Bidang Konversi Energi

Rencana Pembelajaran Semester (RPS/SAP)

 

   

PROGRAM STUDI SARJANA
TEKNIK MESIN FAKULTAS TEKNIK
UNIVERSITAS SUMATERA UTARA
Gedung J17 Jl. Almamater Kampus USU Medan 2015
dtm.usu.ac.id

 

 

Pilihan Wajib 1 Semester Ganjil 

 

Bidang Konversi Energi

 

ALAT PENUKAR KALOR

Program Studi (Study Program)
Teknik Mesin (Mechanical Engineering)
Fakultas / Sekolah (Faculty / School)
Fakultas Teknik (Engineering Faculty)
Kode Kuliah (Course Number)
RTM 3242
Nama Kuliah (Course Title)
Alat Penukar Kalor
Beban Kuliah (Course Load)
3 sks / 3 crs.
Sifat Kuliah (Wajib / Pilihan)
Course Type (Mandatory / Elective)
Pilihan Wajib Prodi 1
(Selection Program-Mandatory 1)
Prasyarat (Prerequisites)
Syarat Pengambilan Bersama (CoRequisites)
Referensi Utama (Primary References)
–     Alat Penukaran Kalor by-JP Holman
–     Fundamentals of  heat and mars transfer  by-frank P. Incropera.
Bahan Pelengkap (Supplemental Material)
Semester Posisi Kuliah (Course Semester)
7
Koordinator Matakuliah (Course Coordinator)
Dosen Pengampu (Course Instructor)
Beban Kerja Kuliah dalam Jam Per Minggu (Course Load in Hours Per Week)
–    Tatap muka kelas (classroom sessions): 3
–    Responsi / tutorial (tutorials):4
–    Belajar mandiri (independent study): 5
Deskripsi Matakuliah Sesuai Katalog (Course Description In Catalog)
Mata kuliah ini mengkaji penerapan prinsip-prinsip kalor terutama kondisi konveksi (terlihat sendiri) dalam perancangan suatu peralatan alat penukar kalor, dan dalam pencapaiannya harus selalu memberikan manfaat ekonomi.
Tujuan Instruksional Umum (Course Objectives)
Setelah mengikati mata kuliah ini mahasiswa akan lebih memahami bahwa perencanaan alat penukar kalor didominasi kearah manfaat ekonomi namun dalam hal-hal khusus manfaat ekonomi yang dilandasi oleh biaya dalam pilihan berat dan ukuran alat penukaran kalor dapat saja dikesampingkan (seperti hal-halnya APK pada penerbangan, angkasa luar, pusat tenaga nuklir dan lain sebagainya).
Luaran-Luaran Pembelajaran Matakuliah
(Course Learning Outcomes)
IABEE SO
Assessment
1.
2.
3.
4.
5.

Rencana Perkuliahan Mingguan (Weekly Course Plan)

Minggu Ke-
(Week No.)
Topik (Topics)
LPK (CLO)1
Sub-topik / indikator kinerja (Subtopics / performance indicators)
Tugas-tugas (Assignments)
1
Koeffisien p. panas partial dan gabungan
•   Koef . p. p. konveksi
•   Koef p. p. konveksi
•   Koef p. p. radiasi
•   Koef p. p. gabungan
•   Faktur pegotoran
•   Contoh soal secara umum
Mengulang kembali garis besar perpindahan panas  konveksi-konveksi; radiasi
2
Jenis-jenis alat penukaran Kalor, Beda suhu rata-rata (LMTD)
•   Tipe APK
•   Alat penukar kalor
•   Aliran searah
Pengenalan alat penukar kalor, Analisa alat penukar kalor
3
Jenis-jenis alat penukaran
Kalor, Beda suhu rata-rata (LMTD)
Contoh soal  alat penukar
aliran searah
•   Alat penukar kalor aliran lawan arah
•   Latihan
Pengenalan alat penukar kalor, Analisa alat penukar kalor
Pemahaman aliran searah
4
Contoh soal APK-Lawan arah
•   Latiahan
Pemahaman Aliran lawan arah
5
Penyelesaian dan diskusi PR
•   Koreksi umum PR mahasiswa
Mentest pemahaman Mahasiswa
6
Kondisi operasi spesial
•   Faktur koreksi untuk bermacam-
   macam APK
•   Contoh soal pemakaian
Pemahaman mengenai faktor koreksi
7
Metode NTU – Effektivitas
•   Defenisi
•   Hubungan NTU dengan dengan effektivitas.
•   Hubungan effektivitas dengan
   bermacam-macam tipe APK
•   Contoh soal
Pengenalan analisa lain tentang APK
8
Metode NTU – Effektivitas
•   Hubungan NTU dengan
  bermacam-macam  tipe APK
•   Contoh soal
•   Latihan kelas
Pengenalan analisa lain tentang APK
9
Metode kalkulasi dari APK
•   APK untuk pemanasan
•   APK untuk kondensor
•   Susunan seri dan pararel dari
   APK
Pemahaman perancanaan APK dengan model LMT D dan NTU
10
Penukar kalor kompak
•   faktur gesek untuk pipa bulat yang mempunyai sisip bulat
•   Pipa bulat dengan sisip lurus
•   Contoh soal
Pemahaman APK yang mempunyai luas
  permukaan yang sangat luas persatuan
  volume
11
Analisis sifat-sifat variabel
•   Ko effesian perpindahan panas yang berubah menurut waktu
•   Metode nomerik
•   Contoh soal
Pemahaman APK yang mempunyai koeffisien perpindahan panas yang ber- ubah
12
Pertimbangan perancangan
  APK
•   Persaratan perpindahan panas
•    Biaya
•   Ukuran Fisis
•   Penurunan tekanan
Pemahaman APK dari sudut ekonomi
13
Review umum dan Kasus Khusus
•   Diskusi dan latihan kelas
Pemahaman umum
Tingkat pembelajaran IABEE SO (ABET SO learning level) – L(low), M(medium), H(high)
SO
Deskripsi
Description
Level
0,2
[3].  Mampu merancang dan merekayasa kontruksi  mesin dengan menerapkan teori dan prinsip rekayasa mekanik dengan benar. Serta merancang Prosedur Standard operasi Mesin dan Merancang Perawatan mesin-mesin produksi;
[3].    Able to design machinery construction  by applying the principles of mechanical engineering. As well as designing Standard Operating Procedures for Machinery and Maintenance planning;
T,A,S
0,2
[4].  Mampu merancang suatu proses kerekayasaan dengan menerapkan prinsip perancangan sistem mekanik dari berbagai aplikasi Industri dengan memperhatikan unsur keselamatan, kehandalan, kemudahan serta faktor faktor ekonomi, sosiokultur dan lingkungan.
[4].  Able to design a engineering process by applying the principles of designing mechanical systems from various Industri applications with attention to the element of safety, reliability, convenience and economic factors, sociocultural and environment.
T,S,E
0,1
[6].  Mampu memilih sumberdaya dan memanfaatkan perangkat perancangan-dan-analisis berbasis TIK dan komputasi untuk melakukan aktivitas rekayasa teknik mesin
[6].   Capable of selecting resources and utilizing computational design-and-analysis tools for mechanical engineering activities.
T,A,S
0,2
[7].  Mampu bekerja sama dalam tim dan memberikan solusi masalah dalam lintas bidang keteknikan dengan memperhatikan faktor-faktor ekonomi, kesehatan dan keselamatan publik, etika dan lingkungan.
[7].  Able to provide solution in cross-engineering field with attention to economic, public health and safety factors, ethics and environmental consideration.
T,A,S
0,2
[9].  Mampu melakukan identifikasi, formulasi dan analisis masalah rekayasa sesuai dengan bidang keilmuan teknik mesin melalui penelitian.
[9].  Able to identify, formulate and analyse engineering problems in accordance with the field of mechanical engineering through research.
A,S,E
0,1
[10].     Mampu menerapkan kerekayasaan teknik mesin dan melakukan penelitian dibawah bimbingan dengan memakai kaedah-kaedah ilmiah dan menghasilkan karya ilmiah, melibatkan proses pembelajaran sepanjang hayat terhadap pengetahuan kekinian yang relevan.
[10].     Able to apply mechanical engineering and conduct research under guidance by using scientific methods and producing scientific papers, involve a lifelong learning process to the relevant contemporary knowledge.
K,P,T,A
K – (Knowledge) Pengetahuan
P – Pemahaman
T – Terapan(Aplikasi)
A – Analisa
S – Perpaduan (Sintesa)
E – Evaluasi

 

 

DESAIN SISTEM TERMAL

Program Studi (Study Program)
Teknik Mesin (Mechanical Engineering)
Fakultas / Sekolah (Faculty / School)
Fakultas Teknik (Engineering Faculty)
Kode Kuliah (Course Number)
RTM 3238
Nama Kuliah (Course Title)
Desain Sistem Termal
Beban Kuliah (Course Load)
3 sks / 3 crs.
Sifat Kuliah (Wajib / Pilihan)
Course Type (Mandatory / Elective)
Pilihan Wajib Prodi 1
(Selection Program-Mandatory 1)
Prasyarat (Prerequisites)
Syarat Pengambilan Bersama (CoRequisites)
Referensi Utama (Primary References)
–     Bejan, Tsatsaronis & Michael Moran, Thermal Design and Optimazation, John Wiley & Son, 1996
–     Moran & Shapiro, Fundamental of Engineering Thermodynamics, John Wiley & Son, 2000.
Bahan Pelengkap (Supplemental Material)
Semester Posisi Kuliah (Course Semester)
7
Koordinator Matakuliah (Course Coordinator)
Dosen Pengampu (Course Instructor)
Beban Kerja Kuliah dalam Jam Per Minggu (Course Load in Hours Per Week)
–    Tatap muka kelas (classroom sessions): 3
–    Responsi / tutorial (tutorials): 4
–    Belajar mandiri (independent study): 5
Deskripsi Matakuliah Sesuai Katalog (Course Description In Catalog)
Mata kuliah ini menjelaskan Prinsip-prinsip dasar perancangan komponen termal berdasarkan hukum termodinamika. Konsep nilai uang sebagai fungsi waktu untuk optimasi sistem. Konsep dan implementasi optimasi komponen dan sistem termal yang melibatkan aspek ekonomi serta aspek termodinamik. Metoda matematik pemecahan sistem persamaan untuk memperoleh solusi fungsi objektif. Perancangan jaringan penukar kalor dengan metode teknik Pinch. Praktek dan demo simulasi sistem melalui perangkat lunak komputer
Tujuan Instruksional Umum (Course Objectives)
Setelah mengikati mata kuliah ini mahasiswa akan lebih memahami bahwa perancangan suatu sistem termal dengan beberapa bantuan beberapa analisa dan dapat melakukan optimasi pada sistem tersebut
Luaran-Luaran Pembelajaran Matakuliah
(Course Learning Outcomes)
IABEE SO
Assessment
1.
2.
3.
4.
5.

Rencana Perkuliahan Mingguan (Weekly Course Plan)

Minggu Ke-
(Week No.)
Topik (Topics)
LPK (CLO)1
Sub-topik / indikator kinerja (Subtopics / performance indicators)
Tugas-tugas (Assignments)
1
Dasar-dasar desain termal
•   Pendahuluan
•   Mampu kerja
•   Optimal
•   Mendekati Desain Optimal
•   Siklus Perancangan
•   Aspek-aspek desain sistem termal
•   Pembentukan konsep dan penilaian
•   Desain dengan bantuan program komputer
Mahasiswa dapat memahami dasar-dasar suatu perancangan pada sistem termal
2
Dasar Termodinamika, Pemodelan Dan Analisa Desain
•   Konsep dasar dan definisi
•   Konsep Volume Atur
•   Hubungan sifat-sifat
•   Campuran yang bereaksi dan Pembakaran
•   Model Termodinamika
•   Perancangan dan pemodelan sistem pemipaan
Mahasiswa dapat memahami pemodelan dan analisa desain pada  termodinamika,
3
Eksergi, Kesetimbangan Eksergi, dan Aplikasinya
•   Eksergi
•   Eksergi Fisik
•   Kesetimbangan Eksergi
•   Eksergi Kimia
•   Aplikasi
•   Panduan untuk evaluasi dan peningkatan sistem dalam keefektifan termodinamika
Mahasiswa dapat memahami analisa eksergi
4
Perpindahan panas
•   Konduksi
•   Konveksi
•   Radiasi
Mahasiswa dapat memahami  tentang  pemodelan dan analisa desain dalam sistem perpindahan panas
5
Aplikasi Pada Sistem Dengan Perpindahan Panas Dan Aliran
•   Insulasi Termal
•   Lebar Fin diketahui
•   Ketebalan fin diketahuis
•   Pendingian konveksi natural/alami
•   Pendinginan konveksi paksa
•   Pendinginan dari sistem board yang paralel.
Mahasiswa dapat memahami  tentang  aplikasi pada sistem dengan perpindahan panas dan aliran
6
Aplikasi Pada Sistem Dengan Termodinamika,  Perpindahan Panas Dan Aliran
•   Penukar Panas
•   Internal Flow
•   External Flow
•   Desain Awal Air Preheater
•   Refrigerasi
•   Sistem Pembangkit Termal
•   Penyimpanan Eksergi
Mahasiswa dapat memahami  tentang  aplikasi pada sistem dengan termodinamika,  perpindahan panas dan aliran
7
Analisa Ekonomi
•   Estimasi Investasi Modal Total
•   Prinsip analisa ekonomi
•   Perhitungan hasil yang dibutuhkan
•   Pelevelan biaya dan biaya untuk produk utama
•   Evaluasi Profit dan perbandingan dengan investasi alternatif lainnya.
Mahasiswa dapat memahami  tentang  analisa ekonomi
8
Analisa dan Evaluasi Termoekonomi
•   Dasar-dasar termoekonomi
•   Variabel-variabel termoekonomi sebagai komponen-komponen evaluation
•   Evaluasi termoekonomi
•   Pembiayaan dari Eksergi Kimia dan Fisik
•   Pembiayaan dari Eksergi Mekanik dan Termal.
Mahasiswa dapat memahami  tentang  analisa dan evaluasi termoekonomi
9
Optimasi Termoekonomi
•   Optimasi
•   Effisiensi Eksergi untuk optimasi biaya dalam sistem yang tertutup
•   Optimasi pada jaringan Penukar Kalor
•   Teknik-teknik optimasi analitik dan  numerik
•   Optimasi Desain pada Kasus Sistem Kogenerasi
•   Optimasi Termoekonomik pada sistem yang kompleks.
Mahasiswa dapat memahami  tentang  optimasi termoekonomi
Tingkat pembelajaran IABEE SO (ABET SO learning level) – L(low), M(medium), H(high)
SO
Deskripsi
Description
Level
0,2
[3].  Mampu merancang dan merekayasa kontruksi  mesin dengan menerapkan teori dan prinsip rekayasa mekanik dengan benar. Serta merancang Prosedur Standard operasi Mesin dan Merancang Perawatan mesin-mesin produksi;
[3].    Able to design machinery construction  by applying the principles of mechanical engineering. As well as designing Standard Operating Procedures for Machinery and Maintenance planning;
T,A,S
0,2
[4].  Mampu merancang suatu proses kerekayasaan dengan menerapkan prinsip perancangan sistem mekanik dari berbagai aplikasi Industri dengan memperhatikan unsur keselamatan, kehandalan, kemudahan serta faktor faktor ekonomi, sosiokultur dan lingkungan.
[4].  Able to design a engineering process by applying the principles of designing mechanical systems from various Industri applications with attention to the element of safety, reliability, convenience and economic factors, sociocultural and environment.
T,S,E
0,1
[6].  Mampu memilih sumberdaya dan memanfaatkan perangkat perancangan-dan-analisis berbasis TIK dan komputasi untuk melakukan aktivitas rekayasa teknik mesin
[6].   Capable of selecting resources and utilizing computational design-and-analysis tools for mechanical engineering activities.
T,A,S
0,2
[7].  Mampu bekerja sama dalam tim dan memberikan solusi masalah dalam lintas bidang keteknikan dengan memperhatikan faktor-faktor ekonomi, kesehatan dan keselamatan publik, etika dan lingkungan.
[7].  Able to provide solution in cross-engineering field with attention to economic, public health and safety factors, ethics and environmental consideration.
T,A,S
0,2
[9].  Mampu melakukan identifikasi, formulasi dan analisis masalah rekayasa sesuai dengan bidang keilmuan teknik mesin melalui penelitian.
[9].  Able to identify, formulate and analyse engineering problems in accordance with the field of mechanical engineering through research.
A,S,E
0,1
[10].Mampu menerapkan kerekayasaan teknik mesin dan melakukan penelitian dibawah bimbingan dengan memakai kaedah-kaedah ilmiah dan menghasilkan karya ilmiah, melibatkan proses pembelajaran sepanjang hayat terhadap pengetahuan kekinian yang relevan.
[10].     Able to apply mechanical engineering and conduct research under guidance by using scientific methods and producing scientific papers, involve a lifelong learning process to the relevant contemporary knowledge.
K,P,T,A
K – (Knowledge) Pengetahuan
P – Pemahaman
T – Terapan(Aplikasi)
A – Analisa
S – Perpaduan (Sintesa)
E – Evaluasi

 

 

ENERGI AIR

Program Studi (Study Program)
Teknik Mesin (Mechanical Engineering)
Fakultas / Sekolah (Faculty / School)
Fakultas Teknik (Engineering Faculty)
Kode Kuliah (Course Number)
RTM 3238
Nama Kuliah (Course Title)
Energi Air
Beban Kuliah (Course Load)
3 sks / 3 crs.
Sifat Kuliah (Wajib / Pilihan)
Course Type (Mandatory / Elective)
Pilihan Wajib Prodi 1
(Selection Program-Mandatory 1)
Prasyarat (Prerequisites)
Syarat Pengambilan Bersama (CoRequisites)
Referensi Utama (Primary References)
–          R.K.RAJPUT (2008). Hydraulic Machines, S.chand & company LTD.
–          Prof. Dipl. Ing. Fritz Dietzel (1992). Turbines, Pump, and Kompressor, penerbit Erl
Bahan Pelengkap (Supplemental Material)
Semester Posisi Kuliah (Course Semester)
7
Koordinator Matakuliah (Course Coordinator)
Dosen Pengampu (Course Instructor)
Ir. M. Syahril Gultom
Beban Kerja Kuliah dalam Jam Per Minggu (Course Load in Hours Per Week)
–    Tatap muka kelas (classroom sessions): 3
–    Responsi / tutorial (tutorials):
–    Belajar mandiri (independent study): 5
Deskripsi Matakuliah Sesuai Katalog (Course Description In Catalog)
Mata kuliah ini menjelaskan tentang mesin penggerak mula / Turbin air, yang memanfaatkan energi aliran air dan merubahnya menjadi energi mekanik dalam bentuk gerak putar poros yang selanjutnya digunakan memutar Generator penghasil tenaga listrik
Tujuan Instruksional Umum (Course Objectives)
Setelah mengikuti perkuliahan ini, mahasiswa Departemen Teknik Mesin diharapkan mampu memahami, menjelaskan dan merancang mesin mesin yang memanfaatkan energi aliran air / turbin air, untuk menggerakkan generator pembangkit tenaga listrik
Luaran-Luaran Pembelajaran Matakuliah
(Course Learning Outcomes)
IABEE SO
Assessment
1.
2.
3.
4.
5.

Rencana Perkuliahan Mingguan (Weekly Course Plan)

Minggu Ke-
(Week No.)
Topik (Topics)
LPK (CLO)1
Sub-topik / indikator kinerja (Subtopics / performance indicators)
Tugas-tugas (Assignments)
1-2
Pendahuluan, klasifikasi turbin air
•    Klasifikasi turbin air menurut Head dan quantity air yang tersedia, menurut nama penemu, menurut Aksi aliran air pada sudu gerak, menurut Arah aliran pada runner, menurut Posisi poros dan menurut Putaran spesifik
Mengetahui dan memahami tentang pemanfaatan turbin air dalam merubah energi aliran air menjadi energi mekanik untuk memuat generator pembangkit tenaga listrik
3-4
Turbin pelton
•    Konstruksi dan cara kerja dan kerja yang dihasilkan suatu Roda pelton
Mengenal dan memahami konstruksi dan cara kerja Turbin Pelton (Turbin impuls) serta mampu menghitung kerja dari suatu Turbin Pelton
5-6
Definisi Head dan Efisiensi Turbin Pelton
•    Gross Head, Effective Head, Hydrolic Efisiensi Volumetric, Mekanikal Efisiensi, Overall Efisiensi, Contoh Soal
Mengetahui dan memahami definisi Head dan efisiensi pada Turbin Pelton
7-8
Merancang roda pelton
•     Merancang roda pelton, Merancang Kecepatan jet, kecepatan roda, sudut masuk Jet, Jet ratio, Dimensi sudu dan Jumlah sudu, Contoh soal
Mengetahui, memahami dan mampu merancang roda Pelton
9-10
 Turbin Propeller dan Kaplan
Konstruksi dan cara kerja Turbin Propeller dan Kaplan, kerja yang dihasilkan serta efisiensi turbin, Contoh soal
Mengetahui dan memahami cara kerja Turbin Propeller dan Kaplan
11-12
Kesetimbangan kerja dan perencanaan Turbin Propeller dan Kaplan
•    Ratio Diameter luar dengan diameter Hub, Ratio Kecepatan aliran air pada Turbin Propeller dan Kaplan, Contoh soal
Mengetahui dan memahami serta mampu merencanakan Turbin Propeller dan Kaplan
13-14
Deriaz dan Bulb turbin
•  Konstruksi dan cara kerja Turbin Derlaz dan Bulb turbin, kerja yang dihasilkan dan Efisiensi turbin, Contoh soal
Mengetahui dan memahami cara kerja dari Deriaz dan Bulb Turbin
UJIAN TENGAH SEMESTER, Aspek Penilaian 30%, Lama Ujian 75-100 menit, Sifat : Buka buku
15-16
Turbin Francis
•  Konstruksi dan cara kerja Turbin Francis, kerja yang dihasilkan dan Efisiensi Turbin, Contoh soal
Mengetahui dan memahami cara kerja turbin TurbinFrancis
17-18
Kesetimbangan kerja dan Perencanaan dari runner suatu Turbin Francis
•   Ratio Diameter dengan lebar sudu Ratio aliran air, Ratio Kecepatan, Perencanaan Francis Turbin Runner, Contoh soal
Mengetahui dan memahami serta mampu merencanakan Runner dari Turbin Francis
19-20
Draft Tube Teori
•   Suction Head dari Draft Tube, Efisiensi dari Draft Tube, Type – type dari Draft Tube
Mengetahui dan memahami tentang Draft Tube
Tingkat pembelajaran IABEE SO (ABET SO learning level) – L(low), M(medium), H(high)
SO
Deskripsi
Description
Level
0,2
[3].  Mampu merancang dan merekayasa kontruksi  mesin dengan menerapkan teori dan prinsip rekayasa mekanik dengan benar. Serta merancang Prosedur Standard operasi Mesin dan Merancang Perawatan mesin-mesin produksi;
[3].    Able to design machinery construction  by applying the principles of mechanical engineering. As well as designing Standard Operating Procedures for Machinery and Maintenance planning;
T,A,S
0,2
[4].  Mampu merancang suatu proses kerekayasaan dengan menerapkan prinsip perancangan sistem mekanik dari berbagai aplikasi Industri dengan memperhatikan unsur keselamatan, kehandalan, kemudahan serta faktor faktor ekonomi, sosiokultur dan lingkungan.
[4].  Able to design a engineering process by applying the principles of designing mechanical systems from various Industri applications with attention to the element of safety, reliability, convenience and economic factors, sociocultural and environment.
T,S,E
0,1
[6].  Mampu memilih sumberdaya dan memanfaatkan perangkat perancangan-dan-analisis berbasis TIK dan komputasi untuk melakukan aktivitas rekayasa teknik mesin
[6].   Capable of selecting resources and utilizing computational design-and-analysis tools for mechanical engineering activities.
T,A,S
0,2
[7].  Mampu bekerja sama dalam tim dan memberikan solusi masalah dalam lintas bidang keteknikan dengan memperhatikan faktor-faktor ekonomi, kesehatan dan keselamatan publik, etika dan lingkungan.
[7].  Able to provide solution in cross-engineering field with attention to economic, public health and safety factors, ethics and environmental consideration.
T,A,S
0,2
[9].  Mampu melakukan identifikasi, formulasi dan analisis masalah rekayasa sesuai dengan bidang keilmuan teknik mesin melalui penelitian.
[9].  Able to identify, formulate and analyse engineering problems in accordance with the field of mechanical engineering through research.
A,S,E
0,1
[10].     Mampu menerapkan kerekayasaan teknik mesin dan melakukan penelitian dibawah bimbingan dengan memakai kaedah-kaedah ilmiah dan menghasilkan karya ilmiah, melibatkan proses pembelajaran sepanjang hayat terhadap pengetahuan kekinian yang relevan.
[10].     Able to apply mechanical engineering and conduct research under guidance by using scientific methods and producing scientific papers, involve a lifelong learning process to the relevant contemporary knowledge.
K,P,T,A
K – (Knowledge) Pengetahuan
P – Pemahaman
T – Terapan(Aplikasi)
A – Analisa
S – Perpaduan (Sintesa)
E – Evaluasi

 

 

MESIN FLUIDA

Program Studi (Study Program)
Teknik Mesin (Mechanical Engineering)
Fakultas / Sekolah (Faculty / School)
Fakultas Teknik (Engineering Faculty)
Kode Kuliah (Course Number)
RTM 3243
Nama Kuliah (Course Title)
Mesin Fluida
Beban Kuliah (Course Load)
3 sks / 3 crs.
Sifat Kuliah (Wajib / Pilihan)
Course Type (Mandatory / Elective)
Pilihan Wajib Prodi 1
(Selection Program-Mandatory 1)
Prasyarat (Prerequisites)
Syarat Pengambilan Bersama (CoRequisites)
Referensi Utama (Primary References)
–     Pompa, Turbin, Dan Kompresor oleh Frizt Diesel
–     Pompa & Kompresor oleh Haruo Tahara
–     Pump Hand Book oleh Karasik
Bahan Pelengkap (Supplemental Material)
Semester Posisi Kuliah (Course Semester)
7
Koordinator Matakuliah (Course Coordinator)
Dosen Pengampu (Course Instructor)
Beban Kerja Kuliah dalam Jam Per Minggu (Course Load in Hours Per Week)
–    Tatap muka kelas (classroom sessions): 3
–    Responsi / tutorial (tutorials): 4
–    Belajar mandiri (independent study): 5
Deskripsi Matakuliah Sesuai Katalog (Course Description In Catalog)
Mata kuliah ini menjelaskan menjelaskan secara umum dan rinci tentang pompa, kompressor, turbin, air, aplikasi mesin fluida, perhitungan head dan kapasitas, ukuran utama, segitiga kecepatan,  kavitasi, instalasi mesin fluida, dan sudu impeller
Tujuan Instruksional Umum (Course Objectives)
Setelah menyelesaikan mata kuliah ini (pada akhir semester) maka diharapkan mahasiswa mampu merancang mesin fluida
Luaran-Luaran Pembelajaran Matakuliah
(Course Learning Outcomes)
IABEE SO
Assessment
1.
2.
3.
4.
5.

Rencana Perkuliahan Mingguan (Weekly Course Plan)

Minggu Ke-
(Week No.)
Topik (Topics)
LPK (CLO)1
Sub-topik / indikator kinerja (Subtopics / performance indicators)
Tugas-tugas (Assignments)
1
Klasifikasi Mesin Fluida
•   Satuan dan Fluida Kerja
•   Pompa
•   Kompressor
•   Turbin Air
Mengerti/mengetahui prinsip kerja Mesin Fluida
2
Total Head & Head Efektif
•   Head Statik dan Head Tekanan
•   Head Loses Pada Instalasi
•   Aplikasi Mesin Fluida
Dapat menghitung Head
3
Klasifikasi Pompa
•   Pompa Tekanan Statis dan Dinamis
•   Putaran Spesifik
Mengetahui jenis-jenis pompa
4
Tinggi Isap dan Kavitasi
•   Tekanan Pipa Isap
•   Tekanan Uap Air Kavitasi
•   Net Positive Suction HeadTinggi Isap Maksimum
Mengetahui pengaruh kavitasi
5
Impeller Pompa
•   Dimensi Impeller
•   Sudu Pukulan Depan
•   Pukulan Belakang
•   Radial
•   Segitiga Kecepatan
Mampu menghitung ukuran-ukuran impeler pompa
6
Karakteristik Pompa
•   Head Sudu
•   Faktor Slip
•   Eff.Hidraulis Kurve Head-kapasitas
•   Karakteristik Instalasi
Memahami hubungan head dengan kapasitas
7
Operasi Pompa
•   Hubungan Serie dan Paralel
•   Kesebangunan Pompa
Mampu memilih pompa sesuai pemakaian
8
Kompressor Sentrifugal
•   Ventilator
•   Blower
•   Kompressor
•    Perrbandingan
•   Kompressi
•   Head
Mengetahui perancangan kompressor
9
Kompressor Sentrifugal
•   Jumlah Tingkat
•   Bilangan Diametral  Dimensi Impeller
•   Segitiga Kecepatan
Mengetahui perancangan kompressor
10
Turbin Air
•   Prinsip Impuls/Reaksi
•   Put.Spesifik  Efisiensi Sudu dan Kincir Air
Mampu menghitung dan merancang Turbin Air
11
Turbin Impuls
•   Turbin Pelton
•   Turbin Aliran Ossberger
Mampu menghitung dan merancang Turbin Air
12
Turbin Reaksi
•   Turbin Francis
•   Turbin Kaplan/Propeller
Mampu menghitung dan merancang Turbin Air
Tingkat pembelajaran IABEE SO (ABET SO learning level) – L(low), M(medium), H(high)
SO
Deskripsi
Description
Level
0,2
[3].  Mampu merancang dan merekayasa kontruksi  mesin dengan menerapkan teori dan prinsip rekayasa mekanik dengan benar. Serta merancang Prosedur Standard operasi Mesin dan Merancang Perawatan mesin-mesin produksi;
[3].    Able to design machinery construction  by applying the principles of mechanical engineering. As well as designing Standard Operating Procedures for Machinery and Maintenance planning;
T,A,S
0,2
[4].  Mampu merancang suatu proses kerekayasaan dengan menerapkan prinsip perancangan sistem mekanik dari berbagai aplikasi Industri dengan memperhatikan unsur keselamatan, kehandalan, kemudahan serta faktor faktor ekonomi, sosiokultur dan lingkungan.
[4].  Able to design a engineering process by applying the principles of designing mechanical systems from various Industri applications with attention to the element of safety, reliability, convenience and economic factors, sociocultural and environment.
T,S,E
0,1
[6].  Mampu memilih sumberdaya dan memanfaatkan perangkat perancangan-dan-analisis berbasis TIK dan komputasi untuk melakukan aktivitas rekayasa teknik mesin
[6].   Capable of selecting resources and utilizing computational design-and-analysis tools for mechanical engineering activities.
T,A,S
0,2
[7].  Mampu bekerja sama dalam tim dan memberikan solusi masalah dalam lintas bidang keteknikan dengan memperhatikan faktor-faktor ekonomi, kesehatan dan keselamatan publik, etika dan lingkungan.
[7].  Able to provide solution in cross-engineering field with attention to economic, public health and safety factors, ethics and environmental consideration.
T,A,S
0,2
[9].  Mampu melakukan identifikasi, formulasi dan analisis masalah rekayasa sesuai dengan bidang keilmuan teknik mesin melalui penelitian.
[9].  Able to identify, formulate and analyse engineering problems in accordance with the field of mechanical engineering through research.
A,S,E
0,1
[10].     Mampu menerapkan kerekayasaan teknik mesin dan melakukan penelitian dibawah bimbingan dengan memakai kaedah-kaedah ilmiah dan menghasilkan karya ilmiah, melibatkan proses pembelajaran sepanjang hayat terhadap pengetahuan kekinian yang relevan.
[10].     Able to apply mechanical engineering and conduct research under guidance by using scientific methods and producing scientific papers, involve a lifelong learning process to the relevant contemporary knowledge.
K,P,T,A
K – (Knowledge) Pengetahuan
P – Pemahaman
T – Terapan(Aplikasi)
A – Analisa
S – Perpaduan (Sintesa)
E – Evaluasi

 

 

METODE PERHITUNGAN DINAMIKA FLUIDA

Program Studi (Study Program)
Teknik Mesin (Mechanical Engineering)
Fakultas / Sekolah (Faculty / School)
Fakultas Teknik (Engineering Faculty)
Kode Kuliah (Course Number)
RTM 3239
Nama Kuliah (Course Title)
Metode Perhitungan Dinamika Fluida (Computational Fluid Dynamic)
Beban Kuliah (Course Load)
3 sks / 3 crs.
Sifat Kuliah (Wajib / Pilihan)
Course Type (Mandatory / Elective)
Pilihan Wajib Prodi 1
(Selection Program-Mandatory 1)
Prasyarat (Prerequisites)
Syarat Pengambilan Bersama (CoRequisites)
Referensi Utama (Primary References)
–          Fundamentals of Fluid Mechanics by Jack B. Evett and Cheng Liu, McGraww Hill International Editions, 2nd printing 1998
–          Buku-buku lain yang mendukung mata kuliah dinamika fluida
Bahan Pelengkap (Supplemental Material)
Semester Posisi Kuliah (Course Semester)
7
Koordinator Matakuliah (Course Coordinator)
Dosen Pengampu (Course Instructor)
Beban Kerja Kuliah dalam Jam Per Minggu (Course Load in Hours Per Week)
–    Tatap muka kelas (classroom sessions): 3
–    Responsi / tutorial (tutorials):
–    Belajar mandiri (independent study): 5
Deskripsi Matakuliah Sesuai Katalog (Course Description In Catalog)
Mata kuliah ini menjelaskan pengetahuan mendasar tentang aliran inkompresibel dan aliran kompresibel
Tujuan Instruksional Umum (Course Objectives)
Setelah mengikuti kuliah ini mahasiswa akan dapat memahami persoalan aliran fluida dan menggunakannya pada mesin-mesin yang berhubungan dengan fluida
Luaran-Luaran Pembelajaran Matakuliah
(Course Learning Outcomes)
IABEE SO
Assessment
1.
2.
3.
4.
5.

Rencana Perkuliahan Mingguan (Weekly Course Plan)

Minggu Ke-
(Week No.)
Topik (Topics)
LPK (CLO)1
Sub-topik / indikator kinerja (Subtopics / performance indicators)
Tugas-tugas (Assignments)
1
Persamaan empiris untuk aliran air dalam pipa tertutup
•    Persamaan umum
•    Jari-jari hidrolik
•    Persamaan Hazen-Williams
•    Persamaan Manning
Dapat memahami pengertian umum aliran fluida
2
Diagram Pipa
•    Diagram pipa Hazen Williams
•    Diagram Pipa Manning
Dapat menguasai penggunaan diagram pipa dalam satuan Inggris dan satuan Internasional
3-4-5-6-7-8
Sistem pipa saluran kompleks
•    Pipa Seri
•    Pipa pararel
•    Jaringan pipa dengan menggunakan diagram pipa
•    Jaringan pipa tanpa menggunakan diagram pipa
•    Pipa saluran berisi pompa dan turbin
Dapat menguasai persoalan aliran fluida inkompresibel dalam sistem pipa saluran kompleks
9
Pengukuran laju aliran
•    Orifis
Dapat memahami pengukuran aliran
10-11-12
Gaya-gaya yang dihasilkan fluida yang bergerak
•    Pengantar
•    Persamaan Gaya
•    Gaya Fluida pada benda rata stasioner
•    Gaya Fluida pada benda melengkung stasioner
•    Gaya Fluida pada benda bergerak
•    Gaya Fluida pada pipa tekan
•    Jet dan propulsi roket
•    Gaya-gaya pada benda yang terbenam : drag dan lift
Dapat menguasai persoalan-persoalan gaya-gaya yang terjadi oleh fluida yang bergerak
Tingkat pembelajaran IABEE SO (ABET SO learning level) – L(low), M(medium), H(high)
SO
Deskripsi
Description
Level
0,2
[3].  Mampu merancang dan merekayasa kontruksi  mesin dengan menerapkan teori dan prinsip rekayasa mekanik dengan benar. Serta merancang Prosedur Standard operasi Mesin dan Merancang Perawatan mesin-mesin produksi;
[3].    Able to design machinery construction  by applying the principles of mechanical engineering. As well as designing Standard Operating Procedures for Machinery and Maintenance planning;
T,A,S
0,2
[4].  Mampu merancang suatu proses kerekayasaan dengan menerapkan prinsip perancangan sistem mekanik dari berbagai aplikasi Industri dengan memperhatikan unsur keselamatan, kehandalan, kemudahan serta faktor faktor ekonomi, sosiokultur dan lingkungan.
[4].  Able to design a engineering process by applying the principles of designing mechanical systems from various Industri applications with attention to the element of safety, reliability, convenience and economic factors, sociocultural and environment.
T,S,E
0,1
[6].  Mampu memilih sumberdaya dan memanfaatkan perangkat perancangan-dan-analisis berbasis TIK dan komputasi untuk melakukan aktivitas rekayasa teknik mesin
[6].   Capable of selecting resources and utilizing computational design-and-analysis tools for mechanical engineering activities.
T,A,S
0,2
[7].  Mampu bekerja sama dalam tim dan memberikan solusi masalah dalam lintas bidang keteknikan dengan memperhatikan faktor-faktor ekonomi, kesehatan dan keselamatan publik, etika dan lingkungan.
[7].  Able to provide solution in cross-engineering field with attention to economic, public health and safety factors, ethics and environmental consideration.
T,A,S
0,2
[9].  Mampu melakukan identifikasi, formulasi dan analisis masalah rekayasa sesuai dengan bidang keilmuan teknik mesin melalui penelitian.
[9].  Able to identify, formulate and analyse engineering problems in accordance with the field of mechanical engineering through research.
A,S,E
0,1
[10].     Mampu menerapkan kerekayasaan teknik mesin dan melakukan penelitian dibawah bimbingan dengan memakai kaedah-kaedah ilmiah dan menghasilkan karya ilmiah, melibatkan proses pembelajaran sepanjang hayat terhadap pengetahuan kekinian yang relevan.
[10].     Able to apply mechanical engineering and conduct research under guidance by using scientific methods and producing scientific papers, involve a lifelong learning process to the relevant contemporary knowledge.
K,P,T,A
K – (Knowledge) Pengetahuan
P – Pemahaman
T – Terapan(Aplikasi)
A – Analisa
S – Perpaduan (Sintesa)
E – Evaluasi

 

 

SISTEM PEMBANGKIT TENAGA UAP

Program Studi (Study Program)
Teknik Mesin (Mechanical Engineering)
Fakultas / Sekolah (Faculty / School)
Fakultas Teknik (Engineering Faculty)
Kode Kuliah (Course Number)
RTM 3240
Nama Kuliah (Course Title)
Sistem Pembangkit Tenaga Uap
Beban Kuliah (Course Load)
3 sks / 3 crs.
Sifat Kuliah (Wajib / Pilihan)
Course Type (Mandatory / Elective)
Pilihan Wajib Prodi 1
(Selection Program-Mandatory 1)
Prasyarat (Prerequisites)
Syarat Pengambilan Bersama (CoRequisites)
Referensi Utama (Primary References)
–          P. Sliyakhin; Steam Turbines, Teori dan design
–          Prof.Dipl.Ing. Fritz Dietzel; Turbin, Pump, dan Kompressor (Turbin, Pompa dan Kompressor), penerbit Erlangga 1992
–          Prof Ballaney, Thermal Engineering
Bahan Pelengkap (Supplemental Material)
Semester Posisi Kuliah (Course Semester)
7
Koordinator Matakuliah (Course Coordinator)
Dosen Pengampu (Course Instructor)
Beban Kerja Kuliah dalam Jam Per Minggu (Course Load in Hours Per Week)
–    Tatap muka kelas (classroom sessions): 3
–    Responsi / tutorial (tutorials):
–    Belajar mandiri (independent study): 5
Deskripsi Matakuliah Sesuai Katalog (Course Description In Catalog)
Setelah menyelesaikan mata kuliah ini (pada akhir semester) maka diharapkan mahasiswa dapat memahami, menjelaskan serta mampu melaksanakan membuat suatu perancangan turbin uap yang menunjang perkuliahan, praktikum serta tugas akhir mahasiswa
Tujuan Instruksional Umum (Course Objectives)
Setelah menyelesaikan mata kuliah ini mahasiswa dapat memahami tentang turbin uap
Luaran-Luaran Pembelajaran Matakuliah
(Course Learning Outcomes)
IABEE SO
Assessment
1.
2.
3.
4.
5.

Rencana Perkuliahan Mingguan (Weekly Course Plan)

Minggu Ke-
(Week No.)
Topik (Topics)
LPK (CLO)1
Sub-topik / indikator kinerja (Subtopics / performance indicators)
Tugas-tugas (Assignments)
1-2
Pendahuluan, klasifikasi, turbin, prinsip aksi turbin
•    Klasifikasi turbin, prinsip aksi turbin uap untuk turbin aksi dan turbin reaksi
Diharapkan mahasiswa dapat mengerti dan memahami klasifikasi dan prinsip kerja turbin uap
3-4
Aliran uap tingkat turbin
•    Aliran uap tingkat turbin, nosel konvergen, nosel konvergen divergen
Diharapkan mahasiswa dapat mengerti dan memahami tentang aliran uap melalui tingkat turbin
5-6
Proses pembentukan uap
•    Proses pembentukan uap, kualitas uap, kecepatan kritis pada nosel dan diagram T-S dan diagram segitiga kecepatan
Diharapkan mahasiswa dapat mengerti dan memahami proses pembentukan uap
7-8
Ekspansi uap dalam nosel
•    Ekspansi uap dalam nosel, ukuran ukuran nosel, ukuran ukuran sudu dan menghitung kecepatan aliran uap masuk dan keluar sudu gerak
Diharapkan mahasiswa dapat mengerti dan memahami ekspansi uap dalam nosel
9-10
Kerugian pada turbin uap
•    Kerugian pada turbin uap, kerugian dalam dan kerugian luar, kerugian pada katup pengaturan, pada nosel, pada sudu gerak, gesekan cakra dan kecepatan keluar
Diharapkan mahasiswa dapat mengerti dan memahami kerugian pada turbin uap
11-12
Kerugian pada turbin reaksi
•    Kerugian pada turbin reaksi, kerugian akibat kebasahan, kebocoran, gesekan angin dan kerugian akibat pemipaan
Diharapkan mahasiswa dapat mengerti dan memahami kerugian pada turbin reaksi
13-14
Rangcangan turbin tingkat tunggal (impuls de Laval)
•    Rancangan turbin tingkat tunggal (impuls de Laval), kebutuhan uap dan diagram segitiga kecepatan, nosel, cakra dan sudu gerak, poros, dan bantalan
Diharapkan mahasiswa dapat mengerti dan memahami rancangan turbin tingkat tunggal
15-16
Rancangan turbin ekstraksi dan nekatingkat
•   Rancangan turbin ekstraksi, nekatingkat, dengan tingkat pertama sebagai tingkat pengaturan, system pengaturan kecepatan turbin (governor)
Diharapkan mahasiswa dapat mengerti dan memahami rancangan turbin ekstraksi dan nekatingkat (multistage)
Tingkat pembelajaran IABEE SO (ABET SO learning level) – L(low), M(medium), H(high)
SO
Deskripsi
Description
Level
0,2
[3].  Mampu merancang dan merekayasa kontruksi  mesin dengan menerapkan teori dan prinsip rekayasa mekanik dengan benar. Serta merancang Prosedur Standard operasi Mesin dan Merancang Perawatan mesin-mesin produksi;
[3].    Able to design machinery construction  by applying the principles of mechanical engineering. As well as designing Standard Operating Procedures for Machinery and Maintenance planning;
T,A,S
0,2
[4].  Mampu merancang suatu proses kerekayasaan dengan menerapkan prinsip perancangan sistem mekanik dari berbagai aplikasi Industri dengan memperhatikan unsur keselamatan, kehandalan, kemudahan serta faktor faktor ekonomi, sosiokultur dan lingkungan.
[4].  Able to design a engineering process by applying the principles of designing mechanical systems from various Industri applications with attention to the element of safety, reliability, convenience and economic factors, sociocultural and environment.
T,S,E
0,1
[6].  Mampu memilih sumberdaya dan memanfaatkan perangkat perancangan-dan-analisis berbasis TIK dan komputasi untuk melakukan aktivitas rekayasa teknik mesin
[6].   Capable of selecting resources and utilizing computational design-and-analysis tools for mechanical engineering activities.
T,A,S
0,2
[7].  Mampu bekerja sama dalam tim dan memberikan solusi masalah dalam lintas bidang keteknikan dengan memperhatikan faktor-faktor ekonomi, kesehatan dan keselamatan publik, etika dan lingkungan.
[7].  Able to provide solution in cross-engineering field with attention to economic, public health and safety factors, ethics and environmental consideration.
T,A,S
0,2
[9].  Mampu melakukan identifikasi, formulasi dan analisis masalah rekayasa sesuai dengan bidang keilmuan teknik mesin melalui penelitian.
[9].  Able to identify, formulate and analyse engineering problems in accordance with the field of mechanical engineering through research.
A,S,E
0,1
[10].     Mampu menerapkan kerekayasaan teknik mesin dan melakukan penelitian dibawah bimbingan dengan memakai kaedah-kaedah ilmiah dan menghasilkan karya ilmiah, melibatkan proses pembelajaran sepanjang hayat terhadap pengetahuan kekinian yang relevan.
[10].     Able to apply mechanical engineering and conduct research under guidance by using scientific methods and producing scientific papers, involve a lifelong learning process to the relevant contemporary knowledge.
K,P,T,A
K – (Knowledge) Pengetahuan
P – Pemahaman
T – Terapan(Aplikasi)
A – Analisa
S – Perpaduan (Sintesa)
E – Evaluasi

 

 

SISTEM PEMIPAAN

Program Studi (Study Program)
Teknik Mesin (Mechanical Engineering)
Fakultas / Sekolah (Faculty / School)
Fakultas Teknik (Engineering Faculty)
Kode Kuliah (Course Number)
RTM 3241
Nama Kuliah (Course Title)
Sistem Pemipaan
Beban Kuliah (Course Load)
3 sks / 3 crs.
Sifat Kuliah (Wajib / Pilihan)
Course Type (Mandatory / Elective)
Pilihan Wajib Prodi 1
(Selection Program-Mandatory 1)
Prasyarat (Prerequisites)
Syarat Pengambilan Bersama (CoRequisites)
Referensi Utama (Primary References)
Bahan Pelengkap (Supplemental Material)
Semester Posisi Kuliah (Course Semester)
7
Koordinator Matakuliah (Course Coordinator)
Dosen Pengampu (Course Instructor)
Beban Kerja Kuliah dalam Jam Per Minggu (Course Load in Hours Per Week)
–    Tatap muka kelas (classroom sessions): 3
–    Responsi / tutorial (tutorials): 4
–    Belajar mandiri (independent study): 5
Deskripsi Matakuliah Sesuai Katalog (Course Description In Catalog)
Mata kuliah ini mengkaji tentang system pemipaan dan perancanaan system plumbing dalam penerapanya ke dalam bangunan serta perhitungannya, perhitungan system kelistrikan yang meliputi daya listrik serta jaringan dalam dan luar bangunan, system pemadaman dan perhitungan tangga darurat, penyediaan air bersih untuk kebutuhan pemadaman kebakaran, jenis-jenis penangkal petir pada bangunan tingkat tinggi dan rendah, system bercabang, serta pengaplikasikan berbagai system pemipaan dalam perencanaan dan perancangan bangunan
Tujuan Instruksional Umum (Course Objectives)
Setelah mengikuti mata kuliah  ini mahasiswa diharapkan dapat memahami tentang system pemipaan dan dapat mengaplikasikan berbagai system pemipaan dalam perencanaan dan perancangan bangunan.
Luaran-Luaran Pembelajaran Matakuliah
(Course Learning Outcomes)
IABEE SO
Assessment
1.
2.
3.
4.
5.

Rencana Perkuliahan Mingguan (Weekly Course Plan)

Minggu Ke-
(Week No.)
Topik (Topics)
LPK (CLO)1
Sub-topik / indikator kinerja (Subtopics / performance indicators)
Tugas-tugas (Assignments)
1-2
Sistem plumbing dan sanitasi.
•   Pengertian umum dan lingkup masalah plumbing
•   Pengertian system plumbing
Diharapkan mahasiswa dapat  menjelaskan prinsip penggunaan system mekanika elektrikal pada bangunan, ketentuan dasar tentang system instalasi plumbing dan system distribisi air bersih.
3-4
Sistem plumbing dan sanitasi.
•   Sistem distribusi air kotor
•   System pemipaan
Diharapkan mahasiswa dapat  menjelaskan distribusi air kotor, dapat menghitung penyediaan air bersih dan dapat mengidentifikasi persyaratan teknik system pemipaan.
5-6
Sistem elektrikal
•   Sistem elektrikan pada bangunan
•   Perhitungan sisten kelistrikan
Diharapkan mahasiswa dapat  menjelaskan pengertian dan ketentuan dasar tentang system kelistrikan serta perhitungan system kelistrikan yang meliputi daya listrik serta jaringan dalam dan luar bangunan
7-8
Aplikasi system plumbing, sanitasi, elektrikal dan sistem pemadam kebakaran
•   Aplikasi dan perhitungan
•   Pengertian system pemadam kebakaran
Diharapkan mahasiswa dapat merencanakan dan menghitung system plumbing, air bersih dan pembuangan air kotor serta elektrikal pada bangunan 4 lantai serta dapat menjelaskan pengertian dan ketentuan dasar system pemadam kebakaran pada bangunan
9-10
Sistem pemadam kebakaran dan system penangkal petir
•   Perhitungan system pemadam kebakaran
•   Pengertian system penangkal petir
Diharapkan mahasiswa dapat  menjelaskan penyediaan air bersih untuk pemadam kebakaran dan dapat menggunakan perhitungan tangga darurat serta dapat menjelaskan pengertian dan persyaratan penangkal petir dan jenis-jenisnya
11-12
Analiasa sistem pipa bercabang dan penghawaan buatan
•   Pipa seri, pipa parallel dan pipa seri parallel
•   Sistem penghawaan buatan
Diharapkan mahasiswa dapat  menjelaskan dan menghitung analisa system bercabang dan dapat menjelaskan pengertian penghawaan buatan dan dapat menyebutkan jenis-jenis AC.
13-14
Sistem transformasi vertical dan keterkaitan sisten pemipaan dalam disain bangunan
•   Sistem transformasi vertical pada bangunan bertingkat
•   Penerapan perencanaan dan perancangan system mekanikal elektrikal pada bangunan
Diharapkan mahasiswa dapat  menjelaskan system escalator dan elevator dan ram serta dapat menghitung dan mendisain system pemipaan pada bangunan 4 lantai.
Tingkat pembelajaran IABEE SO (ABET SO learning level) – L(low), M(medium), H(high)
SO
Deskripsi
Description
Level
0,2
[3].  Mampu merancang dan merekayasa kontruksi  mesin dengan menerapkan teori dan prinsip rekayasa mekanik dengan benar. Serta merancang Prosedur Standard operasi Mesin dan Merancang Perawatan mesin-mesin produksi;
[3].    Able to design machinery construction  by applying the principles of mechanical engineering. As well as designing Standard Operating Procedures for Machinery and Maintenance planning;
T,A,S
0,2
[4].  Mampu merancang suatu proses kerekayasaan dengan menerapkan prinsip perancangan sistem mekanik dari berbagai aplikasi Industri dengan memperhatikan unsur keselamatan, kehandalan, kemudahan serta faktor faktor ekonomi, sosiokultur dan lingkungan.
[4].  Able to design a engineering process by applying the principles of designing mechanical systems from various Industri applications with attention to the element of safety, reliability, convenience and economic factors, sociocultural and environment.
T,S,E
0,1
[6].  Mampu memilih sumberdaya dan memanfaatkan perangkat perancangan-dan-analisis berbasis TIK dan komputasi untuk melakukan aktivitas rekayasa teknik mesin
[6].   Capable of selecting resources and utilizing computational design-and-analysis tools for mechanical engineering activities.
T,A,S
0,2
[7].  Mampu bekerja sama dalam tim dan memberikan solusi masalah dalam lintas bidang keteknikan dengan memperhatikan faktor-faktor ekonomi, kesehatan dan keselamatan publik, etika dan lingkungan.
[7].  Able to provide solution in cross-engineering field with attention to economic, public health and safety factors, ethics and environmental consideration.
T,A,S
0,2
[9].  Mampu melakukan identifikasi, formulasi dan analisis masalah rekayasa sesuai dengan bidang keilmuan teknik mesin melalui penelitian.
[9].  Able to identify, formulate and analyse engineering problems in accordance with the field of mechanical engineering through research.
A,S,E
0,1
[10].     Mampu menerapkan kerekayasaan teknik mesin dan melakukan penelitian dibawah bimbingan dengan memakai kaedah-kaedah ilmiah dan menghasilkan karya ilmiah, melibatkan proses pembelajaran sepanjang hayat terhadap pengetahuan kekinian yang relevan.
[10].     Able to apply mechanical engineering and conduct research under guidance by using scientific methods and producing scientific papers, involve a lifelong learning process to the relevant contemporary knowledge.
K,P,T,A
K – (Knowledge) Pengetahuan
P – Pemahaman
T – Terapan(Aplikasi)
A – Analisa
S – Perpaduan (Sintesa)
E – Evaluasi