Rencana Pembelajaran Semester (RPS/SAP) Semester 7

PROGRAM STUDI SARJANA
TEKNIK MESIN - FAKULTAS TEKNIK
UNIVERSITAS SUMATERA UTARA
Gedung J17 Jl. Almamater Kampus USU Medan 2015
mesin.usu.ac.id

UNI4201 PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN

2 SKS
Wajib

Program Studi

Teknik Mesin

Fakultas

Fakultas Teknik

Referensi Utama

  • Akmal Sutya, Sekitar Garuda Pancasila, Jakarta , Angkasa, 1996
  • Winardi, Pengatur Tentang Teori Sistem dan Analisa Sistem, Jakarta, Mandor Maju
  • Adi Sumardiman, Wawasan Nusantara, Jakarta, Harapan Nusantara, 1982
  • Sunardi, Teori Ketahan Nasional, Jakarta, Hastanas, 1997
  • Samuel P.Huntingon & Joan Nelson, Partisipasi Politik di Negara Berkembang, Jakarta, Rineka Cipta, 1999
Bahan Pelengkap
Koordinator Mata Kuliah

Dosen Pengampu

Beban kerja Kuliah dalam Jam Per Minggu

Tatap muka kelas (2 jam)
Responsi / tutorial (3 jam)
Belajar Mandiri (4 jam)

Deskripsi Mata Kuliah Sesuai Katalog

Mata kuliah ini mempelajari, memahami, dan menghayati pengetahuan dan kemampuan dasar warga Negara dalam hubungannya dengan Negara, termasuk hak dan kewajiban bela negara

Tujuan Instruksional Umum

Setelah menyelesaikan mata kuliah ini (pada akhir semester) maka diharapkan mahasiswa dapat mempunyai pendidikan dan kemampuan dasar berkenaan dengan hubungan antara warga negara dengan negara serta pendidikan pendahuluan bela negara agar dapat menjadi warga negara yang dapat diandalkan oleh bangsa dan negara.
No. Luaran-Luaran Pembelajaran Mata Kuliah IABEE SO Assessment
1. -
2. -
3. -
4. -
5. -
Minggu Ke-
(Week No.)
Topik (Topics)
LPK (CLO)1
Sub-topik / indikator kinerja (Subtopics / performance
indicators)
Tugas-tugas (Assignments)
1-2-3-4
Pengantar pendidikan kewarganegaraan, Negara dan bangsa, Hak dan
kewajiban warga Negara, Hak azasi manusia
•   Pengertian pendidikan kewarganegaraan
•   Tujuan pendidikan kewarganegaraan
•   Sejarah perkembangan pendidikan kewarganegaraan
•   Pengertian negara
•   Teori terjadinya negara
•   Sifat-sifat negara
•   Unsur-unsur negara
•   Pengertian bangsa
•   Pengertian warganegara, penduduk dan rakyat
•   Hubungan warganegara dan negara
•   Hukum kewarganegaraan
•   Asas-asas penuntun kewarganegaraan
•   Peraturan-peraturan tentang keimigrasian
•   Pengertian HAM, kewajiban dasar manusia serta pembatasan dan
larangan menurut UU No.39 Thn 1999
•    Latar belakang munculnya HAM di pentas Internasional
•   Perkembangn konsep hukum internasional tentang HAM
•   Hubungan Hukum Internasional dan HAM
•   Perkembangan wawasan Tentang HAM
•   Produk-produk hukum nasional tentang HAM
•   Pengadilan  HAM di Indonesia
akan dapat  memahami pengertian, tujuan dan sejarah perkembangan
pendidikan kewarganegaraan, memehami hakekat negara dan bangsa,
mengerti, memahami, dan menghayati hak dan kewajiban warganegara,
mengerti, memahami, mendalami dan menghayati tentang hak azasi
manusia.
5-6-7-8-9
Wawasan Nusantara, Ketahanan Nasional dan Usaha Bela Negara, Politik
dan strategi nasional.
•   Proses pembentukan wawasan nasional setiap bangsa
•   Geopolitik dan Geostrategi, Konsep wawasan Nusantara
•   Wilayah NKRI
•   Latar belakang dan proses kajian ketahan nasional
•   Belanegara
•   Sistem Pertahanan dan Keamanan
Negara
•   Latar belakang dan pengertian pokok Polstranas
•   Konsep Politik nasional dan Implementasinya
•   Konsep demokrasi dan implementasinya
•   Konsep strategi nasional dan implementasinya
•   Polstra pertahanan dan keamanan.
akan dapat  memahami mengerti, memahami, mendalami, menghayati dan
mampu menjelaskan wawasan nasional bangsa Indonesia dalam mencapai
cita-cita nasional, mengerti, memahami, mendalami, menghayati dan
mampu menjelaskan tentang ketahan nasional dan usaha bela Negara,
Mengerti, memahami, mendalami, menghayati Politik dan strategi
Nasional dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
Tingkat pembelajaran IABEE SO (ABET SO learning level) - L(low),
M(medium), H(high)
SO
Deskripsi
Description
Level
0,8
[4].  Mampu merancang suatu proses kerekayasaan dengan menerapkan
prinsip perancangan sistem mekanik dari berbagai aplikasi Industri
dengan memperhatikan unsur keselamatan, kehandalan, kemudahan serta
faktor faktor ekonomi, sosiokultur dan lingkungan.
[4].     Able to design a engineering process by applying the
principles of designing mechanical systems from various Industri
applications with attention to the element of safety, reliability,
convenience and economic factors, sociocultural and environment.
T,S,E
0,6
[5].  Mampu merencanakan dan mendesain proses pengukuran yang presisi
dan akurat dalam menyelesaikan masalah keteknikan secara bertanggung
jawab dan beretika.
[5].     Able to plan and design precise and accurate measurement
process in solving engineering problems with full a responsible and
ethical manner.
T,S,E
0,6
[8].  Mampu menulis proposal untuk penawaran dan laporan Proyek
berkaitan Menguasai rekayasa permesinan, berkomunikasi, negosiasi dan
presentasi berkaitan bidang teknik mesin; sesuai bidang konsentrasi.
[8].     Able to identify, formulate and analyse engineering problems
in accordance with the field of mechanical engineering through
research.
P,T,A
  • K - (Knowledge) Pengetahuan
  • P - Pemahaman
  • T - Terapan(Aplikasi)
  • A - Analisa
  • S - Perpaduan (Sintesa)
  • E - Evaluasi

RTM4101P PRAKTIKUM PRESTASI MESIN

2 SKS
Wajib

Program Studi

Teknik Mesin

Fakultas

Fakultas Teknik

Referensi Utama

  • Maleev Internal Combustion Engines
  • Marlne Internal Combustion Engine Petrovsky
  • Fritz Dietzel, Pompa dan Kompresor
  • Your dan Air Conditioning.
Bahan Pelengkap
Koordinator Mata Kuliah

Dosen Pengampu

Beban kerja Kuliah dalam Jam Per Minggu

Tatap muka kelas (2 jam)
Responsi / tutorial (3 jam)
Belajar Mandiri (4 jam)

Deskripsi Mata Kuliah Sesuai Katalog

Mata kuliah ini mempelajari, memahami, dan menghayati pengetahuan dan kemampuan dasar warga Negara dalam hubungannya dengan Negara, termasuk hak dan kewajiban bela negara

Tujuan Instruksional Umum

Setelah mengikuti praktikum ini mahasiswa diharapkan dapat memahami dan mampu melakukan pengujian, membuat grafik prestasi dan kesimpulan.
No. Luaran-Luaran Pembelajaran Mata Kuliah IABEE SO Assessment
1. -
2. -
3. -
4. -
5. -
Minggu Ke-
(Week No.)
Topik (Topics)
LPK (CLO)1
Sub-topik / indikator kinerja (Subtopics / performance
indicators)
Tugas-tugas (Assignments)
1-2-3
Percobaan motor bensin
•   Pengujian / Percobaan / Praktikum motor bensin
•   Colecting data
•   Analisa data
•   Tabulasi data
•   membuat grafik dan kesimpulan
mampu memahami dan mampu melakukan pengujian, membuat grafik prestasi
dan kasimpulan-kesimpulan.
4-5-6
Percobaan motor diesel
•   Pengujian / percobaan motor diesel
•   Colecting data
•   Analisa data
•   Tabulasi data
•   Membuat grafik dan kesimpulan
 mampu memahami dan mampu melakukan pengujian, membuat grafik prestasi
dan kasimpulan-kesimpulan.
7-8-9
Percobaan mesin fluida pompa / kompresor
•   Pengujan / percobaan  mesin fluida pompa / kompresor
•   Colecting data
•   Analisa data
•   Tabulasi data
•   Membuat grafik dan kesimpulan
mampu memahami dan mampu melakukan pengujian, membuat grafik prestasi
dan kasimpulan-kesimpulan.
10-11-12
Percobaan pendingin
•   Pengujan / percobaan  pendingin
•   Colecting data
•   Analisa data
•    Tabulasi data
•   Membuat grafik dan kesimpulan
mampu memahami dan mampu melakukan pengujian, membuat grafik prestasi
dan kasimpulan-kesimpulan.
13-14-15
Percobaan Sub sonic (Wind Tunel)
•   Pengujan / percobaan Sub sonic (
hambatan udara)-Wind tunel
•   Aliran udara dalam pipa atau nosel
mampu memahami dan mampu melakukan pengujian, membuat grafik prestasi
dan kasimpulan-kesimpulan.
Tingkat pembelajaran IABEE SO (ABET SO learning level) - L(low),
M(medium), H(high)
SO
Deskripsi
Description
Level
0,4
[2].  Mampu mendeskripsikan rancangan dalam bentuk gambar teknik
menggunakan perangkat lunak CAD sesuai dengan ketentuan/standarisasi
(ISO, SNI, dll.); dan merancang buku manual pengoperasian dan
perawatan.
     [2]. Able to describe the design in accordance with the
standardization (ISO, SNI, etc.); and also manuals operation and
maintenance.
K,P,T
0,8
[3].  Mampu merancang dan merekayasa kontruksi  mesin dengan
menerapkan teori dan prinsip rekayasa mekanik dengan benar. Serta
merancang Prosedur Standard operasi Mesin dan Merancang Perawatan
mesin-mesin produksi;
[3].  Able to design machinery construction by applying the principles
of mechanical engineering. As well as designing Standard Operating
Procedures for Machinery and Maintenance planning;
T,A,S
0,8
[4].  Mampu merancang suatu proses kerekayasaan dengan menerapkan
prinsip perancangan sistem mekanik dari berbagai aplikasi Industri
dengan memperhatikan unsur keselamatan, kehandalan, kemudahan serta
faktor faktor ekonomi, sosiokultur dan lingkungan.
 [4]. Able to design a engineering process by applying the principles
of designing mechanical systems from various Industri applications
with attention to the element of safety, reliability, convenience and
economic factors, sociocultural and environment.
T,S,E
  • K - (Knowledge) Pengetahuan
  • P - Pemahaman
  • T - Terapan(Aplikasi)
  • A - Analisa
  • S - Perpaduan (Sintesa)
  • E - Evaluasi