program Studi (Study Program)
Teknik Mesin (Mechanical Engineering)
Fakultas / Sekolah (Faculty / School)
Fakultas Teknik (Engineering Faculty)
Kode Kuliah (Course Number)
RTM 3202
Nama Kuliah (Course Title)
Metodologi Penelitian
Beban Kuliah (Course Load)
2 sks / 2 crs.
Sifat Kuliah (Wajib / Pilihan)
Course Type (Mandatory / Elective)
Pilihan Wajib Prodi
(Selection Program-Mandatory)
Prasyarat (Prerequisites)
Syarat Pengambilan Bersama (CoRequisites)
Referensi Utama (Primary References)
Bahan Pelengkap (Supplemental Material)
Semester Posisi Kuliah (Course Semester)
6
Koordinator Matakuliah (Course Coordinator)
Dosen Pengampu (Course Instructor)
Beban Kerja Kuliah dalam Jam Per Minggu (Course Load in Hours Per Week)
–    Tatap muka kelas (classroom sessions): 2
–    Responsi / tutorial (tutorials): 3
–    Belajar mandiri (independent study): 4
Deskripsi Matakuliah Sesuai Katalog (Course Description In Catalog)
Mata kuliah ini menyajikan relevansi metodologi penelitian bagi para mahasiswa di perguruan tinggi yang  terutama dalam pencarian teori, pengujian teori maupun pemecahan masalah.
Tujuan Instruksional Umum (Course Objectives)
Setelah mengikuti kuliah ini mahasiswa akan mempunyai kemampuan, keterampilan dan sikap yang bertumbuh dalam hal melaksanakan penelitian melalui metode ilmiah yang dibangun diatas teori tertentu, terutama dalam bidang-bidang teknik
Luaran-Luaran Pembelajaran Matakuliah
(Course Learning Outcomes)
IABEE SO
Assessment
1.
2.
3.
4.
5.

Rencana Perkuliahan Mingguan (Weekly Course Plan)

Minggu Ke-
(Week No.)
Topik (Topics)
LPK (CLO)1
Sub-topik / indikator kinerja (Subtopics / performance indicators)
Tugas-tugas (Assignments)
1.
Relevansi metode penelitian
  bagi mahasiswa di perguruan
  tinggi dalam menyosong
  perkembangan ilmu dan
  teknologi
•   Hasrat ingin tahu
•   Pendekatan ilmiah dan non
  ilmiah
•   Tugas-tugas Penelitian dan
   contoh-contoh umum.
Memperkenalkan kepada mahasiswa,
bahwa ilmu dan teknologi selalu berkem-
bang dan mahasiswa harus meningkatkan
kemempuannya.
2-3
Berbagai metode dan macam-
  macam penelitian
•   Orientasi dalam metode
  penelitian
•   Metode dan rancangan
   Penelitian
Memperkenalkan bahan ilmu pengetahuan
bersifat multidimensional.
4-5
Rancangan Exprerimental
•   Rancangan pra-exprerimental
•   Rancangan Exprimental
   sungguhan
•   Peluasan rancangan faktorial
Pengenalan terhadap mahasiswa bahwa
penelitian expremental paling mantap
untuk teknik mesin
6-7
Proses Penelitian
•   Identifikasi dan perumusan
  masalah
•   Perumusan Hipotesa
Pengenalan langkah-langkah penelitian
sejak awal sampai dengan akhir
8-9
Proses Penelitian
•   Klasifikasi Variabel
•   Operasional variable
•   Pengambilan Data dan
  penyiapan peralatan-peralatan
Pengenalan langkah-langkah penelitian
sejak awal sampai dengan akhir
10-11
Proses Penelitian
•   Rancangan penelitian
•   Penentuan sampel dan
  pengumpulan data exprimen
•   Pengolahan data dan analisa
•   Peranan Statistik.
Pengenalan langkah-langkah penelitian
sejak awal sampai dengan akhir
12-13
Penyusuanan laporan
•   Bagian Awal
•   Bagian Data
•   Bagian  Akhir
Pengenalan cara penyusunan laporanagar ilmuan lain dapat memahami, menilai, kalau perlu mengulang kembali penelitian
Tingkat pembelajaran IABEE SO (ABET SO learning level) – L(low), M(medium), H(high)
SO
Deskripsi
Description
Level
0,2
[6].  Mampu memilih sumberdaya dan memanfaatkan perangkat perancangan-dan-analisis berbasis TIK dan komputasi untuk melakukan aktivitas rekayasa teknik mesin
[6].  Capable of selecting resources and utilizing computational design-and-analysis tools for mechanical engineering activities.
T,A,S
0,4
[7].  Mampu bekerja sama dalam tim dan memberikan solusi masalah dalam lintas bidang keteknikan dengan memperhatikan faktor-faktor ekonomi, kesehatan dan keselamatan publik, etika dan lingkungan.
[7].   Able to provide solution in cross-engineering field with attention to economic, public health and safety factors, ethics and environmental consideration.
T,A,S
1,2
[8].  Mampu menulis proposal untuk penawaran dan laporan Proyek berkaitan Menguasai rekayasa permesinan, berkomunikasi, negosiasi dan presentasi berkaitan bidang teknik mesin; sesuai bidang konsentrasi
[8].  Able to write proposals for bidding and Project reports relating to Mastering in mechanical engineering, communicate, negotiate and presentations related to mechanical engineering; according to the field of concentration.
P,T,A
0,2
[10].     Mampu menerapkan kerekayasaan teknik mesin dan melakukan penelitian dibawah bimbingan dengan memakai kaedah-kaedah ilmiah dan menghasilkan karya ilmiah, melibatkan proses pembelajaran sepanjang hayat terhadap pengetahuan kekinian yang relevan.
[10].     Able to apply mechanical engineering and conduct research under guidance by using scientific methods and producing scientific papers, involve a lifelong learning process to the relevant contemporary knowledge.
K,P,T,A
K – (Knowledge) Pengetahuan
P – Pemahaman
T – Terapan(Aplikasi)
A – Analisa
S – Perpaduan (Sintesa)
E – Evaluasi

 

 

PRAKTIKUM FENOMENA DASAR

Program Studi (Study Program)
Teknik Mesin (Mechanical Engineering)
Fakultas / Sekolah (Faculty / School)
Fakultas Teknik (Engineering Faculty)
Kode Kuliah (Course Number)
RTM 3207P
Nama Kuliah (Course Title)
Praktikum Fenomena Dasar
Beban Kuliah (Course Load)
2 sks / 2 crs.
Sifat Kuliah (Wajib / Pilihan)
Course Type (Mandatory / Elective)
Pilihan Wajib Prodi
(Selection Program-Mandatory)
Prasyarat (Prerequisites)
Syarat Pengambilan Bersama (CoRequisites)
Referensi Utama (Primary References)
Bahan Pelengkap (Supplemental Material)
Semester Posisi Kuliah (Course Semester)
6
Koordinator Matakuliah (Course Coordinator)
Dosen Pengampu (Course Instructor)
Beban Kerja Kuliah dalam Jam Per Minggu (Course Load in Hours Per Week)
–    Tatap muka kelas (classroom sessions): 2
–    Responsi / tutorial (tutorials): 3
–    Belajar mandiri (independent study): 4
Deskripsi Matakuliah Sesuai Katalog (Course Description In Catalog)
Mata kuliah praktikum ini mengkaji bagaimana melakukan pengujian yang meliputi : Percobaan tarik, percobaan torsi, percobaan defleksi, percobaan impact, dan pecobaan getaran mekanis untuk mengetahui dari pada kekuatan material yang diuji.
Tujuan Instruksional Umum (Course Objectives)
Setelah mengikuti praktikum ini mahasiswa diharapkan dapat memahami dan mampu melakukan pengujian, menganalisa, membuat grafik dan kesimpulan.
Luaran-Luaran Pembelajaran Matakuliah
(Course Learning Outcomes)
IABEE SO
Assessment
1.
2.
3.
4.
5.

Rencana Perkuliahan Mingguan (Weekly Course Plan)

Minggu Ke-
(Week No.)
Topik (Topics)
LPK (CLO)1
Sub-topik / indikator kinerja (Subtopics / performance indicators)
Tugas-tugas (Assignments)
1-2-3
Percobaan tarik
•   Percobaan/ Pengujian tensile (tarik)
•   Colecting data
•   Analisa data
•   Tabulasi data
•   Membuat grafik dan kesimpulan
mampu memahami dan mampu melakukan pengujian,menganalisa membuat grafik  dan kasimpulan-kesimpulan.
4-5-6
Percobaan torsi
•   Percobaan/ Pengujian torsi
•   Colecting data
•   Analisa data
•   Tabulasi data
•   Membuat grafik dan kesimpulan
 mampu memahami dan mampu melakukan pengujian,menganalisa membuat grafik  dan kasimpulan-kesimpulan.
7-8-9
Percobaan defleksi
•   Percobaan/ Pengujian defleksi
•   Colecting data
•   Analisa data
•   Tabulasi data
•   Membuat grafik dan kesimpulan
mampu memahami dan dan mampu melakukan pengujian,menganalisa membuat grafik  dan kasimpulan-kesimpulan.
10-11-12
Percobaan impact
•   Percobaan/ Pengujian impact
•   Colecting data
•   Analisa data
•   Tabulasi data
•   Membuat grafik dan kesimpulan
mampu memahami dan dan mampu melakukan pengujian,menganalisa membuat grafik  dan kasimpulan-kesimpulan.
13-14-15
Percobaan getaran mekanis
•   Percobaan/ Pengujian getaran mekanis
•   Colecting data
•   Analisa data
•   Tabulasi data
•   Membuat grafik dan kesimpulan
mampu memahami dan dan mampu melakukan pengujian,menganalisa membuat grafik  dan kasimpulan-kesimpulan.
Tingkat pembelajaran IABEE SO (ABET SO learning level) – L(low), M(medium), H(high)
SO
Deskripsi
Description
Level
0,4
[2].  Mampu mendeskripsikan rancangan dalam bentuk gambar teknik menggunakan perangkat lunak CAD sesuai dengan ketentuan/standarisasi (ISO, SNI, dll.); dan merancang buku manual pengoperasian dan perawatan.
[2].   Able to describe the design in accordance with the standardization (ISO, SNI, etc.); and also manuals operation and maintenance.
K,P,T
0,6
[4].  Mampu merancang suatu proses kerekayasaan dengan menerapkan prinsip perancangan sistem mekanik dari berbagai aplikasi Industri dengan memperhatikan unsur keselamatan, kehandalan, kemudahan serta faktor faktor ekonomi, sosiokultur dan lingkungan.
[4].   Able to design a engineering process by applying the principles of designing mechanical systems from various Industri applications with attention to the element of safety, reliability, convenience and economic factors, sociocultural and environment.
T,S,E
0,2
[5].  Mampu merencanakan dan mendesain proses pengukuran yang presisi dan akurat dalam menyelesaikan masalah keteknikan secara bertanggung jawab dan beretika.
[5].   Able to plan and design precise and accurate measurement process in solving engineering problems with full a responsible and ethical manner.
T,S,E
0,2
[8].  Mampu mendeskripsikan rancangan dalam bentuk gambar teknik menggunakan perangkat lunak CAD sesuai dengan ketentuan/standarisasi (ISO, SNI, dll.); dan merancang buku manual pengoperasian dan perawatan.
[8].   Able to write proposals for bidding and Project reports relating to Mastering in mechanical engineering, communicate, negotiate and presentations related to mechanical engineering; according to the field of concentration.
P,T,A
0,6
[9].  Mampu mendeskripsikan rancangan dalam bentuk gambar teknik menggunakan perangkat lunak CAD sesuai dengan ketentuan/standarisasi (ISO, SNI, dll.); dan merancang buku manual pengoperasian dan perawatan.
[9].    Able to identify, formulate and analyse engineering problems in accordance with the field of mechanical engineering through research.
A,S,E
K – (Knowledge) Pengetahuan
P – Pemahaman
T – Terapan(Aplikasi)
A – Analisa
S – Perpaduan (Sintesa)
E – Evaluasi