Semester 4

Rencana Pembelajaran Semester (RPS/SAP)

 

   

PROGRAM STUDI SARJANA
TEKNIK MESIN FAKULTAS TEKNIK
UNIVERSITAS SUMATERA UTARA
Gedung J17 Jl. Almamater Kampus USU Medan 2015
dtm.usu.ac.id

 

 

Semester 4

 

DESAIN ELEMEN MESIN II

Program Studi (Study Program)
Teknik Mesin (Mechanical Engineering)
Fakultas / Sekolah (Faculty / School)
Fakultas Teknik (Engineering Faculty)
Kode Kuliah (Course Number)
RTM 2204
Nama Kuliah (Course Title)
Desain Element Mesin II
Beban Kuliah (Course Load)
3 sks / 3 crs.
Sifat Kuliah (Wajib / Pilihan)
Course Type (Mandatory / Elective)
Pilihan Wajib Prodi
(Selection Program-Mandatory)
Prasyarat (Prerequisites)
Syarat Pengambilan Bersama (CoRequisites)
Referensi Utama (Primary References)
–     SPOT Design Of Machine Element
–     PerencanaanTeknik Mesin Oleh Yoseph Seigley dan Gandhy Harahap,M.Sc
–     Rancangan elemen mesin, oleh Sularso
–     Machine element, Oleh Hall dan Hollowenko.
Bahan Pelengkap (Supplemental Material)
Semester Posisi Kuliah (Course Semester)
4
Koordinator Matakuliah (Course Coordinator)
Dosen Pengampu (Course Instructor)
Ir. Tugirman, MT
Beban Kerja Kuliah dalam Jam Per Minggu (Course Load in Hours Per Week)
–    Tatap muka kelas (classroom sessions): 3
–    Responsi / tutorial (tutorials): 4
–    Belajar mandiri (independent study): 5
Deskripsi Matakuliah Sesuai Katalog (Course Description In Catalog)
Mata kuliah ini mengkaji mengenai kopling tidak tetap, perencanaan rem dan pegas, system pelumasan pada  bantalan.
Tujuan Instruksional Umum (Course Objectives)
Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa diharapkan dapat membuat suatu rancangan suatu design mesin dengan mengaplikasikan prinsip-prinsip ilmu elemen mesin yang mencakup perhitungan bagian-bagian mesin tersebut.
Luaran-Luaran Pembelajaran Matakuliah
(Course Learning Outcomes)
IABEE SO
Assessment
1.
2.
3.
4.
5.

Rencana Perkuliahan Mingguan (Weekly Course Plan)

Minggu Ke-
(Week No.)
Topik (Topics)
LPK (CLO)1
Sub-topik / indikator kinerja (Subtopics / performance indicators)
Tugas-tugas (Assignments)
1, 2, 3
Kopling tidak tetap
•   Kopling gesek
•   Plat tunggal
•   Kopling gesek plat ganda
•   Kopling kerucut
•   Kopling cakar
•   Kopling Hidraulik
•   Menghitung kekuatan, kapasitas, dan ukuran-ukuran (dimensi) kopling.
Menjelaskan prinsip kerja kopling dan perhitungannya
4,5,6,7
Perencanaan rem dan pegas
•   Rem luar
•   Rem dalam
•   Rem Pita
•   Pegas
•   Kekuatan/ukuran-ukuran rem dan pegas.
Menjelaskan berbagai macam jenis rem dan pegas dan perhitungannya
8,9,10,11,12
System pelumasan dan bantalan
•   Pelumasan dan perencanaan bantalan
•   Persamaan petrafis
 Angka SOMERFELd
Menjelaskan jenis pelumasan dan system bantalan
Tingkat pembelajaran IABEE SO (ABET SO learning level) – L(low), M(medium), H(high)
SO
Deskripsi
Description
Level
1,2
[2].  Mampu mendeskripsikan rancangan dalam bentuk gambar teknik menggunakan perangkat lunak CAD sesuai dengan ketentuan/standarisasi (ISO, SNI, dll.); dan merancang buku manual pengoperasian dan perawatan.
[2].  Able to describe the design in accordance with the standardization (ISO, SNI, etc.); and also manuals operation and maintenance.
K,P,T
0,9
[5].  Mampu merencanakan dan mendesain proses pengukuran yang presisi dan akurat dalam menyelesaikan masalah keteknikan secara bertanggung jawab dan beretika.
[5].  Able to plan and design precise and accurate measurement process in solving engineering problems with full a responsible and ethical manner.
T,S,E
0,9
[6].  Mampu memilih sumberdaya dan memanfaatkan perangkat perancangan-dan-analisis berbasis TIK dan komputasi untuk melakukan aktivitas rekayasa teknik mesin
[6].  Able to design a engineering process by applying the principles of designing mechanical systems from various Industri applications with attention to the element of safety, reliability, convenience and economic factors, sociocultural and environment.
T,A,S
K – (Knowledge) Pengetahuan
P – Pemahaman
T – Terapan(Aplikasi)
A – Analisa
S – Perpaduan (Sintesa)
E – Evaluasi

 

 

GETARAN MEKANIS

Program Studi (Study Program)
Teknik Mesin (Mechanical Engineering)
Fakultas / Sekolah (Faculty / School)
Fakultas Teknik (Engineering Faculty)
Kode Kuliah (Course Number)
RTM 2201
Nama Kuliah (Course Title)
Getaran Mekanis
Beban Kuliah (Course Load)
2 sks / 2 crs.
Sifat Kuliah (Wajib / Pilihan)
Course Type (Mandatory / Elective)
Pilihan Wajib Prodi
(Selection Program-Mandatory)
Prasyarat (Prerequisites)
Syarat Pengambilan Bersama (CoRequisites)
Referensi Utama (Primary References)
–     William T. Thomson dan Lea Prasetyo,,Teori Getaran Dengan Penerapan, Edisi Kedua tahun 1986, Penerbit Erlangga, Jakarta.
–     M.L. James/G.M. Smith, J.C. Wolford/P.W. Whaley, Vibration of Mechanical and Structural Systems, With Microcomputer Applications, Harper & Row, Publisher, New York. 1986.
Bahan Pelengkap (Supplemental Material)
Semester Posisi Kuliah (Course Semester)
4
Koordinator Matakuliah (Course Coordinator)
Dosen Pengampu (Course Instructor)
Dr.Ing.Ir. Ikhwansyah Isranuri
Beban Kerja Kuliah dalam Jam Per Minggu (Course Load in Hours Per Week)
–    Tatap muka kelas (classroom sessions): 2
–    Responsi / tutorial (tutorials): 3
–    Belajar mandiri (independent study): 4
Deskripsi Matakuliah Sesuai Katalog (Course Description In Catalog)
Mata Kuliah ini mempelajari prinsip-prinsip getaran yang timbul dalam sistem atau struktur mesin yang bertujuan untuk mengetahui efek vibrasi pada mesin dan struktur lainnya
Tujuan Instruksional Umum (Course Objectives)
Setelah menyelesaikan mata kuliah ini mahasiswa akan dapat membuat model dan menurunkan persamaan gerak dalam bentuk matematik maupun dalam bentuk matriks, menghitung, dan menganalisa karakteristik vibrasi dari suatu struktur mesin maupun lainnya
Luaran-Luaran Pembelajaran Matakuliah
(Course Learning Outcomes)
IABEE SO
Assessment
1.
2.
3.
4.
5.

Rencana Perkuliahan Mingguan (Weekly Course Plan)

Minggu Ke-
(Week No.)
Topik (Topics)
LPK (CLO)1
Sub-topik / indikator kinerja (Subtopics / performance indicators)
Tugas-tugas (Assignments)
1-2
Gerak Osilasi
Getaran Bebas satu derajat kebebasan
•   Gerak harmonik, Periodik, Terminologi Getaran
•   Sistem-sistem dasar yang dapat bergetar
•   Persamaan Dasar Gerak Metode D’ Alembert
•   frekuensi natural (pribadi)
mampu memahami dan dapat menghitung, menganalisa pokok bahasan yang diberikan.
3-4
Getaran Bebas satu derajat kebebasan
•   Metode Energi
•   Getaran teredam viskos
 mampu memahami dan dapat menghitung, menganalisa pokok bahasan yang diberikan.
5-6
Getaran Paksa
•   Getaran harmonik paksa
•   Kesetimbangan rotasi
massa tidak setimbang, akibat efek tumpuan
mampu memahami dan dapat menghitung, menganalisa pokok bahasan yang diberikan.
7
Evaluasi I (Quiz I)
•   Menjelang UTS
mampu memahami dan dapat menghitung, menganalisa pokok bahasan yang diujikan.
8
UTS (Ujian Tengah Semester)
mampu memahami dan menghitung, menganalisa pokok bahasan yang diujikan
9-10
Getaran Dua Derajat Kebebasan
•   Persamaan gerak
•   Frekuensi natural
•   Modus getar
•   Eigen vektor
•   Eigen vektor orthogonal
mampu memahami dan menghitung, menganalisa pokok bahasan yang diberikan
11-12
Getaran Multi (Banyak) Derajat Kebebasan
•   Persamaan gerak metode matriks
•   Frekuensi natural
•   Modus getar
•   Eigen vektor
•   Eigen vektor orthogonal
mampu memahami dan menghitung, menganalisa pokok bahasan yang diberikan
13-14
Kopling
•    Kopling Statik
•    Kopling Dinamik
•    Kopling Statik-Dinamik
mampu memahami dan menghitung, menganalisa pokok bahasan yang diberikan
15
Evaluasi II (Quiz II)
•   Menjelang UAS
mampu memahami dan menghitung, menganalisa pokok bahasan yang diujikan
16
UAS (Ujian Akhir Semester)
•   Melakukan Ujian Akhir Semester (UAS)
mampu memahami dan menghitung, menganalisa pokok bahasan yang diujikan
Tingkat pembelajaran IABEE SO (ABET SO learning level) – L(low), M(medium), H(high)
SO
Deskripsi
Description
Level
0,8
[3].  Mampu merancang dan merekayasa kontruksi  mesin dengan menerapkan teori dan prinsip rekayasa mekanik dengan benar. Serta merancang Prosedur Standard operasi Mesin dan Merancang Perawatan mesin-mesin produksi;
[3].  Able to design machinery construction by applying the principles of mechanical engineering. As well as designing Standard Operating Procedures for Machinery and Maintenance planning;
T,A,S
0,8
[4].  Mampu merancang suatu proses kerekayasaan dengan menerapkan prinsip perancangan sistem mekanik dari berbagai aplikasi Industri dengan memperhatikan unsur keselamatan, kehandalan, kemudahan serta faktor faktor ekonomi, sosiokultur dan lingkungan.
[4].  Able to design a engineering process by applying the principles of designing mechanical systems from various Industri applications with attention to the element of safety, reliability, convenience and economic factors, sociocultural and environment.
T,S,E
0,4
[9].  Mampu melakukan identifikasi, formulasi dan analisis masalah rekayasa sesuai dengan bidang keilmuan teknik mesin melalui penelitian.
[9].  Able to identify, formulate and analyse engineering problems in accordance with the field of mechanical engineering through research.
A,S,E
K – (Knowledge) Pengetahuan
P – Pemahaman
T – Terapan(Aplikasi)
A – Analisa
S – Perpaduan (Sintesa)
E – Evaluasi

 

 

MATEMATIKA TEKNIK II

Program Studi (Study Program)
Teknik Mesin (Mechanical Engineering)
Fakultas / Sekolah (Faculty / School)
Fakultas Teknik (Engineering Faculty)
Kode Kuliah (Course Number)
RTM 2202
Nama Kuliah (Course Title)
Matematika Teknik II
Beban Kuliah (Course Load)
3 sks / 3 crs.
Sifat Kuliah (Wajib / Pilihan)
Course Type (Mandatory / Elective)
Pilihan Wajib Prodi
(Selection Program-Mandatory)
Prasyarat (Prerequisites)
Syarat Pengambilan Bersama (CoRequisites)
Referensi Utama (Primary References)
–     Erwin Kreyszig,1999,  Advanced Engineering Mathematics, John Wiley &  Son, Edisi ke 8.
Bahan Pelengkap (Supplemental Material)
Semester Posisi Kuliah (Course Semester)
4
Koordinator Matakuliah (Course Coordinator)
Dosen Pengampu (Course Instructor)
Dr. Tulus Burhanuddin Sitorus, ST.MT
Beban Kerja Kuliah dalam Jam Per Minggu (Course Load in Hours Per Week)
–    Tatap muka kelas (classroom sessions): 3
–    Responsi / tutorial (tutorials): 4
–    Belajar mandiri (independent study): 5
Deskripsi Matakuliah Sesuai Katalog (Course Description In Catalog)
Perkuliahan ini membahas tentang analisa kompleks, deret Taylor, integrasi fungsi kompleks.
Tujuan Instruksional Umum (Course Objectives)
Setelah menyelesaikan mata kuliah ini mahasiswa diharapkan dapat menggunakan analisa kompleks dalam bidang keteknikan dan sebagai dasar penunjang untuk mata kuliah lainnya.
Luaran-Luaran Pembelajaran Matakuliah
(Course Learning Outcomes)
IABEE SO
Assessment
1.
2.
3.
4.
5.

Rencana Perkuliahan Mingguan (Weekly Course Plan)

Minggu Ke-
(Week No.)
Topik (Topics)
LPK (CLO)1
Sub-topik / indikator kinerja (Subtopics / performance indicators)
Tugas-tugas (Assignments)
1,2,3
Bilangan dan fungsi Kompleks dan Pemetaan Conformal
•   Bilangan Kompleks
•   Bidang Kompleks
•   Bentuk Polar Bil. Kompleks
•   Power dan Akar
•   Turunan Fungsi Analitik
•   Pers. Cauchy-Riemann
•   Geometri Fungsi Analitik (Pemetaan Confromal)
•   Fungsi Eksponensial
•   Fungsi Trigonometrik
•   Fungsi Hiperbolik
•   Logaritma
•   Transformasi Fraksi Linear
•   Permukaan Riemann.
dapat menghitung, menganalisa pokok bahasan yang diberikan
4,5
Integrasi Fungsi Kompleks
•   Integral Garis dalam Bidang Kompleks
•   Teorema Integral Cauchy
•   Formula Integral Cauchy
•   Turunan Fungsi-fungsi Analitik
 dapat menghitung, menganalisa pokok bahasan yang diberikan
6,7
Deret Pangkat, Deret Taylor
•   Urutan, Deret
•   Test Konvergensi
•   Deret Pangkat
•   Fungsi-fungsi yang diperoleh oleh Deret Pangkat
•   Deret Taylor , Deret Maclaurin
•   Konvergensi Uniform.
dapat menghitung, menganalisa pokok bahasan yang diberikan
8,9
Deret Laurent, Integrasi Residu
•   Deret Laurent
•   Singularitas dan Nol
•   Tak berhingga
•   Metode Integrasi Residu
•   Evaluasi Integral Nyata
dapat menghitung, menganalisa pokok bahasan yang diberikan
10,11,12
Penerapan Kompleks Pada Teori Potensial
•   Medan Elektorstatik
•   Pengggunaan Pemetaan Konformal
•   Masalah Perpindahan Panas
•   Aliran Fluida
•   Formula Integral Poisson
•   Fungsi Harmonik
dapat menghitung, menganalisa pokok bahasan yang diberikan
Tingkat pembelajaran IABEE SO (ABET SO learning level) – L(low), M(medium), H(high)
SO
Deskripsi
Description
Level
  3
[1].  Mampu menerapkan matematika, sains, material dan prinsip rekayasa (engineering principles) yang mencakup pengetahuan desain, produksi, operasi, dan pemeliharaan untuk menyelesaikan permasalahan teknik mesin
[1].    Able to apply math, science, material and engineering principles that include design, production, operation and maintenance knowledge to solve mechanical engineering problems.
K,P
K – (Knowledge) Pengetahuan
P – Pemahaman
T – Terapan(Aplikasi)
A – Analisa
S – Perpaduan (Sintesa)
E – Evaluasi

 

 

PERPINDAHAN PANAS I

Program Studi (Study Program)
Teknik Mesin (Mechanical Engineering)
Fakultas / Sekolah (Faculty / School)
Fakultas Teknik (Engineering Faculty)
Kode Kuliah (Course Number)
RTM 2203
Nama Kuliah (Course Title)
Perpindahan Panas I
Beban Kuliah (Course Load)
2 sks / 2 crs.
Sifat Kuliah (Wajib / Pilihan)
Course Type (Mandatory / Elective)
Pilihan Wajib Prodi
(Selection Program-Mandatory)
Prasyarat (Prerequisites)
Syarat Pengambilan Bersama (CoRequisites)
Referensi Utama (Primary References)
–     Fundamental of heat transfer, 1981-frank P. Incropera & David P. Dewitt
–     Initiation aux transferts thermiques, CENTRE d’actualisation seientifique et technique, INSA de lyon, 1982 coordonnateur J.F SACADURA
Bahan Pelengkap (Supplemental Material)
Semester Posisi Kuliah (Course Semester)
4
Koordinator Matakuliah (Course Coordinator)
Dosen Pengampu (Course Instructor)
Prof.Dr.Ir. Farel H. Napitupulu, DEA
Beban Kerja Kuliah dalam Jam Per Minggu (Course Load in Hours Per Week)
–    Tatap muka kelas (classroom sessions): 2
–    Responsi / tutorial (tutorials): 3
–    Belajar mandiri (independent study): 4
Deskripsi Matakuliah Sesuai Katalog (Course Description In Catalog)
Mata kuliah ini menjelaskan prinsip pindahan panas, pengantar konduksi, konduksi keadaan stedi 1 dimensi dan 2 dimensi, konduksi transient, radiasi panas, defenisi dan hukum radiasi, pindahan radiasi antara permukaan yang dipisahkan oleh media yang benar-benar transparan.
Tujuan Instruksional Umum (Course Objectives)
Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa diharapkan dapat mengaplikasikan pindahan panas konduksi dan radiasi pada bidang rekayasa yang berhubungan pindahan panas.
Luaran-Luaran Pembelajaran Matakuliah
(Course Learning Outcomes)
IABEE SO
Assessment
1.
2.
3.
4.
5.

Rencana Perkuliahan Mingguan (Weekly Course Plan)

Minggu Ke-
(Week No.)
Topik (Topics)
LPK (CLO)1
Sub-topik / indikator kinerja (Subtopics / performance indicators)
Tugas-tugas (Assignments)
1
Pengantar pindahan panas
•   Pindahan panas konduksi
•   Pindahan panas konveksi
•  Pindahan panas radiasi
•  Hubungan dengan thermo
   Dinamika
Mampu memahami metode perpindahan panas
2
Pengantar konduksi
•   Persamaan laju konduksi
•   Persamaan difusi panas
Mampu memahami perpindahan panas konduksi
3
Dinding rata
System radial
Perpindahan panas dari permukaan yang diperluas
•   Distribusi suhu
•   Tahanan panas
•   Dinding berlapis
•   Tahanan persinggungan
•   Silinder
•   Bola
•   Analisa konduksi umum
•   Sirip dengan penampang merata
•   Performan sirip
Mampu memahami persoalan konduksi panas keadaan stedi 1 dimensi
4
Persamaan benda hingga
Penyelesaian benda hingga
•   Jaringan nodal
• Benda hingga dari persamaan difusi panas
•   Metode neraca energi
•   Metode relaksasi
•   Iterasi Gauss-Seidel
•   Metode invers matriks
Mampu memahami persoalan konduksi panas keadaan stedi 2 dimensi
5
Benda semi tak terhingga
Efek multidimensi
•   Kasus suhu permukaan konstan
•   Kasus konveksi permukaan
•   Penyelesaian multidimensi
Mampu memahami persoalan konduksi transien
6
Definisi dan hukum radiasi panas
Radiasi elektromagnetik
•   Radiasi panas
• Klasifikasi besaran fisika yang digunakan
•   Definisi dan hukum dasar
•   Hukum dan radiasi panas
•   Emisi benda riel
• Radiasi yang diterima benda : refleksi, absorpsi, transmissi
•   Hubungan antara absorpsi dan emisi : hokum Kirce Hoff
•   Relisasi praktis benda hitam
Mampu memahami perpindahan panas radiasi
7
Pindahan radiasi antara permukaan yang dipisahkan oleh media yang benar-benar transparan.
Pindahan radiasi antara permukaan yang dipisahkan media semitransfaran.
Koefesien pindahan panas radiasi
•    Pindahan radiasi antara permukaan hitam
•    Pindahan radiasi antara permukaan opak, abu-abu
Media semitransfaran
•    Propagasi radiasi dalam media semitranfaran non-difusi
•    Koefesien hr
•    Rumus pendekatan hr
•    Evaluasi hr
Mampu memahami perpindahan radiasi antara permukaan yang terpisah
Tingkat pembelajaran IABEE SO (ABET SO learning level) – L(low), M(medium), H(high)
SO
Deskripsi
Description
Level
0,8
[3].  Mampu merancang dan merekayasa kontruksi  mesin dengan menerapkan teori dan prinsip rekayasa mekanik dengan benar. Serta merancang Prosedur Standard operasi Mesin dan Merancang Perawatan mesin-mesin produksi;
[3].  Able to design machinery construction by applying the principles of mechanical engineering. As well as designing Standard Operating Procedures for Machinery and Maintenance planning;
T,A,S
0,8
[4].  Mampu merancang suatu proses kerekayasaan dengan menerapkan prinsip perancangan sistem mekanik dari berbagai aplikasi Industri dengan memperhatikan unsur keselamatan, kehandalan, kemudahan serta faktor faktor ekonomi, sosiokultur dan lingkungan.
[4].   Able to design a engineering process by applying the principles of designing mechanical systems from various Industri applications with attention to the element of safety, reliability, convenience and economic factors, sociocultural and environment.
T,S,E
0,4
[9].  Mampu melakukan identifikasi, formulasi dan analisis masalah rekayasa sesuai dengan bidang keilmuan teknik mesin melalui penelitian.
[9].  Able to identify, formulate and analyse engineering problems in accordance with the field of mechanical engineering through research.
A,S,E
K – (Knowledge) Pengetahuan
P – Pemahaman
T – Terapan(Aplikasi)
A – Analisa
S – Perpaduan (Sintesa)
E – Evaluasi

 

 

PRAKTIKUM ILMU LOGAM FISIK

Program Studi (Study Program)
Teknik Mesin (Mechanical Engineering)
Fakultas / Sekolah (Faculty / School)
Fakultas Teknik (Engineering Faculty)
Kode Kuliah (Course Number)
RTM 2207P
Nama Kuliah (Course Title)
Praktikum Ilmu Logam Fisik
Beban Kuliah (Course Load)
2 sks / 2 crs.
Sifat Kuliah (Wajib / Pilihan)
Course Type (Mandatory / Elective)
Pilihan Wajib Prodi
(Selection Program-Mandatory)
Prasyarat (Prerequisites)
Syarat Pengambilan Bersama (CoRequisites)
Referensi Utama (Primary References)
–     Intro To Physical Metalurgi, Avner, S. H
–     Engineering Material, Ashy M.F dan jones R.H Regamon, Oxford.
Bahan Pelengkap (Supplemental Material)
Semester Posisi Kuliah (Course Semester)
4
Koordinator Matakuliah (Course Coordinator)
Dosen Pengampu (Course Instructor)
Beban Kerja Kuliah dalam Jam Per Minggu (Course Load in Hours Per Week)
–    Tatap muka kelas (classroom sessions): 2
–    Responsi / tutorial (tutorials): 3
–    Belajar mandiri (independent study): 4
Deskripsi Matakuliah Sesuai Katalog (Course Description In Catalog)
Mata kuliah praktikum ini mengkaji bagaimana melakukan pengujian yang meliputi : Pengujian impact, pengujian perlakuan panas, jominy, dan percobaan metalografy.
Tujuan Instruksional Umum (Course Objectives)
Setelah mengikuti praktikum ini mahasiswa diharapkan dapat memahami dan mampu melakukan pengujian, menganalisa, membuat grafik dan kesimpulan.
Luaran-Luaran Pembelajaran Matakuliah
(Course Learning Outcomes)
IABEE SO
Assessment
1.
2.
3.
4.
5.

Rencana Perkuliahan Mingguan (Weekly Course Plan)

Minggu Ke-
(Week No.)
Topik (Topics)
LPK (CLO)1
Sub-topik / indikator kinerja (Subtopics / performance indicators)
Tugas-tugas (Assignments)
1-2
Pengujian impact
•   Charpy dan izod dan spesmen, jenis-jenis takik
•   Energi awal, energi akhir. Deskripsi jenis-jenis patahan.
mampu memahami dan mampu melakukan pengujian,menganalisa membuat grafik  dan kasimpulan-kesimpulan pada pengujian impact.
3-4
Pengujian perlakuan panas
•   Menghaluskan permukaan, mengukur kekerasan, rata-ratakan
•   Temperatur pemanasan, temperature kritis A11, A13, A3,Acm, penahanan temperature, pendinginan bervariasi.
•   Bersihkan uji kekerasan
•   Jelaskan fasa-fasa yang terjadi
 mampu memahami dan mampu melakukan pengujian,menganalisa membuat grafik  dan kasimpulan-kesimpulan pada pengujian perlakuan panas.
5-6
Pengujian jominy
•   Hardenaability, pengaruh komposisi, Cr, C dan lain-lain. Pemanasan ke A3, pendinginan ujung dengan air
•   Laju pendingin kritis
•   Hardenability band
mampu memahami dan mampu melakukan pengujian,menganalisa membuat grafik  dan kasimpulan-kesimpulan pada pengujian jominy
7-8
Pengujian metalography
•   Fasa-fasa pada baja dan logam Al, Cu, Ti, pemeriksaan dengan kertas pasir
•   Blish, jenis-jenis etsa dan pengetsaan, pemeriksaan mikroskop, fotografy
mampu memahami dan mampu melakukan pengujian,menganalisa membuat grafik  dan kasimpulan-kesimpulan pada pengujian metalografy.
9-10
Pengujian impact
•   Assistensi laporan pengujian impact
mampu memahami dan mampu melakukan pengujian,menganalisa membuat grafik  dan kasimpulan-kesimpulan yang dibuat dalam bentuk laporan  pada pengujian impact.
11-12
Pengujian perlakuan panas
•    Assistensi laporan pengujian perlakuan panas
mampu memahami dan mampu melakukan pengujian,menganalisa membuat grafik  dan kasimpulan-kesimpulan yang dibuat dalam bentuk laporan  pada pengujian perlakuan panas
13-14
Pengujian jominy
•   Assistensi laporan pengujian jominy
mampu memahami dan mampu melakukan pengujian,menganalisa membuat grafik  dan kasimpulan-kesimpulan yang dibuat dalam bentuk laporan  pada pengujian jominy.
15-16
Pengujian metalography.
•   Assistensi laporan pengujian metalography
mampu memahami dan mampu melakukan pengujian,menganalisa membuat grafik  dan kasimpulan-kesimpulan yang dibuat dalam bentuk laporan  pada pengujian metalography.
Tingkat pembelajaran IABEE SO (ABET SO learning level) – L(low), M(medium), H(high)
SO
Deskripsi
Description
Level
0,4
[1].  Mampu menerapkan matematika, sains, material dan prinsip rekayasa (engineering principles) yang mencakup pengetahuan desain, produksi, operasi, dan pemeliharaan untuk menyelesaikan permasalahan teknik mesin
[1].  Able to apply math, science, material and engineering principles that include design, production, operation and maintenance knowledge to solve mechanical engineering problems.
K,P
  1
[4].  Mampu merancang suatu proses kerekayasaan dengan menerapkan prinsip perancangan sistem mekanik dari berbagai aplikasi Industri dengan memperhatikan unsur keselamatan, kehandalan, kemudahan serta faktor faktor ekonomi, sosiokultur dan lingkungan.
[4].   Able to design a engineering process by applying the principles of designing mechanical systems from various Industri applications with attention to the element of safety, reliability, convenience and economic factors, sociocultural and environment.
T,S,E
0,6
[6].  Mampu memilih sumberdaya dan memanfaatkan perangkat perancangan-dan-analisis berbasis TIK dan komputasi untuk melakukan aktivitas rekayasa teknik mesin
[6].   Capable of selecting resources and utilizing computational design-and-analysis tools for mechanical engineering activities.
T,A,S
K – (Knowledge) Pengetahuan
P – Pemahaman
T – Terapan(Aplikasi)
A – Analisa
S – Perpaduan (Sintesa)
E – Evaluasi

 

 

PROSES PRODUKSI

Program Studi (Study Program)
Teknik Mesin (Mechanical Engineering)
Fakultas / Sekolah (Faculty / School)
Fakultas Teknik (Engineering Faculty)
Kode Kuliah (Course Number)
RTM 2205
Nama Kuliah (Course Title)
Proses Produksi
Beban Kuliah (Course Load)
2 sks / 2 crs.
Sifat Kuliah (Wajib / Pilihan)
Course Type (Mandatory / Elective)
Pilihan Wajib Prodi
(Selection Program-Mandatory)
Prasyarat (Prerequisites)
Syarat Pengambilan Bersama (CoRequisites)
Referensi Utama (Primary References)
–     Kalpakjian,S, Manufacturing Proceses for Engineering Materials
–     Alexander,J.M, Manufacturing Technologi vol I, Engineering Materials
–     Hosford, W.F. and Caddell, R.M, Metal forming Mechanics and metallurgy
Bahan Pelengkap (Supplemental Material)
Semester Posisi Kuliah (Course Semester)
4
Koordinator Matakuliah (Course Coordinator)
Dosen Pengampu (Course Instructor)
Ir.Syahrul Abda, M.Sc
Beban Kerja Kuliah dalam Jam Per Minggu (Course Load in Hours Per Week)
–    Tatap muka kelas (classroom sessions): 2
–    Responsi / tutorial (tutorials): 3
–    Belajar mandiri (independent study): 4
Deskripsi Matakuliah Sesuai Katalog (Course Description In Catalog)
Mata kuliah ini menjelaskan tentang material dan proses produksinya dengan menggunakan teknik pembentukan  (forming), seperti penempaan (forging), pengerolan (rolling), penarikan (drawing), dan. ekstrusi (extrusion)
Tujuan Instruksional Umum (Course Objectives)
Setelah mengikuti mata kuliah inimahasiswa akan dapat memahami persoalan-persoalan dasar tentang mekanika, menganalisa gaya dan tegangan pada proses pembentukan.
Luaran-Luaran Pembelajaran Matakuliah
(Course Learning Outcomes)
IABEE SO
Assessment
1.
2.
3.
4.
5.

Rencana Perkuliahan Mingguan (Weekly Course Plan)

Minggu Ke-
(Week No.)
Topik (Topics)
LPK (CLO)1
Sub-topik / indikator kinerja (Subtopics / performance indicators)
Tugas-tugas (Assignments)
1
Gambaran Umum Proses Produksi
•   Prosedur dalam proses produksi sebuah komponen
•   contoh-contoh produk manufaktur.
Mengenal Proses Produksi dan hal-hal yang terkait didalamnya
2
Gambaran Umum Proses Produksi
•   Kriteria dalam pemilihan bahan dan proses
Mengenal Proses Produksi dan hal-hal yang terkait didalamnya
3
Sifat-sifat mekanis bahan
•   Pengujian bahan
Mengenal sifat-sifat mekanik bahan
4
Sifat-sifat mekanis bahan
•   Pengujian bahan
Mengenal sifat-sifat mekanik bahan
5
Sifat-sifat mekanis bahan
•   Tegangan Sisa
Mengenal sifat-sifat mekanik bahan
6
Sifat-sifat mekanis bahan
•   Kriteria Luluh
•   Kerja Pembentukan
Mengenal sifat-sifat mekanik bahan
7
Sifat-sifat mekanis bahan
•   Beberapa metode analisis proses pengerjaan logam
Mengenal sifat-sifat mekanik bahan
8
Proses perubahan bentuk plastis dan analisa proses produksinya
•   Tempa, Tempa dengan die terbuka dan die tertutup
•   Gaya-gaya dan kerja pembentukan
Memahami proses perubahan bentuk
9
Proses perubahan bentuk plastis dan analisa proses produksinya
•   Desain die
•   Cacat pada penempaan
•   Peralatan tempa
•   Rolling
Memahami proses perubahan bentuk
10
Proses perubahan bentuk plastis dan analisa proses produksinya
•   Rol datar (analisa gaya, tegangan, torsi, daya, friksi, tarikan,defleksi rol)
•   Cacat pada produk pengerolan,
macam proses rolling, ring rolling
Memahami proses perubahan bentuk
11
Proses perubahan bentuk plastis dan analisa proses produksinya
•   Ekstrusi: aliran logam pada proses produksi, gaya dan tegangan pada proses ekstrusi dan ekstrusi pipa
Memahami proses perubahan bentuk
12
Proses perubahan bentuk plastis dan analisa proses produksinya
•   Ekstrusi dalam praktek (ekstrusi panas, dingin, impak), cacat pada proses ekstrusi
Memahami proses perubahan bentuk
Tingkat pembelajaran IABEE SO (ABET SO learning level) – L(low), M(medium), H(high)
SO
Deskripsi
Description
Level
0,4
[4].  Mampu merancang suatu proses kerekayasaan dengan menerapkan prinsip perancangan sistem mekanik dari berbagai aplikasi Industri dengan memperhatikan unsur keselamatan, kehandalan, kemudahan serta faktor faktor ekonomi, sosiokultur dan lingkungan.
 [4]. Able to design a engineering process by applying the principles of designing mechanical systems from various Industri applications with attention to the element of safety, reliability, convenience and economic factors, sociocultural and environment.
T,S,E
0,2
[5].  Mampu merencanakan dan mendesain proses pengukuran yang presisi dan akurat dalam menyelesaikan masalah keteknikan secara bertanggung jawab dan beretika.
[5].  Able to plan and design precise and accurate measurement process in solving engineering problems with full a responsible and ethical manner.
T,S,E
0,6
[6].  Mampu memilih sumberdaya dan memanfaatkan perangkat perancangan-dan-analisis berbasis TIK dan komputasi untuk melakukan aktivitas rekayasa teknik mesin
[6].  Capable of selecting resources and utilizing computational design-and-analysis tools for mechanical engineering activities.
T,A,S
0,8
[7].  Mampu bekerja sama dalam tim dan memberikan solusi masalah dalam lintas bidang keteknikan dengan memperhatikan faktor-faktor ekonomi, kesehatan dan keselamatan publik, etika dan lingkungan.
[7].  Able to provide solution in cross-engineering field with attention to economic, public health and safety factors, ethics and environmental consideration.
T,A,S
K – (Knowledge) Pengetahuan
P – Pemahaman
T – Terapan(Aplikasi)
A – Analisa
S – Perpaduan (Sintesa)
E – Evaluasi

 

 

STATISTIKA STRUKTUR

Program Studi (Study Program)
Teknik Mesin (Mechanical Engineering)
Fakultas / Sekolah (Faculty / School)
Fakultas Teknik (Engineering Faculty)
Kode Kuliah (Course Number)
RTM 2208
Nama Kuliah (Course Title)
Statistika Struktur
Beban Kuliah (Course Load)
3 sks / 3 crs.
Sifat Kuliah (Wajib / Pilihan)
Course Type (Mandatory / Elective)
Pilihan Wajib Prodi
(Selection Program-Mandatory)
Prasyarat (Prerequisites)
Syarat Pengambilan Bersama (CoRequisites)
Referensi Utama (Primary References)
–     Mechanics for Engineers Statics oleh Ferdinand P.Beer and E.Russell Jhonston Jr.
–     Mekanika Bahan oleh Gere dan Timoshenko
Bahan Pelengkap (Supplemental Material)
Semester Posisi Kuliah (Course Semester)
4
Koordinator Matakuliah (Course Coordinator)
Dosen Pengampu (Course Instructor)
Ir. Tugiman, MT
Beban Kerja Kuliah dalam Jam Per Minggu (Course Load in Hours Per Week)
–    Tatap muka kelas (classroom sessions): 3
–    Responsi / tutorial (tutorials): 4
–    Belajar mandiri (independent study): 5
Deskripsi Matakuliah Sesuai Katalog (Course Description In Catalog)
Mata kuliah ini menjelaskan secara umum dan rinci tentang gaya-gaya dalam dua dan tiga dimensi, Statika benda tegar dalam dua dan tiga dimensi, Titik Pusat, Analisa Struktur, Analisa Rangka dan Mesin, Gaya Lintang, Momen Lentur, dan Momen Inertia.
Tujuan Instruksional Umum (Course Objectives)
Setelah mengikuti kuliah ini mahasiswa diharapkan mampu menghitung gaya, momen, titik berat, Momen lentur, Diagram momen lentur, dan momen inertia.
Luaran-Luaran Pembelajaran Matakuliah
(Course Learning Outcomes)
IABEE SO
Assessment
1.
2.
3.
4.
5.

Rencana Perkuliahan Mingguan (Weekly Course Plan)

Minggu Ke-
(Week No.)
Topik (Topics)
LPK (CLO)1
Sub-topik / indikator kinerja (Subtopics / performance indicators)
Tugas-tugas (Assignments)
1
Gaya-Gaya Dua Dimensi
•   Konsep & Prinsip Dasar Mekanika
•   Perjumlahan dan Pengurangan Gaya
•   Kesetimbangan Gaya Dua Dimensi
Mampu menjumlahkan dan mengurangkan gaya-gaya pada Partikel.
2
Gaya-Gaya Tiga Dimensi
•   Perjumlahan dan Pengurangan Gaya
•   Kesetimbangan Gaya Tiga Dimensi
Mampu menjumlahkan dan mengurangkan gaya-gaya pada Partikel
3
Statika Benda Tegar Dalam Dua Dimensi
•   Momen Gaya, Teori Varigon
•   Momen Kopel
•   Sistem Equivalent
Mampu menjumlahkan gaya-gaya dalam benda tegar.
4
Statika Benda Tegar Dalam Dua Dimensi
•   Reaksi Pada Tumpuan/Sambungan
•   Kesetimbangan Gaya/Momen
Mampu menjumlahkan gaya-gaya dalam benda tegar.
5
Statika Benda Tegar Dalam Tiga Dimensi
•   Momen Gaya Dalam Ruang
•   Kopel Sebagai Vektor
Mampu menjumlahkan gaya-gaya dalam benda tegar.
6
Statika Benda Tegar Dalam Tiga Dimensi
•   Reaksi Pada Tumpuan/Sambungan
•   Kesetimbangan Gaya/Momen
Mampu menjumlahkan gaya-gaya dalam benda tegar.
7
Titik Berat
•   Titik berat benda dua dimensi
•   Titik Berat Dari Luas Penampang
Mampu menentukan letak titik berat benda/penampang.
8
Analisa Struktur
•   Menentukan Gaya-Gaya Pada Batang dengan Cara Sambungan
Mampu menentukan gaya-gaya reaksi pada batang.
9
Analisa Rangka Dan Machine
•   Analisa Rangka
 •   Menentukan Gaya-Gaya pada Machine
Mampu menentukan gaya-gaya reaksi pada batang.
10
Gaya Lintang Dan Momen Lentur
•   Jenis-Jenis Balok.
•   Gaya Lintang dan Momen Lentur
Mampu menentukan Reaksi, Gaya Lintang dan Momen Lentur.
11
Gaya Lintang Dan Momen Lentur
•   Hubungan antara beban
•   gaya lintang dan momen lentur
•   Diagram gaya lintang dan momen lentur
Mampu menentukan Reaksi, Gaya Lintang dan Momen Lentur.
12
Momen Inertia
•   Momen inertia dari luas penampang
•   Teori sumbu sejajar
•   Momen Inertia polar
Mampu menghitung momen inertia penampang
Tingkat pembelajaran IABEE SO (ABET SO learning level) – L(low), M(medium), H(high)
SO
Deskripsi
Description
Level
1,2
[1].  Mampu menerapkan matematika, sains, material dan prinsip rekayasa (engineering principles) yang mencakup pengetahuan desain, produksi, operasi, dan pemeliharaan untuk menyelesaikan permasalahan teknik mesin
[1].  Able to apply math, science, material and engineering principles that include design, production, operation and maintenance knowledge to solve mechanical engineering problems.
K,P
0,9
[3].  Mampu merancang dan merekayasa kontruksi  mesin dengan menerapkan teori dan prinsip rekayasa mekanik dengan benar. Serta merancang Prosedur Standard operasi Mesin dan Merancang Perawatan mesin-mesin produksi;
[3].  Able to design machinery construction by applying the principles of mechanical engineering. As well as designing Standard Operating Procedures for Machinery and Maintenance planning;
T,A,S
0,9
[4].  Mampu merancang suatu proses kerekayasaan dengan menerapkan prinsip perancangan sistem mekanik dari berbagai aplikasi Industri dengan memperhatikan unsur keselamatan, kehandalan, kemudahan serta faktor faktor ekonomi, sosiokultur dan lingkungan.
[4].  Able to design a engineering process by applying the principles of designing mechanical systems from various Industri applications with attention to the element of safety, reliability, convenience and economic factors, sociocultural and environment.
T,S,E
K – (Knowledge) Pengetahuan
P – Pemahaman
T – Terapan(Aplikasi)
A – Analisa
S – Perpaduan (Sintesa)
E – Evaluasi

 

 

TERMODINAMIKA TEKNIK II

Program Studi (Study Program)
Teknik Mesin (Mechanical Engineering)
Fakultas / Sekolah (Faculty / School)
Fakultas Teknik (Engineering Faculty)
Kode Kuliah (Course Number)
RTM 2206
Nama Kuliah (Course Title)
Termodinamika Teknik II
Beban Kuliah (Course Load)
3 sks / 3 crs.
Sifat Kuliah (Wajib / Pilihan)
Course Type (Mandatory / Elective)
Pilihan Wajib Prodi
(Selection Program-Mandatory)
Prasyarat (Prerequisites)
Syarat Pengambilan Bersama (CoRequisites)
Referensi Utama (Primary References)
–     Soebiyantoro, Dasar Termodinamika Teknik, Universitas Gunadarma,1997
–     William C. Reynolds, Henry C. Perkins, Engineering thermodynamics, Mc Graw-Hill, Engkand, 1997
 –     Werlin S. Nainggolan, Termodinamika Teori-Soal-Penyelasaian, CV. Armico, Bandung, 1987
Bahan Pelengkap (Supplemental Material)
Semester Posisi Kuliah (Course Semester)
4
Koordinator Matakuliah (Course Coordinator)
Dosen Pengampu (Course Instructor)
Dr.Eng. Himsar Ambarita, ST.MT
Beban Kerja Kuliah dalam Jam Per Minggu (Course Load in Hours Per Week)
–    Tatap muka kelas (classroom sessions): 3
–    Responsi / tutorial (tutorials): 4
–    Belajar mandiri (independent study): 5
Deskripsi Matakuliah Sesuai Katalog (Course Description In Catalog)
Membicarakan konsep dan tingkat keadaan  termodinamika, analisa system termodinamik yang mengandung zat kerja uap dan gas, berbagai siklus tenaga gas dan system penghasil daya dorong, termodinamika campuran-campuran tak bereaksi dan penerapannya, termodinamika campuran-campuran bereaksi dan prinsip dasar pada aliran kompresibel, sifat-sifat stagnasi pada aliaran kompresibel dan aliran isentropic berdimensi satu, perhitungan aliran termampatkan (Kompresibel).
Tujuan Instruksional Umum (Course Objectives)
Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa diharapkan dapat memahami tentang teori dan konsep dasar termodinamik, dan pemecahan masalah termodinamika dalam persoalan teknik mesin serta penerapanya di dalam mesin-mesin konversi energi.
Luaran-Luaran Pembelajaran Matakuliah
(Course Learning Outcomes)
IABEE SO
Assessment
1.
2.
3.
4.
5.

Rencana Perkuliahan Mingguan (Weekly Course Plan)

Minggu Ke-
(Week No.)
Topik (Topics)
LPK (CLO)1
Sub-topik / indikator kinerja (Subtopics / performance indicators)
Tugas-tugas (Assignments)
1-2
Tingkat keadaan  termodinamika
•   Persamaan Gibbs.
•   Persamaan tingkat keadaan gas sempurna.
•   Persamaan tingkat kaadaan aljabar cairan inkompresibel.
•   Persamaan diferensial tingkat keadaan
mampu memahami pengunaan hukum-hukum pertama dan kedua untuk mendapatrkan informasi persamaan tingkat keadaan umum dan khusus
3-4
Analisa system termodinamik yang mengandung zat kerja uap dan gas .
•   Bebagai model proses
•   Sistem tenaga uap, penggunaan siklus Rangkine, berbagai modifikasi siklus Rangkine, penerapan siklus Rangkine, Sistem refrigerasi kompresi uap.
•   Sistem tenaga turbin gas khusus, proses kompresi aliran stasioner, siklus Brayton dan berbagai modifikasinya, penerapan siklus brayton dan system refrigerasi siklus udara
 mampu memahami dan menganalisa berbagai system yang mengandung zat kerja dalam fase uap, yang mengalir didalam peralatan (siklus Rangkine) dan dalam fase gas, yang mengalir didalam peralatan (siklus Brayton)
5-6
Berbagai siklus tenaga gas dan system penghasil daya dorong
•   Siklus Otto
•   Siklus diesel
•   Sistem dorong sederhana jenis “ Blowdown”
•   Sistem pendorong lainnya
mampu memahami siklus tenaga gas lainnya dan berbagai system propulsi yang menghasilkan daya dorong.
7-8
Termodinamika campuran-campuran tak bereaksi dan penerapannya .
•   Campuran berbagai zat bebas dan gas sempurna
•   Penerapan terhadap berbagai campuran udara uap air
•   Penerapan pada pengaturan suhu udara
•   Penerapan pada menara pendingin
mampu memahami teori termodinamika berbagai campuran dari berbagai zat.
9-10
Termodinamika campuran-campuran bereaksi dan prinsip dasar pada aliran kompresibel.
•   Konsep dan istilah ilmiah
•   Analiasa bahan baker dan komposisi produk .
•   Berbagai panas reaksi.
•   Pinsip momentum
•   Pemakaian prinsip momentum pada gaya penopang pipa semprot, penyembur jet uap-udara dan pada gaya suatu belokan
mampu memahami berbagai aspek campuran berbagai zat yang mengalami reaksi kimia dan prinsip dasar yang digunakan untuk memecahkan soal aliran kompresibel.
11-12
Sifat-sifat stagnasi pada aliaran kompresibel dan aliran isentropic berdimensi satu.
•   Keadaan stagnasi isentropik
•   Bilangan Mach, kerambatan bunyai dalam aliaran kompresibel..
•   Rancangan sebuah piapa semprot (nosel)
•   Aliran isentropic berdimensi satu, chocking dalam aliran isentropik .
•   Aliran isentropic dalam jalan lintasan konvergen-divergen .
mampu memahami keadaan stagnasi isentropic dan aliran isentropic berdimensi satu yang berguna dalam analisa rekayasa.
13-14
Perhitungan aliran termampatkan (Kompresibel).
•    Pipa semprot aliran termampatkan .
•    Analisa mesin jet .
•    Aliran pipa Konvergen-Divergen
•    Rancangan pipa semprot uap
•    Perancangan jet-ram nuklir
mampu memahami berbagai contoh perhitungan dalam aliran termampatkan
Tingkat pembelajaran IABEE SO (ABET SO learning level) – L(low), M(medium), H(high)
SO
Deskripsi
Description
Level
1,2
[3].  Mampu merancang dan merekayasa kontruksi  mesin dengan menerapkan teori dan prinsip rekayasa mekanik dengan benar. Serta merancang Prosedur Standard operasi Mesin dan Merancang Perawatan mesin-mesin produksi;
[3].  Able to design machinery construction by applying the principles of mechanical engineering. As well as designing Standard Operating Procedures for Machinery and Maintenance planning;
T,A,S
1,2
[4].  Mampu merancang suatu proses kerekayasaan dengan menerapkan prinsip perancangan sistem mekanik dari berbagai aplikasi Industri dengan memperhatikan unsur keselamatan, kehandalan, kemudahan serta faktor faktor ekonomi, sosiokultur dan lingkungan.
[4].   Able to design a engineering process by applying the principles of designing mechanical systems from various Industri applications with attention to the element of safety, reliability, convenience and economic factors, sociocultural and environment.
T,S,E
0,6
[9].  Mampu melakukan identifikasi, formulasi dan analisis masalah rekayasa sesuai dengan bidang keilmuan teknik mesin melalui penelitian.
[9].  Able to identify, formulate and analyse engineering problems in accordance with the field of mechanical engineering through research.
A,S,E
K – (Knowledge) Pengetahuan
P – Pemahaman
T – Terapan(Aplikasi)
A – Analisa
S – Perpaduan (Sintesa)
E – Evaluasi