Semester 1

Rencana Pembelajaran Semester (RPS/SAP)

 

 

PROGRAM STUDI SARJANA
TEKNIK MESIN FAKULTAS TEKNIK
UNIVERSITAS SUMATERA UTARA
Gedung J17 Jl. Almamater Kampus USU Medan 2015
dtm.usu.ac.id

 

 

Semester 1

 

 

FISIKA DASAR I

Program Studi (Study Program)
Teknik Mesin (Mechanical Engineering)
Fakultas / Sekolah (Faculty / School)
Fakultas Teknik (Engineering Faculty)
Kode Kuliah (Course Number)
RTM1101
Nama Kuliah (Course Title)
Fisika Dasar I
Beban Kuliah (Course Load)
3 sks / 3 crs.
Sifat Kuliah (Wajib / Pilihan)
Course Type (Mandatory / Elective)
Pilihan Wajib Prodi
(Selection Program-Mandatory)
Prasyarat (Prerequisites)
Syarat Pengambilan Bersama (CoRequisites)
Referensi Utama (Primary References)
–     Douglas C. Giancoli “ Fisika, edisi 5 “ Erlangga, 1998
–     David Haliday and Restnick (1988). Fundamentals of physics,John,Wiley
–     Sears dan Zemansky “ Fisika untuk Universitas “ Ganesa, Bandung 1992
Bahan Pelengkap (Supplemental Material)
Semester Posisi Kuliah (Course Semester)
1
Koordinator Matakuliah (Course Coordinator)
Dosen Pengampu (Course Instructor)
Drs.A. Zulkifli Lubis, M.Sc
Beban Kerja Kuliah dalam Jam Per Minggu (Course Load in Hours Per Week)
–    Tatap muka kelas (classroom sessions):  3
–    Responsi / tutorial (tutorials):  4
–    Belajar mandiri (independent study):  5
Deskripsi Matakuliah Sesuai Katalog (Course Description In Catalog)
Mendasari fenomena alam secara umum dan mendasari gejala-gejala Ilmu mekanik / Teknik mesin khususnya yang mencakup : penjelasan dan prinsip dasar Ilmu mekanika, pertukaran panas , Ilmu gelombang / getaran dan termodinamika .
Tujuan Instruksional Umum (Course Objectives)
Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa diharapkan dapat mengukur dan mengaplikasikan ilmu fisik umumnya dan prinsip dasar ilmu mekanika, panas, gelombang dan termodinamika khususnya yang mendasari ilmu teknik mesin.
Luaran-Luaran Pembelajaran Matakuliah
(Course Learning Outcomes)
IABEE SO
Assessment
1.
2.
3.
4.
5.
Rencana Perkuliahan Mingguan (Weekly Course Plan)
Minggu Ke-
(Week No.)
Topik (Topics)
LPK (CLO)1
Sub-topik / indikator kinerja (Subtopics / performance indicators)
Tugas-tugas (Assignments)
1
Pendahuluan, Model, Teori, Hukum, Satuan, Standar, dan Ketidakpastian •   Pendahuluan
•   Model
•   Teori
•   Hukum
•   Pengukuran dan ketidak-pastian
Satuan
•   Standar, dan Sistem Satuan
Konversi Satuan
•   Dimensi dan analisa dimensi
mampu memahami dan Dapat mengerti tentang satuan, standar dan ketidak pastian
2
Vektor dan skalar, Operasi pada Vektor
•   Vektor dan Skalar
•   Penambahan dan Pengurangan vektor
•   Perkalian vektor dan skalar
•   Perkalian titik vektor dengan vektor
•   Perkalian silang vektor
•   Komponen-komponen vektor
•   Operasi pada komponennya.
mampu memahami dan Dapat mengerti tentang vektor dan operasinya
3
Perpindahan, Kecepatan dan Percepatan
•   Perpindahan
•   Kecepatan rata-rata
•   Kecepatan sesaat
•   Percepatan Rata-rata
•   Percepatan sesaat
•   Benda Jatuh bebas
•   Gerak Peluru
•   Grafik Perpindahan dengan waktu
•   Kecepatan dengan waktu
•   Kecepatan Relatif
mampu memahami tentang kinematika pada bidang datar
4
Hukum Newton, Gaya Gravitasi, Gaya Normal, Gaya gesekan
•   Gaya
•   Hukum Newton I
•   Massa
•   Hukum Newton II
•   Hukum Newton III
•   Gaya Gravitasi dan Gaya Normal
•   Gaya Gesekan
•   Permukaan Miring
mampu memahami tentang dinamika pada bidang datar
5
Kinematika dan Dinamika Gerak Melingkar, Hukum Newton Gravitasi
•   Kinematika dalam Gerak Melingkar
•   Dinamika dalam Gerak Melingkar
•   Gerak Melingkar Tidak Beraturan
•   Hukum Newton Gravitasi
•   Gravitasi dekat Bumi
•   Hukum Kepler
•   Jenis-jenis gaya pada alam.
mampu memahami tentang gerak melingkar gravitasi
6
Usaha, Energi Kinetik dan Potensial, Hukum Kekekalan Energi
•   Kerja yang dilakukan oleh gaya konstan
•   Kerja yang dilakukan oleh gaya yang tidak beraturan
•   Energi Kinetik dan Prinsip Kerja-Energi Kinetik
•   Energi Potensial
•   Gaya konsevatif dan non konservatif
•   Energi Mekanik dan Kekekalannya
•   Bentuk lain energi
•   Daya
mampu memahami tentang kerja (usaha) dan energi
7
Momentum dan impuls
•   Momentum dan hubunganya dengan gaya,
•   Kekekalan Momentum
•   Tumbukan dan impuls
•   Kekekalan energi dan momentum pada tumbukan
•   Tumbukan lenting dan tidak lenting
•   Pusat Massa
•   Pusat Massa dan gerak translasi
mampu memahami tentang momentum dan impuls
8
Kinematika dan dinamika Gerak Rotasi, Energi kinetik rotasi, Momentum Sudut
•   Besaran-besaran sudut
•   Persamaan-persamaan Kinematika utk Gerak Rotasi yang dipercepat beraturan
•   Gerakan Menggelinding
•   Torsi
•   Dinamika Rotasi dan pembahasan soal
•   Energi Kinetik Rotasi
•   Momentum Sudut dan kekekalannya
•   Sifat vektor pada besaran sudut
mampu memahami gerak rotasi
9
Statika, Elastisitas dan Patahan
•   Statika (studi gaya dalam kesetimbangan)
•   Syarat-syarat kesetimbangan
•   Stabilitas dan keseimbangan
•   Elastisitas
•   Patahan
•   Lengkungan dan Kubah
mampu memahami tentang kesetimbangan,  elastisitas dan patahan
10
Massa jenis, Tekanan, Prinsip Pascal, Prinsip Archimedes, Persamaan Bernoulli,
•   Massa Jenis
•   Tekanan dalam Fluida
•   Tekanan Atmosfir dan Tekanan Terukur
•   Prinsip Pascal
•   Pengukuran tekanan dan Barometer
•   Pengapungan dan Prinsip Archimedes
•   Gerak Fluida
•   Laju aliran dan Persamaan Kontinuitas
•   Persamaan Bernoulli dan penerapannya
•   Viskositas
•   Tegangan Permukaan dan Kapilaritas.
mampu memahami tentang dasar-dasar mekanika fluida
11
Gerak harmonis, Gerak Gelombang dan Bunyi
•   Gerak Harmonis Sederhana
•   Energi pada Gerakan Harmonis Sederhana
•   Periode dan Sifat Sinusoidal GHS
•   Pendulum Sederhana
•   Gerak Harmonis Teredam
•   Resonansi
•   Gerak Gelombang
•   Jenis-jenis gelombang
•   Energi yang dibawa gelombang
•   Intensitas
•   Amplitudo dan Frekuensi
•   Pantulan dan Interferensi gelombang
•   Gelombang berdiri
•   Karateristik Bunyi
•   Desibel
•   Sumber-sumber bunyi
•   Telinga
•   Kualitas Bunyi dan kebisingan
•   Efek Dopler.
mampu memahami tentang getaran, gelombang dan bunyi
12
Temperatur, Gas ideal dan riil, Teori Kinetik Gas
•   Teori Atom Zat
•   Temperatur dan Termometer
•   Kesetimbangan Termal dan Hukum Termodinamika ke-0
•   Pemuaian termal
•Hukum-hukum Gas  dan Temperatur Mutlak
•   Hukum Gas ideal
•   Bilangan Avogadro
•   Teori Kinetik Gas
•   Gas Riel dan perubahan fasa
•   Tekanan Uap dan Kelembaban.
mampu memahami tentang temperatur dan teori kintetik gas
13
Kalor dan perpindahan kalor
•   Kalor
•   Perbedaan antara temperatur, kalor, dan energi dalam
•   Energi Dalam Gas Ideal
•   Kalor Jenis
•   Kalorimetri
•   Kalor Laten
•   Perpindahan Kalor : Konduksi , Konveksi dan Radiasi.
mampu memahami tentang kalor
14
Hukum-hukum termodinamika dan penerapannya
•   Hukum Termodinamika  Pertama dan penerapannya
•   Hukum termodinamika kedua  Mesin Kalor
•   Refrigerasi
•   Entropi
•   Keteraturan menjadi ketidakteraturan
•   Sumber Energi.
mampu memahami tentang hukum-hukum termodinamika
Tingkat pembelajaran IABEE SO (ABET SO learning level) – L(low), M(medium), H(high)
SO
Deskripsi
Description
Level
  3
[1].  Mampu menerapkan matematika, sains, material dan prinsip rekayasa (engineering principles) yang mencakup pengetahuan desain, produksi, operasi, dan pemeliharaan untuk menyelesaikan permasalahan teknik mesin
[1].     Able to apply math, science, material and engineering principles that include design, production, operation and maintenance knowledge to solve mechanical engineering problems.
K,P
K – (Knowledge) Pengetahuan
P – Pemahaman
T – Terapan(Aplikasi)
A – Analisa
S – Perpaduan (Sintesa)
E – Evaluasi

 

 

KALKULUS I

Program Studi (Study Program)
Teknik Mesin (Mechanical Engineering)
Fakultas / Sekolah (Faculty / School)
Fakultas Teknik (Engineering Faculty)
Kode Kuliah (Course Number)
RTM 1102
Nama Kuliah (Course Title)
Kalkulus I
Beban Kuliah (Course Load)
4 sks / 4 crs.
Sifat Kuliah (Wajib / Pilihan)
Course Type (Mandatory / Elective)
Pilihan Wajib Prodi
(Selection Program-Mandatory)
Prasyarat (Prerequisites)
Syarat Pengambilan Bersama (CoRequisites)
Referensi Utama (Primary References)
–     Purcel dan Verbeg, Kalkulus dan Geometri analitis.
–    Schaum Series, Calculus
Bahan Pelengkap (Supplemental Material)
Semester Posisi Kuliah (Course Semester)
1
Koordinator Matakuliah (Course Coordinator)
Dosen Pengampu (Course Instructor)
Drs.A. Zulkifli Lubis, M.Sc
Beban Kerja Kuliah dalam Jam Per Minggu (Course Load in Hours Per Week)
–    Tatap muka kelas (classroom sessions): 4
–    Responsi / tutorial (tutorials): 5
–    Belajar mandiri (independent study): 6
Deskripsi Matakuliah Sesuai Katalog (Course Description In Catalog)
Perkuliahan ini membahas tentang limit, kekontinuan, differential, integral beserta beberapa metode
penyelesaian dan pemakaiannya, terutama yang berhubungan dalam bidang keteknikan
Tujuan Instruksional Umum (Course Objectives)
Setelah menyelesaikan mata kuliah ini mahasiswa semester 1 Departemen Teknik Mesin Fakultas Teknik USUdiharapkan dapat mengaplikasi konsep dari fungsi, limit, diffrential dan integral serta dapat mengaplikasikannya dalam bidang keteknikan dan sebagai dasar penunjang untuk mata kuliah lainnya.
Luaran-Luaran Pembelajaran Matakuliah
(Course Learning Outcomes)
IABEE SO
Assessment
1.
2.
3.
4.
5.
Rencana Perkuliahan Mingguan (Weekly Course Plan)
Minggu Ke-
(Week No.)
Topik (Topics)
LPK (CLO)1
Sub-topik / indikator kinerja (Subtopics / performance indicators)
Tugas-tugas (Assignments)
1
Bilangan dan operasi , system koordinat
•   Bilangan real, negatif, imaginari, dll, operasi bilangan, union, inteesection,
Perubah, Fungsi Linier, kwadrat, eksponential
Setelah Perkuliahan ini Diharapkan mahasiswa dapat
memahami sistem bilangan dan operasinya menggambarkan
grafik fungsi
2
Bilangan dan operasi , system koordinat
•   Bilangan real, negatif, imaginari, dll, operasi bilangan, union, inteesection,
Perubah, Fungsi Linier, kwadrat, eksponential,
 Setelah Perkuliahan ini Diharapkan mahasiswa dapat
memahami sistem bilangan dan operasinya menggambarkan
grafik fungsi
3
Fungsi dan limit
•   Pengertian limit, limit kiri kanan, teorema limit, limit fungsi aljabar dan fungsi
trigonometrik
Diharapkan mahasiswa dapat menggambarkan grafik
fungsi dan mengaplikasikannya serta memahami teorema
limit dan menentukan harga limit. fungsi kontinu dan
tidak kontinu
4
Fungsi dan limit
•   Limit-limit fungsi tak hingga Kekontiniuan fungsi
Diharapkan mahasiswa dapat menggambarkan grafik
fungsi dan mengaplikasikannya serta memahami teorema
limit dan menentukan harga limit. fungsi kontinu dan
tidak kontinu
5
Turunan/Diffrential
•   Defenisi turunan, Menentukan turunan dengan defenisi turunan
Diharapkan mahasiswa mampu menentukan
turunan suatu fungsi dan menggunakannya
6
Turunan/Diffrential
•   Turunan sinus dan cosinus, Aturan rantai, Notasi leibniz
Diharapkan mahasiswa mampu menentukan
turunan suatu fungsi dan menggunakannya
7
Turunan/Diffrential
•   Turunan tingkat tinggi, Diferensial implisit
Diharapkan mahasiswa mampu menentukan
turunan suatu fungsi dan menggunakannya
8
Turunan/Diffrential
•   Menentukan garis singgung , differensial , Menentukan garis normal dan
besar garis normal.
Diharapkan mahasiswa mampu menentukan turunan suatu
fungsi dan menggunakannya
9
Aplikasi Turunan/Diffrential
• Maksimum dan minimum, kemotonan dan kecekungan
Mahasiswa mampu menggunakan differensial untuk
menyelesaikan suatu persoaalan
10
Aplikasi Turunan/Diffrential
•   Maksimum dan minimum local, Lebih banyak masalah minimum dan maksiumum,
Teorema nilai rata-rata
Mahasiswa mampu menggunakan differensial untuk
menyelesaikan suatu persoaalan
11
Fungsi Transenden
•   Fungsi logaritma asli, Fungsi-fungsi balikan dan turunanya
Mahasiswa memahami fungsi-fungi transeden serta
operasinya
12
Fungsi Transenden
•   Fungsi eksponen , fungsi-fungsi eksponen dan logaritma umum,
pertumbuahan dan peluruhan eksponen
Mahasiswa memahami fungsi-fungi transeden serta
operasinya
13
Fungsi Transenden
•   Fungsi-fungsi balikan trigonometri, hiperbola dan balikannya.
Mahasiswa memahami fungsi-fungi transeden serta
operasinya
14
Integral
•   Defenisi integral/anti turunan, Integral tak tentu, Pendahaluan luas,
Integral tentu
Mahasiswa mampu menyelesaikan permasalahanpermasalahan
integral
Tingkat pembelajaran IABEE SO (ABET SO learning level) – L(low), M(medium), H(high)
SO
Deskripsi
Description
Level
  4
[1].  Mampu menerapkan matematika, sains, material dan prinsip rekayasa (engineering principles) yang mencakup pengetahuan desain, produksi, operasi, dan pemeliharaan untuk menyelesaikan permasalahan teknik mesin
[1].   Able to apply math, science, material and engineering principles that include design, production, operation and maintenance knowledge to solve mechanical engineering problems.
K,P
K – (Knowledge) Pengetahuan
P – Pemahaman
T – Terapan(Aplikasi)
A – Analisa
S – Perpaduan (Sintesa)
E – Evaluasi

 

 

KIMIA TEKNIK

Program Studi (Study Program)
Teknik Mesin (Mechanical Engineering)
Fakultas / Sekolah (Faculty / School)
Fakultas Teknik (Engineering Faculty)
Kode Kuliah (Course Number)
RTM 1103
Nama Kuliah (Course Title)
Kimia Teknik
Beban Kuliah (Course Load)
2 sks / 2 crs.
Sifat Kuliah (Wajib / Pilihan)
Course Type (Mandatory / Elective)
Pilihan Wajib Prodi
(Selection Program-Mandatory)
Prasyarat (Prerequisites)
Syarat Pengambilan Bersama (CoRequisites)
Referensi Utama (Primary References)
•   Petrucci R.H dan Suminar,’’Kimia Dasar’’,Prinsip dan terapan Modren,edisi keempat-jilid I penerbit Erlangga,1992
•   Keenan Kleinter,Wood’’Kimia Untuk Universitas’’Jilid I (Alih bahasa Pudjatmaka, Penerbit Erlangga,1992
•   Holtzclaw,H,Found Robinson’’General Chemistry’’,Heald and Company, Masachussets,1998
•   Petrucci R.H dan Suminar,’’Kimia Dasar’’,Prinsip dan terapan Modren,edisi keempat-jilid II penerbit Erlangga,1992
•   Rosenberg,J.L dan Jastri,’’Kimia Dasar’’,seri buku schumm, penerbit erlangga
Bahan Pelengkap (Supplemental Material)
Semester Posisi Kuliah (Course Semester)
1
Koordinator Matakuliah (Course Coordinator)
Dosen Pengampu (Course Instructor)
–          M. Hendra S. Ginting, ST
–          Dra. Siswani, M. Z, M. S
–          Mersi Suriani Sinaga, ST, MT
Beban Kerja Kuliah dalam Jam Per Minggu (Course Load in Hours Per Week)
–    Tatap muka kelas (classroom sessions): 2
–    Responsi / tutorial (tutorials): 3
–    Belajar mandiri (independent study): 4
Deskripsi Matakuliah Sesuai Katalog (Course Description In Catalog)
Mata kuliah ini merupakan penghantar atau dasar dari beberapa matakuliah berikutnya, beberapa topik yang dibahas dalam kuliah ini adalah stoikiometri, Struktur atom, Susunan berkala unsur-unsur, Ikatan kimia, Termokimia, Thermodinamika kimia, Reaksi redoks, Elektrokimia, Kinematika kimia, Kesetimbangan kimia, Teori asam-basa, PH larutan dan Hasil kali kelarutan.
Tujuan Instruksional Umum (Course Objectives)
Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa diharapkan dapat menjelaskan peristiwa kimia yang merupakan alasan untuk menunjang perkuliahan selanjutnya
Luaran-Luaran Pembelajaran Matakuliah
(Course Learning Outcomes)
IABEE SO
Assessment
1.
2.
3.
4.
5.
Rencana Perkuliahan Mingguan (Weekly Course Plan)
Minggu Ke-
(Week No.)
Topik (Topics)
LPK (CLO)1
Sub-topik / indikator kinerja (Subtopics / performance indicators)
Tugas-tugas (Assignments)
1
Stoikiometer
•   Hukum dasar ilmu kimia, konsep mol, pengertian bobot molekul dan bobot atom
•   Hubungan bobot dalam reaksi, perhitungan dan rumus molekul dan reaksi-reaksi kimia
Mampu menjelaskan pengertian hukum dasar ilmu kimia, konsep mol, bobot atom, bobot molekul serta hubungannya dengan reaksi kimia
2
Struktur Atom
•   Model atom, teori atom Rutherfoddan niels nohr
•  Pengertian bobot molekul dan bobot atom, konfigurasi electron
Mampu menjelaskan pengertian model atom dan konfigurasi elektron
3
Susunan preodik
•   Aturan aufbau dalam penyusunan, pengertian periode dan golongan
•   Sifat- sifat unsur dalam susunan berkala
Mampu menjelaskan sistem penyusunan berkala panjang, sifat sifat dan pengertian susunan berkala
4
Ikatan kimia
•   Ikatan ion, kovalen, logam, vanderwalls
•   Hibridasi dan bentuk molekul
Mampu menjelaskan jenis-jenis ikatan kimia yang terdapat didalam molekul dan senyawa, bentuk molekul, serta hibridasi untuk membentuk molekul
5
Thermokimia
•  Energi Kimia, perubahan      energy dan perubahan kimia
•  Pengukuran panas, persamaan thermokimia, hokum Hess dan Laplase
Mampu merumuskan pengertian thermokimia
6
Termodinamika kimia
•   Pengertian energi dan usaha, panas, sistem kimia
•   Hukum termodinamika, pengertian entalpi, perubahan entalpi, entropi, dan energi bebas, perubahan entropi
•   Hukum Termodinamika II
Mampu merumuskan pengertian termodinamika kimia
7
Reaksi redoks
 •   Pengertian reaksi oksidasi dalam reduksi, zat konduktor dan oksidator
•    Pengertian reaksi redoks
Mampu menjelaskan reaksi oksidasi dalam larutan
8
Elektokimia
•   Sel volta, potensial sel, elektropolis, penerapan elektrolisa
Mampu menjelaskan terjadinya aliran arus listrik dalam larutan elektrolit pada sel elektrokimia
9
Kinetika kimia
•   Kecepatan reaksi, perubahan konsentrasi terhadap kecepatan reaksi, persamaan kecepatan reaksi
•   Faktor-faktor yang mempengaruhi kecepatan reaksioede reaksi, teori tumbukan
Mampu menjelaskan pengertian kinetika kimia serta berbagai factor yang dapat mempengaruhi laju reaksi
10
Kesetimbangan kimia
•   Pengertian reaksi kesetimbangan, hukum kesetimbangan, hukum aksi massa
•   Konstanta kesetimbangan, faktor-faktor yang mempengaruhi kesetimbangan kimia
•   Azas lechatelier
•   Kesetimbangan heterogen, kesetimbangan dalam larutan, perhitungan konstanta, kesetimbangan dalam industri
Mampu merumuskan kesetimbangan kimia dan beberapa faktor yang mempengaruhi kesetimbangan serta aplikasi kesetimbangan dalam industri
11
Teori asam basa
•   Teori asam basa archenius, Brownsted Lawry, lewis
•   Contoh-contoh asam basa
Mampu membedakan teori asam basa dalam larutan
12
Ph larutan asam-basa
•   Menyatakan konsentrasi ion hidrogen, pengertian PH dan PHO
•   Contoh-contoh perhitungan larutan asam-basa
Mampu menjelaskan hidrolisa senyawa dalam larutan
13
Hidrolisa
•  Pengertian hidrolis, hidrolisa garam dalam larutan, Ph hidrolisa garam
Mampu menjelaskan hidrolisa senyawa dalam larutan
14
Larutan dapar (Buffer)
•   Pengertian dapar, penggunaan dapar
•  Jenis-jenis larutan dapur, PH dapar
Mampu menjelaskan pengertian dapar
Tingkat pembelajaran IABEE SO (ABET SO learning level) – L(low), M(medium), H(high)
SO
Deskripsi
Description
Level
1,6
[1].  Mampu menerapkan matematika, sains, material dan prinsip rekayasa (engineering principles) yang mencakup pengetahuan desain, produksi, operasi, dan pemeliharaan untuk menyelesaikan permasalahan teknik mesin
[1].     Able to apply math, science, material and engineering principles that include design, production, operation and maintenance knowledge to solve mechanical engineering problems.
K,P
0,2
[4].  Mampu merancang suatu proses kerekayasaan dengan menerapkan prinsip perancangan sistem mekanik dari berbagai aplikasi Industri dengan memperhatikan unsur keselamatan, kehandalan, kemudahan serta faktor faktor ekonomi, sosiokultur dan lingkungan.
[4].    Able to design a engineering process by applying the principles of designing mechanical systems from various Industri applications with attention to the element of safety, reliability, convenience and economic factors, sociocultural and environment.
T,S,E
0,2
[7].  Mampu bekerja sama dalam tim dan memberikan solusi masalah dalam lintas bidang keteknikan dengan memperhatikan faktor-faktor ekonomi, kesehatan dan keselamatan publik, etika dan lingkungan.
[7].    Able to provide solution in cross-engineering field with attention to economic, public health and safety factors, ethics and environmental consideration.
T,A,S
K – (Knowledge) Pengetahuan
P – Pemahaman
T – Terapan(Aplikasi)
A – Analisa
S – Perpaduan (Sintesa)
E – Evaluasi

 

 

MENGGAMBAR TEKNIK I

Program Studi (Study Program)
Teknik Mesin (Mechanical Engineering)
Fakultas / Sekolah (Faculty / School)
Fakultas Teknik (Engineering Faculty)
Kode Kuliah (Course Number)
RTM 1105
Nama Kuliah (Course Title)
Menggambar Teknik I
Beban Kuliah (Course Load)
2 sks / 2 crs.
Sifat Kuliah (Wajib / Pilihan)
Course Type (Mandatory / Elective)
Pilihan Wajib Prodi
(Selection Program-Mandatory)
Prasyarat (Prerequisites)
Syarat Pengambilan Bersama (CoRequisites)
Referensi Utama (Primary References)
–   Sugiarto H dan Sato Takeshi, Menggambar Mesin Menurut Standar ISO, Pradnya Paramita, 1986
–    Luzadder J.W., Menggambar Teknik untuk Disain Pengembangan Produk serta Kontrol Numerik (terjemahan), Erlangga, 1986
–   Giesecke, F.E. et al, Technical Drawing, Mac Millan Publishing Co, 1980.
Bahan Pelengkap (Supplemental Material)
Semester Posisi Kuliah (Course Semester)
1
Koordinator Matakuliah (Course Coordinator)
Dosen Pengampu (Course Instructor)
Mahadi, ST. MT
Beban Kerja Kuliah dalam Jam Per Minggu (Course Load in Hours Per Week)
–    Tatap muka kelas (classroom sessions): 2
–    Responsi / tutorial (tutorials): 3
–    Belajar mandiri (independent study): 4
Deskripsi Matakuliah Sesuai Katalog (Course Description In Catalog)
Mata kuliah ini menjelaskan secara umum dan rinci tentang teori dan aplikasi gambar teknik yang meliputi penjelasan teori-teori serta peraturan-peraturan dalam menggambar teknik yang telah distandarnisasikan, meliputi teori umum menggambar teknik, teori menggambar objek, menggambar  potongan objek, menggambar assembling lengkap dengan normalisasi, teori umum proyeksi, proyeksi bidang potong, menggambar benda-benda pada bidang 1, 2, 3
Tujuan Instruksional Umum (Course Objectives)
Setelah mengikuti perkuliahan Menggambar Teknik mahasiswa dapat mengerti pembacaan gambar, terampil membuat gambar teknik sebagai bahan dalam penyampaian informasi melalui lambang- lambang dan keterangan gambar secara tepat dan jelas sesuai dengan normalisasi ISO.
Luaran-Luaran Pembelajaran Matakuliah
(Course Learning Outcomes)
IABEE SO
Assessment
1.
2.
3.
4.
5.
Rencana Perkuliahan Mingguan (Weekly Course Plan)
Minggu Ke-
(Week No.)
Topik (Topics)
LPK (CLO)1
Sub-topik / indikator kinerja (Subtopics / performance indicators)
Tugas-tugas (Assignments)
1
Pengantar Menggambar Teknik
•        Definisi/maksud/tujuan/fungsi  menggambar teknik
•   Normalisasi menggambar teknik
•   Skala gambar
•   Jenis-jenis gambar teknik
Mengerti kegunaan menggambar teknik sebagai penyampaian informasi, pengawetan
2
Perlengkapan menggambar teknik
•   Alat-alat gambar
•   Kertas gambar dan ukurannya
•   Jenis-jenis dan ukuran garis gambar
Mengetahui perlengkapan menggambar teknik dan pemakaiannya
3
Sistem Proyeksi dan Ketrampilan Menggambar Teknik
••  •    Jenis-jenis proyeksi dalam gambar teknik
•   Cara pandang dalam gambar teknik
Mengerti dan mengetahui sistem proyeksi dalam menggambar teknik.
4
Sistem Proyeksi dan Ketrampilan Menggambar Teknik
•    Perbedaan Proyeksi Amerika dan Proyeksi Eropah
•   Papan nama
Mengerti dan mngetahui sistem proyeksi dalam menggambar teknik.
5
Aplikasi proyeksi Amerika
•   Gambar pandangan
•  Gambar potongan
•  Garis arsiran
•   Skala gambar
Mengerti dan mengetahui pandangan/ potongan gambar, garis arsiran dan skala gambar
6
Tata letak penamaan pandangan dan petunjuk ukuran gambar
•   Perletakan pandangan secara harmonis dalam bidang gambar
•    Memberikan nama pandangan sesuai dengan arah pandangan
•    Memberikan garis-garis petunjuk ukuran benda kerja
Dapat menempatkan gambar pandangan yang harmonis dalam bidang gambar
7
Gambar kalkir
•    Peralatan membuat gambar kalkir
•    Memindahkan gambar kerja ke kertas kalkir
Dapat menggambar di kertas kalkir
8
Gambar asembling dan gambar detail
•    Penggambaran bagian-bagian objek secara terpasang,
•    Penggambaran masing-masing gambar detail
Dapat menggambarkan asembling dan menggambar bagian-bagian gambar asembling
9
Menggambar asembling, detail dan pemotongan gambar detail
•   Aplikasi dalam gambar asembling dan detail
•    Pemotongan pada bagian gambar detail Aplikasi dalam gambar asembling dan detail
• Pemotongan pada bagian gambar detail
Dapat menggambar potongan gambar detail
10
Aplikasi menggambar tekn
ik di laboratorium gambar
•  Gambar teknik sederhana dalam pandangan proyeksi ke bidang-bidang proyeksi
•  Papan nama
Dapat menggambar objek benda kerja
11
Aplikasi menggambar teknik di laboratorium gambar
•    Membuat gambar teknik detail
•    Papan nama
Dapat menggambar objek benda kerja
12
Aplikasi menggambar teknik di laboratorium gambar
•    Membuat gambar teknik dengan asembling
•    Papan nama
Dapat menggambar objek benda kerja
Tingkat pembelajaran IABEE SO (ABET SO learning level) – L(low), M(medium), H(high)
SO
Deskripsi
Description
Level
0,4
[1].  Mampu menerapkan matematika, sains, material dan prinsip rekayasa (engineering principles) yang mencakup pengetahuan desain, produksi, operasi, dan pemeliharaan untuk menyelesaikan permasalahan teknik mesin
 [1].   Able to apply math, science, material and engineering principles that include design, production, operation and maintenance knowledge to solve mechanical engineering problems.
K,P
1,6
[2].  Mampu mendeskripsikan rancangan dalam bentuk gambar teknik menggunakan perangkat lunak CAD sesuai dengan ketentuan/standarisasi (ISO, SNI, dll.); dan merancang buku manual pengoperasian dan perawatan.
[2].    Able to describe the design in accordance with the standardization (ISO, SNI, etc.); and also manuals operation and maintenance.
K,P,T
K – (Knowledge) Pengetahuan
P – Pemahaman
T – Terapan(Aplikasi)
A – Analisa
S – Perpaduan (Sintesa)
E – Evaluasi

 

 

 

BAHASA INDONESIA

Program Studi (Study Program)
Teknik Mesin (Mechanical Engineering)
Fakultas / Sekolah (Faculty / School)
Fakultas Teknik (Engineering Faculty)
Kode Kuliah (Course Number)
UNI 1207
Nama Kuliah (Course Title)
Bahasa Indonesia
Beban Kuliah (Course Load)
2 sks / 2 crs.
Sifat Kuliah (Wajib / Pilihan)
Course Type (Mandatory / Elective)
Pilihan Wajib Prodi
(Selection Program-Mandatory)
Prasyarat (Prerequisites)
Syarat Pengambilan Bersama (CoRequisites)
Referensi Utama (Primary References)
–     Siregar, Ahmad Samin, Bahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi, Medan, USU, Press
–     Sugono, dendy. 1994, Berbahasa Indonesia dengan benar, Jakarta; Puspa Swara
–     Mulyadi,1994.Salah Kapra dalam bahasa Indonesia, Medan, USU Press
–     Parera, Jos Daniel, 1991, Belajar mengemukakan pendapat, Jakarta, Erlangga.
–     Akhadiah, Sabarti, dkk, 1990, Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia, Jakarta Erlangga.
Bahan Pelengkap (Supplemental Material)
Semester Posisi Kuliah (Course Semester)
3
Koordinator Matakuliah (Course Coordinator)
Dosen Pengampu (Course Instructor)
–          Herlina
–          Sugihana
–          Ida Basaria
Beban Kerja Kuliah dalam Jam Per Minggu (Course Load in Hours Per Week)
–    Tatap muka kelas (classroom sessions): 2
–    Responsi / tutorial (tutorials): 3
–    Belajar mandiri (independent study): 4
Deskripsi Matakuliah Sesuai Katalog (Course Description In Catalog)
Mata kuliah ini menguraikan sejarah perkembangan bahasa Indonesia; ragam bahasa Indonesia;EYD; kata bentukan dan frase; kalimat efektife; penggabungan kalimat; dan pilihan kata
Tujuan Instruksional Umum (Course Objectives)
Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa dapat menerapkan bahasa Indonesia dalam tulisan sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia
Luaran-Luaran Pembelajaran Matakuliah
(Course Learning Outcomes)
IABEE SO
Assessment
1.
2.
3.
4.
5.

Rencana Perkuliahan Mingguan (Weekly Course Plan)

Minggu Ke-
(Week No.)
Topik (Topics)
LPK (CLO)1
Sub-topik / indikator kinerja (Subtopics / performance indicators)
Tugas-tugas (Assignments)
1 – 2 – 3
Perkembangan bahasa Indonesia, Ragam bahasa Indonesia, EYD.
•   Sejarah bahasa Indonesia, Ciri umum bahasa Indonesia, Pengaruh bahasa daerah dan bahasa asing, Bahasa Indonesia yang baik dan benar
•   Kriteria ragam bahasa, Ragan bahasa berdasarkan media, Ragan bahasa berdasarkan penutur, Ragam bahasa berdasarkan pokok persoalan, Bahasa baku
•   Pemakaian huruf, Penulisan kata, Pemakaian tanda baca
Setelah mengikuti kuliah pada pertemuan ini mahasiswa akan dapat  menjelaskan mengenai perkembangan bahasa Indonesia, ragam bahasa Indonesia, Menerapkan EYD.
4 – 5 – 6
Pilihan kata, Pilihan kata (lanjutan)
•   Pilihan kata dalam kerangka mengarang, Diski dan makna kata
•   Diski sesuai lingkungan dan ragam pemakaian, Diski sesuai kaidah retorik, Kecermatan dan ketepatan diski, Kesalahan kata bentukan dan frase
Setelah mengikuti kuliah pada pertemuan ini mahasiswa akan dapat  menjelaskan mengenai Menerapkan pilihan kata dengan tepat dalam tulisan, Menerapkan pilihan kata dengan tepat dalam tulisan (lanjutan).
7 – 8
Kalimat efektif
•   Struktur kalimat, Konjungsi, Keefektipan kalimat, Pengabungan kalimat
Setelah mengikuti kuliah pada pertemuan ini mahasiswa akan dapat  menjelaskan mengenai merapkan pola struktur kalimat dan konjungsi dalam kalimat bahasa Indonesia secara tepat,memperbaiki berbagai tipe kesalahan dalam kalimat dalam bahasa indonesia, menggabungkan kalimat sesuai dengan struktur kaimat bahasa.
Tingkat pembelajaran IABEE SO (ABET SO learning level) – L(low), M(medium), H(high)
SO
Deskripsi
Description
Level
  2
[8].  Mampu menulis proposal untuk penawaran dan laporan Proyek berkaitan Menguasai rekayasa permesinan, berkomunikasi, negosiasi dan presentasi berkaitan bidang teknik mesin; sesuai bidang konsentrasi.
 [8].      Able to write proposals for bidding and Project reports relating to Mastering in mechanical engineering, communicate, negotiate and presentations related to mechanical engineering; according to the field of concentration.
P,T,A
K – (Knowledge) Pengetahuan
P – Pemahaman
T – Terapan(Aplikasi)
A – Analisa
S – Perpaduan (Sintesa)
E – Evaluasi

 

 

BAHASA INGGRIS

Program Studi (Study Program)
Teknik Mesin (Mechanical Engineering)
Fakultas / Sekolah (Faculty / School)
Fakultas Teknik (Engineering Faculty)
Kode Kuliah (Course Number)
UNI 1208
Nama Kuliah (Course Title)
Bahasa Inggris
Beban Kuliah (Course Load)
2 sks / 2 crs.
Sifat Kuliah (Wajib / Pilihan)
Course Type (Mandatory / Elective)
Pilihan Wajib Prodi
(Selection Program-Mandatory)
Prasyarat (Prerequisites)
Syarat Pengambilan Bersama (CoRequisites)
Referensi Utama (Primary References)
–     R.S. Blicq, 1993. Technically Write, communication for the technical man, Prentice Hall Inc New Jersey.
–     H.L, Winmen, 1984. Man as communicator, Prentice Hall of Australia Pty, Sidney
–     Trent, E.M. 1991 Academic writing. London. UK
Bahan Pelengkap (Supplemental Material)
Semester Posisi Kuliah (Course Semester)
1
Koordinator Matakuliah (Course Coordinator)
Dosen Pengampu (Course Instructor)
–          Nurchaya
–          Yulianus
–          Roswani
Beban Kerja Kuliah dalam Jam Per Minggu (Course Load in Hours Per Week)
–    Tatap muka kelas (classroom sessions): 3
–    Responsi / tutorial (tutorials): 4
–    Belajar mandiri (independent study): 5
Deskripsi Matakuliah Sesuai Katalog (Course Description In Catalog)
Mata kuliah ini berkaitan dengan dasar-dasar struktur gramatikal bahasa inggris yang meliputi : (a) Basic Work Order (b) Past of Speech (d) clauses dan penggunaan yang bervariasi dalam ujaran bahasa inggris. Mata kuliah ini diusahakan menjadi penghantar yang terkuat dalam memahami struktur Gramatikal Bahasa Inggris dan penggunaannya
Tujuan Instruksional Umum (Course Objectives)
Setelah menyelesaikan matakuliah ini mahasiswa USU diharapkan dapat memahami, menjelaskan, menganalisis struktur gramatikal bahasa inggris dan memamfaatkannya dalam kajian gramatikal interdisiplin.
Luaran-Luaran Pembelajaran Matakuliah
(Course Learning Outcomes)
IABEE SO
Assessment
1.
2.
3.
4.
5.

Rencana Perkuliahan Mingguan (Weekly Course Plan)

Minggu Ke-
(Week No.)
Topik (Topics)
LPK (CLO)1
Sub-topik / indikator kinerja (Subtopics / performance indicators)
Tugas-tugas (Assignments)
1-2-3-4-5
Basic word-order, Basic grammer, Part of speech, Nous, Pronous
•   Affirmative statements, Negative statements,  Affirmative question, Negative queation
•   Recognizing sentence, Recognizing modifiers, connecting words, verbals, Recognizing phrases
•   Forming the central core, Parts of speech that modify, Parts of speech that express, Connecting relation ship
•   Types of nous, Functions of nous, Position of nous, Form of nous, Makers of nous
•   Types of pronous, Functions of pronous, Position of pronous, Inflectional of pronous, Number and agreement, Expletive it, there
Setelah mengikuti kuliah pada pertemuan ini mahasiswa akan dapat mahasiswa akan dapat menjelaskan bentuk dasar susunan kata-kata dalam bahasa inggri, bentuk dasar tata bahasa dan makna kalimat dalam bahasa inggris, menjelaskan part of speech, menjelaskan nous, Pronous
6-7-8-9-10
verbs, Auxiliaries, Adjective, Adverbs, Prepositional and Prepositional phrases
•   Types of verbs, Voice,  Mood, Use of tenses, Irregular verbs, Interrogative word questions
•   Types of Auxiliaries, Modal  Auxiliaries, Other Auxiliaries, Contractions with Auxiliaries
•   Types of Adjective, Function of  Adjective, Punctuation of  Adjective, Markers of Adjective, Special usage of Adjective
•   Types of adverbs, Function of adverbs, Punctuation of adverbs, Markers of adverbs, Special usage of adverbs
•   Types of prepositions, Verb-preposition combination, Functions  of prepositional phrases, Intensifiers with prepositional phrases
Setelah mengikuti kuliah pada pertemuan ini mahasiswa akan dapat menjelaskan verbs, Mahasiswa akan dapat menjelaskan Auxiliaries, Mahasiswa akan dapat menjelaskan Adjective, Mahasiswa akan dapat menjelaskan Adverbs, Prepositional and Prepositional phrases
11-12-13-14-15
Conjuction and Compounding, Clauses and Sentences, The   Complex Sentence, Absolute Construktions
•   Coordinate conjuction, Parallel structure, Subordinate conjuctions, Use of tenses
•   Types sentences, Classification of sentences, Clauses
•   Finete, non-finete and verbless cluses, Subordinate and subordination, Nominal clauses, Adverbial clauses, Comparative clauses
•   Change from full subject-predicate form, Function of absolute construction, Function of absolute construction Possiblemeanings of  absolute construstion
Setelah mengikuti kuliah pada pertemuan ini mahasiswa akan dapat  menulis Conjuction and Compounding, Clauses and Sentences, The Complex Sentence,  Absolute Construktions.
Tingkat pembelajaran IABEE SO (ABET SO learning level) – L(low), M(medium), H(high)
SO
Deskripsi
Description
Level
  2
[8].  Mampu menulis proposal untuk penawaran dan laporan Proyek berkaitan Menguasai rekayasa permesinan, berkomunikasi, negosiasi dan presentasi berkaitan bidang teknik mesin; sesuai bidang konsentrasi.
[8].    Able to write proposals for bidding and Project reports relating to Mastering in mechanical engineering, communicate, negotiate and presentations related to mechanical engineering; according to the field of concentration.
P,T,A
K – (Knowledge) Pengetahuan
P – Pemahaman
T – Terapan(Aplikasi)
A – Analisa
S – Perpaduan (Sintesa)
E – Evaluasi

 

 

PEND. AGAMA ISLAM

Program Studi (Study Program)
Teknik Mesin (Mechanical Engineering)
Fakultas / Sekolah (Faculty / School)
Fakultas Teknik (Engineering Faculty)
Kode Kuliah (Course Number)
UNI 1201
Nama Kuliah (Course Title)
Pendidikan Agama Islam
Beban Kuliah (Course Load)
2 sks / 2 crs.
Sifat Kuliah (Wajib / Pilihan)
Course Type (Mandatory / Elective)
Pilihan Wajib Prodi
(Selection Program-Mandatory)
Prasyarat (Prerequisites)
Syarat Pengambilan Bersama (CoRequisites)
Referensi Utama (Primary References)
–     H.E.S Ansari,M.A., Kuliah al-Islam, Pustaka Bandung,1990
 –     Jujun S. Suriasumantri, Filsafat Ilmu, Sinar Harapan, Jakarta, 1984
 –     Maulana Muhammad’ Ali, M.A, LL.B P.T. Ichtiar Baru, Jakarta, 1980
 –     Departemen Agama R.I, Buku Test Pendidikan Agama Islam pada Perguruan Tinggi Umum, Jakarta, 2000
Bahan Pelengkap (Supplemental Material)
Semester Posisi Kuliah (Course Semester)
1
Koordinator Matakuliah (Course Coordinator)
Dosen Pengampu (Course Instructor)
–          Drs. Sahniar Pulungan, MA
–          Drs. Mariani, MA
Beban Kerja Kuliah dalam Jam Per Minggu (Course Load in Hours Per Week)
–    Tatap muka kelas (classroom sessions): 2
–    Responsi / tutorial (tutorials): 3
–    Belajar mandiri (independent study): 4
Deskripsi Matakuliah Sesuai Katalog (Course Description In Catalog)
Tujuan Instruksional Umum (Course Objectives)
Setelah menyelesaikan mata kuliah ini (pada akhir semester) maka diharapkan mahasiswa dapat menjadi mahasiswa yang beriman, dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berbudi pekerti luhur, berpikir filosofis, bersikap rasional dan dinamis, berpandangan luas, ikut serta dalam kerja sama antara umat beragama dalam rangka pengembangan dan pemamfaatan ilmu dan teknologi serta seni untuk kepentingan manusia dan nasioanaldengan pengetahuan agama Islam agar kelak menjadi sarjana yang beriman dan bertakwa.
Luaran-Luaran Pembelajaran Matakuliah
(Course Learning Outcomes)
IABEE SO
Assessment
1.
2.
3.
4.
5.

Rencana Perkuliahan Mingguan (Weekly Course Plan)

Minggu Ke-
(Week No.)
Topik (Topics)
LPK (CLO)1
Sub-topik / indikator kinerja (Subtopics / performance indicators)
Tugas-tugas (Assignments)
1
Manusia dalam pandangan budaya
•    Hakikat manusia
•    Hakikat dan ciri-ciri penalaran
•    Jenis dan sumber-sumber pengetahuan
•    Teori dan institusi kebenaran
Setelah mengikuti kuliah pada pertemuan ini mahasiswa akan dapat menyebutkan ciri-ciri manusia dan membedakanya dari makhluk lain, hakikat dan ciri-ciri penalaran dan membedakannya dari pemikiran lainya, membadakan pengetahuan berdasarkan sumber-sumbernya, menyebutkan dan membedakan teori-teori kebenaran serta agama sebagai kebenaran mutlak
2 – 3 – 4
Manusia dalam pandangan Islam, Agama dan kepercayaan,  Keberadaan agama
•   Istilah Al-Qur’an dan Sunnah tentang manusia
•   Teori-teori kejadian manusia
•   Fungsi dan tugas manusia
•   Tujuan dan program hidup manusia
•   Pengertian, syarat-syarat, klasifikasi dan ciri-ciri agama
•   Perbedaan agama dan alira kepercayaan
•   Sejarah singkat agama Hindu, Budha, Yahudi, nasrani dan Islam
•   Keberadaan agama
•   Beberapa argumentasi pentingnya agama bagi manusia
•   Pendapat yang menyamakan dan menbedakan agama-agama serta argumentasi masing-masing
•   Konsep kerukunan Antar Umat Beragama
Setelah mengikuti kuliah pada pertemuan ini mahasiswa akan dapat Menyebutkan dan menerangkan istilah-istilah yang digunakan Al-Qur’an dan Al-Sunnah tentang manusia, Menyebutkan pengertian, syarat-syarat klasifikasi dan ciri- ciri agama, Menjelaskan keberadaan agama, mengemukakan  beberapa argumentasi pentingnya agama bagi manusia.
5 – 6 – 7
Agama Islam, Metodologi kajian islam, Struktur agama Islam
•   Subtansi agama Islam
•   Al-Qur’an : pengertian, sejarah, kandungan, kedudukan dan kemukzijatannya serta makhlumat dam mustabiyat
•   Al-Sunnah : pengertian, macam-macam, sejarah, kedudukan, fungsi dan perbedaanya dengan Al-Qur’an
•   Kedudukan akal dalam Al-Qur’an dan Al-Sunnah
•   Konsep kerukunan Antar Umat Beragama
•   Cara-cara memahami Al-qur’an dan Al-Sunnah
•   Al-Ra’yu : arti, syarat-syarat, objek, fungsi dan peranan ijtihat
•   Bentuk dan metode-metode ijtihat
•   Taqlid, Ittiba’ dan Tafiq
Iman, Islam, Ihsan
•   Aqidah, Syari’ah, akhlak
Islam ditinjau dari berbagai aspek
•   Salah faham terhadap Islam
Setelah mengikuti kuliah pada pertemuan ini mahasiswa akan dapat menjelaskan islam dalam pengertian yang sebenarnya, menyebutkan cara-cara memahami Al-qur’an dan Al-Sunnah, Menguraikan secara rinci struktur agama islam dalam bentuk iman, islam dan Ihsan, aqidah, syari’ah dan akhlak.
8-9-10-11
Aspek sejarah dan kebudayaan islam, Aspek politik dan lembaga-lembaga kemasyarakatan,  Aspek hukum
•    Periode klasik
•    Periode pertengahan
•    Periode modren
•    Aspek politik
•    Aspek lembaga-lembaga kemasyarakatan
•    Sejarah perkembangan hukum Islam
•    Mazhab-mazhab hukum Islam
•    Poko-pokok kajian hukum Islam
Setelah mengikuti kuliah pada pertemuan ini mahasiswa akan dapat menguraikan pokok-pokok ibadah, hikmah dan tujuannya serta melaksanakan secara baik dan bena, Menguraikan sejarah dan kebudayaan Islam periode klasik sebagai periode kemajuan, periode pertengaha sebagaimana kemunduran. Periode modren sebagaimana masa kebangkitan,  Menguraikan aspek politik dalam ajaran  dan sejarah Islam, lembaga kemasyarakatan dalam ajaran Islam, Menguraikan sejarah pembentukan dan perkembangan Islam
12-13-14-15
Aspek teologi, Aspek falsafat dan mistisisme, Aspek pembaharuan dalam Islam, Zikir dan Do’a.
•   Sejarah pertumbuhan dan perkembangan teologi Isam
•   Aliran-aliran teologi Islam
•   Poko-pokok kajian teologi islam
•   Perkembangan falsafat dalam Islam
•   Failosof muslim dan pemikirannya
•   Sejarah pertumbuhan dan perkembangan mistisisme dalam Islam
•   Tokoh-tokoh sufisme dan pemikirannya
•   Sejarah dan latar belakang munculnya pembaharuan dalam Islam
•    Tokoh-tokoh pembaharuan dan pemikirannya
•    Keutamaan zikir dan do’a
•    Zikir pada waktu pagi dan petang
•    Do’a dala Al-Qur’an
•    Do’a dalam Al-Sunnah
Setelah mengikuti kuliah pada pertemuan ini mahasiswa akan dapat menguraikan sejarah pertumbuhan dan perkembangan teologi Islam, menguraikan aliran-aliran, ciri-ciri dan latar belakang munculnya aliran-aliran teologi dalam Islam, menguraikan pokok-pokok kajian teologi Islam, Menguraikan sejarah pertumbuhan dan perkembangan filsafat dalam Islam, menyebutkan failosof muslim, menguraikan sejarah pertumbuhan dan perkembangan mistisisme dalam Islam, menyebutkan tokoh-tokoh Syufi dan pemikirannya, Menguraikan sejarah dan latar belakang munculnya pembaharuan dalam Islam, menyebutkan tokoh-tokoh pembaharuan dan pemikirannya, Menyebutka kutamaan zikir dan do’a serta do’a dalam Al-Qur’an dan Al-Sunnah.
Tingkat pembelajaran IABEE SO (ABET SO learning level) – L(low), M(medium), H(high)
SO
Deskripsi
Description
Level
0,8
[4].  Mampu merancang suatu proses kerekayasaan dengan menerapkan prinsip perancangan sistem mekanik dari berbagai aplikasi Industri dengan memperhatikan unsur keselamatan, kehandalan, kemudahan serta faktor faktor ekonomi, sosiokultur dan lingkungan.
[4].     Able to design a engineering process by applying the principles of designing mechanical systems from various Industri applications with attention to the element of safety, reliability, convenience and economic factors, sociocultural and environment.
T,S,E
0,4
[5].  Mampu merencanakan dan mendesain proses pengukuran yang presisi dan akurat dalam menyelesaikan masalah keteknikan secara bertanggung jawab dan beretika.
[5].    Able to plan and design precise and accurate measurement process in solving engineering problems with full a responsible and ethical manner.
T,S,E
0,8
[7].  Mampu bekerja sama dalam tim dan memberikan solusi masalah dalam lintas bidang keteknikan dengan memperhatikan faktor-faktor ekonomi, kesehatan dan keselamatan publik, etika dan lingkungan.
[7].     Able to provide solution in cross-engineering field with attention to economic, public health and safety factors, ethics and environmental consideration.
T,A,S
K – (Knowledge) Pengetahuan
P – Pemahaman
T – Terapan(Aplikasi)
A – Analisa
S – Perpaduan (Sintesa)
E – Evaluasi

 

 

PEND. AGAMA PROTESTAN

Program Studi (Study Program)
Teknik Mesin (Mechanical Engineering)
Fakultas / Sekolah (Faculty / School)
Fakultas Teknik (Engineering Faculty)
Kode Kuliah (Course Number)
UNI 1203
Nama Kuliah (Course Title)
Pendidikan Agama Kristen Protestan
Beban Kuliah (Course Load)
2 sks / 2 crs.
Sifat Kuliah (Wajib / Pilihan)
Course Type (Mandatory / Elective)
Pilihan Wajib Prodi
(Selection Program-Mandatory)
Prasyarat (Prerequisites)
Syarat Pengambilan Bersama (CoRequisites)
Referensi Utama (Primary References)
–     Dr. Honeg, Ilmu Agama
–     Dr. H. Berkop, sejarah Gereja
–     Dr. IH Enklarar Alkitab, Tafsiran Alkitab masa kini
–     Dr. Nitrik Boland, dogmatika Masa kini
–     Dr. J. Verkuyl, Etika kristen
Bahan Pelengkap (Supplemental Material)
Semester Posisi Kuliah (Course Semester)
1
Koordinator Matakuliah (Course Coordinator)
Dosen Pengampu (Course Instructor)
–          Drs. Pilemon Bukit, M. Th
Beban Kerja Kuliah dalam Jam Per Minggu (Course Load in Hours Per Week)
–    Tatap muka kelas (classroom sessions): 2
–    Responsi / tutorial (tutorials): 3
–    Belajar mandiri (independent study): 4
Deskripsi Matakuliah Sesuai Katalog (Course Description In Catalog)
Tujuan Instruksional Umum (Course Objectives)
Setelah menyelesaikan mata kuliah ini (pada akhir semester) maka diharapkan mahasiswa dapat menjadi mahasiswa dengan yang beriman,dan bertakwa kepada tuhan yang maha esa,berbudi pekerti luhur,berfikir filosofis,bersikap rasional dan dinamis,berpandangan luas,ikut sertadalam kerja sama umat dalam rangka pengembangan dan pemanfaatan ilmu dan teknologi serta seni untuk kepentingan manusia dan nasionalpengetahuan agama Kristen Protestan agar kelak menjadi sarjana yang beriman dan bertakwa.
Luaran-Luaran Pembelajaran Matakuliah
(Course Learning Outcomes)
IABEE SO
Assessment
1.
2.
3.
4.
5.

Rencana Perkuliahan Mingguan (Weekly Course Plan)

Minggu Ke-
(Week No.)
Topik (Topics)
LPK (CLO)1
Sub-topik / indikator kinerja (Subtopics / performance indicators)
Tugas-tugas (Assignments)
1 –  2 – 3 – 4
Pengertian agama, mengetahui macam-macam agama dan kepercayaan di Indonesia, menjelaskan agama secara umum, Memahami dasar-dasar agama kristen,  Memahami kesaksian alkitap tentang ciptaan tuhan
•   Pengertian umum agama,  istilah agama, tujuan agama, agama suku, agama universal, agama dinamis, agama animis, agama primitip dan modern, agama timur/barat, iman kristen didasarkan kepada yesus kristus,trinitas, alkitap adalah firman allah, alkitap adalah sumber segala-galanya{positif}, allah khaliklangit bumi dan segala isinya, mengapa kita menyelidiki alkitap.
Setelah mengikuti kuliah pada pertemuan ini mahasiswa akan dapat mendefenisikan/menjelaskan pengertian agama , macam-macam agama dan kepercayaan di indonesia, dasar-dasar agama kristen, kesaksian alkitap tentang ciptaan tuhan
5 – 6 – 7 – 8
Dunia terjadi menurut ahli filsafat,ilmu falak manusia menurut teori evolusi, Manusia sebagai wakil tuhan allah didunia penuh dengan tanggung jawab mengelola, Memahami tugas dan tanggung jawab manusia menguasai dan melestarikan alam, Manusia dan masyarakat
•   Segala sesuatu berasal dari api,air,dan udara , .manusia menurut atman, manusia menurut takdir, manusia menurut primitif, manusia adalah gambar peta allah,  manusia adalah makhluk tertinggi, beda manusia dengan makhluk lain, manusia harus mengelola alm secara bertanggung jawab, .memberikan penjelasan arti lestari menurut tuhan allah, pergaulan wanita dan pria{dewasa}, keluarga bahagia dan bertanggung jawab hubungan antar generasi
Setelah mengikuti kuliah pada pertemuan ini mahasiswa akan dapat mendefenisikan/menjelaskan pengetian tentang dunia dan manusia menurut pandangan diluar alkitap, pengertian manusia dan dunia menurut alkitap, tugas dan tanggung jawab manusia menguasai dan melestarikan alam sekitar, tugas dan tanggung jawab manusia mengatur kehidupan bersama.
9  – 10 – 11 – 12
Relasi allah dan manusia, kasih allah terhadap manusia didalam kristus yesus dan menyelamatkan manusia, memahami dan mengenal Kasih Allah di dalam kristus yesus untuk menyelamatkan manusia dan seisi dunia, memahami karya penyelamatan yasus kristus terhadap manusia , Memahami pengharapan kristen, Memahami pengertian roh kudus menurut alkitab
•   Kejatuhan manusia,  kasih allah terhadap manusia, akibat kejatuhan, kasih allah secara vertikal dan horijontal, babtisan roh kudus, perjamuan kudus, buah-buah roh, kabaktian dan doa, karya penyelamatan terhadap adam dan hawa, karya penyelamatan allah kepada nuh, karya penyelamatan melalui hukum taurat, karya penyelamatan allah melalui yesus kristus, karya penyelamatan dengan babtisan air dan roh, pengharapan menurut pandangan farisi, saduse, dan ahli taurat, pengharapan menurut agama hindu, budha, Islam, primitif dan humanisme, Peranan roh kudus menurut pertumbuhan iman kristen, Perana roh kudus dalam kehidupan sehari-hari, Peranan roh kudus terhadap keluarga
Setelah mengikuti kuliah pada pertemuan ini mahasiswa akan dapat mendefenisikan/menjelaskan dosa dan akibat dosa, rencana keselamatan dan penggenapannya dalam Kristus Yesus, pengharapan kristen, Peranan roh kudus.
13-14-15-16
Memahami Iman dan Ilmu pengetahuan, latar belakang timbul hukum taurat, memahami pengertian injil, pandangan tuhan yesus terhadap injil, Hubungan iman dan pengabdian  relevant, mengadakan evaluasi.
•   Pertanggung jawaban iman secara apologia dan apologetic
 Hubungan iman dan ilmu menurut para sarjana, karena ada homo homini lupus bagi bani Israel, bani Israel tidak lagi menghormati tuhan Allah, Pengkaderan dan hubungan yesus dengan murid-Nya, Menentukan tugas
Setelah mengikuti kuliah pada pertemuan ini mahasiswa akan dapat mendefenisikan/menjelaskan Iman dan Ilmu pengetahuan, Hukum Taurat dan Injil, Iman dan pengapdian, Kapita selekta menurut agama kristen protestan
Tingkat pembelajaran IABEE SO (ABET SO learning level) – L(low), M(medium), H(high)
SO
Deskripsi
Description
Level
0,8
[4].  Mampu merancang suatu proses kerekayasaan dengan menerapkan prinsip perancangan sistem mekanik dari berbagai aplikasi Industri dengan memperhatikan unsur keselamatan, kehandalan, kemudahan serta faktor faktor ekonomi, sosiokultur dan lingkungan.
[4].     Able to design a engineering process by applying the principles of designing mechanical systems from various Industri applications with attention to the element of safety, reliability, convenience and economic factors, sociocultural and environment.
T,S,E
0,4
[5].  Mampu merencanakan dan mendesain proses pengukuran yang presisi dan akurat dalam menyelesaikan masalah keteknikan secara bertanggung jawab dan beretika.
[5].    Able to plan and design precise and accurate measurement process in solving engineering problems with full a responsible and ethical manner.
T,S,E
0,8
[7].  Mampu bekerja sama dalam tim dan memberikan solusi masalah dalam lintas bidang keteknikan dengan memperhatikan faktor-faktor ekonomi, kesehatan dan keselamatan publik, etika dan lingkungan.
[7].     Able to provide solution in cross-engineering field with attention to economic, public health and safety factors, ethics and environmental consideration.
T,A,S
K – (Knowledge) Pengetahuan
P – Pemahaman
T – Terapan(Aplikasi)
A – Analisa
S – Perpaduan (Sintesa)
E – Evaluasi

 

 

PRAKTIKUM FISIKA DASAR

Program Studi (Study Program)
Teknik Mesin (Mechanical Engineering)
Fakultas / Sekolah (Faculty / School)
Fakultas Teknik (Engineering Faculty)
Kode Kuliah (Course Number)
RTM1106P
Nama Kuliah (Course Title)
Praktikum Fisika Dasar
Beban Kuliah (Course Load)
1 sks / 1 crs.
Sifat Kuliah (Wajib / Pilihan)
Course Type (Mandatory / Elective)
Pilihan Wajib Prodi
(Selection Program-Mandatory)
Prasyarat (Prerequisites)
Syarat Pengambilan Bersama (CoRequisites)
Referensi Utama (Primary References)
–     D.C BAIRD, 1962 Experimentation : An Introduction to Measurement Theory, and Experiment Design.
–     SUTRISNO, Seri Fisika Dasar mekanika ITB.
–     SEARS & ZEMANSKY, Young “University Physics ; 1982 Ch. X
–     F.W. Sears ; Mechanics, Heat and Sound, Bab 11 dan 14
–     Mekanika Fisika Teknik, Reuben M. Oslon
Bahan Pelengkap (Supplemental Material)
Semester Posisi Kuliah (Course Semester)
1
Koordinator Matakuliah (Course Coordinator)
Dosen Pengampu (Course Instructor)
Beban Kerja Kuliah dalam Jam Per Minggu (Course Load in Hours Per Week)
–    Tatap muka kelas (classroom sessions): 1
–    Responsi / tutorial (tutorials): 2
–    Belajar mandiri (independent study): 3
Deskripsi Matakuliah Sesuai Katalog (Course Description In Catalog)
Mata kuliah praktikum ini merupakan penghantar atau dasar dari beberapa matakuliah berikutnya, beberapa topik yang bibahas dalam kuliah ini adalah Ketidakpastian pada Pengukuran Percobaan, Ketidakpastian pada Fungsi Variabel,Gerak Harmonik Sederhana, Bandul Sederhana, Modulus Young,Modulus Geser, Pesawat Atwood, Bandul Fisis, Koefisien Kekentalan Zat Cair, Kalorimeter, Boyle-Gay Lussac, Momen Inersia, Tegangan Permukaan Zat Cair, Menentukan Pelenturan dan Modulus Elastisitas Batang Kayu
Tujuan Instruksional Umum (Course Objectives)
Mahasiswa akan mampu menggunakan alat-alat yang dipakai, mengetahui cara kerja alat, dan mampu menganalisa data yang diperolah dari percobaan yang dilakukan.
Luaran-Luaran Pembelajaran Matakuliah
(Course Learning Outcomes)
IABEE SO
Assessment
1.
2.
3.
4.
5.

Rencana Perkuliahan Mingguan (Weekly Course Plan)

Minggu Ke-
(Week No.)
Topik (Topics)
LPK (CLO)1
Sub-topik / indikator kinerja (Subtopics / performance indicators)
Tugas-tugas (Assignments)
1
Ketidakpastian pada pengukuran percobaan
•   Pengenalan beberapa alat ukur
pengukuran tunggal
•   Pengukur berulang
•   Pengertian angka berarti
Mampu menggunakan beberapa alat ukur dasar Mampu menentukan ketidakpastian pada pengukuran tunggal,Mampu menentukan ketidakpastian pada pengukur berulang
Mampu mempergunakan pengertian angka berarti
2
Ketidakpastian pada fungsi variabel
•   Menghitung ketidak pastian pada akhir percobaan
•   Memberi interpretasi ketidakpastian dengan tepat
Mampu menghitung ketidak pastian pada akhir percobaan
Mampu memberi interpretasi ketidakpastian dengan tepat
3
Gerak harmonik sederhana
•   Hukum Hooke, Gerak harmonik Sederhana
•   Tetapan pegas dan massa efektif pegas, percepatan   grafitasi
Mengungkapkan hukum Hooke
Menyelesaikan soal-soal Gerak harmonik Sederhana
Menentukan tetapan pegas dan massa efektif pegas dengan melaksanakan percobaan ayunan pegas yang dibebani.
Menentukan percepatan grafitasi dengan mengukur perpanjangan pegas yang dibebani
4
Bandul sederhana
•   Bandul sederhana, percepatan gravitas dengan bandul sederhana
Menyelesaikan soal-soal bandul sederhana
Menentukan percepatan gravitas dengan bandul sederhana
5
Modulus young
•   Modulus Young
Menyelesaikan soal-soal sehubungan dengan penerapan modulus Young
Menentukan modulus Young suatu bahan
6
Modulus geser
•   Sifat elastik
•   Modulus geser
Memahami sifat elastik bahan dibawah pengaruh puntiran
Menyelesaikan soal-soal yang berhubungan dengan puntiran dan modulus geser
Menentukan modulus geser suatu bahan dengan puntiran
7
Pesawat atwood
 •   Gerak translasi dan rotasi
•   Momen inersia katrol.
Menyelesaikan soal-soal tentang gerak translasi dan rotasi dengan menggunakan Hukum Newton.
Melakukan percobaan Atwood untuk memperhatikan berlakunya Hukum Newton dan menghitung momen inersia katrol.
8
Bandul fisis
•   Bandul Fisis, bandul fisis untuk menentukan percepatan gravitasi.
Menyelesaikan soal-soal tentang Bandul Fisis.
Melakukan percoban bandul fisis untuk menentukan percepatan gravitasi.
9
Koefisien kekentalan zat cair
•   Koefisien kekentalan zat cair dengan menggunakan Hukum Stokes
Memahami bahwa gaya gesekan yang dialami benda yang bergerak di dalam fluida (gas dan zat cair) berkaitan dengan kekentalan fluida tersebut
Menentukan koefisien kekentalan zat cair dengan menggunakan Hukum Stokes
10
Kalorimeter dan Boyle-gay lussac
•   Asas Black
•   Kapasitas Kalor bahan
Menyelesaikan soal-soal mengenai Asas Black
Menentukan Kapasitas Kalor bahan dengan menggunakan Kalorimeter
11
Momen inersia
•   Momeninersia
Memahami peran momen inersia pada gerak rotasi benda tegar
Menentukan momen inersia dari benda tegar secara statis dan secara dinamis
Menyelesaikan soal-soal yang berkaitan dengan momen inersia dari benda tegar
12
Tegangan permukaan zat cair
•   Tegangan permukaan zat cair
Memehami permasalahan tegangan permukaan dan dapat dilakukan pengukuran besarnya tegangan permukaan
13
Menentukan pelenturan dan modulus elastisitas batang kayu
•   Modulus elastis batang kayu
Mengetahui cara menentukan pelenturan dan modulus elastis batang kayu
Mengetahui cara membaca skala dan menghindari kesalahan paralaks
Tingkat pembelajaran IABEE SO (ABET SO learning level) – L(low), M(medium), H(high)
SO
Deskripsi
Description
Level
  1
[1].  Mampu menerapkan matematika, sains, material dan prinsip rekayasa (engineering principles) yang mencakup pengetahuan desain, produksi, operasi, dan pemeliharaan untuk menyelesaikan permasalahan teknik mesin
 [1].   Able to apply math, science, material and engineering principles that include design, production, operation and maintenance knowledge to solve mechanical engineering problems.
K,P
K – (Knowledge) Pengetahuan
P – Pemahaman
T – Terapan(Aplikasi)
A – Analisa
S – Perpaduan (Sintesa)
E – Evaluasi