PROGRAM STUDI SARJANA
TEKNIK MESIN - FAKULTAS TEKNIK
UNIVERSITAS SUMATERA UTARA
Gedung J17 Jl. Almamater Kampus USU Medan 2015
mesin.usu.ac.id
RTM1101 FISIKA DASAR I
-
Douglas C. Giancoli "Fisika, edisi 5" Erlangga, 1998
-
David Haliday and Restnick (1988). Fundamentals of physics, John,
Wiley -
Sears dan Zemansky "Fisika untuk Universitas" Ganesa, Bandung 1992
-
Drs.A. Zulkifli Lubis, M.Sc
mekanik / Teknik mesin khususnya yang mencakup : penjelasan dan
prinsip dasar Ilmu mekanika, pertukaran panas , Ilmu gelombang /
getaran dan termodinamika.
dan mengaplikasikan ilmu fisik umumnya dan prinsip dasar ilmu
mekanika, panas, gelombang dan termodinamika khususnya yang mendasari
ilmu teknik mesin.
No. | Luaran-Luaran Pembelajaran Mata Kuliah | IABEE SO | Assessment |
---|---|---|---|
1. | |||
2. | |||
3. | |||
4. | |||
5. |
Minggu Ke- | Topik | LPK (CLO)1 | Sub-topik / indikator kinerja | Tugas-tugas |
---|---|---|---|---|
1 |
|
Mampu memahami dan Dapat mengerti tentang satuan, standar dan ketidak pastian |
||
2 |
|
Mampu memahami dan Dapat mengerti tentang vektor dan operasinya | ||
3 |
|
Mampu memahami tentang kinematika pada bidang datar | ||
4 |
|
Mampu memahami tentang dinamika pada bidang datar | ||
5 |
|
Mampu memahami tentang gerak melingkar gravitasi | ||
6 |
|
Mampu memahami tentang kerja (usaha) dan energi | ||
7 |
|
Mampu memahami tentang momentum dan impuls | ||
8 |
|
Mampu memahami gerak rotasi | - | |
9 |
|
Mampu memahami tentang kesetimbangan, elastisitas dan patahan | ||
10 |
|
Mampu memahami tentang dasar-dasar mekanika fluida | ||
11 |
|
Mampu memahami tentang getaran, gelombang dan bunyi | ||
12 |
|
Mampu memahami tentang temperatur dan teori kintetik gas | ||
13 |
|
Mampu memahami tentang kalor | ||
14 |
|
Mampu memahami tentang hukum-hukum termodinamika |
Tingkat pembelajaran IABEE SO (ABET SO learning level) - L(low), |
|||
SO | Deskripsi | Description | Level |
3 |
[1]. Mampu menerapkan matematika, sains, material dan prinsip rekayasa (engineering principles) yang mencakup pengetahuan desain, produksi, operasi, dan pemeliharaan untuk menyelesaikan permasalahan teknik mesin |
[1]. Able to apply math, science, material and engineering principles that include design, production, operation and maintenance knowledge to solve mechanical engineering problems. |
K, P |
- K - (Knowledge) Pengetahuan
- P - Pemahaman
- T - Terapan(Aplikasi)
- A - Analisa
- S - Perpaduan (Sintesa)
- E - Evaluasi
RTM1102 KALKULUS I
Program Studi
Fakultas
Referensi Utama
-
Purcel dan Verbeg, Kalkulus dan Geometri analitis
-
Schaum Series, Calculus
Dosen Pengampu
-
Drs.A. Zulkifli Lubis, M.Sc
Beban kerja Kuliah dalam Jam Per Minggu
Deskripsi Mata Kuliah Sesuai Katalog
Tujuan Instruksional Umum
No. | Luaran-Luaran Pembelajaran Mata Kuliah | IABEE SO | Assessment |
---|---|---|---|
1. | |||
2. | |||
3. | |||
4. | |||
5. |
Minggu Ke- | Topik | LPK (CLO)1 | Sub-topik / indikator kinerja | Tugas-tugas |
---|---|---|---|---|
1 |
|
Setelah Perkuliahan ini Diharapkan mahasiswa dapat memahami sistem bilangan dan operasinya menggambarkan grafik fungsi. | ||
2 |
|
Setelah Perkuliahan ini Diharapkan mahasiswa dapat memahami sistem bilangan dan operasinya menggambarkan grafik fungsi. | ||
3 |
|
Diharapkan mahasiswa dapat menggambarkan grafik fungsi dan mengaplikasikannya serta memahami teorema limit dan menentukan harga limit. fungsi kontinu dan tidak kontinu. | ||
4 |
|
Diharapkan mahasiswa dapat menggambarkan grafik fungsi dan mengaplikasikannya serta memahami teorema limit dan menentukan harga limit. fungsi kontinu dan tidak kontinu. | ||
5 |
|
Diharapkan mahasiswa mampu menentukan turunan suatu fungsi dan menggunakannya | ||
6 |
|
Diharapkan mahasiswa mampu menentukan turunan suatu fungsi dan menggunakannya | ||
7 |
|
Diharapkan mahasiswa mampu menentukan turunan suatu fungsi dan menggunakannya | ||
8 |
|
Diharapkan mahasiswa mampu menentukan turunan suatu fungsi dan menggunakannya | ||
9 |
|
Mahasiswa mampu menggunakan differensial untuk menyelesaikan suatu persoaalan | ||
10 |
|
Mahasiswa mampu menggunakan differensial untuk menyelesaikan suatu persoaalan | ||
11 |
|
Mahasiswa memahami fungsi-fungi transeden serta operasinya | ||
12 |
|
Mahasiswa memahami fungsi-fungi transeden serta operasinya | ||
13 |
|
Mahasiswa memahami fungsi-fungi transeden serta operasinya | ||
14 |
|
Mahasiswa mampu menyelesaikan permasalahanpermasalahan integral |
Tingkat pembelajaran IABEE SO (ABET SO learning level) - L(low), |
|||
SO | Deskripsi | Description | Level |
4 |
[1]. Mampu menerapkan matematika, sains, material dan prinsip rekayasa (engineering principles) yang mencakup pengetahuan desain, produksi, operasi, dan pemeliharaan untuk menyelesaikan permasalahan teknik mesin |
[1]. Able to apply math, science, material and engineering principles that include design, production, operation and maintenance knowledge to solve mechanical engineering problems. |
K, P |
- K - (Knowledge) Pengetahuan
- P - Pemahaman
- T - Terapan(Aplikasi)
- A - Analisa
- S - Perpaduan (Sintesa)
- E - Evaluasi
RTM1103 KIMIA TEKNIK
-
Petrucci R.H dan Suminar,’’Kimia Dasar’’,Prinsip dan terapan Modren,edisi keempat-jilid I penerbit Erlangga, 1992
-
Keenan Kleinter,Wood’’Kimia Untuk Universitas’’Jilid I (Alih bahasa Pudjatmaka, Penerbit Erlangga,1992
-
Holtzclaw,H,Found Robinson’’General Chemistry’’,Heald and Company, Masachussets,1998
-
Petrucci R.H dan Suminar,’’Kimia Dasar’’,Prinsip dan terapan Modren,edisi keempat-jilid II penerbit Erlangga,1992
-
Rosenberg,J.L dan Jastri,’’Kimia Dasar’’,seri buku schumm, penerbit Erlangga
-
M. Hendra S. Ginting, ST
-
Dra. Siswani, M. Z, M. S
-
Mersi Suriani Sinaga, ST, MT
No. | Luaran-Luaran Pembelajaran Mata Kuliah | IABEE SO | Assessment |
---|---|---|---|
1. | |||
2. | |||
3. | |||
4. | |||
5. |
Minggu Ke- | Topik | LPK (CLO)1 | Sub-topik / indikator kinerja | Tugas-tugas |
---|---|---|---|---|
1 |
|
Mampu menjelaskan pengertian hukum dasar ilmu kimia, konsep mol, bobot atom, bobot molekul serta hubungannya dengan reaksi kimia. | ||
2 |
|
Mampu menjelaskan pengertian model atom dan konfigurasi elektron. | ||
3 |
|
Mampu menjelaskan sistem penyusunan berkala panjang, sifat sifat dan pengertian susunan berkala | ||
4 |
|
Mampu menjelaskan jenis-jenis ikatan kimia yang terdapat didalam molekul dan senyawa, bentuk molekul, serta hibridasi untuk membentuk molekul. | ||
5 |
|
Mampu merumuskan pengertian thermokimia. | ||
6 |
|
Mampu merumuskan pengertian termodinamika kimia. | ||
7 |
|
Mampu menjelaskan reaksi oksidasi dalam larutan. | ||
8 |
|
Mampu menjelaskan terjadinya aliran arus listrik dalam larutan elektrolit pada sel elektrokimia. | ||
9 |
|
Mampu menjelaskan pengertian kinetika kimia serta berbagai factor yang dapat mempengaruhi laju reaksi. | ||
10 |
|
Mampu merumuskan kesetimbangan kimia dan beberapa faktor yang mempengaruhi kesetimbangan serta aplikasi kesetimbangan dalam industri. | ||
11 |
|
Mampu membedakan teori asam basa dalam larutan. | ||
12 |
|
Mampu menjelaskan hidrolisa senyawa dalam larutan. | ||
13 |
|
Mampu menjelaskan hidrolisa senyawa dalam larutan. | ||
14 |
|
Mampu menjelaskan pengertian dapar |
Tingkat pembelajaran IABEE SO (ABET SO learning level) - L(low), M(medium), H(high) |
|||
SO | Deskripsi | Description | Level |
1,6 |
[1]. Mampu menerapkan matematika, sains, material dan prinsip rekayasa (engineering principles) yang mencakup pengetahuan desain, produksi, operasi, dan pemeliharaan untuk menyelesaikan permasalahan teknik mesin | [1]. Able to apply math, science, material and engineering principles that include design, production, operation and maintenance knowledge to solve mechanical engineering problems. | K, P |
0,2 |
[4]. Mampu merancang suatu proses kerekayasaan dengan menerapkan prinsip perancangan sistem mekanik dari berbagai aplikasi Industri dengan memperhatikan unsur keselamatan, kehandalan, kemudahan serta faktor faktor ekonomi, sosiokultur dan lingkungan. | [4]. Able to design a engineering process by applying the principles of designing mechanical systems from various Industri applications with attention to the element of safety, reliability, convenience and economic factors, sociocultural and environment. | T, S, E |
1,6 |
[7]. Mampu bekerja sama dalam tim dan memberikan solusi masalah dalam lintas bidang keteknikan dengan memperhatikan faktor-faktor ekonomi, kesehatan dan keselamatan publik, etika dan lingkungan. | [7]. Able to provide solution in cross-engineering field with attention to economic, public health and safety factors, ethics and environmental consideration. | T, A, S |
- K - (Knowledge) Pengetahuan
- P - Pemahaman
- T - Terapan(Aplikasi)
- A - Analisa
- S - Perpaduan (Sintesa)
- E - Evaluasi
RTM1105 MENGGAMBAR TEKNIK I
-
Sugiarto H dan Sato Takeshi, Menggambar Mesin Menurut Standar ISO, Pradnya Paramita, 1986
-
Luzadder J.W., Menggambar Teknik untuk Disain Pengembangan Produk serta Kontrol Numerik (terjemahan), Erlangga, 1986
-
Giesecke, F.E. et al, Technical Drawing, Mac Millan Publishing Co, 1980
-
Mahadi, ST. MT
No. | Luaran-Luaran Pembelajaran Mata Kuliah | IABEE SO | Assessment |
---|---|---|---|
1. | |||
2. | |||
3. | |||
4. | |||
5. |
Minggu Ke- | Topik | LPK (CLO)1 | Sub-topik / indikator kinerja | Tugas-tugas |
---|---|---|---|---|
1 |
|
Mengerti kegunaan menggambar teknik sebagai penyampaian informasi, pengawetan. | ||
2 |
|
Mengetahui perlengkapan menggambar teknik dan pemakaiannya. | ||
3 |
|
Mengerti dan mengetahui sistem proyeksi dalam menggambar teknik. | ||
4 |
|
Mengerti dan mngetahui sistem proyeksi dalam menggambar teknik. | ||
5 |
|
Mengerti dan mengetahui pandangan/ potongan gambar, garis arsiran dan skala gambar. | ||
6 |
|
Dapat menempatkan gambar pandangan yang harmonis dalam bidang gambar. | ||
7 |
|
Dapat menggambar di kertas kalkir. | ||
8 |
|
Dapat menggambarkan asembling dan menggambar bagian-bagian gambar asembling. | ||
9 |
|
Dapat menggambar potongan gambar detail | ||
10 |
|
Dapat menggambar objek benda kerja. | ||
11 |
|
Dapat menggambar objek benda kerja. | ||
12 |
|
Dapat menggambar objek benda kerja. |
Tingkat pembelajaran IABEE SO (ABET SO learning level) - L(low), M(medium), H(high) |
|||
SO | Deskripsi | Description | Level |
0,4 |
[1]. Mampu menerapkan matematika, sains, material dan prinsip rekayasa (engineering principles) yang mencakup pengetahuan desain, produksi, operasi, dan pemeliharaan untuk menyelesaikan permasalahan teknik mesin | [1]. Able to apply math, science, material and engineering principles that include design, production, operation and maintenance knowledge to solve mechanical engineering problems. | K, P |
1,6 |
[2]. Mampu mendeskripsikan rancangan dalam bentuk gambar teknik menggunakan perangkat lunak CAD sesuai dengan ketentuan/standarisasi (ISO, SNI, dll.); dan merancang buku manual pengoperasian dan perawatan. | [2]. Able to describe the design in accordance with the standardization (ISO, SNI, etc.); and also manuals operation and maintenance. | K,P,T |
- K - (Knowledge) Pengetahuan
- P - Pemahaman
- T - Terapan(Aplikasi)
- A - Analisa
- S - Perpaduan (Sintesa)
- E - Evaluasi
UNI1207 BAHASA INDONESIA
-
Siregar, Ahmad Samin, Bahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi, Medan, USU, Press
- Sugono, dendy. 1994, Berbahasa Indonesia dengan benar, Jakarta; Puspa Swara
-
Mulyadi,1994.Salah Kapra dalam bahasa Indonesia, Medan, USU Press
-
Parera, Jos Daniel, 1991, Belajar mengemukakan pendapat, Jakarta, Erlangga.
-
Akhadiah, Sabarti, dkk, 1990, Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia, Jakarta Erlangga.
-
Mahadi, ST. MT
No. | Luaran-Luaran Pembelajaran Mata Kuliah | IABEE SO | Assessment |
---|---|---|---|
1. | |||
2. | |||
3. | |||
4. | |||
5. |
Minggu Ke- | Topik | LPK (CLO)1 | Sub-topik / indikator kinerja | Tugas-tugas |
---|---|---|---|---|
1, 2, 3 |
|
Setelah mengikuti kuliah pada pertemuan ini mahasiswa akan dapat menjelaskan mengenai perkembangan bahasa Indonesia, ragam bahasa Indonesia, Menerapkan EYD. | ||
4, 5, 6 |
|
Setelah mengikuti kuliah pada pertemuan ini mahasiswa akan dapat menjelaskan mengenai Menerapkan pilihan kata dengan tepat dalam tulisan, Menerapkan pilihan kata dengan tepat dalam tulisan (lanjutan). | ||
7, 8 |
|
Setelah mengikuti kuliah pada pertemuan ini mahasiswa akan dapat menjelaskan mengenai merapkan pola struktur kalimat dan konjungsi dalam kalimat bahasa Indonesia secara tepat,memperbaiki berbagai tipe kesalahan dalam kalimat dalam bahasa indonesia, menggabungkan kalimat sesuai dengan struktur kaimat bahasa. |
Tingkat pembelajaran IABEE SO (ABET SO learning level) - L(low), M(medium), H(high) |
|||
SO | Deskripsi | Description | Level |
2 |
[8]. Mampu menulis proposal untuk penawaran dan laporan Proyek berkaitan Menguasai rekayasa permesinan, berkomunikasi, negosiasi dan presentasi berkaitan bidang teknik mesin; sesuai bidang konsentrasi. | [8]. Able to write proposals for bidding and Project reports relating to Mastering in mechanical engineering, communicate, negotiate and presentations related to mechanical engineering; according to the field of concentration. | P, T, A |
- K - (Knowledge) Pengetahuan
- P - Pemahaman
- T - Terapan(Aplikasi)
- A - Analisa
- S - Perpaduan (Sintesa)
- E - Evaluasi
UNI1208 BAHASA INGGRIS
-
R.S. Blicq, 1993. Technically Write, communication for the technical man, Prentice Hall Inc New Jersey.
- H.L, Winmen, 1984. Man as communicator, Prentice Hall of Australia Pty, Sidney
-
Trent, E.M. 1991 Academic writing. London. UK
-
Nurchaya
-
Yulianus
-
Roswani
No. | Luaran-Luaran Pembelajaran Mata Kuliah | IABEE SO | Assessment |
---|---|---|---|
1. | |||
2. | |||
3. | |||
4. | |||
5. |
Minggu Ke- | Topik | LPK (CLO)1 | Sub-topik / indikator kinerja | Tugas-tugas |
---|---|---|---|---|
1, 2, 3, 4, 5 |
|
Setelah mengikuti kuliah pada pertemuan ini mahasiswa akan dapat mahasiswa akan dapat menjelaskan bentuk dasar susunan kata-kata dalam bahasa Inggris, bentuk dasar tata bahasa dan makna kalimat dalam bahasa inggris, menjelaskan part of speech, menjelaskan nous, pronous. | ||
6, 7, 5 ,9 , 10 |
|
Setelah mengikuti kuliah pada pertemuan ini mahasiswa akan dapat menjelaskan verbs, Mahasiswa akan dapat menjelaskan Auxiliaries, Mahasiswa akan dapat menjelaskan Adjective, Mahasiswa akan dapat menjelaskan Adverbs, Prepositional and Prepositional phrases. | ||
11, 12, 13, 14, 15 |
|
Setelah mengikuti kuliah pada pertemuan ini mahasiswa akan dapat menulis Conjuction and Compounding, Clauses and Sentences, The Complex Sentence, Absolute Construktions. |
Tingkat pembelajaran IABEE SO (ABET SO learning level) - L(low), M(medium), H(high) |
|||
SO | Deskripsi | Description | Level |
2 |
[8]. Mampu menulis proposal untuk penawaran dan laporan Proyek berkaitan Menguasai rekayasa permesinan, berkomunikasi, negosiasi dan presentasi berkaitan bidang teknik mesin; sesuai bidang konsentrasi. | [8]. Able to write proposals for bidding and Project reports relating to Mastering in mechanical engineering, communicate, negotiate and presentations related to mechanical engineering; according to the field of concentration. | P, T, A |
- K - (Knowledge) Pengetahuan
- P - Pemahaman
- T - Terapan(Aplikasi)
- A - Analisa
- S - Perpaduan (Sintesa)
- E - Evaluasi
UNI1201 PEND. AGAMA ISLAM
Program Studi
Fakultas
Referensi Utama
-
H.E.S Ansari,M.A., Kuliah al-Islam, Pustaka Bandung,1990
-
Jujun S. Suriasumantri, Filsafat Ilmu, Sinar Harapan, Jakarta, 1984
-
Maulana Muhammad’ Ali, M.A, LL.B P.T. Ichtiar Baru, Jakarta, 1980
-
Departemen Agama R.I, Buku Test Pendidikan Agama Islam pada Perguruan Tinggi Umum, Jakarta, 2000
Dosen Pengampu
-
Drs. Sahniar Pulungan, MA
-
Drs. Mariani, MA
Beban kerja Kuliah dalam Jam Per Minggu
Deskripsi Mata Kuliah Sesuai Katalog
Tujuan Instruksional Umum
No. | Luaran-Luaran Pembelajaran Mata Kuliah | IABEE SO | Assessment |
---|---|---|---|
1. | |||
2. | |||
3. | |||
4. | |||
5. |
Minggu Ke- | Topik | LPK (CLO)1 | Sub-topik / indikator kinerja | Tugas-tugas |
---|---|---|---|---|
1 |
|
Setelah mengikuti kuliah pada pertemuan ini mahasiswa akan dapat menyebutkan ciri-ciri manusia dan membedakanya dari makhluk lain, hakikat dan ciri-ciri penalaran dan membedakannya dari pemikiran lainya, membadakan pengetahuan berdasarkan sumber-sumbernya, menyebutkan dan membedakan teori-teori kebenaran serta agama sebagai kebenaran mutlak | ||
2, 3, 4 |
|
Setelah mengikuti kuliah pada pertemuan ini mahasiswa akan dapat Menyebutkan dan menerangkan istilah-istilah yang digunakan Al-Qur’an dan Al-Sunnah tentang manusia, Menyebutkan pengertian, syarat-syarat klasifikasi dan ciri- ciri agama, Menjelaskan keberadaan agama, mengemukakan beberapa argumentasi pentingnya agama bagi manusia. | ||
5, 6, 7 |
|
Setelah mengikuti kuliah pada pertemuan ini mahasiswa akan dapat menjelaskan islam dalam pengertian yang sebenarnya, menyebutkan cara-cara memahami Al-qur’an dan Al-Sunnah, Menguraikan secara rinci struktur agama islam dalam bentuk iman, islam dan Ihsan, aqidah, syari’ah dan akhlak. | ||
8, 9, 10, 11 |
|
Setelah mengikuti kuliah pada pertemuan ini mahasiswa akan dapat menguraikan pokok-pokok ibadah, hikmah dan tujuannya serta melaksanakan secara baik dan bena, Menguraikan sejarah dan kebudayaan Islam periode klasik sebagai periode kemajuan, periode pertengaha sebagaimana kemunduran. Periode modren sebagaimana masa kebangkitan, Menguraikan aspek politik dalam ajaran dan sejarah Islam, lembaga kemasyarakatan dalam ajaran Islam, Menguraikan sejarah pembentukan dan perkembangan Islam. | ||
12, 13, 14, 15 |
|
Setelah mengikuti kuliah pada pertemuan ini mahasiswa akan dapat menguraikan sejarah pertumbuhan dan perkembangan teologi Islam, menguraikan aliran-aliran, ciri-ciri dan latar belakang munculnya aliran-aliran teologi dalam Islam, menguraikan pokok-pokok kajian teologi Islam, Menguraikan sejarah pertumbuhan dan perkembangan filsafat dalam Islam, menyebutkan failosof muslim, menguraikan sejarah pertumbuhan dan perkembangan mistisisme dalam Islam, menyebutkan tokoh-tokoh Syufi dan pemikirannya, Menguraikan sejarah dan latar belakang munculnya pembaharuan dalam Islam, menyebutkan tokoh-tokoh pembaharuan dan pemikirannya, Menyebutka kutamaan zikir dan do’a serta do’a dalam Al-Qur’an dan Al-Sunnah. |
Tingkat pembelajaran IABEE SO (ABET SO learning level) - L(low), |
|||
SO | Deskripsi | Description | Level |
0,8 |
[4]. Mampu merancang suatu proses kerekayasaan dengan menerapkan prinsip perancangan sistem mekanik dari berbagai aplikasi Industri dengan memperhatikan unsur keselamatan, kehandalan, kemudahan serta faktor faktor ekonomi, sosiokultur dan lingkungan. | [4]. Able to design a engineering process by applying the principles of designing mechanical systems from various Industri applications with attention to the element of safety, reliability, convenience and economic factors, sociocultural and environment. | T, S, E |
0,4 |
[5]. Mampu merencanakan dan mendesain proses pengukuran yang presisi dan akurat dalam menyelesaikan masalah keteknikan secara bertanggung jawab dan beretika. | [5]. Able to plan and design precise and accurate measurement process in solving engineering problems with full a responsible and ethical manner. | T, S, E |
0,8 |
[7]. Mampu bekerja sama dalam tim dan memberikan solusi masalah dalam lintas bidang keteknikan dengan memperhatikan faktor-faktor ekonomi, kesehatan dan keselamatan publik, etika dan lingkungan. | [7]. Able to provide solution in cross-engineering field with attention to economic, public health and safety factors, ethics and environmental consideration. | T, A, S |
- K - (Knowledge) Pengetahuan
- P - Pemahaman
- T - Terapan(Aplikasi)
- A - Analisa
- S - Perpaduan (Sintesa)
- E - Evaluasi
UNI1201 PEND. AGAMA PROTESTAN
Program Studi
Fakultas
Referensi Utama
-
Dr. Honeg, Ilmu Agama
-
Dr. H. Berkop, sejarah Gereja
-
Dr. IH Enklarar Alkitab, Tafsiran Alkitab masa kini
-
Dr. Nitrik Boland, dogmatika Masa kini
-
Dr. J. Verkuyl, Etika kristen
Dosen Pengampu
-
Drs. Pilemon Bukit, M. Th
Beban kerja Kuliah dalam Jam Per Minggu
Deskripsi Mata Kuliah Sesuai Katalog
Tujuan Instruksional Umum
diharapkan mahasiswa dapat menjadi mahasiswa dengan yang beriman,dan
bertakwa kepada tuhan yang maha esa,berbudi pekerti luhur,berfikir
filosofis,bersikap rasional dan dinamis,berpandangan luas,ikut
sertadalam kerja sama umat dalam rangka pengembangan dan pemanfaatan
ilmu dan teknologi serta seni untuk kepentingan manusia dan
nasionalpengetahuan agama Kristen Protestan agar kelak menjadi sarjana
yang beriman dan bertakwa.
No. | Luaran-Luaran Pembelajaran Mata Kuliah | IABEE SO | Assessment |
---|---|---|---|
1. | |||
2. | |||
3. | |||
4. | |||
5. |
Minggu Ke- | Topik | LPK (CLO)1 | Sub-topik / indikator kinerja | Tugas-tugas |
---|---|---|---|---|
1, 2, 3, 4 |
|
Setelah mengikuti kuliah pada pertemuan ini mahasiswa akan dapat mendefenisikan/menjelaskan pengertian agama , macam-macam agama dan kepercayaan di indonesia, dasar-dasar agama kristen, kesaksian alkitap tentang ciptaan tuhan |
||
5, 6, 7, 8 |
|
Setelah mengikuti kuliah pada pertemuan ini mahasiswa akan dapat mendefenisikan/menjelaskan pengetian tentang dunia dan manusia menurut pandangan diluar alkitap, pengertian manusia dan dunia menurut alkitap, tugas dan tanggung jawab manusia menguasai dan melestarikan alam sekitar, tugas dan tanggung jawab manusia mengatur kehidupan bersama.
|
||
9, 10, 11, 12 |
|
Setelah mengikuti kuliah pada pertemuan ini mahasiswa akan dapat menjelaskan islam dalam pengertian yang sebenarnya, menyebutkan cara-cara memahami Al-qur’an dan Al-Sunnah, Menguraikan secara rinci struktur agama islam dalam bentuk iman, islam dan Ihsan, aqidah, syari’ah dan akhlak.Setelah mengikuti kuliah pada pertemuan ini mahasiswa akan dapat mendefenisikan/menjelaskan dosa dan akibat dosa, rencana keselamatan dan penggenapannya dalam Kristus Yesus, pengharapan kristen, Peranan roh kudus. |
||
13, 14, 15, 16 |
|
Setelah mengikuti kuliah pada pertemuan ini mahasiswa akan dapat mendefenisikan/menjelaskan Iman dan Ilmu pengetahuan, Hukum Taurat dan Injil, Iman dan pengapdian, Kapita selekta menurut agama kristen protestan |
Tingkat pembelajaran IABEE SO (ABET SO learning level) - L(low), |
|||
SO | Deskripsi | Description | Level |
0,8 |
[4]. Mampu merancang suatu proses kerekayasaan dengan menerapkan prinsip perancangan sistem mekanik dari berbagai aplikasi Industri dengan memperhatikan unsur keselamatan, kehandalan, kemudahan serta faktor faktor ekonomi, sosiokultur dan lingkungan. | [4]. Able to design a engineering process by applying the principles of designing mechanical systems from various Industri applications with attention to the element of safety, reliability, convenience and economic factors, sociocultural and environment. | T, S, E |
0,4 |
[5]. Mampu merencanakan dan mendesain proses pengukuran yang presisi dan akurat dalam menyelesaikan masalah keteknikan secara bertanggung jawab dan beretika. | [5]. Able to plan and design precise and accurate measurement process in solving engineering problems with full a responsible and ethical manner. | T, S, E |
0,8 |
[7]. Mampu bekerja sama dalam tim dan memberikan solusi masalah dalam lintas bidang keteknikan dengan memperhatikan faktor-faktor ekonomi, kesehatan dan keselamatan publik, etika dan lingkungan. | [7]. Able to provide solution in cross-engineering field with attention to economic, public health and safety factors, ethics and environmental consideration. | T, A, S |
- K - (Knowledge) Pengetahuan
- P - Pemahaman
- T - Terapan(Aplikasi)
- A - Analisa
- S - Perpaduan (Sintesa)
- E - Evaluasi
RTM1106P PEND. AGAMA PROTESTAN
Program Studi
Fakultas
Referensi Utama
- D.C BAIRD, 1962 Experimentation : An Introduction to Measurement Theory, and Experiment Design.
-
SUTRISNO, Seri Fisika Dasar mekanika ITB.
-
SEARS & ZEMANSKY, Young "University Physics ; 1982 Ch. X
-
F.W. Sears ; Mechanics, Heat and Sound, Bab 11 dan 14
-
Mekanika Fisika Teknik, Reuben M. Oslon
Dosen Pengampu
Beban kerja Kuliah dalam Jam Per Minggu
Deskripsi Mata Kuliah Sesuai Katalog
beberapa matakuliah berikutnya, beberapa topik yang bibahas dalam
kuliah ini adalah Ketidakpastian pada Pengukuran Percobaan,
Ketidakpastian pada Fungsi Variabel,Gerak Harmonik Sederhana, Bandul
Sederhana, Modulus Young,Modulus Geser, Pesawat Atwood, Bandul Fisis,
Koefisien Kekentalan Zat Cair, Kalorimeter, Boyle-Gay Lussac, Momen
Inersia, Tegangan Permukaan Zat Cair, Menentukan Pelenturan dan
Modulus Elastisitas Batang Kayu.
Tujuan Instruksional Umum
cara kerja alat, dan mampu menganalisa data yang diperolah dari
percobaan yang dilakukan.
No. | Luaran-Luaran Pembelajaran Mata Kuliah | IABEE SO | Assessment |
---|---|---|---|
1. | |||
2. | |||
3. | |||
4. | |||
5. |
Minggu Ke- | Topik | LPK (CLO)1 | Sub-topik / indikator kinerja | Tugas-tugas |
---|---|---|---|---|
1 |
|
Mampu menggunakan beberapa alat ukur dasar Mampu menentukan ketidakpastian pada pengukuran tunggal,Mampu menentukan ketidakpastian pada pengukur berulang.
Mampu mempergunakan pengertian angka berarti. |
||
2 |
|
Mampu menghitung ketidak pastian pada akhir percobaan.
Mampu memberi interpretasi ketidakpastian dengan tepat. |
||
3 |
|
Mengungkapkan hukum Hooke.
Menyelesaikan soal-soal Gerak harmonik Sederhana Menentukan tetapan pegas dan massa efektif pegas dengan melaksanakan Menentukan percepatan grafitasi dengan mengukur perpanjangan pegas |
||
4 |
|
Menyelesaikan soal-soal bandul sederhana.
Menentukan percepatan gravitas dengan bandul sederhana. |
||
5 |
|
Menyelesaikan soal-soal sehubungan dengan penerapan modulus Young.
Menentukan modulus Young suatu bahan |
||
6 |
|
Memahami sifat elastik bahan dibawah pengaruh puntiran
Menyelesaikan soal-soal yang berhubungan dengan puntiran dan modulus geser Menentukan modulus geser suatu bahan dengan puntiran |
||
7 |
|
Menyelesaikan soal-soal tentang gerak translasi dan rotasi dengan menggunakan Hukum Newton. Melakukan percobaan Atwood untuk memperhatikan berlakunya Hukum Newton |
||
8 |
|
Menyelesaikan soal-soal tentang Bandul Fisis. Melakukan percoban bandul fisis untuk menentukan percepatan gravitasi. |
||
9 |
|
Memahami bahwa gaya gesekan yang dialami benda yang bergerak di dalam fluida (gas dan zat cair) berkaitan dengan kekentalan fluida tersebut Menentukan koefisien kekentalan zat cair dengan menggunakan Hukum |
||
10 |
|
Menyelesaikan soal-soal mengenai Asas Black
Menentukan Kapasitas Kalor bahan dengan menggunakan Kalorimeter |
||
11 |
|
Memahami peran momen inersia pada gerak rotasi benda tegar
Menentukan momen inersia dari benda tegar secara statis dan secara dinamis Menyelesaikan soal-soal yang berkaitan dengan momen inersia dari benda tegar |
||
12 |
|
Memahami permasalahan tegangan permukaan dan dapat dilakukan pengukuran besarnya tegangan permukaan |
||
13 |
|
Mengetahui cara menentukan pelenturan dan modulus elastis batang kayu
Mengetahui cara membaca skala dan menghindari kesalahan paralaks |
Tingkat pembelajaran IABEE SO (ABET SO learning level) - L(low), |
|||
SO | Deskripsi | Description | Level |
1 |
[1]. Mampu menerapkan matematika, sains, material dan prinsip rekayasa (engineering principles) yang mencakup pengetahuan desain, produksi, operasi, dan pemeliharaan untuk menyelesaikan permasalahan teknik mesin |
[1]. Able to apply math, science, material and engineering principles that include design, production, operation and maintenance knowledge to solve mechanical engineering problems. |
K, P |
- K - (Knowledge) Pengetahuan
- P - Pemahaman
- T - Terapan(Aplikasi)
- A - Analisa
- S - Perpaduan (Sintesa)
- E - Evaluasi