PROGRAM STUDI SARJANA
TEKNIK MESIN - FAKULTAS TEKNIK
UNIVERSITAS SUMATERA UTARA
Gedung J17 Jl. Almamater Kampus USU Medan 2015
mesin.usu.ac.id
RTM3233 MESIN PEMINDAH BAHAN
3 SKS
Wajib
Semester 7
Program Studi
Teknik Mesin
Fakultas
Fakultas Teknik
Referensi Utama
-
Material handling equipment (Mesin Pengangkat) oleh N. Rudenko 1996, Erlangga.
Bahan Pelengkap
Koordinator Mata Kuliah
Dosen Pengampu
Beban kerja Kuliah dalam Jam Per Minggu
Kelas tatap muka (3 jam)
Responsi / tutorial (4 jam)
Belajar Mandiri (5 jam)
Deskripsi Mata Kuliah Sesuai Katalog
Mata kuliah ini mengkaji tentang pesawat-pesawat angkut, komponen pesawat pengangkat, alat-alat pengaman dan peralatan penahan dan rem.
Tujuan Instruksional Umum
Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mampu menyusun/merancang suatu proses Mesin Pemindah Bahan yang benar berdasarkan pertimbangan umum, defenisi kapsitas, klasifikasi bahan, penyusunan layout dan konveyor atau rantai engineering
No. | Luaran-Luaran Pembelajaran Mata Kuliah | IABEE SO | Assessment |
---|---|---|---|
1. | |||
2. | |||
3. | |||
4. | |||
5. |
Minggu Ke-(Week No.) |
Topik (Topics) |
LPK (CLO)1
|
Sub-topik / indikator kinerja (Subtopics / performance
|
Tugas-tugas (Assignments) |
1 - 2 |
Fasilitas transfortasi dalam lokasi dan pesawat angkutJenis-jenis perlengkapan penanganan bahan• Jenis-jenis fasilitas transfortasi• Pembagian pokok perlengkapan penanganan bahan• Pemilian perlengkapan penanganan bahan• Perlengkapan pengangkat• Karakteristik umum mesin pengangkat• Penggunaan perlengkapan |
mampu memahami jenis-jenis transfortasi dan pesawat angkut serta
|
||
3 - 4 |
Komponen dan teori perlengkapan pengangkat• Komponen dan teori perlengkapan pengangkat• Rantai lasan, rantai rol• Tali rami, tali baja, umur tali baja• Pengikat rantai dan tali |
mampu memahami mengenai komponen dan teori perlengkapan pengangkat
|
||
5 - 6 |
Puli dan system sprocket dan drum.• Puli, puli tetap, puli babas, system puli• Desain roda puli dan sprocket untuk rantai dan tali• Gandar rantai dan tali• Pengikat tali pada drum |
mampu memahami mengenai jenis-jenis puli dan system sprocket dan drum.
|
||
7 - 8 |
Alat-alat penanganan muatan• Alat penanganan muatan• Kait tempa standar• Kait tempa tunggal• Kait tanduk ganda• Medode grafik untuk kait tunggal• Kait mata segitiga padat |
mampu memahami mengenai jenis-jenis alat penanganan muatan |
||
9 - 10 |
Kait segitiga bersendi dan peralatan untuk menggantung kait
• Segitiga bersendi, pemberat kait, bantalan kait, batang lintang.
|
mampu memahami kait segitiga dan peralatan untuk mengantung kait
|
||
11 - 12 |
Cengkeram kram untuk muatan satuanMagnit pengangkat elektris• Cengkeram untuk poros yang panjang dan pendek• Pengapit pengangkat untuk baja lembaran• Magnit pengangkat elektris• Tang untuk menangani pelat beton• Cengkeram untuk bahan lepasan• Bak curah bawah dan curah samping |
mampu memahami mengenai cengkeram-kran dan magnit pengangkat elektris
|
||
13 - 14 |
Ember cengkeram• Ember cengkeram tali ganda• Ember cengkeram simetris• Ember cengkeram tauber tali ganda• Ember cengkeram tali ganda• metode mendisain ember cengkeram |
mampu memahami jenis-jenis ember cengkeram |
||
15 - 16 |
Peralatan penahan dan rem• Peralatan penahan• Peralatan racet dengan gigi luar• Roda racet dengan gigi dalam• Rem sepatu• Rem terkendali• Rem sentrifugal• Mekanisme pengerak dengan rel• Troli crane dengan pengerak elektrik terpisah• Mekanisme crane gantri• Crane jalan• Crane jalan over heah• Crane kantilever |
mampu memahami mengenai jenis-jenis peralatan penahan dan rem |
- |
Tingkat pembelajaran IABEE SO (ABET SO learning level) - L(low),
|
|||
SO |
Deskripsi |
Description |
Level |
0,2 |
[3]. Mampu merancang dan merekayasa kontruksi mesin dengan
|
[3]. Able to design machinery construction by applying the
|
T,A,S |
0,2 |
[4]. Mampu merancang suatu proses kerekayasaan dengan menerapkan
|
[4]. Able to design a engineering process by applying the principles
|
T,S,E |
0,1 |
[6]. Mampu memilih sumberdaya dan memanfaatkan perangkat
|
[6]. Capable of selecting resources and utilizing computational
|
T,A,S |
0,2 |
[7]. Mampu bekerja sama dalam tim dan memberikan solusi masalah dalam
|
[7]. Able to provide solution in cross-engineering field with
|
T,A,S |
0,2 |
[9]. Mampu melakukan identifikasi, formulasi dan analisis masalah
|
[9]. Able to identify, formulate and analyse engineering problems in
|
A,S,E |
0,1 |
[10]. Mampu menerapkan kerekayasaan teknik mesin dan melakukan
|
[10]. Able to apply mechanical engineering and conduct research
|
K,P,T,A |
- K - (Knowledge) Pengetahuan
- P - Pemahaman
- T - Terapan(Aplikasi)
- A - Analisa
- S - Perpaduan (Sintesa)
- E - Evaluasi
RTM3247 PROSES PRODUKSI NON LOGAM
3 SKS
Wajib
Semester 7
Program Studi
Teknik Mesin
Fakultas
Fakultas Teknik
Referensi Utama
-
Magnus, K.: Schwingungen, B.G. Teubner Verlag, Stuttgart, 1994
-
Den Hartog, J.P.: Mechanical Vibration. MecGraw-Hill Book Company, New York/Toronto/London, 2012
-
Bishop, R.E.D, and Johnson, D.C.: The Mechanics of Vibration. Cambridge University Press, 2011
-
Seto, W.W.: Mechanical Vibrations. Schaum’s Outline Series. McGraw-Hill Book Company, New York/Toronto/London, 2012
Bahan Pelengkap
Koordinator Mata Kuliah
Dosen Pengampu
Beban kerja Kuliah dalam Jam Per Minggu
Kelas tatap muka (3 jam)
Responsi / tutorial (4 jam)
Belajar Mandiri (5 jam)
Deskripsi Mata Kuliah Sesuai Katalog
Ilmu Logam Fisik adalah pengetahuan asas untuk para insinyur untuk mengenal dan memahami perilaku logam yang menjadi bahan utama dalam permesinan. Ini digunakan untuk menyampaikan gagasan, merancang dan rincian pekerjaan lain lain.
Tujuan Instruksional Umum
Mahasiswa akan mendapatkan pengetahuan tentang perkembangan teknologi produksi bahan bukan logam dan penggunaannya dalam industri permesinan. Mempelajari hubungan antara struktur dan sifat meliputi perubahan struktur, kalor dan temperature. Proses pembuatan serta kajian dampak lingkungan terhadap produk dari bahan bukan logam.
No. | Luaran-Luaran Pembelajaran Mata Kuliah | IABEE SO | Assessment |
---|---|---|---|
1. | |||
2. | |||
3. | |||
4. | |||
5. |
Minggu Ke-(Week No.) |
Topik (Topics) |
LPK (CLO)1
|
Sub-topik / indikator kinerja (Subtopics / performance
|
Tugas-tugas (Assignments) |
1 |
Memodelkan Proses Getaran• Sumber getar dan model empirik• Gerak Osilasi*) Gerak Harmonik*) Gerak Periodik*) Terminologi Getaran• Getaran Bebas*) Persamaan Gerak – Frekuensi Natural*) Metode Energi*) Getaran Bebas Terendam Karena Kekentalan*) Pengurangan Logaritmik*) Redaman Coulomb |
Mampu memahami tentang permodelan Proses Getaran pada Produksi Non
|
||
2 |
Eksitasi (rangsanan) Getaran Secara Harmonik• Getaran Harmonik Paksa• Ketidakseimbangan Putar • Penyeimbangan Rotor• Pusaran Poros yang Berputar• Gerak Penopang• Isolasi Getaran• Disipasi Energi oleh Redaman• Redaman karena kekentalan Ekivalen• Redaman Struktural• Ketajaman Resonansi• Respons terhadap Gaya Periodik• Instrumen Pengukur Getaran |
Mampu memahami tentang Eksitasi (rangsanan) Getaran secara Harmonik
|
||
3 |
Getaran Transien• Eksitasi Impuls• Eksitasi Berubah• Formula Transformasi Laplace• Spektrum Respons• Perhitungan Numerik Beda Hingga• Metode Runge-Kutta dan lainnya |
Mampu memahami tentang Getaran Transien pada Produksi Non Logam |
||
4 |
Sistem dengan Dua Derajat Kebebasan• Getaran Ragam Normal• Penggandengan Koordinat• Getaran Harmonik Paksa• Perhitungan Digital• Penyerapan Getaran |
Mampu memahami tentang Sistem dengan DUa Derajat Kebebasan pada
|
||
5 |
Sifat – sifat sistem yang bergetar• Matriks Keluwesan dan MatriksKekakuan• Teorema TImbal Balik• Eigenvalue dan Eigevektor• Persamaan berdasarkan Keluwesan• Sifat Ortogonal Eigenvektor• Akar Berulang• Matriks Ragam Ppada Produksi Non Logam• Redaman Ragam dalam Getaran Paksa• Penjumlahan Ragam Normal |
Mampu memahami sifat sifat yang bergetar pada Produksi Non Logam
|
||
6 |
Persamaan Lagrange• Koordinat Umum• Kerja Nyata• Energi Kinetik, Energi Potensial dan Gaya Umum |
Mampu memahami tentang persamaan Lagrange |
||
7 |
Metode Pendekatan Numerik• Metode Rayleigh• Persamaan Dunkerley• Metode Rayleigh - Ritz |
Mampu memahami tentang Metode Pendekatan Numerik |
Tingkat pembelajaran IABEE SO (ABET SO learning level) - L(low),
|
|||
SO |
Deskripsi |
Description |
Level |
0,2 |
[3]. Mampu merancang dan merekayasa kontruksi mesin dengan
|
[3]. Able to design machinery construction by applying the
|
T,A,S |
0,2 |
[4]. Mampu merancang suatu proses kerekayasaan dengan menerapkan
|
[4]. Able to design a engineering process by applying the principles
|
T,S,E |
0,1 |
[6]. Mampu memilih sumberdaya dan memanfaatkan perangkat
|
[6]. Capable of selecting resources and utilizing computational
|
T,A,S |
0,2 |
[7]. Mampu bekerja sama dalam tim dan memberikan solusi masalah dalam
|
[7]. Able to provide solution in cross-engineering field with
|
T,A,S |
0,2 |
[9]. Mampu melakukan identifikasi, formulasi dan analisis masalah
|
[9]. Able to identify, formulate and analyse engineering problems in
|
A,S,E |
0,1 |
[10]. Mampu menerapkan kerekayasaan teknik mesin dan melakukan
|
[10]. Able to apply mechanical engineering and conduct research
|
K,P,T,A |
- K - (Knowledge) Pengetahuan
- P - Pemahaman
- T - Terapan(Aplikasi)
- A - Analisa
- S - Perpaduan (Sintesa)
- E - Evaluasi