Semester 7

Rencana Pembelajaran Semester (RPS/SAP)

 

   

PROGRAM STUDI SARJANA
TEKNIK MESIN FAKULTAS TEKNIK
UNIVERSITAS SUMATERA UTARA
Gedung J17 Jl. Almamater Kampus USU Medan 2015
dtm.usu.ac.id

 

 

Semester 7

 

 

PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN

Program Studi (Study Program)
Teknik Mesin (Mechanical Engineering)
Fakultas / Sekolah (Faculty / School)
Fakultas Teknik (Engineering Faculty)
Kode Kuliah (Course Number)
UNI 4201
Nama Kuliah (Course Title)
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Beban Kuliah (Course Load)
2 sks / 2 crs.
Sifat Kuliah (Wajib / Pilihan)
Course Type (Mandatory / Elective)
Pilihan Wajib Prodi
(Selection Program-Mandatory)
Prasyarat (Prerequisites)
Syarat Pengambilan Bersama (CoRequisites)
Referensi Utama (Primary References)
–     Akmal Sutya, Sekitar Garuda Pancasila, Jakarta , Angkasa, 1996
 –     Winardi, Pengatur Tentang Teori Sistem dan Analisa Sistem, Jakarta, Mandor   Maju
 –     Adi Sumardiman, Wawasan Nusantara, Jakarta, Harapan Nusantara, 1982
 –     Sunardi, Teori Ketahan Nasional, Jakarta, Hastanas, 1997
 –     Samuel P.Huntingon & Joan Nelson, Partisipasi Politik di Negara Berkembang, Jakarta, Rineka Cipta, 1999
Bahan Pelengkap (Supplemental Material)
Semester Posisi Kuliah (Course Semester)
7
Koordinator Matakuliah (Course Coordinator)
Dosen Pengampu (Course Instructor)
Beban Kerja Kuliah dalam Jam Per Minggu (Course Load in Hours Per Week)
–    Tatap muka kelas (classroom sessions): 2
–    Responsi / tutorial (tutorials): 3
–    Belajar mandiri (independent study): 4
Deskripsi Matakuliah Sesuai Katalog (Course Description In Catalog)
Mata kuliah ini mempelajari, memahami, dan menghayati pengetahuan dan kemampuan dasar warga Negara dalam hubungannya dengan Negara, termasuk hak dan kewajiban bela negara
Tujuan Instruksional Umum (Course Objectives)
Setelah menyelesaikan mata kuliah ini (pada akhir semester) maka diharapkan mahasiswa dapat mempunyai pendidikan dan kemampuan dasar berkenaan dengan hubungan antara warga negara dengan negara serta pendidikan pendahuluan bela negara agar dapat menjadi warga negara yang dapat diandalkan oleh bangsa dan negara.
Luaran-Luaran Pembelajaran Matakuliah
(Course Learning Outcomes)
IABEE SO
Assessment
1.
2.
3.
4.
5.

Rencana Perkuliahan Mingguan (Weekly Course Plan)

Minggu Ke-
(Week No.)
Topik (Topics)
LPK (CLO)1
Sub-topik / indikator kinerja (Subtopics / performance indicators)
Tugas-tugas (Assignments)
1-2-3-4
Pengantar pendidikan kewarganegaraan, Negara dan bangsa, Hak dan kewajiban warga Negara, Hak azasi manusia
•   Pengertian pendidikan kewarganegaraan
•   Tujuan pendidikan kewarganegaraan
•   Sejarah perkembangan pendidikan kewarganegaraan
•   Pengertian negara
•   Teori terjadinya negara
•   Sifat-sifat negara
•   Unsur-unsur negara
•   Pengertian bangsa
•   Pengertian warganegara, penduduk dan rakyat
•   Hubungan warganegara dan negara
•   Hukum kewarganegaraan
•   Asas-asas penuntun kewarganegaraan
•   Peraturan-peraturan tentang keimigrasian
•   Pengertian HAM, kewajiban dasar manusia serta pembatasan dan larangan menurut UU No.39 Thn 1999
•    Latar belakang munculnya HAM di pentas Internasional
•   Perkembangn konsep hukum internasional tentang HAM
•   Hubungan Hukum Internasional dan HAM
•   Perkembangan wawasan Tentang HAM
•   Produk-produk hukum nasional tentang HAM
•   Pengadilan  HAM di Indonesia
akan dapat  memahami pengertian, tujuan dan sejarah perkembangan pendidikan kewarganegaraan, memehami hakekat negara dan bangsa, mengerti, memahami, dan menghayati hak dan kewajiban warganegara, mengerti, memahami, mendalami dan menghayati tentang hak azasi manusia.
5-6-7-8-9
Wawasan Nusantara, Ketahanan Nasional dan Usaha Bela Negara, Politik dan strategi nasional.
•   Proses pembentukan wawasan nasional setiap bangsa
•   Geopolitik dan Geostrategi, Konsep wawasan Nusantara
•   Wilayah NKRI
•   Latar belakang dan proses kajian ketahan nasional
•   Belanegara
•   Sistem Pertahanan dan Keamanan
Negara
•   Latar belakang dan pengertian pokok Polstranas
•   Konsep Politik nasional dan Implementasinya
•   Konsep demokrasi dan implementasinya
•   Konsep strategi nasional dan implementasinya
•   Polstra pertahanan dan keamanan.
akan dapat  memahami mengerti, memahami, mendalami, menghayati dan mampu menjelaskan wawasan nasional bangsa Indonesia dalam mencapai cita-cita nasional, mengerti, memahami, mendalami, menghayati dan mampu menjelaskan tentang ketahan nasional dan usaha bela Negara, Mengerti, memahami, mendalami, menghayati Politik dan strategi Nasional dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
Tingkat pembelajaran IABEE SO (ABET SO learning level) – L(low), M(medium), H(high)
SO
Deskripsi
Description
Level
0,8
[4].  Mampu merancang suatu proses kerekayasaan dengan menerapkan prinsip perancangan sistem mekanik dari berbagai aplikasi Industri dengan memperhatikan unsur keselamatan, kehandalan, kemudahan serta faktor faktor ekonomi, sosiokultur dan lingkungan.
[4].     Able to design a engineering process by applying the principles of designing mechanical systems from various Industri applications with attention to the element of safety, reliability, convenience and economic factors, sociocultural and environment.
T,S,E
0,6
[5].  Mampu merencanakan dan mendesain proses pengukuran yang presisi dan akurat dalam menyelesaikan masalah keteknikan secara bertanggung jawab dan beretika.
[5].     Able to plan and design precise and accurate measurement process in solving engineering problems with full a responsible and ethical manner.
T,S,E
0,6
[8].  Mampu menulis proposal untuk penawaran dan laporan Proyek berkaitan Menguasai rekayasa permesinan, berkomunikasi, negosiasi dan presentasi berkaitan bidang teknik mesin; sesuai bidang konsentrasi.
[8].     Able to identify, formulate and analyse engineering problems in accordance with the field of mechanical engineering through research.
P,T,A
K – (Knowledge) Pengetahuan
P – Pemahaman
T – Terapan(Aplikasi)
A – Analisa
S – Perpaduan (Sintesa)
E – Evaluasi

 

 

PRAKTIKUM PRESTASI MESIN

Program Studi (Study Program)
Teknik Mesin (Mechanical Engineering)
Fakultas / Sekolah (Faculty / School)
Fakultas Teknik (Engineering Faculty)
Kode Kuliah (Course Number)
RTM4101P
Nama Kuliah (Course Title)
Praktikum Prestasi Mesin
Beban Kuliah (Course Load)
2 sks / 2 crs.
Sifat Kuliah (Wajib / Pilihan)
Course Type (Mandatory / Elective)
Pilihan Wajib Prodi
(Selection Program-Mandatory)
Prasyarat (Prerequisites)
Syarat Pengambilan Bersama (CoRequisites)
Referensi Utama (Primary References)
–     Maleev Internal Combustion Engines
–     Marlne Internal Combustion Engine Petrovsky
–     Fritz Dietzel, Pompa dan Kompresor
–     Your dan Air Conditioning.
Bahan Pelengkap (Supplemental Material)
Semester Posisi Kuliah (Course Semester)
7
Koordinator Matakuliah (Course Coordinator)
Dosen Pengampu (Course Instructor)
Beban Kerja Kuliah dalam Jam Per Minggu (Course Load in Hours Per Week)
–    Tatap muka kelas (classroom sessions): 2
–    Responsi / tutorial (tutorials): 3
–    Belajar mandiri (independent study): 4
Deskripsi Matakuliah Sesuai Katalog (Course Description In Catalog)
Mata kuliah praktikum ini mengkaji bagaimana melakukan pengujian yang meliputi : Motor bensin, Motor diesel, Mesin fluida, percobaan pendingin,dan Sub sonic. Yang dilakukan dengan membuat analisa data, tabulasi data dan kesimpulan-kesimpulan.
Tujuan Instruksional Umum (Course Objectives)
Setelah mengikuti praktikum ini mahasiswa diharapkan dapat memahami dan mampu melakukan pengujian, membuat grafik prestasi dan kesimpulan.
Luaran-Luaran Pembelajaran Matakuliah
(Course Learning Outcomes)
IABEE SO
Assessment
1.
2.
3.
4.
5.

Rencana Perkuliahan Mingguan (Weekly Course Plan)

Minggu Ke-
(Week No.)
Topik (Topics)
LPK (CLO)1
Sub-topik / indikator kinerja (Subtopics / performance indicators)
Tugas-tugas (Assignments)
1-2-3
Percobaan motor bensin
•   Pengujian / Percobaan / Praktikum motor bensin
•   Colecting data
•   Analisa data
•   Tabulasi data
•   membuat grafik dan kesimpulan
mampu memahami dan mampu melakukan pengujian, membuat grafik prestasi dan kasimpulan-kesimpulan.
4-5-6
Percobaan motor diesel
•   Pengujian / percobaan motor diesel
•   Colecting data
•   Analisa data
•   Tabulasi data
•   Membuat grafik dan kesimpulan
 mampu memahami dan mampu melakukan pengujian, membuat grafik prestasi dan kasimpulan-kesimpulan.
7-8-9
Percobaan mesin fluida pompa / kompresor
•   Pengujan / percobaan  mesin fluida pompa / kompresor
•   Colecting data
•   Analisa data
•   Tabulasi data
•   Membuat grafik dan kesimpulan
mampu memahami dan mampu melakukan pengujian, membuat grafik prestasi dan kasimpulan-kesimpulan.
10-11-12
Percobaan pendingin
•   Pengujan / percobaan  pendingin
•   Colecting data
•   Analisa data
•    Tabulasi data
•   Membuat grafik dan kesimpulan
mampu memahami dan mampu melakukan pengujian, membuat grafik prestasi dan kasimpulan-kesimpulan.
13-14-15
Percobaan Sub sonic (Wind Tunel)
•   Pengujan / percobaan Sub sonic (
hambatan udara)-Wind tunel
•   Aliran udara dalam pipa atau nosel
mampu memahami dan mampu melakukan pengujian, membuat grafik prestasi dan kasimpulan-kesimpulan.
Tingkat pembelajaran IABEE SO (ABET SO learning level) – L(low), M(medium), H(high)
SO
Deskripsi
Description
Level
0,4
[2].  Mampu mendeskripsikan rancangan dalam bentuk gambar teknik menggunakan perangkat lunak CAD sesuai dengan ketentuan/standarisasi (ISO, SNI, dll.); dan merancang buku manual pengoperasian dan perawatan.
     [2]. Able to describe the design in accordance with the standardization (ISO, SNI, etc.); and also manuals operation and maintenance.
K,P,T
0,8
[3].  Mampu merancang dan merekayasa kontruksi  mesin dengan menerapkan teori dan prinsip rekayasa mekanik dengan benar. Serta merancang Prosedur Standard operasi Mesin dan Merancang Perawatan mesin-mesin produksi;
[3].  Able to design machinery construction by applying the principles of mechanical engineering. As well as designing Standard Operating Procedures for Machinery and Maintenance planning;
T,A,S
0,8
[4].  Mampu merancang suatu proses kerekayasaan dengan menerapkan prinsip perancangan sistem mekanik dari berbagai aplikasi Industri dengan memperhatikan unsur keselamatan, kehandalan, kemudahan serta faktor faktor ekonomi, sosiokultur dan lingkungan.
 [4]. Able to design a engineering process by applying the principles of designing mechanical systems from various Industri applications with attention to the element of safety, reliability, convenience and economic factors, sociocultural and environment.
T,S,E
K – (Knowledge) Pengetahuan
P – Pemahaman
T – Terapan(Aplikasi)
A – Analisa
S – Perpaduan (Sintesa)
E – Evaluasi