PROGRAM STUDI SARJANA
TEKNIK MESIN - FAKULTAS TEKNIK
UNIVERSITAS SUMATERA UTARA
Gedung J17 Jl. Almamater Kampus USU Medan 2015
mesin.usu.ac.id
RTM3104 KINEMATIKA
Program Studi
Fakultas
Referensi Utama
-
Dynamics, O.C. R.C. Hibbeler, Prentice Hall, Pearson
-
Dynamics, J.L. Meriam, L.G. Kraige
Bahan Pelengkap
-
Course handouts, modul & laporan Lab Instruksional
Dosen Pengampu
-
Ir. Tugiman, MT
Beban kerja Kuliah dalam Jam Per Minggu
Deskripsi Mata Kuliah Sesuai Katalog
Tujuan Instruksional Umum
No. | Luaran-Luaran Pembelajaran Mata Kuliah | IABEE SO | Assessment |
---|---|---|---|
1. | Menerapkan pemahaman mekanik untuk konstruksi engineering | 3 |
|
2. | Membangun rangkaian dan pasangan/paduan batang kinematic dalam konstruksi permesinan. | 4 |
|
3. | Merancang dan memilih berbagai bentuk rangkaian kinematic yang sesuai untuk aplikasi engineering. | 3 |
|
4. | Menghitung dan merumuskan konstruksi rangkaian kinematic dalam aplikasi engineering. | 4 |
|
5. | Menganalisis hasil simulasi dan optimasi Derajat kebebasan gerak rangkaian kinematik. | 9 |
|
Minggu Ke-(Week No.) |
Topik (Topics) |
LPK (CLO)1
|
Sub-topik / indikator kinerja (Subtopics / performance
|
Tugas-tugas (Assignments) |
1 |
• Diagram Kinematis• Mekanisme• Pasangan• Gerak Translasi dan Rotasi• Perjumlahan dan pengurangan vektor• Penggabungan dan penguraian vector |
1,2 |
mampu memahami dan menjelaskan tentang Konsep dasar kinematika |
Baca Ch.1Tugas lakukan pemantauan kondisi kereta |
2 |
• Lintasan dan kecepatan linier• Pergerakan sudut dan kecepatan sudut• Percepatan linier dan percepatan sudut• Percepatan normal dan tangential |
2,3 |
mampu memahami dan menjelaskan tentang pergerakan mekanisme |
Baca Ch.berkaitanMemberi kajian tugas membangun model pemantauan kondisi |
3 |
• Gerakan Absolute dan Relative• Metode Pemindahan Gerakan• Rasio Kecepatan sudut• Kontak meluncur dan menggelinding |
2,3 |
mampu memahami dan menjelaskan tentang pergerakan mekanisme |
Baca Ch.berkaitanResponsi: membangun model pantauan kondisi |
4 |
• Sistem empat batang• Batang penghubung seret• Mekanisme engkol peluncur• Mekanisme pembalik cepat |
2,3 |
mampu memahami dan menjelaskan tentang pergerakan mekanisme |
Baca Ch berkaitanmemberi kajian tugas pengukuran terhadap permesinan |
5 |
• Benda meluncur dan menggelinding• Teori Kenedy• Mekanisme kontak langsung• Metoda diagram lingkaran |
2,3 |
mampu memahami dan menjelaskan letak titik pusat pada mekanisme |
Baca Ch.berkaitanResponsi: membangun model pengukuran kondisi permesinan |
6 |
• Menentukan kecepatan linier
• Kecepatan dalam rangkaian system batang penghubung empat batang
|
1,5 |
mampu memahami dan menjelaskan penggunaan titik pusat pada mekanisme
|
Baca Ch.berkaitan
Memberi kajian tugas , mendesain dan membangun model pemantauan
|
7 |
• Kecepatan relative dua titik berbeda• Kecepatan relative Dua Titik pada satu penghubung kaku |
4,5 |
mampu memahami dan menjelaskan kecepatan pada mekanisme |
|
8 |
• Mekanisme engkol peluncur• Mekanisme empat batang |
1,2,3,4 |
mampu memahami dan menjelaskan kecepatan pada mekanisme |
|
9 |
• Mesin Powel• Dua titik berimpit• Mekanisme penyerut |
1,4,5 |
mampu memahami dan menjelaskan kecepatan pada mekanisme |
Studi resiko kegagalan- Internet- Survey bengkel- presentasi |
10 |
• Mekanisme penyerut• Metode khusus penyelesaian kecepatan• Titik Bantu |
mampu memahami dan menjelaskan kecepatan pada mekanisme |
||
11 |
• Percepatan relative dua titik berbeda• Percepatan relative Dua Titik pada satu penghubung kaku• Percepatan Normal dan Tangential |
mampu memahami dan menjelaskan percepatan pada mekanisme |
||
12 |
• Mekanisme engkol peluncur• Mekanisme empat batang• Mesin Powel• Dua titik berimpit |
mampu memahami dan menjelaskan percepatan pada mekanisme |
||
13 |
• Mekanisme penyerut• Metode khusus penyelesaian kecepatan• Titik Bantu |
mampu memahami dan menjelaskan percepatan pada mekanisme |
||
14 |
• Rangkaian roda gigi normal• Rangkaian roda gigi gabungan• Rangkaian roda gigi membalik (Riverted gear train) |
mampu memahami dan menjelaskan Rangkaian Roda Gigi |
||
15 |
• Hubungan putaran rangkaian roda gigi planet (Roda gigi lurus)
|
mampu memahami dan menjelaskan Rangkaian Roda Gigi |
||
16 |
• Rangkaian roda gigi planet miring• Rangkaian roda gigi differential miring• Keuntungan mekanis |
mampu memahami dan menjelaskan Rangkaian Roda Gigi |
||
Final Examination |
2,3,4,5 |
Tingkat pembelajaran IABEE SO (ABET SO learning level) - L(low),
|
|||
SO |
Deskripsi |
Description |
Level |
1,2 |
[3]. Mampu merancang dan merekayasa kontruksi mesin dengan
|
[3]. Able to design machinery construction by applying the principles
|
T,A,S |
0,2 |
[6]. Mampu memilih sumberdaya dan memanfaatkan perangkat
|
[6]. Capable of selecting resources and utilizing computational
|
T,A,S |
0,6 |
[9]. Mampu melakukan identifikasi, formulasi dan analisis masalah
|
[9]. Able to identify, formulate and analyse engineering problems in
|
A,S,E |
- K - (Knowledge) Pengetahuan
- P - Pemahaman
- T - Terapan(Aplikasi)
- A - Analisa
- S - Perpaduan (Sintesa)
- E - Evaluasi
RTM3105 MANAJEMEN TEKNIK
Program Studi
Fakultas
Referensi Utama
-
Shannon, R.E., Engineering Management, John Wiley, New York, 1980.
-
Sumanth, Productivity Engineering and Management, McGraw-Hill, 1985.
-
Ezey, productivity Improvement, Elsevier, 1986.
-
Mali, Improving Total Productivity, John Wiley, 1978.
-
Joyowiyono dan Marsud, F.X., Ekonomi Teknik, Jilid 1, Dep.P.U., Jakarta, 1989.
Bahan Pelengkap
Dosen Pengampu
-
Prof.Dr.Ir. Darwin Sitompul, M.Eng
Beban kerja Kuliah dalam Jam Per Minggu
Deskripsi Mata Kuliah Sesuai Katalog
Tujuan Instruksional Umum
No. | Luaran-Luaran Pembelajaran Mata Kuliah | IABEE SO | Assessment |
---|---|---|---|
1. | |||
2. | |||
3. | |||
4. | |||
5. |
Minggu Ke-(Week No.) |
Topik (Topics) |
LPK (CLO)1
|
Sub-topik / indikator kinerja (Subtopics / performance
|
Tugas-tugas (Assignments) |
1-2 |
Dasar-dasar teori ilmu manajemen
Fungsi-fungsi dan struktur manajemen teknik serta analisi operasinya
|
Pengenalan terhadap dasar-dasar teori manajemen, metodologi-metodologi
|
||
3-4 |
Tantangan-tantangan manajemen teknikKerangka dasar dan perkembangan manajemen mutu terpadu
• Koordinasi usaha industry, multinasional operasi pada usaha
|
Pengenalan terhadap identifikasi masalah –masalah manajemen teknik,
|
||
5-6 |
Bench MarkingGugus Kendali Mutu
• Definisi-definisi tipe Bench marking, sumber-sumber informasi
|
Pengenalan bench marking aplikasinya dalam usaha industri, pengenalan
|
||
7-8 |
Perencanaan mutuPerencanaan mutu ulang
• Perenanaan mutu strategis, perencanaan mutu fungsional,
|
Pengenalan rancangan mutu untuk berbagai tingkatan, Perencanaan
|
Tingkat pembelajaran IABEE SO (ABET SO learning level) - L(low),
|
|||
SO |
Deskripsi |
Description |
Level |
1,2 |
[4]. Mampu merancang suatu proses kerekayasaan dengan menerapkan
|
[4]. Able to design a engineering process by applying the principles
|
T,S,E |
0,2 |
[6]. Mampu memilih sumberdaya dan memanfaatkan perangkat
|
[6]. Capable of selecting resources and utilizing computational
|
T,A,S |
0,4 |
[7]. Mampu bekerja sama dalam tim dan memberikan solusi masalah
|
[7]. Able to provide solution in cross-engineering field with
|
T,A,S |
0,2 |
[8]. Mampu menulis proposal untuk penawaran dan laporan Proyek
|
[8]. Able to write proposals for bidding and Project reports relating
|
P,T,A |
- K - (Knowledge) Pengetahuan
- P - Pemahaman
- T - Terapan(Aplikasi)
- A - Analisa
- S - Perpaduan (Sintesa)
- E - Evaluasi
RTM3228 METROLOGI TEKNIK
Program Studi
Fakultas
Referensi Utama
Bahan Pelengkap
Dosen Pengampu
-
Prof.Dr.Ir. Armansyah Ginting, M.Eng
Beban kerja Kuliah dalam Jam Per Minggu
Deskripsi Mata Kuliah Sesuai Katalog
Tujuan Instruksional Umum
No. | Luaran-Luaran Pembelajaran Mata Kuliah | IABEE SO | Assessment |
---|---|---|---|
1. | |||
2. | |||
3. | |||
4. | |||
5. |
Minggu Ke-(Week No.) |
Topik (Topics) |
LPK (CLO)1
|
Sub-topik / indikator kinerja (Subtopics / performance
|
Tugas-tugas (Assignments) |
1 |
Melihat alat ukur secara garis besar
• Pendahuluan, generalisasi elemen-elemen fungsi pada alat ukur,
|
Diharapkan mahasiswa mampu menggunakan alat ukur, mengetahui setiap
|
• Mendengar, mencatat dan bertanya• Mahasiswa menyimpulkan• Presentase tugas kelompok |
|
2 |
Melihat alat ukur secara garis besar
• Pendahuluan, generalisasi elemen-elemen fungsi pada alat ukur,
|
Diharapkan mahasiswa mampu menggunakan alat ukur, mengetahui setiap
|
• Mendengar, mencatat dan bertanya• Mahasiswa menyimpulkan• Presentase tugas kelompok |
|
3 |
Melihat alat ukur secara garis besar
• Kalibrasi statik, istilah-istilah pada karakteristik static,
|
Diharapkan mahasiswa mampu menggunakan alat ukur, mengetahui setiap
|
• Mendengar, mencatat dan bertanya• Mahasiswa menyimpulkan• Presentase tugas kelompok |
|
4 |
Melihat alat ukur secara garis besar
• Kalibrasi statik, istilah-istilah pada karakteristik static,
|
Diharapkan mahasiswa mampu menggunakan alat ukur, mengetahui setiap
|
• Mendengar, mencatat dan bertanya• Mahasiswa menyimpulkan• Presentase tugas kelompok |
|
5 |
Melihat alat ukur secara garis besar
• Kalibrasi statik, istilah-istilah pada karakteristik static,
|
Diharapkan mahasiswa mampu menggunakan alat ukur, mengetahui setiap
|
• Mendengar, mencatat dan bertanya• Mahasiswa menyimpulkan• Presentase tugas kelompok |
|
6 |
Prinsip kerja alat-alat ukur perpindahan translasi dan rotasi ;
|
Diharapkan mahasiswa mampu mengerti tentang prinsip kerja alat ukur
|
• Mendengar, mencatat dan bertanya• Mahasiswa menyimpulkan• Presentase tugas kelompok |
|
7 |
Prinsip kerja alat-alat ukur perpindahan translasi dan rotasi ;
|
Diharapkan mahasiswa mampu mengerti tentang prinsip kerja alat ukur
|
• Mendengar, mencatat dan bertanya• Mahasiswa menyimpulkan• Presentase tugas kelompok |
|
8 |
Prinsip kerja alat-alat ukur perpindahan translasi dan rotasi ;
|
Diharapkan mahasiswa mampu mengerti tentang prinsip kerja alat ukur
|
• Mendengar, mencatat dan bertanya• Mahasiswa menyimpulkan• Presentase tugas kelompok |
|
9 |
Prinsip kerja alat ukur tekanan, kalibrasi, dan fungsi respons
• Standard, metode-metode pengukuran tekanan, Transducer Elastik,
|
Diharapkan mahasiswa mampu mengerti tentang prinsip kerja alat ukur
|
• Mendengar, mencatat dan bertanya• Mahasiswa menyimpulkan• Presentase tugas kelompok |
|
10 |
Prinsip kerja alat ukur tekanan, kalibrasi, dan fungsi respons
• Standard, metode-metode pengukuran tekanan, Transducer Elastik,
|
Diharapkan mahasiswa mampu mengerti tentang prinsip kerja alat ukur
|
• Mendengar, mencatat dan bertanya• Mahasiswa menyimpulkan• Presentase tugas kelompok |
|
11 |
Prinsip kerja alat ukur aliran fluida, kalibrasi dan fungsi responnya
|
Diharapkan mahasiswa mampu mengerti tentang prinsip kerja alat ukur
|
• Mendengar, mencatat dan bertanya• Mahasiswa menyimpulkan• Presentase tugas kelompok |
|
12 |
Prinsip kerja alat ukur aliran fluida, kalibrasi dan fungsi responnya
|
Diharapkan mahasiswa mampu mengerti tentang prinsip kerja alat ukur
|
• Mendengar, mencatat dan bertanya• Mahasiswa menyimpulkan• Presentase tugas kelompok |
|
13 |
Prinsip kerja alat ukur temperature, kalibrasi dan fungsi responnya
|
Diharapkan mahasiswa mampu mengerti tentang prinsip kerja alat ukur
|
• Mendengar, mencatat dan bertanya• Mahasiswa menyimpulkan• Presentase tugas kelompok |
|
14 |
Prinsip kerja alat ukur temperature, kalibrasi dan fungsi responnya
|
Diharapkan mahasiswa mampu mengerti tentang prinsip kerja alat ukur
|
• Mendengar, mencatat dan bertanya• Mahasiswa menyimpulkan• Presentase tugas kelompok |
Tingkat pembelajaran IABEE SO (ABET SO learning level) - L(low),
|
|||
SO |
Deskripsi |
Description |
Level |
0,4 |
[2]. Mampu mendeskripsikan rancangan dalam bentuk gambar teknik
|
[2]. Able to describe the design in accordance with the
|
K,P,T |
0,4 |
[3]. Mampu merancang dan merekayasa kontruksi mesin dengan
|
[3]. Able to design machinery construction by applying the principles
|
T,A,S |
0,4 |
[4]. Mampu merancang suatu proses kerekayasaan dengan menerapkan
|
[4]. Able to design a engineering process by applying the principles
|
T,S,E |
0,8 |
[5]. Mampu merencanakan dan mendesain proses pengukuran yang presisi
|
[5]. Able to plan and design precise and accurate measurement
|
T,S,E |
- K - (Knowledge) Pengetahuan
- P - Pemahaman
- T - Terapan(Aplikasi)
- A - Analisa
- S - Perpaduan (Sintesa)
- E - Evaluasi
RTM3102 PERPINDAHAN PANAS II
Program Studi
Fakultas
Referensi Utama
-
Fundamental of Heat Transfer, 1981-frank P. Incropera & David P. Dewitt
Bahan Pelengkap
Dosen Pengampu
-
Dr.Eng. Taufiq Bin Nur, ST, M.Eng.Sc
Beban kerja Kuliah dalam Jam Per Minggu
Deskripsi Mata Kuliah Sesuai Katalog
Tujuan Instruksional Umum
No. | Luaran-Luaran Pembelajaran Mata Kuliah | IABEE SO | Assessment |
---|---|---|---|
1. | |||
2. | |||
3. | |||
4. | |||
5. |
Minggu Ke-(Week No.) |
Topik (Topics) |
LPK (CLO)1
|
Sub-topik / indikator kinerja (Subtopics / performance
|
Tugas-tugas (Assignments) |
1 |
Pengantar konveksi panas• Persoalan pindahan panas konveksi• Lapisan batas konveksi• Aliran laminar dan turbulen• Persamaan pindahan panas konveksi |
mampu memahami dan menjelaskan tentang pengertian pindahan panas
|
||
2 |
Aliran eksternal• Asal korelasi empiris• Plat datar dalam aliran paralel• Silinder dengan aliran menyilang |
Mampu memahami dan menjelaskan tentang persoalan perhitungan laju
|
||
3 |
Aliran internal• Konsiderasi hidrodinamika• Konsiderasi panas• Neraca energi• Korelasi konveksi : aliaran turbulen dalam tabung bulat• Korelasi konveksi : aliran turbulen dalam tabung bulat• Korelasi konveksi : tabung tidak bulat• Cincin tabung yang sesumbu |
mampu memahami dan menjelaskan tentang persoalan perhitungan laju
|
||
4 |
Konveksi bebasKorelasi empiris : aliaran konveksi bebas eksternalKorelasi empiris : terpisahGabungan konveksi bebas dan paksa• Konsiderasi fisik• Pengembangan persamaan• Efek furbulensi• Plat vertical• Plat horizontal• Plat miring• Silinder horizontal yang panjang• Bola• “Cavity” empat segi• Silinder yang sesumbu• Bola yang sesumbu• Plat horizontal dan vertical• Aliran tabung |
mampu memahami pindahan panas konveksi bebas |
||
5 |
Pendidihan (“boiling”)• Mekanisme (“boiling”)• Korelasi pendidihan |
mampu memahami dan menjelaskan persoalan pindahan panas konveksi pada
|
||
6 |
Kondensasi• Mekanisme fisik• Kondensasi film laminar pada plat vertical• Kondensasi film turbulen
• Kondensasi film pada tabung dan segiup tabung yang horizontal
|
mampu memahami dan menjelaskan persoalan pindahan panas konveksi pada
|
Tingkat pembelajaran IABEE SO (ABET SO learning level) - L(low),
|
|||
SO |
Deskripsi |
Description |
Level |
0,8 |
[3]. Mampu merancang dan merekayasa kontruksi mesin dengan
|
[3]. Able to design machinery construction by applying the principles
|
T,A,S |
0,8 |
[4]. Mampu merancang suatu proses kerekayasaan dengan menerapkan
|
[4]. Able to design a engineering process by applying the principles
|
T,S,E |
0,4 |
[9]. Mampu melakukan identifikasi, formulasi dan analisis masalah
|
[9]. Able to identify, formulate and analyse engineering problems in
|
A,S,E |
- K - (Knowledge) Pengetahuan
- P - Pemahaman
- T - Terapan(Aplikasi)
- A - Analisa
- S - Perpaduan (Sintesa)
- E - Evaluasi
RTM3110P PRAKTIKUM PROSES PRODUKSI
Program Studi
Fakultas
Referensi Utama
-
R.M.Maan, 1993. Material Processing. California US.
-
Shaw, M.C. 1984. Material Handling Principles. Clarendon Press. Oxford. UK.
-
Trent, E.M. 1991. Bulk and unit materials. Butterworth-Heinemann. London. UK
Bahan Pelengkap
Dosen Pengampu
Beban kerja Kuliah dalam Jam Per Minggu
Deskripsi Mata Kuliah Sesuai Katalog
Tujuan Instruksional Umum
No. | Luaran-Luaran Pembelajaran Mata Kuliah | IABEE SO | Assessment |
---|---|---|---|
1. | |||
2. | |||
3. | |||
4. | |||
5. |
Minggu Ke-(Week No.) |
Topik (Topics) |
LPK (CLO)1
|
Sub-topik / indikator kinerja (Subtopics / performance
|
Tugas-tugas (Assignments) |
1 |
Proses pemilihan bahan baku• Pendahuluan• Konsep dasar• Defenisi dan terminologi• Analisa dan seleksi• Pemilihan bahan• Sumber Daya• References |
mampu memahami tentang menguraikan konsep dasar praktikum proses
|
||
2 |
Penyetelan mesin bubut• Pendahuluan• Hal-hal yang penting |
mampu memahami defenisi mesin bubut dan klasifikasi bahan. |
||
3 |
Penyetelan mesin bubut• Faktor-faktor yang mempengaruhi kapasitasMesin bubut |
mampu memahami tentang menguraikan faktor-faktor yang berhubungan
|
||
4 |
Dasar-dasar tegangan• Diagram tegangan• Gaya-gaya pada meisn bubut |
mampu memahami dan menjelaskan tentang Sudut inklinasi, teganganbelt
|
||
5 |
Faktor tegangan• Faktor berat belt |
mampu memahami dan menjelaskan tegangan minimum |
||
6 |
Tail stock• Lebar dan kecepatan belt |
mampu memahami dan menjelaskan Penyetelan beban. |
||
7 |
Dasar-dasar pertimbanganPerencanaan• Pendahuluan• Perencanaan tail stokc |
mampu memahami dan mengaplikasikan mesin bubut |
||
8 |
Screw tunggal• Klasifikasi bahan secara umum |
mampu memahami dan menjelaskan tentang Type mata pahat |
- |
|
9 |
Kapasitas rate• Batasan ukuran bahan• Daya dan Torsi |
mampu memahami dan menjelaskan kapasitas, kecepatan , data unjuk
|
||
10 |
Daya netto• Perhitungan daya |
mampu memahami tentang perhitungan daya dan ukuran |
||
11 |
Perencanaan konveyor rantai• Rating torsi |
Mampu menganalisa/merencanakan daya mesin bubut |
||
12 |
Struktur tetap• Pendahuluan• Pembahagian mesin bubut |
mampu memahami dan menjelaskan tentang apron, struktur penumpu |
||
13 |
Ulir• Jenis eretan• Arah gerakan |
mampu memahami dan menjelaskan tentang Eretan |
||
14 |
Type lurus• Spur gear• References |
mampu memahami dan menjelaskan tentang Roda gigi |
Tingkat pembelajaran IABEE SO (ABET SO learning level) - L(low),
|
|||
SO |
Deskripsi |
Description |
Level |
1,2 |
[2]. Mampu mendeskripsikan rancangan dalam bentuk gambar teknik
|
[2]. Able to describe the design in accordance with the
|
K,P,T |
0,2 |
[4]. Mampu merancang suatu proses kerekayasaan dengan menerapkan
|
[4]. Able to design a engineering process by applying the principles
|
T,S,E |
0,6 |
[5]. Mampu merencanakan dan mendesain proses pengukuran yang presisi
|
[5]. Able to plan and design precise and accurate measurement process
|
T,S,E |
[10]. Mampu menerapkan kerekayasaan teknik mesin dan melakukan
|
[10]. Able to apply mechanical engineering and conduct research
|
K,P,T,A |
- K - (Knowledge) Pengetahuan
- P - Pemahaman
- T - Terapan(Aplikasi)
- A - Analisa
- S - Perpaduan (Sintesa)
- E - Evaluasi
RTM3103 STATISTIK DAN PROBABILITAS
Program Studi
Fakultas
Referensi Utama
-
J.Supranto,"Statistik Teori dan Aplikasi",Jilid Dua Edisi Keenam, Penerbit Erlangga, 2001
-
Hald,"Statistic Theory and Application",Mc-Graw Hill 1988
-
Schum Series,"Statistic",1990
Bahan Pelengkap
Dosen Pengampu
-
Andianto Pintoro, ST. MT
Beban kerja Kuliah dalam Jam Per Minggu
Deskripsi Mata Kuliah Sesuai Katalog
Tujuan Instruksional Umum
No. | Luaran-Luaran Pembelajaran Mata Kuliah | IABEE SO | Assessment |
---|---|---|---|
1. | |||
2. | |||
3. | |||
4. | |||
5. |
Pertemuan Ke-(Week No.) |
Topik (Topics) |
LPK (CLO)1 |
Sub-topik / indikator kinerja (Subtopics / performance
|
Tugas-tugas (Assignments) |
1 |
Konsep dan Ruang Lingkup Statistik pada bidang teknik dan aplikasinya• Konsep dan ruang lingkup statisti pada bidang teknik.• Metode pengolahan data dan penyajian data.• Notasi penjumlahan. |
Setelah mengikuti perkuliahan dengan pokok bahasan konsep dan ruang
|
||
2 |
Distribusi Frekuensi• Distribusi frekuensi meliputi distribusi frekuensi numerik dan
|
Setelah mengikuti kuliah dengan pokok bahasan distribusi frekuensi
|
||
3 |
Ukuran Pemusatan Data• Ukuran pemusatan data meliputi rata-rata (hitung, ukur, harmonis),
|
Setelah mengikuti kuliah dengan pokok bahasan ukuran pemusatan data
|
||
4 |
Dispersi Data• Dispersi data meliputirange, simpangan rata-rata, variansi dan
|
Setelah mengikuti kuliah dengan pokok bahasan Dispersi Data mahasiswa
|
||
5 |
QUIZ |
|||
6 |
Dispersi Data (lanjutan...)• Dispersi data (lanjutan) meliputi deviasi quartil, koefisien
|
Setelah mengikuti kuliah dengan pokok bahasan Dispersi Data mahasiswa
|
||
7 |
Permutasi dan Kombinasi• Permutasi dan Kombinasi meliputi pengertian Permutasi dan
|
Setelah mengikuti kuliah dengan pokok bahasan permutasi dan kombinasi
|
||
8 |
Teori Probabilitas• Pengertian dan sejarah probabilitas• Perumusan Probabilitas• Ruang sampel• Probabilita Bersyarat• Probabilita Marginal dan Rumus Bayes |
Setelah mengikuti kuliah dengan pokok bahasan teori probabilita
|
||
9 |
Distribusi Teoritis• Distribusi Binomial• Distribusi Poisson• Distribusi Normal |
Setelah mengikuti kuliah dengan pokok bahasan distribusi teoritis
|
||
10 |
Distribusi Teoritis (lanjutan..)• Distribusi Chi Kuadrat• Distribusi T |
Setelah mengikuti kuliah dengan pokok bahasan distribusi teoritis
|
||
11 |
Perkiraan/estimasi secara statistik• Estimasi titik distribusi parameter• Estimasi interval• Besaran sampel dan ketelitian estimasi |
Setelah mengikuti kuliah dengan pokok bahasan perkiraan/estimasi
|
||
12 |
UJIAN TENGAH SEMESTER |
|||
13 |
Pengujian Hipotesis• Arti hipotesis• Perumusan Hipotesis• Uji hipotesis rerata• Uji hipotesis variance• Uji independensi suatu fungsi• Uji kecocokan suatu fungsi |
Setelah mengikuti kuliah dengan pokok bahasanpengujian
|
||
14 |
Regresi dan Korelasi• Estimasi dan pengujian koefisien regresi• Estimasi parameter A, B dan variance• Uji hipotesis koefisien regresi dengan analisis• Variance.• Estimasi dan uji hipotesis koefisien korelasi |
Setelah mengikuti kuliah dengan pokok bahasan regresi dan korelasi
|
Tingkat pembelajaran IABEE SO (ABET SO learning level) - L(low),
|
|||
SO |
Deskripsi |
Description |
Level |
1 |
[4]. Mampu merancang suatu proses kerekayasaan dengan menerapkan
|
[4]. Able to design a engineering process by applying the principles
|
T,S,E |
0,6 |
[7]. Mampu bekerja sama dalam tim dan memberikan solusi masalah dalam
|
[7]. Able to provide solution in cross-engineering field with
|
T,A,S |
0,4 |
[10]. Mampu menerapkan kerekayasaan teknik mesin dan melakukan
|
[10]. Able to apply mechanical engineering and conduct research
|
K,P,T,A |
- K - (Knowledge) Pengetahuan
- P - Pemahaman
- T - Terapan(Aplikasi)
- A - Analisa
- S - Perpaduan (Sintesa)
- E - Evaluasi
RTM3107 TEKNIK TENAGA LISTRIK
Program Studi
Fakultas
Referensi Utama
-
Fitzgerald, et al, Basic Electric Engineering, McGraw-Hill, 1985.
-
Fitzgerald, Electric Machinery and Transformers, Prentice Hall, 1972
Bahan Pelengkap
Dosen Pengampu
-
Ir. Arman Sani
-
Ir. Eddy Warman, MT
Beban kerja Kuliah dalam Jam Per Minggu
Deskripsi Mata Kuliah Sesuai Katalog
Tujuan Instruksional Umum
No. | Luaran-Luaran Pembelajaran Mata Kuliah | IABEE SO | Assessment |
---|---|---|---|
1. | |||
2. | |||
3. | |||
4. | |||
5. |
Minggu Ke-(Week No.) |
Topik (Topics) |
LPK (CLO)1
|
Sub-topik / indikator kinerja (Subtopics / performance
|
Tugas-tugas (Assignments) |
1-2 |
Prinsip kelistrikan• Pendahuluan• Prinsip kelistrikan• Motor dan altenator arus searah (DC) |
mampu memahami mengenai prinsif kelistrikan |
||
3-4 |
Motor dan altenator• Motor dan altenator arus bolak-balik (AC)• Transformator |
mampu memahami mengenai motor dan altenator |
||
5-6 |
Hubungan star-Delta
• Cara-cara / jenis-jenis hubungan hubungan Star-Delta dan
|
mampu memahami mengenai hubungan star-delta. |
||
7-8 |
Kerusakan-kerusakan listrik• Kerusakan listrik pada mesin-mesin yang digerakan listrik |
mampu memahami mengenai kerusakan-kerusakan listrik |
||
9-10 |
Faktor daya• Faktor daya, daya semu, daya aktif dan daya reaktif |
mampu memahami mengenai factor daya |
||
11-12 |
Arus AC-DC• Perubahan arus AC ke DC dan sebaliknya |
mampu memahami mengenai arus AC-DC |
||
13-14 |
Single phasa dan 3 phasa• Perhitungan daya pada phasa tunggal dan phasa tiga |
mampu memahami mengenai single phasa dan 3 phasa |
||
15-16 |
Hubungan daya keluaran dan daya masukan motor / generator• Hubungan daya keluaran dan daya masukan motor
• Generator listrik , Faktor daya, putaran dan jumlah katub
|
mampu memahami mengenai hubungan daya keluaran dan daya masukan motor
|
Tingkat pembelajaran IABEE SO (ABET SO learning level) - L(low),
|
|||
SO |
Deskripsi |
Description |
Level |
0,8 |
[4]. Mampu merancang suatu proses kerekayasaan dengan menerapkan
|
[4]. Able to design a engineering process by applying the principles
|
T,S,E |
1,2 |
[7]. Mampu bekerja sama dalam tim dan memberikan solusi masalah dalam
|
[7]. Able to provide solution in cross-engineering field with
|
T,A,S |
- K - (Knowledge) Pengetahuan
- P - Pemahaman
- T - Terapan(Aplikasi)
- A - Analisa
- S - Perpaduan (Sintesa)
- E - Evaluasi