Penilaian proses dan hasil belajar mahasiswa mencakup:
- Prinsip penilaian;
- Teknik dan instrumen penilaian;
- Mekanisme dan prosedur penilaian;
- Pelaksanaan penilaian;
- Pelaporan penilaian; dan
- Kelulusan mahasiswa.
Prinsip penilaian mencakup prinsip edukatif, otentik, objektif, akuntabel, dan transparan yang dilakukan secara terintegrasi.
Komponen penilaian yang diterapkan di Teknik Mesin FT-USU:
- Keaktifan mahasiswa dalam kelas, Kegiatan SCL, Tugas dan Quiz 30 – 60%
- Sikap, Prilaku mahasiswa 10%,
- Ujian Tengah Semester (UTS): 10 – 30%
- Ujian Akhir Semester (UAS): 20 – 60%
Penilaian Prodi
Komunikasi
- Berkomunikasi secara efektif dalam menyajikan informasi, ide-ide dan persuasif dalam menulis
- Cermat
- Berinteraksi secara efektif dengan orang lain
- Menyampaikan ide-ide dalam kelas atau publik dengan yakin
- Kemampuan untuk mengekspresikan & berkontribusi pandangan & gagasan dengan lancar & spontan
Kepemimpinan/Leadership
- Memimpin kelompok tim / proyek
- Menunjukkan rasa percaya diri dalam berurusan dengan orang lain
- Membuat keputusan berdasarkan semua factor & isu-isu kunci
- Mendelegasikan tugas
- Memberikan instruksi yang jelas & tepat kepada orang lain
Kerja Tim/Teamwork
- Kontribusi yang konstruktif terhadap penetapan target
- Dukungan Misi tim
- Mengembangkan & memelihara hubungan positif antara anggota
Professionalisme
- Menyelesaikan tugas yang ditugaskan
- Praktek manajemen waktu yang baik
- Kontrol emosi dalam berbagai situasi
- Mengikuti standar & prosedur
Penyelesaian masalah & Berfikir kritis (Problem Solving & Critical Thinking)
- Analisis masalah
- Evaluasi kemungkinan penyelesaian masalah
- Membuat keputusan berdasarkan informasi faktual
- Mengatur pekerjaan secara sistematis dan / atau dalam urutan yang logis
Beragam tugas (Multitasking)
- Mengerjakan berbagai tugas
- Melaksanakan tugas-tugas tak-rutin
- Berurutan serta melakukan tugas-tugas sesuai dengan prioritas
- Menyampaikan ide-ide dalam kelas atau publik dengan yakin
- Kemampuan untuk mengekspresikan & berkontribusi pandangan & gagasan dengan lancar & spontan
Manajemen informasi & Belajar sepanjang hayat (Information Management & Lifelong Learning)
- Mengumpulkan / memperoleh informasi dari berbagai sumber
- Mengelola informasi yang relevan dari berbagai sumber
- Mengelola informasi yang relevan dari berbagai sumber
Contoh Tabel Spesifikasi pemetaan soal ujian Getaran Mekanik:
No | Topik | Bentuk Seleksi | Bentuk Supply | Total Nilai (a+b) | |||||||||
Pengetahuan | Komprehensif | Aplikasi | Total Nilai (a) | Jumlah soal (nilai/soal) | Pengetahuan | Komprehensif | Aplikasi | Aplikasi lebih dalam | Total Nilai (b) | Jumlah soal (nilai/soal) | |||
1 | Dasar Getaran | 7 | 7 | 7 | 10 | 0 | 0 | 0 | 10 | 2(5) | 17 | ||
2 | Getaran paksa dan redaman | 2 | 3 | 4 | 9 | 9 | 3 | 3 | 4 | 1 | 10 | 2(5) | 19 |
3 | Sustem getaran - analisis modal | 4 | 3 | 7 | 7 | 0 | 0 | 6 | 0 | 10 | 2(5) | 17 | |
4 | Getaran Transien | 2 | 2 | 4 | 4 | 2 | 2 | 2 | 1 | 5 | 1(5) | 9 | |
5 | Metode Pendekatan Numerik | 4 | 0 | 5 | 9 | 9 | 4 | 4 | 4 | 0 | 8 | 2(4) | 17 |
6 | Sistem berparameter banyak | 5 | 2 | 7 | 7 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 7 | ||
7 | Getaran non linear | 2 | 2 | 4 | 4 | 3 | 3 | 0 | 0 | 3 | 1(3) | 7 | |
8 | Getaran Acek | 3 | 3 | 3 | 0 | 0 | 0 | 0 | 4 | 1(4) | 7 |