PROGRAM STUDI SARJANA
TEKNIK MESIN - FAKULTAS TEKNIK
UNIVERSITAS SUMATERA UTARA
Gedung J17 Jl. Almamater Kampus USU Medan 2015
mesin.usu.ac.id
RTM3242 ALAT PENUKAR KALOR
Program Studi
Fakultas
Referensi Utama
-
Alat Penukaran Kalor by-JP Holman
-
Fundamentals of heat and mars transfer by-frank P. Incropera.
Dosen Pengampu
Beban kerja Kuliah dalam Jam Per Minggu
Deskripsi Mata Kuliah Sesuai Katalog
Tujuan Instruksional Umum
No. | Luaran-Luaran Pembelajaran Mata Kuliah | IABEE SO | Assessment |
---|---|---|---|
1. | |||
2. | |||
3. | |||
4. | |||
5. |
Minggu Ke-(Week No.) |
Topik (Topics) |
LPK (CLO)1
|
Sub-topik / indikator kinerja (Subtopics / performance
|
Tugas-tugas (Assignments) |
1 |
Koeffisien p. panas partial dan gabungan• Koef . p. p. konveksi• Koef p. p. konveksi• Koef p. p. radiasi• Koef p. p. gabungan• Faktur pegotoran• Contoh soal secara umum |
Mengulang kembali garis besar perpindahan panas konveksi-konveksi;
|
||
2 |
Jenis-jenis alat penukaran Kalor, Beda suhu rata-rata (LMTD)• Tipe APK• Alat penukar kalor• Aliran searah |
Pengenalan alat penukar kalor, Analisa alat penukar kalor |
||
3 |
Jenis-jenis alat penukaranKalor, Beda suhu rata-rata (LMTD)Contoh soal alat penukaraliran searah• Alat penukar kalor aliran lawan arah• Latihan |
Pengenalan alat penukar kalor, Analisa alat penukar kalorPemahaman aliran searah |
||
4 |
Contoh soal APK-Lawan arah• Latiahan |
Pemahaman Aliran lawan arah |
||
5 |
Penyelesaian dan diskusi PR• Koreksi umum PR mahasiswa |
Mentest pemahaman Mahasiswa |
||
6 |
Kondisi operasi spesial• Faktur koreksi untuk bermacam-macam APK• Contoh soal pemakaian |
Pemahaman mengenai faktor koreksi |
||
7 |
Metode NTU – Effektivitas• Defenisi• Hubungan NTU dengan dengan effektivitas.• Hubungan effektivitas denganbermacam-macam tipe APK• Contoh soal |
Pengenalan analisa lain tentang APK |
||
8 |
Metode NTU – Effektivitas• Hubungan NTU denganbermacam-macam tipe APK• Contoh soal• Latihan kelas |
Pengenalan analisa lain tentang APK |
- |
|
9 |
Metode kalkulasi dari APK• APK untuk pemanasan• APK untuk kondensor• Susunan seri dan pararel dariAPK |
Pemahaman perancanaan APK dengan model LMT D dan NTU |
||
10 |
Penukar kalor kompak• faktur gesek untuk pipa bulat yang mempunyai sisip bulat• Pipa bulat dengan sisip lurus• Contoh soal |
Pemahaman APK yang mempunyai luaspermukaan yang sangat luas persatuanvolume |
||
11 |
Analisis sifat-sifat variabel• Ko effesian perpindahan panas yang berubah menurut waktu• Metode nomerik• Contoh soal |
Pemahaman APK yang mempunyai koeffisien perpindahan panas yang ber-
|
||
12 |
Pertimbangan perancanganAPK• Persaratan perpindahan panas• Biaya• Ukuran Fisis• Penurunan tekanan |
Pemahaman APK dari sudut ekonomi |
||
13 |
Review umum dan Kasus Khusus• Diskusi dan latihan kelas |
Pemahaman umum |
Tingkat pembelajaran IABEE SO (ABET SO learning level) - L(low),
|
|||
SO |
Deskripsi |
Description |
Level |
0,2 |
[3]. Mampu merancang dan merekayasa kontruksi mesin dengan
|
[3]. Able to design machinery construction by applying the
|
T,A,S |
0,2 |
[4]. Mampu merancang suatu proses kerekayasaan dengan menerapkan
|
[4]. Able to design a engineering process by applying the principles
|
T,S,E |
0,1 |
[6]. Mampu memilih sumberdaya dan memanfaatkan perangkat
|
[6]. Capable of selecting resources and utilizing computational
|
T,A,S |
0,2 |
[7]. Mampu bekerja sama dalam tim dan memberikan solusi masalah dalam
|
[7]. Able to provide solution in cross-engineering field with
|
T,A,S |
0,2 |
[9]. Mampu melakukan identifikasi, formulasi dan analisis masalah
|
[9]. Able to identify, formulate and analyse engineering problems in
|
A,S,E |
0,1 |
[10]. Mampu menerapkan kerekayasaan teknik mesin dan melakukan
|
[10]. Able to apply mechanical engineering and conduct research
|
K,P,T,A |
- K - (Knowledge) Pengetahuan
- P - Pemahaman
- T - Terapan(Aplikasi)
- A - Analisa
- S - Perpaduan (Sintesa)
- E - Evaluasi
RTM3228 DESAIN SISTEM TERMAL
Program Studi
Fakultas
Referensi Utama
-
Bejan, Tsatsaronis & Michael Moran, Thermal Design and Optimazation, John Wiley & Son, 1996
-
Moran & Shapiro, Fundamental of Engineering Thermodynamics, John Wiley & Son, 2000
Dosen Pengampu
Beban kerja Kuliah dalam Jam Per Minggu
Deskripsi Mata Kuliah Sesuai Katalog
Tujuan Instruksional Umum
No. | Luaran-Luaran Pembelajaran Mata Kuliah | IABEE SO | Assessment |
---|---|---|---|
1. | |||
2. | |||
3. | |||
4. | |||
5. |
Minggu Ke-(Week No.) |
Topik (Topics) |
LPK (CLO)1
|
Sub-topik / indikator kinerja (Subtopics / performance
|
Tugas-tugas (Assignments) |
1 |
Dasar-dasar desain termal• Pendahuluan• Mampu kerja• Optimal• Mendekati Desain Optimal• Siklus Perancangan• Aspek-aspek desain sistem termal• Pembentukan konsep dan penilaian• Desain dengan bantuan program komputer |
Mahasiswa dapat memahami dasar-dasar suatu perancangan pada sistem
|
||
2 |
Dasar Termodinamika, Pemodelan Dan Analisa Desain• Konsep dasar dan definisi• Konsep Volume Atur• Hubungan sifat-sifat• Campuran yang bereaksi dan Pembakaran• Model Termodinamika• Perancangan dan pemodelan sistem pemipaan |
Mahasiswa dapat memahami pemodelan dan analisa desain pada
|
||
3 |
Eksergi, Kesetimbangan Eksergi, dan Aplikasinya• Eksergi• Eksergi Fisik• Kesetimbangan Eksergi• Eksergi Kimia• Aplikasi
• Panduan untuk evaluasi dan peningkatan sistem dalam keefektifan
|
Mahasiswa dapat memahami analisa eksergi |
||
4 |
Perpindahan panas• Konduksi• Konveksi• Radiasi |
Mahasiswa dapat memahami tentang pemodelan dan analisa desain dalam
|
||
5 |
Aplikasi Pada Sistem Dengan Perpindahan Panas Dan Aliran• Insulasi Termal• Lebar Fin diketahui• Ketebalan fin diketahuis• Pendingian konveksi natural/alami• Pendinginan konveksi paksa• Pendinginan dari sistem board yang paralel. |
Mahasiswa dapat memahami tentang aplikasi pada sistem dengan
|
||
6 |
Aplikasi Pada Sistem Dengan Termodinamika, Perpindahan Panas Dan
|
Mahasiswa dapat memahami tentang aplikasi pada sistem dengan
|
||
7 |
Analisa Ekonomi• Estimasi Investasi Modal Total• Prinsip analisa ekonomi• Perhitungan hasil yang dibutuhkan• Pelevelan biaya dan biaya untuk produk utama
• Evaluasi Profit dan perbandingan dengan investasi alternatif
|
Mahasiswa dapat memahami tentang analisa ekonomi |
||
8 |
Analisa dan Evaluasi Termoekonomi• Dasar-dasar termoekonomi
• Variabel-variabel termoekonomi sebagai komponen-komponen
|
Mahasiswa dapat memahami tentang analisa dan evaluasi termoekonomi
|
- |
|
9 |
Optimasi Termoekonomi• Optimasi
• Effisiensi Eksergi untuk optimasi biaya dalam sistem yang tertutup
|
Mahasiswa dapat memahami tentang optimasi termoekonomi |
Tingkat pembelajaran IABEE SO (ABET SO learning level) - L(low),
|
|||
SO |
Deskripsi |
Description |
Level |
0,2 |
[3]. Mampu merancang dan merekayasa kontruksi mesin dengan
|
[3]. Able to design machinery construction by applying the
|
T,A,S |
0,2 |
[4]. Mampu merancang suatu proses kerekayasaan dengan menerapkan
|
[4]. Able to design a engineering process by applying the principles
|
T,S,E |
0,1 |
[6]. Mampu memilih sumberdaya dan memanfaatkan perangkat
|
[6]. Capable of selecting resources and utilizing computational
|
T,A,S |
0,2 |
[7]. Mampu bekerja sama dalam tim dan memberikan solusi masalah dalam
|
[7]. Able to provide solution in cross-engineering field with
|
T,A,S |
0,2 |
[9]. Mampu melakukan identifikasi, formulasi dan analisis masalah
|
[9]. Able to identify, formulate and analyse engineering problems in
|
A,S,E |
0,1 |
[10].Mampu menerapkan kerekayasaan teknik mesin dan melakukan
|
[10]. Able to apply mechanical engineering and conduct research
|
K,P,T,A |
- K - (Knowledge) Pengetahuan
- P - Pemahaman
- T - Terapan(Aplikasi)
- A - Analisa
- S - Perpaduan (Sintesa)
- E - Evaluasi
RTM3238 ENERGI AIR
Program Studi
Fakultas
Referensi Utama
-
R.K.RAJPUT (2008). Hydraulic Machines, S.chand & company LTD.
-
Prof. Dipl. Ing. Fritz Dietzel (1992). Turbines, Pump, and Kompressor, penerbit Erl
Dosen Pengampu
-
Ir. M. Syahril Gultom
Beban kerja Kuliah dalam Jam Per Minggu
Deskripsi Mata Kuliah Sesuai Katalog
Tujuan Instruksional Umum
No. | Luaran-Luaran Pembelajaran Mata Kuliah | IABEE SO | Assessment |
---|---|---|---|
1. | |||
2. | |||
3. | |||
4. | |||
5. |
Minggu Ke-(Week No.) |
Topik (Topics) |
LPK (CLO)1
|
Sub-topik / indikator kinerja (Subtopics / performance
|
Tugas-tugas (Assignments) |
1-2 |
Pendahuluan, klasifikasi turbin air
• Klasifikasi turbin air menurut Head dan quantity air yang
|
Mengetahui dan memahami tentang pemanfaatan turbin air dalam merubah
|
||
3-4 |
Turbin pelton
• Konstruksi dan cara kerja dan kerja yang dihasilkan suatu Roda
|
Mengenal dan memahami konstruksi dan cara kerja Turbin Pelton (Turbin
|
||
5-6 |
Definisi Head dan Efisiensi Turbin Pelton
• Gross Head, Effective Head, Hydrolic Efisiensi Volumetric,
|
Mengetahui dan memahami definisi Head dan efisiensi pada Turbin Pelton
|
||
7-8 |
Merancang roda pelton
• Merancang roda pelton, Merancang Kecepatan jet, kecepatan roda,
|
Mengetahui, memahami dan mampu merancang roda Pelton |
||
9-10 |
Turbin Propeller dan Kaplan
Konstruksi dan cara kerja Turbin Propeller dan Kaplan, kerja yang
|
Mengetahui dan memahami cara kerja Turbin Propeller dan Kaplan |
||
11-12 |
Kesetimbangan kerja dan perencanaan Turbin Propeller dan Kaplan
• Ratio Diameter luar dengan diameter Hub, Ratio Kecepatan aliran
|
Mengetahui dan memahami serta mampu merencanakan Turbin Propeller dan
|
||
13-14 |
Deriaz dan Bulb turbin
• Konstruksi dan cara kerja Turbin Derlaz dan Bulb turbin, kerja yang
|
Mengetahui dan memahami cara kerja dari Deriaz dan Bulb Turbin |
||
UJIAN TENGAH SEMESTER, Aspek Penilaian 30%, Lama Ujian 75-100 menit,
|
||||
15-16 |
Turbin Francis
• Konstruksi dan cara kerja Turbin Francis, kerja yang dihasilkan dan
|
Mengetahui dan memahami cara kerja turbin TurbinFrancis |
||
17-18 |
Kesetimbangan kerja dan Perencanaan dari runner suatu Turbin Francis
|
Mengetahui dan memahami serta mampu merencanakan Runner dari Turbin
|
||
19-20 |
Draft Tube Teori
• Suction Head dari Draft Tube, Efisiensi dari Draft Tube, Type –
|
Mengetahui dan memahami tentang Draft Tube |
Tingkat pembelajaran IABEE SO (ABET SO learning level) - L(low),
|
|||
SO |
Deskripsi |
Description |
Level |
0,2 |
[3]. Mampu merancang dan merekayasa kontruksi mesin dengan
|
[3]. Able to design machinery construction by applying the
|
T,A,S |
0,2 |
[4]. Mampu merancang suatu proses kerekayasaan dengan menerapkan
|
[4]. Able to design a engineering process by applying the principles
|
T,S,E |
0,1 |
[6]. Mampu memilih sumberdaya dan memanfaatkan perangkat
|
[6]. Capable of selecting resources and utilizing computational
|
T,A,S |
0,2 |
[7]. Mampu bekerja sama dalam tim dan memberikan solusi masalah dalam
|
[7]. Able to provide solution in cross-engineering field with
|
T,A,S |
0,2 |
[9]. Mampu melakukan identifikasi, formulasi dan analisis masalah
|
[9]. Able to identify, formulate and analyse engineering problems in
|
A,S,E |
0,1 |
[10]. Mampu menerapkan kerekayasaan teknik mesin dan melakukan
|
[10]. Able to apply mechanical engineering and conduct research
|
K,P,T,A |
- K - (Knowledge) Pengetahuan
- P - Pemahaman
- T - Terapan(Aplikasi)
- A - Analisa
- S - Perpaduan (Sintesa)
- E - Evaluasi
RTM3243 MESIN FLUIDA
Program Studi
Fakultas
Referensi Utama
-
Pompa, Turbin, Dan Kompresor oleh Frizt Diesel
-
Pompa & Kompresor oleh Haruo Tahara
-
Pump Hand Book oleh Karasik
Dosen Pengampu
Beban kerja Kuliah dalam Jam Per Minggu
Deskripsi Mata Kuliah Sesuai Katalog
Tujuan Instruksional Umum
No. | Luaran-Luaran Pembelajaran Mata Kuliah | IABEE SO | Assessment |
---|---|---|---|
1. | |||
2. | |||
3. | |||
4. | |||
5. |
Minggu Ke-(Week No.) |
Topik (Topics) |
LPK (CLO)1
|
Sub-topik / indikator kinerja (Subtopics / performance
|
Tugas-tugas (Assignments) |
1 |
Klasifikasi Mesin Fluida• Satuan dan Fluida Kerja• Pompa• Kompressor• Turbin Air |
Mengerti/mengetahui prinsip kerja Mesin Fluida |
||
2 |
Total Head & Head Efektif• Head Statik dan Head Tekanan• Head Loses Pada Instalasi• Aplikasi Mesin Fluida |
Dapat menghitung Head |
||
3 |
Klasifikasi Pompa• Pompa Tekanan Statis dan Dinamis• Putaran Spesifik |
Mengetahui jenis-jenis pompa |
||
4 |
Tinggi Isap dan Kavitasi• Tekanan Pipa Isap• Tekanan Uap Air Kavitasi• Net Positive Suction HeadTinggi Isap Maksimum |
Mengetahui pengaruh kavitasi |
||
5 |
Impeller Pompa• Dimensi Impeller• Sudu Pukulan Depan• Pukulan Belakang• Radial• Segitiga Kecepatan |
Mampu menghitung ukuran-ukuran impeler pompa |
||
6 |
Karakteristik Pompa• Head Sudu• Faktor Slip• Eff.Hidraulis Kurve Head-kapasitas• Karakteristik Instalasi |
Memahami hubungan head dengan kapasitas |
||
7 |
Operasi Pompa• Hubungan Serie dan Paralel• Kesebangunan Pompa |
Mampu memilih pompa sesuai pemakaian |
||
8 |
Kompressor Sentrifugal• Ventilator• Blower• Kompressor• Perrbandingan• Kompressi• Head |
Mengetahui perancangan kompressor |
- |
|
9 |
Kompressor Sentrifugal• Jumlah Tingkat• Bilangan Diametral Dimensi Impeller• Segitiga Kecepatan |
Mengetahui perancangan kompressor |
||
10 |
Turbin Air• Prinsip Impuls/Reaksi• Put.Spesifik Efisiensi Sudu dan Kincir Air |
Mampu menghitung dan merancang Turbin Air |
||
11 |
Turbin Impuls• Turbin Pelton• Turbin Aliran Ossberger |
Mampu menghitung dan merancang Turbin Air |
||
12 |
Turbin Reaksi• Turbin Francis• Turbin Kaplan/Propeller |
Mampu menghitung dan merancang Turbin Air |
Tingkat pembelajaran IABEE SO (ABET SO learning level) - L(low),
|
|||
SO |
Deskripsi |
Description |
Level |
0,2 |
[3]. Mampu merancang dan merekayasa kontruksi mesin dengan
|
[3]. Able to design machinery construction by applying the
|
T,A,S |
0,2 |
[4]. Mampu merancang suatu proses kerekayasaan dengan menerapkan
|
[4]. Able to design a engineering process by applying the principles
|
T,S,E |
0,1 |
[6]. Mampu memilih sumberdaya dan memanfaatkan perangkat
|
[6]. Capable of selecting resources and utilizing computational
|
T,A,S |
0,2 |
[7]. Mampu bekerja sama dalam tim dan memberikan solusi masalah dalam
|
[7]. Able to provide solution in cross-engineering field with
|
T,A,S |
0,2 |
[9]. Mampu melakukan identifikasi, formulasi dan analisis masalah
|
[9]. Able to identify, formulate and analyse engineering problems in
|
A,S,E |
0,1 |
[10]. Mampu menerapkan kerekayasaan teknik mesin dan melakukan
|
[10]. Able to apply mechanical engineering and conduct research
|
K,P,T,A |
- K - (Knowledge) Pengetahuan
- P - Pemahaman
- T - Terapan(Aplikasi)
- A - Analisa
- S - Perpaduan (Sintesa)
- E - Evaluasi
RTM3239 METODE PERHITUNGAN DINAMIKA FLUIDA
Program Studi
Fakultas
Referensi Utama
-
Fundamentals of Fluid Mechanics by Jack B. Evett and Cheng Liu, McGraww Hill International Editions, 2nd printing 1998
-
Buku-buku lain yang mendukung mata kuliah dinamika fluida
Dosen Pengampu
Beban kerja Kuliah dalam Jam Per Minggu
Deskripsi Mata Kuliah Sesuai Katalog
Tujuan Instruksional Umum
No. | Luaran-Luaran Pembelajaran Mata Kuliah | IABEE SO | Assessment |
---|---|---|---|
1. | |||
2. | |||
3. | |||
4. | |||
5. |
Minggu Ke-(Week No.) |
Topik (Topics) |
LPK (CLO)1
|
Sub-topik / indikator kinerja (Subtopics / performance
|
Tugas-tugas (Assignments) |
1 |
Persamaan empiris untuk aliran air dalam pipa tertutup• Persamaan umum• Jari-jari hidrolik• Persamaan Hazen-Williams• Persamaan Manning |
Dapat memahami pengertian umum aliran fluida |
||
2 |
Diagram Pipa• Diagram pipa Hazen Williams• Diagram Pipa Manning |
Dapat menguasai penggunaan diagram pipa dalam satuan Inggris dan
|
||
3-4-5-6-7-8 |
Sistem pipa saluran kompleks• Pipa Seri• Pipa pararel• Jaringan pipa dengan menggunakan diagram pipa• Jaringan pipa tanpa menggunakan diagram pipa• Pipa saluran berisi pompa dan turbin |
Dapat menguasai persoalan aliran fluida inkompresibel dalam sistem
|
||
9 |
Pengukuran laju aliran• Orifis |
Dapat memahami pengukuran aliran |
||
10-11-12 |
Gaya-gaya yang dihasilkan fluida yang bergerak• Pengantar• Persamaan Gaya• Gaya Fluida pada benda rata stasioner• Gaya Fluida pada benda melengkung stasioner• Gaya Fluida pada benda bergerak• Gaya Fluida pada pipa tekan• Jet dan propulsi roket• Gaya-gaya pada benda yang terbenam : drag dan lift |
Dapat menguasai persoalan-persoalan gaya-gaya yang terjadi oleh fluida
|
Tingkat pembelajaran IABEE SO (ABET SO learning level) - L(low),
|
|||
SO |
Deskripsi |
Description |
Level |
0,2 |
[3]. Mampu merancang dan merekayasa kontruksi mesin dengan
|
[3]. Able to design machinery construction by applying the
|
T,A,S |
0,2 |
[4]. Mampu merancang suatu proses kerekayasaan dengan menerapkan
|
[4]. Able to design a engineering process by applying the principles
|
T,S,E |
0,1 |
[6]. Mampu memilih sumberdaya dan memanfaatkan perangkat
|
[6]. Capable of selecting resources and utilizing computational
|
T,A,S |
0,2 |
[7]. Mampu bekerja sama dalam tim dan memberikan solusi masalah dalam
|
[7]. Able to provide solution in cross-engineering field with
|
T,A,S |
0,2 |
[9]. Mampu melakukan identifikasi, formulasi dan analisis masalah
|
[9]. Able to identify, formulate and analyse engineering problems in
|
A,S,E |
0,1 |
[10]. Mampu menerapkan kerekayasaan teknik mesin dan melakukan
|
[10]. Able to apply mechanical engineering and conduct research
|
K,P,T,A |
- K - (Knowledge) Pengetahuan
- P - Pemahaman
- T - Terapan(Aplikasi)
- A - Analisa
- S - Perpaduan (Sintesa)
- E - Evaluasi
RTM3240 SISTEM PEMBANGKIT TENAGA UAP
Program Studi
Fakultas
Referensi Utama
-
P. Sliyakhin; Steam Turbines, Teori dan design
-
Prof.Dipl.Ing. Fritz Dietzel; Turbin, Pump, dan Kompressor (Turbin, Pompa dan Kompressor), penerbit Erlangga 1992
-
Prof Ballaney, Thermal Engineering
Dosen Pengampu
Beban kerja Kuliah dalam Jam Per Minggu
Deskripsi Mata Kuliah Sesuai Katalog
Tujuan Instruksional Umum
No. | Luaran-Luaran Pembelajaran Mata Kuliah | IABEE SO | Assessment |
---|---|---|---|
1. | |||
2. | |||
3. | |||
4. | |||
5. |
Minggu Ke-(Week No.) |
Topik (Topics) |
LPK (CLO)1
|
Sub-topik / indikator kinerja (Subtopics / performance
|
Tugas-tugas (Assignments) |
1-2 |
Pendahuluan, klasifikasi, turbin, prinsip aksi turbin
• Klasifikasi turbin, prinsip aksi turbin uap untuk turbin aksi dan
|
Diharapkan mahasiswa dapat mengerti dan memahami klasifikasi dan
|
||
3-4 |
Aliran uap tingkat turbin
• Aliran uap tingkat turbin, nosel konvergen, nosel konvergen
|
Diharapkan mahasiswa dapat mengerti dan memahami tentang aliran uap
|
||
5-6 |
Proses pembentukan uap
• Proses pembentukan uap, kualitas uap, kecepatan kritis pada nosel
|
Diharapkan mahasiswa dapat mengerti dan memahami proses pembentukan
|
||
7-8 |
Ekspansi uap dalam nosel
• Ekspansi uap dalam nosel, ukuran ukuran nosel, ukuran ukuran sudu
|
Diharapkan mahasiswa dapat mengerti dan memahami ekspansi uap dalam
|
||
9-10 |
Kerugian pada turbin uap
• Kerugian pada turbin uap, kerugian dalam dan kerugian luar,
|
Diharapkan mahasiswa dapat mengerti dan memahami kerugian pada turbin
|
||
11-12 |
Kerugian pada turbin reaksi
• Kerugian pada turbin reaksi, kerugian akibat kebasahan,
|
Diharapkan mahasiswa dapat mengerti dan memahami kerugian pada turbin
|
||
13-14 |
Rangcangan turbin tingkat tunggal (impuls de Laval)
• Rancangan turbin tingkat tunggal (impuls de Laval), kebutuhan uap
|
Diharapkan mahasiswa dapat mengerti dan memahami rancangan turbin
|
||
15-16 |
Rancangan turbin ekstraksi dan nekatingkat
• Rancangan turbin ekstraksi, nekatingkat, dengan tingkat pertama
|
Diharapkan mahasiswa dapat mengerti dan memahami rancangan turbin
|
- |
Tingkat pembelajaran IABEE SO (ABET SO learning level) - L(low),
|
|||
SO |
Deskripsi |
Description |
Level |
0,2 |
[3]. Mampu merancang dan merekayasa kontruksi mesin dengan
|
[3]. Able to design machinery construction by applying the
|
T,A,S |
0,2 |
[4]. Mampu merancang suatu proses kerekayasaan dengan menerapkan
|
[4]. Able to design a engineering process by applying the principles
|
T,S,E |
0,1 |
[6]. Mampu memilih sumberdaya dan memanfaatkan perangkat
|
[6]. Capable of selecting resources and utilizing computational
|
T,A,S |
0,2 |
[7]. Mampu bekerja sama dalam tim dan memberikan solusi masalah dalam
|
[7]. Able to provide solution in cross-engineering field with
|
T,A,S |
0,2 |
[9]. Mampu melakukan identifikasi, formulasi dan analisis masalah
|
[9]. Able to identify, formulate and analyse engineering problems in
|
A,S,E |
0,1 |
[10]. Mampu menerapkan kerekayasaan teknik mesin dan melakukan
|
[10]. Able to apply mechanical engineering and conduct research
|
K,P,T,A |
- K - (Knowledge) Pengetahuan
- P - Pemahaman
- T - Terapan(Aplikasi)
- A - Analisa
- S - Perpaduan (Sintesa)
- E - Evaluasi
RTM3241 SISTEM PEMIPAAN
Program Studi
Fakultas
Referensi Utama
Dosen Pengampu
Beban kerja Kuliah dalam Jam Per Minggu
Deskripsi Mata Kuliah Sesuai Katalog
Tujuan Instruksional Umum
No. | Luaran-Luaran Pembelajaran Mata Kuliah | IABEE SO | Assessment |
---|---|---|---|
1. | |||
2. | |||
3. | |||
4. | |||
5. |
Minggu Ke-(Week No.) |
Topik (Topics) |
LPK (CLO)1
|
Sub-topik / indikator kinerja (Subtopics / performance
|
Tugas-tugas (Assignments) |
1-2 |
Sistem plumbing dan sanitasi.• Pengertian umum dan lingkup masalah plumbing• Pengertian system plumbing |
Diharapkan mahasiswa dapat menjelaskan prinsip penggunaan system
|
||
3-4 |
Sistem plumbing dan sanitasi.• Sistem distribusi air kotor• System pemipaan |
Diharapkan mahasiswa dapat menjelaskan distribusi air kotor, dapat
|
||
5-6 |
Sistem elektrikal• Sistem elektrikan pada bangunan• Perhitungan sisten kelistrikan |
Diharapkan mahasiswa dapat menjelaskan pengertian dan ketentuan dasar
|
||
7-8 |
Aplikasi system plumbing, sanitasi, elektrikal dan sistem pemadam
|
Diharapkan mahasiswa dapat merencanakan dan menghitung system
|
||
9-10 |
Sistem pemadam kebakaran dan system penangkal petir• Perhitungan system pemadam kebakaran• Pengertian system penangkal petir |
Diharapkan mahasiswa dapat menjelaskan penyediaan air bersih untuk
|
||
11-12 |
Analiasa sistem pipa bercabang dan penghawaan buatan• Pipa seri, pipa parallel dan pipa seri parallel• Sistem penghawaan buatan |
Diharapkan mahasiswa dapat menjelaskan dan menghitung analisa system
|
||
13-14 |
Sistem transformasi vertical dan keterkaitan sisten pemipaan dalam
|
Diharapkan mahasiswa dapat menjelaskan system escalator dan elevator
|
Tingkat pembelajaran IABEE SO (ABET SO learning level) - L(low),
|
|||
SO |
Deskripsi |
Description |
Level |
0,2 |
[3]. Mampu merancang dan merekayasa kontruksi mesin dengan
|
[3]. Able to design machinery construction by applying the
|
T,A,S |
0,2 |
[4]. Mampu merancang suatu proses kerekayasaan dengan menerapkan
|
[4]. Able to design a engineering process by applying the principles
|
T,S,E |
0,1 |
[6]. Mampu memilih sumberdaya dan memanfaatkan perangkat
|
[6]. Capable of selecting resources and utilizing computational
|
T,A,S |
0,2 |
[7]. Mampu bekerja sama dalam tim dan memberikan solusi masalah dalam
|
[7]. Able to provide solution in cross-engineering field with
|
T,A,S |
0,2 |
[9]. Mampu melakukan identifikasi, formulasi dan analisis masalah
|
[9]. Able to identify, formulate and analyse engineering problems in
|
A,S,E |
0,1 |
[10]. Mampu menerapkan kerekayasaan teknik mesin dan melakukan
|
[10]. Able to apply mechanical engineering and conduct research
|
K,P,T,A |
- K - (Knowledge) Pengetahuan
- P - Pemahaman
- T - Terapan(Aplikasi)
- A - Analisa
- S - Perpaduan (Sintesa)
- E - Evaluasi