PROGRAM STUDI SARJANA
TEKNIK MESIN - FAKULTAS TEKNIK
UNIVERSITAS SUMATERA UTARA
Gedung J17 Jl. Almamater Kampus USU Medan 2015
mesin.usu.ac.id
RTF3202 EKONOMI TEKNIK
Program Studi
Fakultas
Referensi Utama
-
Thuessen, G.J., and Fabricky, W.J., Engineering Economy, Prentice Hall, New Jersey, 1993.
-
Barish, N.N, and Seymore Caplan, Economic Analysis for Engineering and Managerial Decision Making, New York, 1978.
-
Joyowiyono dan Marsudi, F.X., Ekonomi Teknik, Jilid 1, Dep.P.U., Jakarta, 1989
Dosen Pengampu
-
Prof.Dr.Ir. Darwin Sitompul, M.Eng
Beban kerja Kuliah dalam Jam Per Minggu
Deskripsi Mata Kuliah Sesuai Katalog
Tujuan Instruksional Umum
No. | Luaran-Luaran Pembelajaran Mata Kuliah | IABEE SO | Assessment |
---|---|---|---|
1. | |||
2. | |||
3. | |||
4. | |||
5. |
Minggu Ke-(Week No.) |
Topik (Topics) |
LPK (CLO)1 |
Sub-topik / indikator kinerja (Subtopics / performance
|
Tugas-tugas (Assignments) |
1-2 |
Pendahuluan• Pengertian dan ruang lingkup ekonomi teknik• Konsep nilai waktu dari uang (Time Value of Money)• Pengertian ekivalensi |
mampu menghitung, menganalisa pokok bahasan yang diberikan |
||
3-4-5 |
Pendahuluan• Notasi yang digunakan• Hubungan P dan F• Hubungan F dan A• Hubungan P dan A• Gradien Samarata• Sukubunga Nominal dan Efektif• Conto-contoh |
mampu menghitung, menganalisa pokok bahasan yang diberikan |
||
6 |
Evaluasi I (Quiz I)• Menjelang UTS |
mampu menghitung, menganalisa pokok bahasan yang diujikan |
||
7 |
UTS (Ujian Tengah Semester) |
mampu menghitung, menganalisa pokok bahasan yang diujikan |
||
8-9 |
Ekivalensi Nilai• Pengertian Ekivalensi Nilai• Ekivalensi Nilai Tahunan• (Equivalent Uniform Annual Cash Flow)• Ekivalensi Nilai Sekarang (Present Worth)• Hubungan antara Ekivalensi Nilai • Tahunan dengan Ekivalensi
|
mampu menghitung, menganalisa pokok bahasan yang diberikan |
||
10-11 |
Laju Pengembangan (Rate Of Return= ROR)• Pengertian dan Kegunaan• Contoh Perhitungan• Laju Pengembalian Dalam (Internal Rate of Return = IRR) |
mampu menghitung, menganalisa pokok bahasan yang diberikan |
||
12 |
Nisbah Manfaat Biaya (Benefit Cost Ratio)• Pengertian dan Kegunaan• Contoh Perhitungan |
mampu menghitung, menganalisa pokok bahasan yang diberikan |
||
13-14 |
Depresiasi dan Umur• Depresiasi• Umur Ekonomis |
mampu menghitung, menganalisa pokok bahasan yang diberikan |
- |
Tingkat pembelajaran IABEE SO (ABET SO learning level) - L(low),
|
|||
SO |
Deskripsi |
Description |
Level |
1 |
[4]. Mampu merancang suatu proses kerekayasaan dengan menerapkan
|
[4]. Able to design a engineering process by applying the principles
|
T,S,E |
0,2 |
[5]. Mampu merencanakan dan mendesain proses pengukuran yang presisi
|
[5]. Able to plan and design precise and accurate measurement process
|
T,S,E |
0,8 |
[7]. Mampu bekerja sama dalam tim dan memberikan solusi masalah dalam
|
[7]. Able to provide solution in cross-engineering field with
|
T,A,S |
- K - (Knowledge) Pengetahuan
- P - Pemahaman
- T - Terapan(Aplikasi)
- A - Analisa
- S - Perpaduan (Sintesa)
- E - Evaluasi
RTF3202 ETIKA PROFESI
Program Studi
Fakultas
Referensi Utama
-
Sonny Keraf. Etika Bisnis
-
Franz M.Suseno,Etika Dasar
-
Prof. Poedjawiyata,Etika Filsafat Tingkah Laku
-
K.Bartens,Etika
Dosen Pengampu
-
Ir. Farida Ariani Daulay, MT
Beban kerja Kuliah dalam Jam Per Minggu
Deskripsi Mata Kuliah Sesuai Katalog
Tujuan Instruksional Umum
No. | Luaran-Luaran Pembelajaran Mata Kuliah | IABEE SO | Assessment |
---|---|---|---|
1. | |||
2. | |||
3. | |||
4. | |||
5. |
Minggu Ke-(Week No.) |
Topik (Topics) |
LPK (CLO)1 |
Sub-topik / indikator kinerja (Subtopics / performance
|
Tugas-tugas (Assignments) |
1 |
Pengertian etika dan moral• Etika deontologi• Etika deskrifsi• Etika normatif• Etika teologie |
dapat menjelaskan dan memahami arti etika dan moral serta dapat
|
||
2 |
Hubungan etika dan profesi• Sistematika etika• Profesi dan pekerjaan• Pengertian profesi• Ciri-ciri profesi• Prinsip-prinsip etika profesi• Hubungan etika dan profesi• Kode etik profesi |
dapat menjelaskan secara konprehensif nilai-nilai etika dalam profesi. |
||
3 |
Etika dan bisnis• Bisnis sebagai profesi• Prinsip-prinsip etika bisnis• Hubungan primer• Hubungan sekunder• Hubungan etika bisnis sebagai profesi |
dapat menjelaskan secara analitis tentang bisnis sebagai profesi dan
|
||
4 |
Tanggungjawab sosial perusahaan dan etika profesi• Status perusahaan• Tanggungjawab sosial perusahaan• Peningkatan sumber daya manusia• Kawajiban moral |
dapat menjelaskan secara terperinci tanggungjawab sosial perusahaan
|
||
5 |
Keadilan sosial dan etika profesi• Pengertian keadilan sosial• Beberapa paham tentang keadilan• Keadilan sebagai hak• Hak legal dan normal |
dapat menjelaskan pengertian keadilan sosial serta beberapa paham
|
||
6 |
Nilai dan moral• Nilai moral• Normal moral |
dapat menjelaskan arti nilaidan moral serta mamanifasikannya |
||
7 |
Objek etika• Tindakan manusia• Determinisme materialistis• Determinisme religius• Kesadaran etis |
dapat menjelaskan tindakan manusia, yang berhubungan dengan etika |
||
8 |
Beberapa sistem filsafat moral• Hedonisme• Utilirisme• Sosialisme• Humanisme• Vitalisme |
dapat menjelaskan sifat penganut sistem filosof tersebut |
- |
|
9-10 |
Jurusan tenik mesin sebagai objek• Kepropesian teknik mesin• Sub. Propesi teknik mesin |
dapat memahami etika sebagai ilmuan |
||
11-12 |
Etika dan organisasi• Kepropesian teknik mesin• Sub. Propesi teknik mesin |
dapat memahami etika sebagai tenaga kerja |
Tingkat pembelajaran IABEE SO (ABET SO learning level) - L(low),
|
|||
SO |
Deskripsi |
Description |
Level |
0,4 |
[4]. Mampu merancang suatu proses kerekayasaan dengan menerapkan
|
[4]. Able to design a engineering process by applying the
|
T,S,E |
0,4 |
[5]. Mampu merencanakan dan mendesain proses pengukuran yang presisi
|
[5]. Able to plan and design precise and accurate measurement process
|
T,S,E |
0,4 |
[7]. Mampu bekerja sama dalam tim dan memberikan solusi masalah dalam
|
[7]. Able to provide solution in cross-engineering field with
|
T,A,S |
0,4 |
[8]. Mampu menulis proposal untuk penawaran dan laporan Proyek
|
[8]. Able to write proposals for bidding and Project reports relating
|
P,T,A |
0,4 |
[10]. Mampu menerapkan kerekayasaan teknik mesin dan melakukan
|
[10]. Able to apply mechanical engineering and conduct research
|
K,P,T,A |
- K - (Knowledge) Pengetahuan
- P - Pemahaman
- T - Terapan(Aplikasi)
- A - Analisa
- S - Perpaduan (Sintesa)
- E - Evaluasi
RTM1203 FISIKA DASAR II
Program Studi
Fakultas
Referensi Utama
-
David Haliday and Restnick (1988). Fundamentals of physics,John,Wiley Schaum Series, Fisika, Erlangga
Dosen Pengampu
-
Terang UHSG, ST. MT
Beban kerja Kuliah dalam Jam Per Minggu
Deskripsi Mata Kuliah Sesuai Katalog
Tujuan Instruksional Umum
No. | Luaran-Luaran Pembelajaran Mata Kuliah | IABEE SO | Assessment |
---|---|---|---|
1. | |||
2. | |||
3. | |||
4. | |||
5. |
Minggu Ke-(Week No.) |
Topik (Topics) |
LPK (CLO)1
|
Sub-topik / indikator kinerja (Subtopics / performance
|
Tugas-tugas (Assignments) |
1 |
Penguraian listrik statis dan penerapan hukum faraday dan maxwel.
|
Dapat memahami tentang listrik statis dan muatan electron bebas
|
||
1 |
Penguraian medan listrik antar muatan. System medan listrik untuk
|
Dapat memahami tentang interaksi muatan listrik dan hukum Coloumb
|
||
2 |
Flux listrik dan potensial listrik, serta sifat bola konduktor.
• Sifat garis gaya listrik (Hukum gauss), dan sifat medan listrik
|
Dapat memahami tentang garis gaya listrik |
||
3 |
Kapasitor dengan ggl listrik. Dan dielektrik
• Kapasitansi suatu penghantar sebagai kemampuan menerima muatan
|
Dapat memahami tentang alat untuk menyimpan muatan |
||
3-4 |
Hukum Ohm dan kirchoff, Tegangan Gerak Eletrik, Rangkaian RC,
|
Dapat memahami tentang arus listrik, rangkaian arus listrik dan daya
|
||
4-5 |
Medan Magnet, Definisi B, Kemagnitan dan listrik.• Medan Magnet dan Definisi B• Gaya Magnet pada suatu arus listrik• Momen Kakas pada sebuah simpal arus• Efek Hall• Muatan bersirkulasi. |
Dapat memahami tentang medan magnet |
||
5 |
Hukum Ampere dan garis medan magnet• Hukum Ampere• Medan Magnet pada kawat panjang, kawat sejajar• Garis-garis B• Solenoida• Hukum Biot Savart. |
Dapat memahami tentang Hukum Ampere |
||
5 |
Hukum Induksi Faraday, Hukum Lenz dan Arus Induksi• Ekperiemen Faraday• Hukum Induksi Faraday• Hukum Lenz• Induksi
• Medan magnet yang berubah terhadap waktu, induksi dan gerak
|
Dapat memahami tentang hukum induksi faraday |
- |
|
6 |
Induktans, Rangkaian LR, Energi Magnet• Induktans• Perhitungan Induktans• Rangkaian LR• Energi dan Medan Magnet• Kerapatan Energi• Induktans bersama. |
Dapat memahami tentang induktans |
||
6 |
Hukum Gauss, Kemagnetan Bumi, Bahan-bahan Magnetik• Kutub dan Dipol• Hukum Gauss• Kemagnetan Bumi• Paramagnetisma• Diamgnetisme• Terromagetisma• Kemagnetan inti• Tiga Magnetik Vektor |
Dapat memahami tentang sifat-sifat magnetik materi |
||
7 |
Osilasi elektromagnetik• Osilasi LC• Analogi dengan gerak harmonik sederhana• Osilasi elektromagnetik• Elemen-elemen yang tergumpal dan yang terdistribusi |
Dapat memahami tentang osilasi elektromagnetik |
||
7, 8 |
Rangkaian RLC, Resonansi dan Daya• Rangkaian RCL bersimpal tunggal• Daya pada rangkaian• Resonansi• Penyaring (filter) dan peluntur bolak-balik• Transformator. |
Dapat memahami tentang arus bolak balik |
||
8 |
Persamaan Maxwell• Persamaan-persamaan dasar keeletromagetan• Medan magnet imbas• Arus Pergeseran• Persamaan-persamaan Maxwell• Persamaan Maxwell dan rongga |
Dapat memahami tentang persamaan Maxwell |
||
9 |
Gelombang Elektromagnetik• Spektrum elektromagnetik• Gelombang elekromagnet• Jalur transmisi• Kabel sesumbu-medan dan arus• Pandu gelombang• Radiasi• Gelombang berjalan dan Persamaan Maxwell• Vektor poynting |
Dapat memahami tentang gelombang elektromagnetik |
||
10 |
Generator arus searah
• Kumparan penghantar yang digerakkan dalam suatu medan magnet dan
|
Dapat memahami tentang perubahan energi mekanik menjadi energi
|
||
11 |
Motor dan generator listrik
• Energi listrik menjadi energi mekanik (sebaliknya), generator
|
Dapat memahami tentang dasar kerja motor listrik. |
||
11 |
Elektromagnetik• Pengantar, tenaga dan momentum• Laju cahaya• Sumber dan pengamat yang bergerak• Efek doppler |
Dapat memahami tentang sifat dan penjalaran cahaya. |
||
12 |
Prinsip Huygens• Refleksi dan Refraksi• Prinsip Huygens• Hukum Refleksi dan Refraksi• Refleksi Internal Total• Prinsip Fermat |
Dapat memahami tentang refleksi dan refraksi gelombang datar dan
|
||
12 |
Gelombang sferis dan permukaan sferis• Optika-geometris dan optika gelombang• Gelombang sferis dan cermin datar• Gelombang sferis dan cermin sferis• Permukaan refraktor sferis• Lensa Tipis• Alat-alat optik. |
Dapat memahami tentang refleksi dan refraksi gelombang sferis dan
|
||
13 |
Interferensi dan Interferometer• Percobaan Young• Koherensi• Intensitas dalam Percobaan Young• Interferensi dari selaput tipis• Interferometer Michelson dan perambatan cahaya |
Dapat memahami tentang interferensi cahaya |
||
13 |
Celah Tunggal• Celah tunggal• Celah tunggal Kuantitatif• Celah tunggal Kualitatif• Difraksi oleh lubang berbentuk lingkaran |
Dapat memahami tentang difraksi cahaya |
||
14 |
Kisi, Difraksi, dan Hukum Bragg• Celah Rangkap• Kisi defraksi• Daya pisah sebuah kisi, Difraksi Sinar X• Hukum Bragg |
Dapat memahami tentang kisi dan spektrum |
||
14 |
Polarisasi dan hamburan• Polarisasi• Pelat polarisasi, Polarisasi oleh relfeksi• Refraksi rangkap• Polarisasi lingkaran• Momentum Sudut cahaya• Hamburan cahaya• Hamburan rangkap |
Dapat memahami tentang polarisasi |
Tingkat pembelajaran IABEE SO (ABET SO learning level) - L(low),
|
|||
SO |
Deskripsi |
Description |
Level |
2 |
[1]. Mampu menerapkan matematika, sains, material dan prinsip
|
[1]. Able to apply math, science, material and engineering principles
|
K,P |
- K - (Knowledge) Pengetahuan
- P - Pemahaman
- T - Terapan(Aplikasi)
- A - Analisa
- S - Perpaduan (Sintesa)
- E - Evaluasi
RTM1205 ILMU LOGAM FISIK
Program Studi
Fakultas
Referensi Utama
-
Intro To Physical Metalurgi, Avner, S. H
-
Engineering Material, Ashy M.F dan jones R.H Regamon, Oxford
Dosen Pengampu
-
Ir. Syahrul Abda, M.Sc
Beban kerja Kuliah dalam Jam Per Minggu
Deskripsi Mata Kuliah Sesuai Katalog
Tujuan Instruksional Umum
Minggu Ke-(Week No.) |
Topik (Topics) |
LPK (CLO)1 |
Sub-topik / indikator kinerja (Subtopics / performance
|
Tugas-tugas (Assignments) |
1 - 2 |
Mekanisme deformasi• Cacat titik, permukaan, Slip, Twinning, kotoran logam, tegangan
|
mampu memahami dan menjelaskan tentang mekanisme deformasi |
||
3 - 4 |
Diagram fasa• Keristitasi, paduan, solid solution, instertitial, fasa kompoun,
|
mampu memahami dan menjelaskan tentang diagram fasa. |
||
5 - 6 |
Baja dan perlakuan panas baja• Temperature kritis, fasa-fasa baja, campuran eutectoid,
|
mampu memahami dan menjelaskan tentang baja dan perlakuan panas baja |
||
7 - 8 |
Hard surfacing dan paduan baja.• Aus logam, gas dan liquid, carburizing, nitriding, carbonitriding,
|
mampu memahami dan menjelaskan tentang hard surfacing dan paduan baja. |
||
9 - 10 |
Baja pahat dan paduan non-ferro• Kedalaman pengerasan, ketanguhan, katahanan aus.• Sifat mampu mesin, water hardening, schok recistance.• Tembaga dan paduan, penomoran, brass-brou.• Al dan paduan, penomoran.• Paduan,ondering, coherensi,diagram fasa.• Nikel dan paduan.• Titanium dan paduan. |
mampu memahami dan menjelaskan baja pahat dan paduan non-ferro. |
||
11 - 12 |
Korosi logam• Logam dan lingkungan.• Faktor-faktor yang mempengaruhi korosi,polarivasi dan passivasi,
|
mampu memahami dan menjelaskan korosi logam. |
||
13 - 14 |
Fatik dan fractur serta logam penggunaan khusus.• Beban berulang, fatik siklus panjang, fatik siklus pendek,
|
dapat memahami dan mampu menjelaskan tentang fatik dan fractur serta
|
Tingkat pembelajaran IABEE SO (ABET SO learning level) - L(low),
|
|||
SO |
Deskripsi |
Description |
Level |
1,8 |
[1]. Mampu menerapkan matematika, sains, material dan prinsip
|
[1]. Able to apply math, science, material and engineering principles
|
K,P |
0,2 |
[4]. Mampu merancang suatu proses kerekayasaan dengan menerapkan
|
[4]. Able to design a engineering process by applying the principles
|
T,S,E |
- K - (Knowledge) Pengetahuan
- P - Pemahaman
- T - Terapan(Aplikasi)
- A - Analisa
- S - Perpaduan (Sintesa)
- E - Evaluasi
RTM1202 KALKULUS II
Program Studi
Fakultas
Referensi Utama
-
Edwin J.Purcell dan Dale varberg, Calculus with Analytic Geometry
-
Frank Aydes Jr.Phd, Differential and Integral, Calculus, Schaum’s outlina series
Dosen Pengampu
-
Dr. Tulus Burhanuddin Sitorus, ST, MT
Beban kerja Kuliah dalam Jam Per Minggu
Deskripsi Mata Kuliah Sesuai Katalog
Tujuan Instruksional Umum
Minggu Ke-(Week No.) |
Topik (Topics) |
LPK (CLO)1
|
Sub-topik / indikator kinerja (Subtopics / performance
|
Tugas-tugas (Assignments) |
1 |
Integrasi Tertentu• Integral terbatas, luas bidang• Volume putaran, panjang busur, titik berat/momen• Luas permukaan benda putar, integral pendekatan |
Dapat menentukan luas dan volume dari suatu bentuk |
||
2 |
Deret Tak Berhingga• Barisan Tak Berhingga• Deret Tak Berhingga• Deret Positif• Deret Pangkat• Deret Taylor• Maclaurin |
Dapat menentukan sudah deret tak berhingga |
||
3 |
Persamaan linear dan Matriks• Sistem persamaan linear• Eliminasi Gauss• Sistem persamaan homogeny• Matriks dan Operasi Matriks• Aturan-aturan Ilmu Hitung Matriks, Matriks Elementer |
Dapat memahami menyelesaikan persamaan linear |
||
4 |
DeterminanFungsi determinan, menghitung, determinan dengan reduksi baris
• Sifat-sifat fungsi determinan, Ekspansi Kofaktor/Aturan Cramer
|
Dapat memahami menyelesaikan determinan suatu matriks |
||
5 |
Irisan Kerucut dan Sistem Koordinat kutub• Parabola• Elips• Hiperbol• Sistem Koordinat Kutub |
Dapat menyelesaikan persoalan tentang pencerminan dan sistem koordinat
|
||
6 |
Vektor pada bidang• Kurva pada Bidang• Vektor pada Bidang• Fungsi bernilai pada vector• Kelengkungan dan Percepatan |
Dapat menyelesaikan persoalan geometri pada bidang vektor |
||
7 |
Vektor pada ruang
• Koordinat Cartesius pada Ruang Dimensi Tiga Vektor pada bidang
|
Dapat menyelesain persoalan geometri pada ruang vector |
||
8 |
Ruang Vektor
• Ruang n-Euclidis, Ruang vector umum, Subruang, Kebebasan Linear,
|
Dapat menyelesaikan persoalan ruang-ruang vector |
||
9-10 |
Differential Parsial dan Total• Fungsi dua Pengubah• Turunan Parsial• Limit dan kekontinuan• Keterdiferensial Gradien, Bidang Singgung• Maksimum dan Minimum
• Metode Langrange, turunan pertama dari fungsi implicit,
|
Dapat menyelesaikan turunan dalam ruang dimensi –n |
||
11 |
Integral Lipat dua dan tiga
Integral lipat dua pada persegi panjang, bukan persegi panjang,
|
Dapat menyelesaikan integral dalam Ruang Dimensi-n |
||
12 |
Medan Vektor, Integral Garis dan Integral Permukaan• Medan Vektor• Integral Garis• Kebebasan Tapak• Teorema Green• Integral Permukaan• Teorema Divergensi• Teorema Stokes |
Dapat menyelesaikan kalkulus Vektor |
||
13 |
Transformasi Linear
• Pengantar Transformasi Linear, Sifat Transformasi Linear, Kernel
|
Dapat Menyelesaikan Transformasi Linear |
||
14 |
Nilai Eigen dan Vektor Eigen• Nilai Eigen dan Vektor Eigen• Diagonaisasi• Diagonalisasi Ortogonal• Matriks Simetri |
Dapat menentukan nilai eigen dai sebuah vector/matriks |
Tingkat pembelajaran IABEE SO (ABET SO learning level) - L(low),
|
|||
SO |
Deskripsi |
Description |
Level |
2 |
[1]. Mampu menerapkan matematika, sains, material dan prinsip
|
[1]. Able to apply math, science, material and engineering
|
K,P |
- K - (Knowledge) Pengetahuan
- P - Pemahaman
- T - Terapan(Aplikasi)
- A - Analisa
- S - Perpaduan (Sintesa)
- E - Evaluasi
RTM1207 MEKANIKA FLUIDA I
Program Studi
Fakultas
Referensi Utama
-
Elementary fluid mechanics- S.I.Version 5th edition, 1976 by vennard & street.
-
Fundamentals of fluid Mechanics, McGRAW-Hill international editions 2nd Priting, 1988 by Jock B. Evett, Cheng Liu.
-
V.L. Streeter,” Mekanika Fluida,” Penerbit Erlangga, Jakarta Terjemahan 1988.
-
P Gerhart, R. Gross & J.I Hochstein, Fundamentals of fluid Mechanics, Addison Wiley, 1985
Dosen Pengampu
-
Prof.Dr.Ir. Farel H. Napitupulu, DEA
Beban kerja Kuliah dalam Jam Per Minggu
Deskripsi Mata Kuliah Sesuai Katalog
Tujuan Instruksional Umum
Minggu Ke-(Week No.) |
Topik (Topics) |
LPK (CLO)1
|
Sub-topik / indikator kinerja (Subtopics / performance
|
Tugas-tugas (Assignments) |
1 |
Pengantar mekanika Fluida• Defenisi mekanika Fluida• Klasifikasi Fluida• Sistem satuan• Sifat-sifat fluida• Contoh-contoh soal |
mampu memahami dan dapat menghitung, menganalisa pokok bahasan yang
|
||
2 |
Statik fluida• Hubungan tekanan- kerapatan-ketinggian• Tekanan pengukur dan absolute• Contoh-contoh soal• Massa fluida yang dihubungkan dengan percepatan• Percepatan linier Konstan dengan ax = 0• Pencepatan liner konstanContoh soal |
mampu memahami dan dapat menghitung, menganalisa pokok bahasan yang
|
||
3 - 4 |
Kinematika aliran fluida• Aliran stedi dan tak stedi• Aliran 1, 2, 3, dimensi• Kecepatan dan percepatan• Contoh-contoh soal• Persamaan kontinuitas• Aliran stedi dimensi |
mampu memahami dan dapat menghitung, menganalisa pokok bahasan yang
|
||
5 - 6 |
Aliran fluida ideal inkompresibel• Persamaan EULER• Persamaan BERNOULLI• Persamaan Energi-Kinerja• Contoh persamaan Bernouille• Kavitasi
• Penggunaan bersama persamaan kontinuitas dengan persamaan
|
mampu memahami dan dapat menghitung, menganalisa pokok bahasan yang
|
||
5 |
Aliran fluida ideal kompresibel• Hukum thermodinamika• Persamaan Euler• Persamaan Energi• Integrasi persamaan Euler• Contoh soal• Titik Stagnasi• Kecepatan subsonik dan supersonic• Nosel konvergen• Contoh soal• Konstriksi dalam tabunggen-divergen arus• Contoh soal• Nosel konvergenContoh soal |
mampu memahami dan dapat menghitung, menganalisa pokok bahasan yang
|
||
6 |
Persamaan aliran fluida• Kerugian head karena gesekan.• Kerapian minor• Contoh soal |
mampu memahami dan dapat menghitung, menganalisa pokok bahasan yang
|
||
7 |
Analisa Dimensional• Dasar-dasar Analisa Dimensional• Parameter Tak Berdimensi dan Teorema PI• Parameter-parameter Tak Berdimensi dalam Mekanika FluidaAplikasi Analisa Dimensional |
mampu memahami dan dapat menghitung, menganalisa pokok bahasan yang
|
Tingkat pembelajaran IABEE SO (ABET SO learning level) - L(low),
|
|||
SO |
Deskripsi |
Description |
Level |
0,8 |
[3]. Mampu merancang dan merekayasa kontruksi mesin dengan
|
[3]. Able to design machinery construction by applying the
|
T,A,S |
0,8 |
[4]. Mampu merancang suatu proses kerekayasaan dengan menerapkan
|
[4]. Able to design a engineering process by applying the
|
T,S,E |
0,4 |
[9]. Mampu melakukan identifikasi, formulasi dan analisis masalah
|
[9]. Able to identify, formulate and analyse engineering problems
|
A,S,E |
- K - (Knowledge) Pengetahuan
- P - Pemahaman
- T - Terapan(Aplikasi)
- A - Analisa
- S - Perpaduan (Sintesa)
- E - Evaluasi
RTM1204 MENGGAMBAR TEKNIK II
Program Studi
Fakultas
Referensi Utama
-
Giesecke, Mitchell, Spenser, Hill, Digdon,Novak. 2000. Technical DRAWING, Eleventh Edition, Terjemahan dalam bahasa Indonesia dengan judul Gambar TEKNIK …,Edisi ke – 11. pada Penerbit Erlangga
Dosen Pengampu
-
Mahadi, ST, MT
Beban kerja Kuliah dalam Jam Per Minggu
Deskripsi Mata Kuliah Sesuai Katalog
Tujuan Instruksional Umum
Minggu Ke-(Week No.) |
Topik (Topics) |
LPK (CLO)1
|
Sub-topik / indikator kinerja (Subtopics / performance
|
Tugas-tugas (Assignments) |
1 - 2 |
Rusuk Pada Potongan , Garis-garis Arsiran• Pengertian rusuk pada potongan/irisan• Potongan sebaris• Pandangan sebagian• Pemutusan Konvensional• Garis-garis Arsiran |
dapat memahami dan menjelaskan dan mampu membuat gambar teknik
|
||
3 - 4 |
Rusuk Pada Potongan , Arsiran Berselang Seling• Pengertian rusuk pada potongan/irisan• Potongan sebaris• Pandangan sebagian• Pemutusan Konvensional |
dapat memahami dan menjelaskan dan mampu membuat gambar teknik
|
||
5 - 6 |
Toleransi system ISO• Suaian• Ukuran nominal• Toleransi• Penyimpangan membesar / mengecil• Clearance |
dapat memahami dan menjelaskan dan mampu membuat gambar teknik dengan
|
||
7 - 8 |
Sistem basis lubang dan system basis poros• Tingkatan suaian• Sistem basis lubang (SBL)• Sistem basis poros (SBP) |
dapat memahami dan menjelaskan tentang system basis lubang dan sistem
|
||
9 - 10 |
Penulisan toleransi• Penulisan toleransi pada gambar-gambar bagian / potongan• Penulisan toleransi pada gambar-gambar susunan. |
mampu menggambar penulisan toleransi |
||
11 - 12 |
Kekasaran permukaan• Kekasaran permukaan, tanda-tanda pengerjaan |
Mampu memahami tentang kekasaran permukaan |
||
13 - 14 |
Peletakan tanda-tanda pengerjaan umum dan khusus |
Mampu memahami tentang peletakan tanda-tanda pengerjaan umum dan
|
||
15 - 16 |
Pandangan potongan 2D dan 3D dengan menggunakan CAD
• Sistem CAD dengan perintah arsin untuk membuat arsir dan pola
|
mampu menggambar teknik dengan menggunakan CAD |
Tingkat pembelajaran IABEE SO (ABET SO learning level) - L(low),
|
|||
SO |
Deskripsi |
Description |
Level |
0,4 |
[1]. Mampu menerapkan matematika, sains, material dan prinsip
|
[1]. Able to apply math, science, material and engineering
|
K,P |
1,2 |
[2]. Mampu mendeskripsikan rancangan dalam bentuk gambar teknik
|
[2]. Able to describe the design in accordance with the
|
K,P,T |
0,2 |
[4]. Mampu merancang suatu proses kerekayasaan dengan menerapkan
|
[4]. Able to design a engineering process by applying the principles
|
T,S,E |
0,2 |
[5]. Mampu merencanakan dan mendesain proses pengukuran yang presisi
|
[5]. Able to plan and design precise and accurate measurement process
|
T,S,E |
- K - (Knowledge) Pengetahuan
- P - Pemahaman
- T - Terapan(Aplikasi)
- A - Analisa
- S - Perpaduan (Sintesa)
- E - Evaluasi
RTM1209P PRAKTIKUM / TUGAS MENGGAMBAR TEKNIK
Program Studi
Fakultas
Referensi Utama
-
Giesecke, Mitchell, Spenser, Hill, Digdon,Novak. 2000. Technical DRAWING, Eleventh Edition, Terjemahan dalam bahasa Indonesia dengan judul Gambar TEKNIK …,Edisi ke – 11. pada Penerbit Erlangga
Dosen Pengampu
-
Mahadi, ST, MT
Beban kerja Kuliah dalam Jam Per Minggu
Deskripsi Mata Kuliah Sesuai Katalog
Tujuan Instruksional Umum
Minggu Ke-(Week No.) |
Topik (Topics) |
LPK (CLO)1
|
Sub-topik / indikator kinerja (Subtopics / performance
|
Tugas-tugas (Assignments) |
1 - 2 – 3 |
Gambar teknik tentang kopling• Gambar teknik kopling kerucut• Kopling fleus• Kopling cakar• Kopling rantai• Kopling ban |
mampu memahami dan mampu menggambar sketsa dan meggambar teknik
|
||
4 - 5 – 6 |
Gambar roda gigi• Gambar teknik tentang roda gigi lurus• Roda gigi kerucut,• Roda gigi miring,• Roda gigi cacing |
mampu memahami dan dan mampu membuat gambar teknik dari roda gigi .
|
||
7 – 8 – 9 |
Gambar assembling pada mesin bubut
• Gambar assembling dan detail tentang roda gigi mesin bor vertical
|
mampu memahami dan dan mampu membuat gambar assembling . |
||
10 – 11 - 12 |
Gambar assembling pada hydraulic jeck
• Gambar assembling dan detail tentang sebuah hydraulic jheck
|
mampu memahami dan mampu membuat gambar assembling |
||
13 – 14 - 15 |
Gambar assembling rem• Gambar assembling rem dan Rem (Internal shoes brake) |
mampu memahami dan dan mampu membuat gambar teknik serta assembling
|
Tingkat pembelajaran IABEE SO (ABET SO learning level) - L(low),
|
|||
SO |
Deskripsi |
Description |
Level |
0,8 |
[2]. Mampu mendeskripsikan rancangan dalam bentuk gambar teknik
|
[2]. Able to describe the design in accordance with the
|
K,P,T |
0,2 |
[5]. Mampu merencanakan dan mendesain proses pengukuran yang presisi
|
[5]. Able to plan and design precise and accurate measurement process
|
T,S,E |
- K - (Knowledge) Pengetahuan
- P - Pemahaman
- T - Terapan(Aplikasi)
- A - Analisa
- S - Perpaduan (Sintesa)
- E - Evaluasi