Bidang Teknik Produksi

Rencana Pembelajaran Semester (RPS/SAP)

 

   

PROGRAM STUDI SARJANA
TEKNIK MESIN FAKULTAS TEKNIK
UNIVERSITAS SUMATERA UTARA
Gedung J17 Jl. Almamater Kampus USU Medan 2015
dtm.usu.ac.id

 

 

Pilihan Wajib 1 Semester Ganjil 

 

Bidang Teknik Produksi

 

MESIN PEMINDAH BAHAN

Program Studi (Study Program)
Teknik Mesin (Mechanical Engineering)
Fakultas / Sekolah (Faculty / School)
Fakultas Teknik (Engineering Faculty)
Kode Kuliah (Course Number)
RTM 3233
Nama Kuliah (Course Title)
Mesin Pemindah Bahan
Beban Kuliah (Course Load)
3 sks / 3 crs.
Sifat Kuliah (Wajib / Pilihan)
Course Type (Mandatory / Elective)
Pilihan Wajib Prodi 1
(Selection Program-Mandatory 1)
Prasyarat (Prerequisites)
Syarat Pengambilan Bersama (CoRequisites)
Referensi Utama (Primary References)
–     Material handling equipment (Mesin Pengangkat) oleh N. Rudenko 1996, Erlangga.
Bahan Pelengkap (Supplemental Material)
Semester Posisi Kuliah (Course Semester)
7
Koordinator Matakuliah (Course Coordinator)
Dosen Pengampu (Course Instructor)
Beban Kerja Kuliah dalam Jam Per Minggu (Course Load in Hours Per Week)
–    Tatap muka kelas (classroom sessions): 3
–    Responsi / tutorial (tutorials): 4
–    Belajar mandiri (independent study): 5
Deskripsi Matakuliah Sesuai Katalog (Course Description In Catalog)
Mata kuliah ini mengkaji tentang pesawat-pesawat angkut, komponen pesawat pengangkat, alat-alat pengaman dan peralatan penahan dan rem .
Tujuan Instruksional Umum (Course Objectives)
Setelah mengikuti mata kuliah  ini mahasiswa diharapkan mampu menyusun/merancang suatu proses Mesin Pemindah Bahan  yang benar berdasarkan pertimbangan umum, defenisi kapsitas, klasifikasi bahan, penyusunan layout dan konveyor atau rantai enggineering
Luaran-Luaran Pembelajaran Matakuliah
(Course Learning Outcomes)
IABEE SO
Assessment
1.
2.
3.
4.
5.

Rencana Perkuliahan Mingguan (Weekly Course Plan)

Minggu Ke-
(Week No.)
Topik (Topics)
LPK (CLO)1
Sub-topik / indikator kinerja (Subtopics / performance indicators)
Tugas-tugas (Assignments)
1 – 2
Fasilitas transfortasi dalam lokasi dan pesawat angkut
Jenis-jenis perlengkapan  penanganan bahan
•   Jenis-jenis fasilitas transfortasi
•   Pembagian pokok perlengkapan penanganan bahan
•   Pemilian perlengkapan penanganan bahan
•   Perlengkapan pengangkat
•   Karakteristik umum mesin pengangkat
•   Penggunaan perlengkapan
mampu memahami jenis-jenis transfortasi dan pesawat angkut serta jenis-jenis perlengkapan penanganan bahan.
3 – 4
Komponen dan teori perlengkapan pengangkat
•   Komponen dan teori perlengkapan pengangkat
•   Rantai lasan, rantai rol
•   Tali rami, tali baja, umur tali baja
•   Pengikat rantai dan tali
 mampu memahami mengenai komponen dan teori perlengkapan pengangkat
5 – 6
Puli dan system sprocket dan drum.
•   Puli, puli tetap, puli babas, system puli
•   Desain roda puli dan sprocket untuk rantai dan tali
•   Gandar rantai dan tali
•   Pengikat tali pada drum
mampu memahami mengenai jenis-jenis puli dan system sprocket dan drum.
7 – 8
Alat-alat penanganan muatan
•   Alat penanganan muatan
•   Kait tempa standar
•   Kait tempa tunggal
•   Kait tanduk ganda
•   Medode grafik untuk kait tunggal
•   Kait mata segitiga padat
mampu memahami mengenai jenis-jenis alat penanganan muatan
9 – 10
Kait segitiga bersendi dan peralatan untuk menggantung kait
•   Segitiga bersendi, pemberat kait, bantalan kait, batang lintang.
•   Perhitungan kekuatan batang lintang untuk kait, rumah kait.
mampu memahami kait segitiga dan peralatan untuk mengantung kait
11 – 12
Cengkeram kram untuk muatan satuan
Magnit pengangkat elektris
•   Cengkeram  untuk poros yang panjang dan pendek
•   Pengapit pengangkat untuk baja lembaran
•   Magnit pengangkat elektris
•   Tang untuk menangani pelat beton
•   Cengkeram untuk bahan lepasan
•   Bak curah bawah dan curah samping
mampu memahami mengenai cengkeram-kran dan magnit pengangkat elektris
13 – 14
Ember cengkeram
•   Ember cengkeram tali ganda
•   Ember cengkeram simetris
•   Ember cengkeram tauber tali ganda
•   Ember cengkeram tali ganda
•   metode mendisain ember cengkeram
mampu memahami jenis-jenis ember cengkeram
15 – 16
Peralatan penahan dan rem
•   Peralatan penahan
•   Peralatan racet dengan gigi luar
•   Roda racet dengan gigi dalam
•   Rem sepatu
•   Rem terkendali
•   Rem sentrifugal
•   Mekanisme pengerak dengan rel
•   Troli crane dengan pengerak elektrik terpisah
•   Mekanisme crane gantri
•   Crane jalan
•   Crane jalan over heah
•   Crane kantilever
mampu memahami mengenai jenis-jenis peralatan penahan dan rem
Tingkat pembelajaran IABEE SO (ABET SO learning level) – L(low), M(medium), H(high)
SO
Deskripsi
Description
Level
0,2
[3].  Mampu merancang dan merekayasa kontruksi  mesin dengan menerapkan teori dan prinsip rekayasa mekanik dengan benar. Serta merancang Prosedur Standard operasi Mesin dan Merancang Perawatan mesin-mesin produksi;
[3].    Able to design machinery construction  by applying the principles of mechanical engineering. As well as designing Standard Operating Procedures for Machinery and Maintenance planning;
T,A,S
0,2
[4].  Mampu merancang suatu proses kerekayasaan dengan menerapkan prinsip perancangan sistem mekanik dari berbagai aplikasi Industri dengan memperhatikan unsur keselamatan, kehandalan, kemudahan serta faktor faktor ekonomi, sosiokultur dan lingkungan.
[4].  Able to design a engineering process by applying the principles of designing mechanical systems from various Industri applications with attention to the element of safety, reliability, convenience and economic factors, sociocultural and environment.
T,S,E
0,1
[6].  Mampu memilih sumberdaya dan memanfaatkan perangkat perancangan-dan-analisis berbasis TIK dan komputasi untuk melakukan aktivitas rekayasa teknik mesin
[6].   Capable of selecting resources and utilizing computational design-and-analysis tools for mechanical engineering activities.
T,A,S
0,2
[7].  Mampu bekerja sama dalam tim dan memberikan solusi masalah dalam lintas bidang keteknikan dengan memperhatikan faktor-faktor ekonomi, kesehatan dan keselamatan publik, etika dan lingkungan.
[7].  Able to provide solution in cross-engineering field with attention to economic, public health and safety factors, ethics and environmental consideration.
T,A,S
0,2
[9].  Mampu melakukan identifikasi, formulasi dan analisis masalah rekayasa sesuai dengan bidang keilmuan teknik mesin melalui penelitian.
[9].  Able to identify, formulate and analyse engineering problems in accordance with the field of mechanical engineering through research.
A,S,E
0,1
[10].     Mampu menerapkan kerekayasaan teknik mesin dan melakukan penelitian dibawah bimbingan dengan memakai kaedah-kaedah ilmiah dan menghasilkan karya ilmiah, melibatkan proses pembelajaran sepanjang hayat terhadap pengetahuan kekinian yang relevan.
[10].     Able to apply mechanical engineering and conduct research under guidance by using scientific methods and producing scientific papers, involve a lifelong learning process to the relevant contemporary knowledge.
K,P,T,A
K – (Knowledge) Pengetahuan
P – Pemahaman
T – Terapan(Aplikasi)
A – Analisa
S – Perpaduan (Sintesa)
E – Evaluasi

 

 

PROSES PRODUKSI NON LOGAM

Program Studi (Study Program)
Teknik Mesin (Mechanical Engineering)
Fakultas / Sekolah (Faculty / School)
Fakultas Teknik (Engineering Faculty)
Kode Kuliah (Course Number)
RTM 3247
Nama Kuliah (Course Title)
Proses Produksi Non Logam
Beban Kuliah (Course Load)
3 sks / 3 crs.
Sifat Kuliah (Wajib / Pilihan)
Course Type (Mandatory / Elective)
Pilihan Wajib Prodi 1
(Selection Program-Mandatory 1)
Prasyarat (Prerequisites)
Syarat Pengambilan Bersama (CoRequisites)
Referensi Utama (Primary References)
–          Magnus, K.: Schwingungen, B.G. Teubner Verlag, Stuttgart, 1994
–          DenHartog, J.P.: Mechanical Vibration. MecGraw-Hill Book Company, New York/Toronto/London, 2012
–          Bishop, R.E.D, and Johnson, D.C.: The Mechanics of Vibration. Cambridge University Press, 2011
–          Seto, W.W.: Mechanical Vibrations. Schaum’s Outline Series. McGraw-Hill Book Company, New York/Toronto/London, 2012
Bahan Pelengkap (Supplemental Material)
Semester Posisi Kuliah (Course Semester)
7
Koordinator Matakuliah (Course Coordinator)
Dosen Pengampu (Course Instructor)
Beban Kerja Kuliah dalam Jam Per Minggu (Course Load in Hours Per Week)
–    Tatap muka kelas (classroom sessions): 3
–    Responsi / tutorial (tutorials):
–    Belajar mandiri (independent study): 5
Deskripsi Matakuliah Sesuai Katalog (Course Description In Catalog)
Ilmu Logam Fisik adalah pengetahuan asas untuk para insinyur untuk mengenal dan memahami perilaku logam yang menjadi bahan utama dalam permesinan. Ini digunakan untuk menyampaikan gagasan, merancang dan rincian pekerjaan lain lain
Tujuan Instruksional Umum (Course Objectives)
Mahasiswa akan mendapatkan pengetahuan tentang perkembangan teknologi produksi bahan bukan logam dan penggunaannya dalam industri permesinan. Mempelajari hubungan antara struktur dan sifat meliputi perubahan struktur, kalor dan temperature. Proses pembuatan serta kajian dampak lingkungan terhadap produk dari bahan bukan logam
Luaran-Luaran Pembelajaran Mata Kuliah
(Course Learning Outcomes)
IABEE SO
Assessment
1.      Mengenal sifat fisik, mekanik, elektrik, termal dan kimia bahan bukan logam
–       Specific exam problems
–       Homeworks
–       Quizzes
2.      Mengetahui berbagai proses pengolahan bahan bukan logam
–    Specific exam problems
–    Homeworks
–    Quizzes
3.      Mengenal dan mengetahui cara pengujian untuk menganalisis sifat bahan bukan logam
–       Specific exam problems
–       Homeworks
4.      Mengenal dan mengetahui proses berbagai teknologi proses pembuatan komponen mesin & produk dari bahan bukan logam
–       Specific exam problems
–       Homeworks
5.      Mampu mendesaign, memilih dan menggunakan bahan bukan logam untuk bahan dasar permesinan
–   Specific exam problems
–   Homeworks / assignment
6.      Mampu mengikuti perkembangan teknologi perkembangan bahan dan manfaatny
–   Specific exam problems
–   Homeworks / assignment

Rencana Perkuliahan Mingguan (Weekly Course Plan)

Minggu Ke-
(Week No.)
Topik (Topics)
LPK (CLO)1
Sub-topik / indikator kinerja (Subtopics / performance indicators)
Tugas-tugas (Assignments)
1
Memodelkan Proses Getaran
•    Sumber getar dan model empirik
•    Gerak Osilasi
     *)  Gerak Harmonik
     *)  Gerak Periodik
     *)  Terminologi Getaran
•     Getaran Bebas
     *)  Persamaan Gerak – Frekuensi Natural
     *)  Metode Energi
     *)  Getaran Bebas Terendam Karena Kekentalan
     *)  Pengurangan Logaritmik
     *)  Redaman Coulomb
Mampu memahami tentang permodelan Proses Getaran pada Produksi Non Logam
2
Eksitasi (rangsanan) Getaran Secara Harmonik
•     Getaran Harmonik Paksa
•     Ketidakseimbangan Putar
•     Penyeimbangan Rotor
•     Pusaran Poros yang Berputar
•     Gerak Penopang
•     Isolasi Getaran
•     Disipasi Energi oleh Redaman
•     Redaman karena kekentalan Ekivalen
•     Redaman Struktural
•     Ketajaman Resonansi
•     Respons terhadap Gaya Periodik
•     Instrumen Pengukur Getaran
Mampu memahami tentang Eksitasi (rangsanan) Getaran secara Harmonik pada Produksi Non Logam
3
Getaran Transien
•     Eksitasi Impuls
•     Eksitasi Berubah
•     Formula Transformasi Laplace
•     Spektrum Respons
•     Perhitungan Numerik Beda Hingga
•     Metode Runge-Kutta dan lainnya
Mampu memahami tentang Getaran Transien pada Produksi Non Logam
4
Sistem dengan Dua Derajat Kebebasan
•     Getaran Ragam Normal
•     Penggandengan Koordinat
•     Getaran Harmonik Paksa
•     Perhitungan Digital
•     Penyerapan Getaran
Mampu memahami tentang Sistem dengan DUa Derajat Kebebasan pada Produksi Non Logam
5
Sifat – sifat sistem yang bergetar
•     Matriks Keluwesan dan MatriksKekakuan
•     Teorema TImbal Balik
•     Eigenvalue dan Eigevektor
•     Persamaan berdasarkan Keluwesan
•     Sifat Ortogonal Eigenvektor
•     Akar Berulang
•     Matriks Ragam P
pada Produksi Non Logam
 •    Redaman Ragam dalam Getaran Paksa
•     Penjumlahan Ragam Normal
Mampu memahami sifat sifat yang bergetar pada Produksi Non Logam
6
Persamaan Lagrange
•     Koordinat Umum
•     Kerja Nyata
•     Energi Kinetik, Energi Potensial dan Gaya Umum
Mampu memahami tentang persamaan Lagrange
7
Metode Pendekatan Numerik
•     Metode Rayleigh
•     Persamaan Dunkerley
•     Metode Rayleigh – Ritz
Mampu memahami tentang Metode Pendekatan Numerik
Tingkat pembelajaran IABEE SO (ABET SO learning level) – L(low), M(medium), H(high)
SO
Deskripsi
Description
Level
0,2
[3].  Mampu merancang dan merekayasa kontruksi  mesin dengan menerapkan teori dan prinsip rekayasa mekanik dengan benar. Serta merancang Prosedur Standard operasi Mesin dan Merancang Perawatan mesin-mesin produksi;
[3].    Able to design machinery construction  by applying the principles of mechanical engineering. As well as designing Standard Operating Procedures for Machinery and Maintenance planning;
T,A,S
0,2
[4].  Mampu merancang suatu proses kerekayasaan dengan menerapkan prinsip perancangan sistem mekanik dari berbagai aplikasi Industri dengan memperhatikan unsur keselamatan, kehandalan, kemudahan serta faktor faktor ekonomi, sosiokultur dan lingkungan.
[4].  Able to design a engineering process by applying the principles of designing mechanical systems from various Industri applications with attention to the element of safety, reliability, convenience and economic factors, sociocultural and environment.
T,S,E
0,1
[6].  Mampu memilih sumberdaya dan memanfaatkan perangkat perancangan-dan-analisis berbasis TIK dan komputasi untuk melakukan aktivitas rekayasa teknik mesin
[6].   Capable of selecting resources and utilizing computational design-and-analysis tools for mechanical engineering activities.
T,A,S
0,2
[7].  Mampu bekerja sama dalam tim dan memberikan solusi masalah dalam lintas bidang keteknikan dengan memperhatikan faktor-faktor ekonomi, kesehatan dan keselamatan publik, etika dan lingkungan.
[7].  Able to provide solution in cross-engineering field with attention to economic, public health and safety factors, ethics and environmental consideration.
T,A,S
0,2
[9].  Mampu melakukan identifikasi, formulasi dan analisis masalah rekayasa sesuai dengan bidang keilmuan teknik mesin melalui penelitian.
[9].  Able to identify, formulate and analyse engineering problems in accordance with the field of mechanical engineering through research.
A,S,E
0,1
[10].     Mampu menerapkan kerekayasaan teknik mesin dan melakukan penelitian dibawah bimbingan dengan memakai kaedah-kaedah ilmiah dan menghasilkan karya ilmiah, melibatkan proses pembelajaran sepanjang hayat terhadap pengetahuan kekinian yang relevan.
[10].     Able to apply mechanical engineering and conduct research under guidance by using scientific methods and producing scientific papers, involve a lifelong learning process to the relevant contemporary knowledge.
K,P,T,A
K – (Knowledge) Pengetahuan
P – Pemahaman
T – Terapan(Aplikasi)
A – Analisa
S – Perpaduan (Sintesa)
E – Evaluasi