Rencana Pembelajaran Semester (RPS/SAP) Semester 5

PROGRAM STUDI SARJANA
TEKNIK MESIN - FAKULTAS TEKNIK
UNIVERSITAS SUMATERA UTARA
Gedung J17 Jl. Almamater Kampus USU Medan 2015
mesin.usu.ac.id

RTM3104 KINEMATIKA

2 SKS
Wajib

Program Studi

Teknik Mesin

Fakultas

Fakultas Teknik

Referensi Utama

  • Dynamics, O.C. R.C. Hibbeler, Prentice Hall, Pearson
  • Dynamics, J.L. Meriam, L.G. Kraige

Bahan Pelengkap

  • Course handouts, modul & laporan Lab Instruksional
Koordinator Mata Kuliah

Dosen Pengampu

  • Ir. Tugiman, MT

Beban kerja Kuliah dalam Jam Per Minggu

Tatap muka kelas (2 jam)
Responsi / tutorial (3 jam)
Belajar Mandiri (4 jam)

Deskripsi Mata Kuliah Sesuai Katalog

Mata kuliah ini mempelajari analisa gerak, kecepatan dan percepatan dalam suatu mesin dan gaya-gaya yang terjadi dan analisa gaya-gaya dinamis, efek giroskopik, putaran kritis pada elemen yang berputar dan analisa flywheel (roda gila) pada motor bakar.

Tujuan Instruksional Umum

Setelah menyelesaikan mata kuliah ini mahasiswa akan dapat menghitung, menggambarkan poligon kecepatan, percepatan dan gaya-gaya yang timbul pada suatu mesin. Mahasiswa juga dapat membuat mekanisme yang sebenarnya dengan mekanisme ekivalen agar mudah menganalisisnya akan dapat menghitung, dan menganalisa kesetimbangan massa yang berputar, massa bolak-balik (reciprocating), menentukan putaran kritis dari suatu mesin, menghitung ukuran-ukuran flywheel dan gunanya serta dapat menentukan efek giroskopik dari suatu sistem yang bergerak.
No. Luaran-Luaran Pembelajaran Mata Kuliah IABEE SO Assessment
1. Menerapkan pemahaman mekanik untuk konstruksi engineering 3
  • Specific exam problems
  • Homeworks
  • Quizzes
2. Membangun rangkaian dan pasangan/paduan batang kinematic dalam konstruksi permesinan. 4
  • Specific exam problems
  • Homeworks
  • Quizzes
3. Merancang dan memilih berbagai bentuk rangkaian kinematic yang sesuai untuk aplikasi engineering. 3
  • Specific exam problems
  • Homeworks
4. Menghitung dan merumuskan konstruksi rangkaian kinematic dalam aplikasi engineering. 4
  • Specific exam problems
  • Homeworks
5. Menganalisis hasil simulasi dan optimasi Derajat kebebasan gerak rangkaian kinematik. 9
  • Specific exam problems
  • Homeworks / assignment
Minggu Ke-
(Week No.)
Topik (Topics)
LPK (CLO)1
Sub-topik / indikator kinerja (Subtopics / performance
indicators)

Tugas-tugas (Assignments)
1
•   Diagram Kinematis
•   Mekanisme
•   Pasangan
•   Gerak Translasi dan Rotasi
•   Perjumlahan dan pengurangan vektor
•   Penggabungan dan penguraian vector
1,2
mampu memahami dan menjelaskan tentang Konsep dasar kinematika
Baca Ch.1
Tugas lakukan pemantauan kondisi kereta
2
•  Lintasan dan kecepatan linier
•  Pergerakan sudut dan kecepatan sudut
•  Percepatan linier dan percepatan sudut
•  Percepatan normal dan tangential
2,3
 mampu memahami dan menjelaskan tentang pergerakan mekanisme
Baca Ch.berkaitan
Memberi kajian tugas membangun model pemantauan kondisi
3
•  Gerakan Absolute dan Relative
•  Metode Pemindahan Gerakan
•  Rasio Kecepatan sudut
•  Kontak meluncur dan menggelinding
2,3
mampu memahami dan menjelaskan tentang pergerakan mekanisme
Baca Ch.berkaitan
Responsi: membangun model pantauan kondisi
4
•  Sistem empat batang
•  Batang penghubung seret
•  Mekanisme engkol peluncur
•  Mekanisme pembalik cepat
2,3
mampu memahami dan menjelaskan tentang pergerakan mekanisme
Baca Ch berkaitan
memberi kajian tugas pengukuran terhadap permesinan
5
•  Benda meluncur dan menggelinding
•  Teori Kenedy
•  Mekanisme kontak langsung
•  Metoda diagram lingkaran
2,3
mampu memahami dan menjelaskan letak titik pusat pada mekanisme
Baca Ch.berkaitan
Responsi: membangun model pengukuran kondisi permesinan
6
•  Menentukan kecepatan linier
•  Kecepatan dalam rangkaian system batang penghubung empat batang
•  Kecepatan mekanisme engkol peluncur
•  Menentukan kecepatan sudut
1,5
mampu memahami dan menjelaskan penggunaan titik pusat pada mekanisme
Baca Ch.berkaitan
Memberi kajian tugas , mendesain dan membangun model pemantauan
kondisi yang sesuai
7
•  Kecepatan relative dua titik berbeda
•  Kecepatan relative Dua Titik pada satu penghubung kaku
4,5
mampu memahami dan menjelaskan kecepatan  pada mekanisme
8
•     Mekanisme engkol peluncur
•     Mekanisme empat batang
1,2,3,4
mampu memahami dan menjelaskan kecepatan  pada mekanisme
9
•  Mesin Powel
•  Dua titik berimpit
•  Mekanisme penyerut
1,4,5
mampu memahami dan menjelaskan kecepatan pada mekanisme
Studi resiko kegagalan
-  Internet
-  Survey bengkel
-  presentasi
10
•  Mekanisme penyerut
•  Metode khusus penyelesaian kecepatan
•  Titik Bantu
mampu memahami dan menjelaskan kecepatan pada mekanisme
11
•  Percepatan relative dua titik berbeda
•  Percepatan relative Dua Titik pada satu penghubung kaku
•  Percepatan Normal dan Tangential
mampu memahami dan menjelaskan percepatan  pada mekanisme
12
•  Mekanisme engkol peluncur
•  Mekanisme empat batang
•  Mesin Powel
•  Dua titik berimpit
mampu memahami dan menjelaskan percepatan  pada mekanisme
13
•  Mekanisme penyerut
•  Metode khusus penyelesaian kecepatan
•  Titik Bantu
mampu memahami dan menjelaskan percepatan  pada mekanisme
14
•  Rangkaian roda gigi normal
•  Rangkaian roda gigi gabungan
•  Rangkaian roda gigi membalik (Riverted gear train)
mampu memahami dan menjelaskan Rangkaian Roda Gigi
15
•  Hubungan putaran rangkaian roda gigi planet (Roda gigi lurus)
•  Roda gigi planet dengan dua masukan
mampu memahami dan menjelaskan Rangkaian Roda Gigi
16
•  Rangkaian roda gigi planet miring
•  Rangkaian roda gigi differential miring
•  Keuntungan mekanis
mampu memahami dan menjelaskan Rangkaian Roda Gigi
Final Examination
2,3,4,5
Tingkat pembelajaran IABEE SO (ABET SO learning level) - L(low),
M(medium), H(high)
SO
Deskripsi
Description
Level
1,2
[3].  Mampu merancang dan merekayasa kontruksi  mesin dengan
menerapkan teori dan prinsip rekayasa mekanik dengan benar. Serta
merancang Prosedur Standard operasi Mesin dan Merancang Perawatan
mesin-mesin produksi;
[3].  Able to design machinery construction by applying the principles
of mechanical engineering. As well as designing Standard Operating
Procedures for Machinery and Maintenance planning;
T,A,S
0,2
[6].  Mampu memilih sumberdaya dan memanfaatkan perangkat
perancangan-dan-analisis berbasis TIK dan komputasi untuk melakukan
aktivitas rekayasa teknik mesin.
[6].  Capable of selecting resources and utilizing computational
design-and-analysis tools for mechanical engineering activities.
T,A,S
0,6
[9].  Mampu melakukan identifikasi, formulasi dan analisis masalah
rekayasa sesuai dengan bidang keilmuan teknik mesin melalui
penelitian.
[9].  Able to identify, formulate and analyse engineering problems in
accordance with the field of mechanical engineering through research.
A,S,E
  • K - (Knowledge) Pengetahuan
  • P - Pemahaman
  • T - Terapan(Aplikasi)
  • A - Analisa
  • S - Perpaduan (Sintesa)
  • E - Evaluasi

RTM3105 MANAJEMEN TEKNIK

2 SKS
Wajib

Program Studi

Teknik Mesin

Fakultas

Fakultas Teknik

Referensi Utama

  • Shannon, R.E., Engineering Management, John Wiley, New York, 1980.
  • Sumanth, Productivity Engineering and Management, McGraw-Hill, 1985.
  • Ezey, productivity Improvement, Elsevier, 1986.
  • Mali, Improving Total Productivity, John Wiley, 1978.
  • Joyowiyono dan Marsud, F.X., Ekonomi Teknik, Jilid 1, Dep.P.U., Jakarta, 1989.

Bahan Pelengkap

Koordinator Mata Kuliah

Dosen Pengampu

  • Prof.Dr.Ir. Darwin Sitompul, M.Eng

Beban kerja Kuliah dalam Jam Per Minggu

Tatap muka kelas (2 jam)
Responsi / tutorial (3 jam)
Belajar Mandiri (4 jam)

Deskripsi Mata Kuliah Sesuai Katalog

Mata kuliah ini diselenggarakan dengan tatap muka selama satu semester. Tinjauan strategi perusahaan, Pengetahuan dasar siklus produktivitas, Definisi dan konsep dasar produktifitas, Pengukuran produktifitas, Evaluasi produktifitas, Pengembangan dan penyempurnaan produktifitas, berbagai aspek dan biaya yang harus diperhitungkan dalam mengembangkan suatu ide produk sampai menjadi suatu industri.

Tujuan Instruksional Umum

Setelah menyelesaikan mata kuliah ini mahasiswa dapat mengetahui dasar-dasar manajemen teknik.
No. Luaran-Luaran Pembelajaran Mata Kuliah IABEE SO Assessment
1.
2.
3.
4.
5.
Minggu Ke-
(Week No.)
Topik (Topics)
LPK (CLO)1
Sub-topik / indikator kinerja (Subtopics / performance
indicators)

Tugas-tugas (Assignments)
1-2
Dasar-dasar teori ilmu manajemen
Fungsi-fungsi dan struktur manajemen teknik serta analisi operasinya
•    Manajemen teori ilmu dan praktek, evolusi pemikiran manajemen,
pola pola analisis manajemen, lingkungan manajerial
•    Fungsi dari suatu usaha industry, struktur manajemen teknik,
analisa operasi manajemen teknik
Pengenalan terhadap dasar-dasar teori manajemen, metodologi-metodologi
pendekatan, pengenalan terhadap manajemen teknik
3-4
Tantangan-tantangan manajemen teknik
Kerangka dasar dan perkembangan manajemen mutu terpadu
•    Koordinasi usaha industry, multinasional operasi pada usaha
industry, adaptasi terhadap perubahan situasi, sekurit usaha industry.
•    Definisi mutu, unsur-unsur total quality manajemen, perkembangan
total quality manajemen
Pengenalan terhadap identifikasi masalah –masalah manajemen teknik,
pengenalan terhadap total quality manajemen
5-6
Bench Marking
Gugus Kendali Mutu
•    Definisi-definisi tipe Bench marking, sumber-sumber informasi
bench marking, proses bench marking
•    Definisi dan tipe gugus kendali mutu, program gugus kendali mutu,
model-model gugus kendali mutu
Pengenalan bench marking aplikasinya dalam usaha industri, pengenalan
gugus kendali mutu dan aplikasinya dalam usaha industri
7-8
Perencanaan mutu
Perencanaan mutu ulang
•    Perenanaan mutu strategis, perencanaan mutu fungsional,
perencanaan mutu departemental
•   Situasi khusus
Pengenalan rancangan mutu untuk berbagai  tingkatan, Perencanaan
revesna ulang untuk revesna mutu pada suatu proses industri
Tingkat pembelajaran IABEE SO (ABET SO learning level) - L(low),
M(medium), H(high)
SO
Deskripsi
Description
Level
1,2
[4].  Mampu merancang suatu proses kerekayasaan dengan menerapkan
prinsip perancangan sistem mekanik dari berbagai aplikasi Industri
dengan memperhatikan unsur keselamatan, kehandalan, kemudahan serta
faktor faktor ekonomi, sosiokultur dan lingkungan.
[4].  Able to design a engineering process by applying the principles
of designing mechanical systems from various Industri applications
with attention to the element of safety, reliability, convenience and
economic factors, sociocultural and environment.
T,S,E
0,2
[6].  Mampu memilih sumberdaya dan memanfaatkan perangkat
perancangan-dan-analisis berbasis TIK dan komputasi untuk melakukan
aktivitas rekayasa teknik mesin
[6].  Capable of selecting resources and utilizing computational
design-and-analysis tools for mechanical engineering activities.
T,A,S
0,4
[7].   Mampu bekerja sama dalam tim dan memberikan solusi masalah
dalam lintas bidang keteknikan dengan memperhatikan faktor-faktor
ekonomi, kesehatan dan keselamatan publik, etika dan lingkungan.
[7].  Able to provide solution in cross-engineering field with
attention to economic, public health and safety factors, ethics and
environmental consideration.
T,A,S
0,2
[8].  Mampu menulis proposal untuk penawaran dan laporan Proyek
berkaitan Menguasai rekayasa permesinan, berkomunikasi, negosiasi dan
presentasi berkaitan bidang teknik mesin; sesuai bidang konsentrasi.
[8].  Able to write proposals for bidding and Project reports relating
to Mastering in mechanical engineering, communicate, negotiate and
presentations related to mechanical engineering; according to the
field of concentration.
P,T,A
  • K - (Knowledge) Pengetahuan
  • P - Pemahaman
  • T - Terapan(Aplikasi)
  • A - Analisa
  • S - Perpaduan (Sintesa)
  • E - Evaluasi

RTM3228 METROLOGI TEKNIK

2 SKS
Wajib

Program Studi

Teknik Mesin

Fakultas

Fakultas Teknik

Referensi Utama

Bahan Pelengkap

Koordinator Mata Kuliah

Dosen Pengampu

  • Prof.Dr.Ir. Armansyah Ginting, M.Eng

Beban kerja Kuliah dalam Jam Per Minggu

Tatap muka kelas (2 jam)
Responsi / tutorial (3 jam)
Belajar Mandiri (4 jam)

Deskripsi Mata Kuliah Sesuai Katalog

Mata kuliah ini mempelajari tentang konsep dasar alat ukur, elemen fungsi suatu alat ukur, pembagian alat ukur, jenis-jenis masukan dari alat ukur, dan beberapa cara menangani masukan gangguan.

Tujuan Instruksional Umum

Mahasiswa akan mampu menyusun/merancang suatu proses pengukuran teknik yang benar berdasarkan pertimbangan umum, metode-metode dasar, kalibrasi, hubungan selaras sederhana dan respon amplitude.
No. Luaran-Luaran Pembelajaran Mata Kuliah IABEE SO Assessment
1.
2.
3.
4.
5.
Minggu Ke-
(Week No.)
Topik (Topics)
LPK (CLO)1
Sub-topik / indikator kinerja (Subtopics / performance
indicators)

Tugas-tugas (Assignments)
1
Melihat alat ukur secara garis besar
•     Pendahuluan, generalisasi elemen-elemen fungsi pada alat ukur,
pembagian alat –alat ukur, masukan gangguan, modifikasi dan yang
diinginkan, cara penanganan masukan gangguan, jangkauan, span
Diharapkan mahasiswa mampu menggunakan alat ukur, mengetahui setiap
penggunaan alat ukur
•     Mendengar, mencatat dan bertanya
•     Mahasiswa menyimpulkan
•     Presentase tugas kelompok
2
Melihat alat ukur secara garis besar
•     Pendahuluan, generalisasi elemen-elemen fungsi pada alat ukur,
pembagian alat –alat ukur, masukan gangguan, modifikasi dan yang
diinginkan, cara penanganan masukan gangguan, jangkauan, span
Diharapkan mahasiswa mampu menggunakan alat ukur, mengetahui setiap
penggunaan alat ukur
•     Mendengar, mencatat dan bertanya
•     Mahasiswa menyimpulkan
•     Presentase tugas kelompok
3
Melihat alat ukur secara garis besar
•     Kalibrasi statik, istilah-istilah pada karakteristik static,
penerapan statik pada pengukuran, prosedur kalibrasi, kombinasi
kesalahan komponen pada perhitungan akurasi system secara keseluruhan,
pembebanan, karakteristik dinamik, orde nol, orde satu, dan orde dua,
respons frekuensi, modulasi amplitude, frequensi modulasi
Diharapkan mahasiswa mampu menggunakan alat ukur, mengetahui setiap
penggunaan alat ukur, dan istilah istilah pada karakteristik static
•     Mendengar, mencatat dan bertanya
•     Mahasiswa menyimpulkan
•     Presentase tugas kelompok
4
Melihat alat ukur secara garis besar
•     Kalibrasi statik, istilah-istilah pada karakteristik static,
penerapan statik pada pengukuran, prosedur kalibrasi, kombinasi
kesalahan komponen pada perhitungan akurasi system secara keseluruhan,
pembebanan, karakteristik dinamik, orde nol, orde satu, dan orde dua,
respons frekuensi, modulasi amplitude, frequensi modulasi
Diharapkan mahasiswa mampu menggunakan alat ukur, mengetahui setiap
penggunaan alat ukur, dan istilah istilah pada karakteristik static
•     Mendengar, mencatat dan bertanya
•     Mahasiswa menyimpulkan
•     Presentase tugas kelompok
5
Melihat alat ukur secara garis besar
•     Kalibrasi statik, istilah-istilah pada karakteristik static,
penerapan statik pada pengukuran, prosedur kalibrasi, kombinasi
kesalahan komponen pada perhitungan akurasi system secara keseluruhan,
pembebanan, karakteristik dinamik, orde nol, orde satu, dan orde dua,
respons frekuensi, modulasi amplitude, frequensi modulasi
Diharapkan mahasiswa mampu menggunakan alat ukur, mengetahui setiap
penggunaan alat ukur, dan istilah istilah pada karakteristik static
•     Mendengar, mencatat dan bertanya
•     Mahasiswa menyimpulkan
•     Presentase tugas kelompok
6
Prinsip kerja alat-alat ukur perpindahan translasi dan rotasi ;
kecepatan translasi dan rotasi dan pengukuran percepatan dan fungsi
responsnya
•     Standard, Perpindahan translasi dan rotasi; kalibrasi, beberapa
jenis alat ukur; kecepatan translasi dan rotasi; kalibrasi dan
beberapa jenis alat ukur dan pengukuran percepatan
Diharapkan mahasiswa mampu mengerti tentang prinsip kerja alat ukur
perpindahan translasi dan rotasi dan mengaplikasikannya
•     Mendengar, mencatat dan bertanya
•     Mahasiswa menyimpulkan
•     Presentase tugas kelompok
7
Prinsip kerja alat-alat ukur perpindahan translasi dan rotasi ;
kecepatan translasi dan rotasi dan pengukuran percepatan dan fungsi
responsnya
•     Standard, Perpindahan translasi dan rotasi; kalibrasi, beberapa
jenis alat ukur; kecepatan translasi dan rotasi; kalibrasi dan
beberapa jenis alat ukur dan pengukuran percepatan
Diharapkan mahasiswa mampu mengerti tentang prinsip kerja alat ukur
perpindahan translasi dan rotasi dan mengaplikasikannya
•     Mendengar, mencatat dan bertanya
•     Mahasiswa menyimpulkan
•     Presentase tugas kelompok
8
Prinsip kerja alat-alat ukur perpindahan translasi dan rotasi ;
kecepatan translasi dan rotasi dan pengukuran percepatan dan fungsi
responsnya
•     Standard, Perpindahan translasi dan rotasi; kalibrasi, beberapa
jenis alat ukur; kecepatan translasi dan rotasi; kalibrasi dan
beberapa jenis alat ukur dan pengukuran percepatan
Diharapkan mahasiswa mampu mengerti tentang prinsip kerja alat ukur
perpindahan translasi dan rotasi dan mengaplikasikannya
•     Mendengar, mencatat dan bertanya
•     Mahasiswa menyimpulkan
•     Presentase tugas kelompok
9
Prinsip kerja alat ukur tekanan, kalibrasi, dan fungsi respons
•     Standard, metode-metode pengukuran tekanan, Transducer Elastik,
Manometer, Testing dinamik pada pengukuran tekanan, Pengukuran tekanan
tinggi dan rendah (vakum)
Diharapkan mahasiswa mampu mengerti tentang prinsip kerja alat ukur
perpindahan translasi dan rotasi dan mengaplikasikannya
•     Mendengar, mencatat dan bertanya
•     Mahasiswa menyimpulkan
•     Presentase tugas kelompok
10
Prinsip kerja alat ukur tekanan, kalibrasi, dan fungsi respons
•     Standard, metode-metode pengukuran tekanan, Transducer Elastik,
Manometer, Testing dinamik pada pengukuran tekanan, Pengukuran tekanan
tinggi dan rendah (vakum)
Diharapkan mahasiswa mampu mengerti tentang prinsip kerja alat ukur
perpindahan translasi dan rotasi dan mengaplikasikannya
•     Mendengar, mencatat dan bertanya
•     Mahasiswa menyimpulkan
•     Presentase tugas kelompok
11
Prinsip kerja alat ukur aliran fluida, kalibrasi dan fungsi responnya
•     Standard, metode-metode pengukuran aliran, Kecepatan aliran
local (arah dan besarnya), Pengukuran Laju aliran volume, Pengukuran
laju aliran massa
Diharapkan mahasiswa mampu mengerti tentang prinsip kerja alat ukur
perpindahan translasi dan rotasi dan mengaplikasikannya
•     Mendengar, mencatat dan bertanya
•     Mahasiswa menyimpulkan
•     Presentase tugas kelompok
12
Prinsip kerja alat ukur aliran fluida, kalibrasi dan fungsi responnya
•     Standard, metode-metode pengukuran aliran, Kecepatan aliran
local (arah dan besarnya), Pengukuran Laju aliran volume, Pengukuran
laju aliran massa
Diharapkan mahasiswa mampu mengerti tentang prinsip kerja alat ukur
perpindahan translasi dan rotasi dan mengaplikasikannya
•     Mendengar, mencatat dan bertanya
•     Mahasiswa menyimpulkan
•     Presentase tugas kelompok
13
Prinsip kerja alat ukur temperature, kalibrasi dan fungsi responnya
•     Standard, metode-metode pengukuran temperature, respons, dan
kompensasi dinamik dari alat ukur temperature, pengukuran temperature
pada fluida yang mengalir
Diharapkan mahasiswa mampu mengerti tentang prinsip kerja alat ukur
temperature, kalibrasi dan fungsi responnya
•     Mendengar, mencatat dan bertanya
•     Mahasiswa menyimpulkan
•     Presentase tugas kelompok
14
Prinsip kerja alat ukur temperature, kalibrasi dan fungsi responnya
•     Standard, metode-metode pengukuran temperature, respons, dan
kompensasi dinamik dari alat ukur temperature, pengukuran temperature
pada fluida yang mengalir
Diharapkan mahasiswa mampu mengerti tentang prinsip kerja alat ukur
temperature, kalibrasi dan fungsi responnya
•     Mendengar, mencatat dan bertanya
•     Mahasiswa menyimpulkan
•     Presentase tugas kelompok
Tingkat pembelajaran IABEE SO (ABET SO learning level) - L(low),
M(medium), H(high)
SO
Deskripsi
Description
Level
0,4
[2].  Mampu mendeskripsikan rancangan dalam bentuk gambar teknik
menggunakan perangkat lunak CAD sesuai dengan ketentuan/standarisasi
(ISO, SNI, dll.); dan merancang buku manual pengoperasian dan
perawatan.
[2].  Able to describe the design in accordance with the
standardization (ISO, SNI, etc.); and also manuals operation and
maintenance.
.
K,P,T
0,4
[3].  Mampu merancang dan merekayasa kontruksi  mesin dengan
menerapkan teori dan prinsip rekayasa mekanik dengan benar. Serta
merancang Prosedur Standard operasi Mesin dan Merancang Perawatan
mesin-mesin produksi;
[3].  Able to design machinery construction by applying the principles
of mechanical engineering. As well as designing Standard Operating
Procedures for Machinery and Maintenance planning;
T,A,S
0,4
[4].   Mampu merancang suatu proses kerekayasaan dengan menerapkan
prinsip perancangan sistem mekanik dari berbagai aplikasi Industri
dengan memperhatikan unsur keselamatan, kehandalan, kemudahan serta
faktor faktor ekonomi, sosiokultur dan lingkungan.
[4].  Able to design a engineering process by applying the principles
of designing mechanical systems from various Industri applications
with attention to the element of safety, reliability, convenience and
economic factors, sociocultural and environment.
T,S,E
0,8
[5].  Mampu merencanakan dan mendesain proses pengukuran yang presisi
dan akurat dalam menyelesaikan masalah keteknikan secara bertanggung
jawab dan beretika
[5].    Able to plan and design precise and accurate measurement
process in solving engineering problems with full a responsible and
ethical manner.
T,S,E
  • K - (Knowledge) Pengetahuan
  • P - Pemahaman
  • T - Terapan(Aplikasi)
  • A - Analisa
  • S - Perpaduan (Sintesa)
  • E - Evaluasi

RTM3102 PERPINDAHAN PANAS II

2 SKS
Wajib

Program Studi

Teknik Mesin

Fakultas

Fakultas Teknik

Referensi Utama

  • Fundamental of Heat Transfer, 1981-frank P. Incropera & David P. Dewitt

Bahan Pelengkap

Koordinator Mata Kuliah

Dosen Pengampu

  • Dr.Eng. Taufiq Bin Nur, ST, M.Eng.Sc

Beban kerja Kuliah dalam Jam Per Minggu

Tatap muka kelas (2 jam)
Responsi / tutorial (3 jam)
Belajar Mandiri (4 jam)

Deskripsi Mata Kuliah Sesuai Katalog

Mata kuliah ini menjelaskan persoalan pindahan panas konveksi, aliran eksternal, aliran internal, konveksi bebas, pendidihan dan kondensasi.

Tujuan Instruksional Umum

Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa dapat mengaplikasikan pindahan panas konveksi pada bidang rekayasa yang berhubungan dengan pindahan panas.
No. Luaran-Luaran Pembelajaran Mata Kuliah IABEE SO Assessment
1.
2.
3.
4.
5.
Minggu Ke-
(Week No.)
Topik (Topics)
LPK (CLO)1
Sub-topik / indikator kinerja (Subtopics / performance
indicators)

Tugas-tugas (Assignments)
1
Pengantar konveksi panas
•   Persoalan pindahan panas konveksi
•   Lapisan batas konveksi
•   Aliran laminar dan turbulen
•   Persamaan pindahan panas konveksi
mampu memahami dan menjelaskan tentang pengertian pindahan panas
konveksi
2
Aliran eksternal
•   Asal korelasi empiris
•   Plat datar dalam aliran paralel
•   Silinder dengan aliran menyilang
Mampu memahami dan menjelaskan tentang persoalan perhitungan laju
pindahan panas ke atau dari permukaan dalam aliran eksternal
3
Aliran internal
•   Konsiderasi hidrodinamika
•   Konsiderasi panas
•   Neraca energi
•   Korelasi konveksi : aliaran turbulen dalam tabung bulat
•   Korelasi konveksi : aliran turbulen dalam tabung bulat
•  Korelasi konveksi : tabung tidak bulat
•   Cincin tabung yang sesumbu
mampu memahami dan menjelaskan tentang persoalan perhitungan laju
pindahan panas dalam aliran internal
4
Konveksi bebas
Korelasi empiris : aliaran konveksi bebas eksternal
Korelasi empiris : terpisah
Gabungan konveksi bebas dan paksa
•   Konsiderasi fisik
•   Pengembangan persamaan
•   Efek furbulensi
•   Plat vertical
•   Plat horizontal
•   Plat miring
•   Silinder horizontal yang panjang
•   Bola
•    “Cavity” empat segi
•   Silinder yang sesumbu
•   Bola yang sesumbu
•   Plat horizontal dan vertical
•   Aliran tabung
mampu memahami pindahan panas konveksi bebas
5
Pendidihan (“boiling”)
•   Mekanisme (“boiling”)
•   Korelasi pendidihan
mampu memahami dan menjelaskan persoalan pindahan panas konveksi pada
fluida yang mendidih (“boiling”)
6
Kondensasi
•   Mekanisme fisik
•  Kondensasi film laminar pada plat vertical
•   Kondensasi film turbulen
•  Kondensasi film pada tabung dan segiup tabung yang   horizontal
• Kondensasi film dalam tabung horizontal
mampu memahami dan menjelaskan persoalan pindahan panas konveksi pada
fluida yang mengembun (kondensasi)
Tingkat pembelajaran IABEE SO (ABET SO learning level) - L(low),
M(medium), H(high)
SO
Deskripsi
Description
Level
0,8
[3].  Mampu merancang dan merekayasa kontruksi  mesin dengan
menerapkan teori dan prinsip rekayasa mekanik dengan benar. Serta
merancang Prosedur Standard operasi Mesin dan Merancang Perawatan
mesin-mesin produksi;
[3].  Able to design machinery construction by applying the principles
of mechanical engineering. As well as designing Standard Operating
Procedures for Machinery and Maintenance planning;
T,A,S
0,8
[4].  Mampu merancang suatu proses kerekayasaan dengan menerapkan
prinsip perancangan sistem mekanik dari berbagai aplikasi Industri
dengan memperhatikan unsur keselamatan, kehandalan, kemudahan serta
faktor faktor ekonomi, sosiokultur dan lingkungan.
[4].  Able to design a engineering process by applying the principles
of designing mechanical systems from various Industri applications
with attention to the element of safety, reliability, convenience and
economic factors, sociocultural and environment.
T,S,E
0,4
[9].  Mampu melakukan identifikasi, formulasi dan analisis masalah
rekayasa sesuai dengan bidang keilmuan teknik mesin melalui
penelitian.
[9].  Able to identify, formulate and analyse engineering problems in
accordance with the field of mechanical engineering through research.
A,S,E
  • K - (Knowledge) Pengetahuan
  • P - Pemahaman
  • T - Terapan(Aplikasi)
  • A - Analisa
  • S - Perpaduan (Sintesa)
  • E - Evaluasi

RTM3110P PRAKTIKUM PROSES PRODUKSI

2 SKS
Wajib

Program Studi

Teknik Mesin

Fakultas

Fakultas Teknik

Referensi Utama

  • R.M.Maan, 1993. Material Processing. California US.
  • Shaw, M.C. 1984. Material Handling Principles. Clarendon Press. Oxford. UK.
  • Trent, E.M. 1991. Bulk and unit materials. Butterworth-Heinemann. London. UK

Bahan Pelengkap

Koordinator Mata Kuliah

Dosen Pengampu

Beban kerja Kuliah dalam Jam Per Minggu

Tatap muka kelas (2 jam)
Responsi / tutorial (3 jam)
Belajar Mandiri (4 jam)

Deskripsi Mata Kuliah Sesuai Katalog

Mata kuliah ini diselenggarakan dengan pelaksanaan praktikum. Dalam pelaksanaan praktikum diberikan pengetahuan teoritis dan pelaksanaan lapangan tentang prosedur praktek dan keselamatan kerja Proses Produksi yang terdiri dari praktikum teknologi mekanik, pembuatan roda gigi dan crankshaft.

Tujuan Instruksional Umum

Mahasiswa akan mampu menyusun/merancang suatu proses praktikum, melakukan pekerjaan dengan selamat dan menghasilkan produk yang terukur.
No. Luaran-Luaran Pembelajaran Mata Kuliah IABEE SO Assessment
1.
2.
3.
4.
5.
Minggu Ke-
(Week No.)
Topik (Topics)
LPK (CLO)1
Sub-topik / indikator kinerja (Subtopics / performance
indicators)

Tugas-tugas (Assignments)
1
Proses pemilihan bahan baku
•   Pendahuluan
•   Konsep dasar
•   Defenisi dan terminologi
•   Analisa dan seleksi
•   Pemilihan bahan
•   Sumber Daya
•   References
mampu memahami  tentang menguraikan konsep dasar praktikum proses
produksi.
2
Penyetelan mesin bubut
•   Pendahuluan
•   Hal-hal yang penting
 mampu memahami defenisi  mesin bubut dan klasifikasi bahan.
3
Penyetelan mesin bubut
•   Faktor-faktor yang mempengaruhi kapasitas
Mesin bubut
mampu memahami tentang menguraikan faktor-faktor yang berhubungan
dengan daya motor
4
Dasar-dasar tegangan
•   Diagram tegangan
•   Gaya-gaya pada meisn bubut
mampu memahami dan menjelaskan tentang Sudut inklinasi, teganganbelt
5
Faktor tegangan
•   Faktor berat belt
mampu memahami dan menjelaskan tegangan minimum
6
Tail stock
•   Lebar dan kecepatan belt
mampu memahami dan menjelaskan Penyetelan  beban.
7
Dasar-dasar pertimbangan
Perencanaan
•   Pendahuluan
•   Perencanaan tail stokc
mampu memahami dan mengaplikasikan mesin bubut
8
Screw tunggal
•   Klasifikasi bahan secara umum
mampu memahami dan menjelaskan tentang Type mata pahat
-
9
Kapasitas rate
•   Batasan ukuran bahan
•   Daya dan Torsi
mampu memahami dan menjelaskan kapasitas,  kecepatan , data unjuk
kerja
10
Daya netto
•   Perhitungan daya
mampu memahami tentang perhitungan daya dan ukuran
11
Perencanaan konveyor rantai
•   Rating torsi
Mampu menganalisa/merencanakan  daya mesin bubut
12
Struktur tetap
•   Pendahuluan
•   Pembahagian mesin bubut
mampu memahami dan menjelaskan tentang apron, struktur penumpu
13
Ulir
•   Jenis eretan
•   Arah gerakan
mampu memahami dan menjelaskan tentang Eretan
14
Type lurus
•   Spur gear
•   References
mampu memahami dan menjelaskan tentang Roda gigi
Tingkat pembelajaran IABEE SO (ABET SO learning level) - L(low),
M(medium), H(high)
SO
Deskripsi
Description
Level
1,2
[2].  Mampu mendeskripsikan rancangan dalam bentuk gambar teknik
menggunakan perangkat lunak CAD sesuai dengan ketentuan/standarisasi
(ISO, SNI, dll.); dan merancang buku manual pengoperasian dan
perawatan.
[2].  Able to describe the design in accordance with the
standardization (ISO, SNI, etc.); and also manuals operation and
maintenance.
K,P,T
0,2
[4].  Mampu merancang suatu proses kerekayasaan dengan menerapkan
prinsip perancangan sistem mekanik dari berbagai aplikasi Industri
dengan memperhatikan unsur keselamatan, kehandalan, kemudahan serta
faktor faktor ekonomi, sosiokultur dan lingkungan.
[4].  Able to design a engineering process by applying the principles
of designing mechanical systems from various Industri applications
with attention to the element of safety, reliability, convenience and
economic factors, sociocultural and environment.
T,S,E
0,6
[5].  Mampu merencanakan dan mendesain proses pengukuran yang presisi
dan akurat dalam menyelesaikan masalah keteknikan secara bertanggung
jawab dan beretika.
 [5]. Able to plan and design precise and accurate measurement process
in solving engineering problems with full a responsible and ethical
manner.
T,S,E
[10].     Mampu menerapkan kerekayasaan teknik mesin dan melakukan
penelitian dibawah bimbingan dengan memakai kaedah-kaedah ilmiah dan
menghasilkan karya ilmiah, melibatkan proses pembelajaran sepanjang
hayat terhadap pengetahuan kekinian yang relevan.
[10].   Able to apply mechanical engineering and conduct research
under guidance by using scientific methods and producing scientific
papers, involve a lifelong learning process to the relevant
contemporary knowledge.
K,P,T,A
  • K - (Knowledge) Pengetahuan
  • P - Pemahaman
  • T - Terapan(Aplikasi)
  • A - Analisa
  • S - Perpaduan (Sintesa)
  • E - Evaluasi

RTM3103 STATISTIK DAN PROBABILITAS

2 SKS
Wajib

Program Studi

Teknik Mesin

Fakultas

Fakultas Teknik

Referensi Utama

  • J.Supranto,"Statistik Teori dan Aplikasi",Jilid Dua Edisi Keenam, Penerbit Erlangga, 2001
  • Hald,"Statistic Theory and Application",Mc-Graw Hill 1988
  • Schum Series,"Statistic",1990

Bahan Pelengkap

Koordinator Mata Kuliah

Dosen Pengampu

  • Andianto Pintoro, ST. MT

Beban kerja Kuliah dalam Jam Per Minggu

Tatap muka kelas (2 jam)
Responsi / tutorial (3 jam)
Belajar Mandiri (4 jam)

Deskripsi Mata Kuliah Sesuai Katalog

Mata Kulah Statistik dan Probabilitas membahas tentang arti dan ruang lingkup statistik, kegunaan statistik inferens dalam penelitian, distribusi frekuensi, pengukuran statistik sampel, permutasi dan kombinasi, teori probabilita, distribusi binomial,distribusi poisson, distribusi normal, estimasi secara statistik, pengujian hipotesis dan regresi dan korelasi serta metode non parametrik.

Tujuan Instruksional Umum

Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswaDepartemen Teknik Mesin semester 1 (satu) diharapkan mampu menyusun/merancang suatu proses pengukuran teknik yang benar berdasarkan pertimbangan umum dan metodemetode dasar dalam ilmu metrologi teknik, kalibrasi, hubungan selaras sederhana dan respon amplitudo.
No. Luaran-Luaran Pembelajaran Mata Kuliah IABEE SO Assessment
1.
2.
3.
4.
5.
Pertemuan  Ke-
(Week No.)
Topik (Topics)
LPK (CLO)1
Sub-topik / indikator kinerja (Subtopics / performance
indicators)
Tugas-tugas (Assignments)
1
Konsep dan Ruang Lingkup Statistik pada bidang teknik dan aplikasinya
•   Konsep dan ruang lingkup statisti pada bidang teknik.
•   Metode pengolahan data dan penyajian data.
•   Notasi penjumlahan.
Setelah mengikuti perkuliahan dengan pokok bahasan konsep dan ruang
lingkup statistic, mahasiswa dapat memahami kegunaan statistik di
bidang penelitiandan metode pengolahan serta penyajian data
2
Distribusi Frekuensi
•   Distribusi frekuensi meliputi distribusi frekuensi numerik dan
kategorikal,
distribusi frekuensi absolut & relatif, distribusi frekuensi
satuan dan kumulatif .
 Setelah mengikuti kuliah dengan pokok bahasan distribusi frekuensi
mahasiswa dapat menyusun data statistik ke dalam distribusi frekuensi.
3
Ukuran Pemusatan Data
•   Ukuran pemusatan data meliputi rata-rata (hitung, ukur, harmonis),
median
modus dan ukuran letak data.
Setelah mengikuti kuliah dengan pokok bahasan ukuran pemusatan data
mahasiswa
dapat melakukan dan menentukan nilai-nilai ukuran pemusatan data
statistik.
4
Dispersi Data
•   Dispersi data meliputirange, simpangan rata-rata, variansi dan
standar deviasi.
Setelah mengikuti kuliah dengan pokok bahasan Dispersi Data mahasiswa
dapat
melakukan perhitungan tendensi sentral dan pengukuran dispersi dari
data statistic
5
QUIZ
6
Dispersi Data (lanjutan...)
•   Dispersi data (lanjutan) meliputi deviasi quartil, koefisien
variansi, kemiringan
kurva distribusi data,
keruncingan kurvadistribusi data.
Setelah mengikuti kuliah dengan pokok bahasan Dispersi Data mahasiswa
dapat
melakukan perhitungan tendensi sentral dan pengukuran dispersi dari
data statistik.
7
Permutasi dan Kombinasi
•   Permutasi dan Kombinasi meliputi pengertian Permutasi dan
Kombinasi
Setelah mengikuti kuliah dengan pokok bahasan permutasi dan kombinasi
diharapkan
mahasiswa mampu melakukan analisa untuk memilih berbagai kemungkinan
sampel
dari suatu populasi tertentu.
8
Teori Probabilitas
•   Pengertian dan sejarah probabilitas
•   Perumusan Probabilitas
•   Ruang sampel
•   Probabilita Bersyarat
•   Probabilita Marginal dan Rumus Bayes
Setelah mengikuti kuliah dengan pokok bahasan teori probabilita
diharapkan mahasiswa mampu melakukan analisis besar kecilnya peluang
suatu peristiwa yang dapat digunakan sebagai dasar pengambilan
keputusan.
9
Distribusi Teoritis
•   Distribusi Binomial
•   Distribusi Poisson
•   Distribusi Normal
Setelah mengikuti kuliah dengan pokok bahasan distribusi teoritis
mahasiswa
diharapkan memahami ciri-ciri distribusi yang digunakan untuk
menentukan besarnya
nilai probabilita terjadinya suatu peristiwa..
10
Distribusi Teoritis (lanjutan..)
•   Distribusi Chi Kuadrat
•   Distribusi T
Setelah mengikuti kuliah dengan pokok bahasan distribusi teoritis
mahasiswa
diharapkan memahami ciri-ciri distribusi yang digunakan untuk
menentukan besarnya
nilai probabilita terjadinya suatu peristiwa..
11
Perkiraan/estimasi secara statistik
•   Estimasi titik distribusi parameter
•   Estimasi interval
•   Besaran sampel dan ketelitian estimasi
Setelah mengikuti kuliah dengan pokok bahasan perkiraan/estimasi
secara statistik
diharapkan mahasiswa mampu melakukan estimasi besarnya nilai parameter
populasi
menggunakann data kuantitatif..
12
UJIAN TENGAH SEMESTER
13
Pengujian Hipotesis
•   Arti hipotesis
•   Perumusan Hipotesis
•   Uji hipotesis rerata
•   Uji hipotesis variance
•   Uji independensi suatu fungsi
•   Uji kecocokan suatu fungsi
Setelah mengikuti kuliah dengan pokok bahasanpengujian
hipotesismahasiswa dapat melakukan pengujian berbagai proposisi yang
akan digunakan untuk dasar pembuatan keputusan.
14
Regresi dan Korelasi
•   Estimasi dan pengujian koefisien regresi
•   Estimasi parameter A, B dan variance
•   Uji hipotesis koefisien regresi dengan analisis
•   Variance.
•   Estimasi dan uji hipotesis koefisien korelasi
Setelah mengikuti kuliah dengan pokok bahasan regresi dan korelasi
mahasiswa mampu menyusun persamaan regresi dan melakukan analisis
hubungan antara dua variable dengan menggunakan koefisien korelasi
Tingkat pembelajaran IABEE SO (ABET SO learning level) - L(low),
M(medium), H(high)
SO
Deskripsi
Description
Level
  1
[4].  Mampu merancang suatu proses kerekayasaan dengan menerapkan
prinsip perancangan sistem mekanik dari berbagai aplikasi Industri
dengan memperhatikan unsur keselamatan, kehandalan, kemudahan serta
faktor faktor ekonomi, sosiokultur dan lingkungan.
[4].  Able to design a engineering process by applying the principles
of designing mechanical systems from various Industri applications
with attention to the element of safety, reliability, convenience and
economic factors, sociocultural and environment.
T,S,E
0,6
[7].  Mampu bekerja sama dalam tim dan memberikan solusi masalah dalam
lintas bidang keteknikan dengan memperhatikan faktor-faktor ekonomi,
kesehatan dan keselamatan publik, etika dan lingkungan.
[7].  Able to provide solution in cross-engineering field with
attention to economic, public health and safety factors, ethics and
environmental consideration.
T,A,S
0,4
[10].     Mampu menerapkan kerekayasaan teknik mesin dan melakukan
penelitian dibawah bimbingan dengan memakai kaedah-kaedah ilmiah dan
menghasilkan karya ilmiah, melibatkan proses pembelajaran sepanjang
hayat terhadap pengetahuan kekinian yang relevan.
[10].     Able to apply mechanical engineering and conduct research
under guidance by using scientific methods and producing scientific
papers, involve a lifelong learning process to the relevant
contemporary knowledge.
K,P,T,A
  • K - (Knowledge) Pengetahuan
  • P - Pemahaman
  • T - Terapan(Aplikasi)
  • A - Analisa
  • S - Perpaduan (Sintesa)
  • E - Evaluasi

RTM3107 TEKNIK TENAGA LISTRIK

2 SKS
Wajib

Program Studi

Teknik Mesin

Fakultas

Fakultas Teknik

Referensi Utama

  • Fitzgerald, et al, Basic Electric Engineering, McGraw-Hill, 1985.
  • Fitzgerald, Electric Machinery and Transformers, Prentice Hall, 1972

Bahan Pelengkap

Koordinator Mata Kuliah

Dosen Pengampu

  • Ir. Arman Sani
  • Ir. Eddy Warman, MT

Beban kerja Kuliah dalam Jam Per Minggu

Tatap muka kelas (2 jam)
Responsi / tutorial (3 jam)
Belajar Mandiri (4 jam)

Deskripsi Mata Kuliah Sesuai Katalog

Mata kuliah ini mengkaji tentang prinsip kelistrikan, motor dan altenator, hubungan star-delta, kerusakan listrik, factor daya, arus AC-DC, single phasa dan 3 phasa dan hubungan daya keluar dan daya masuk motor / generator.

Tujuan Instruksional Umum

Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa diharapkan dapat memahami karakteristik mesin listrik, cara penghubungan meter listrik ke sumber listrik serta ke sumber listrik generator.
No. Luaran-Luaran Pembelajaran Mata Kuliah IABEE SO Assessment
1.
2.
3.
4.
5.
Minggu Ke-
(Week No.)
Topik (Topics)
LPK (CLO)1
Sub-topik / indikator kinerja (Subtopics / performance
indicators)

Tugas-tugas (Assignments)
1-2
Prinsip kelistrikan
•   Pendahuluan
•   Prinsip kelistrikan
•   Motor dan altenator arus searah (DC)
mampu memahami mengenai prinsif kelistrikan
3-4
Motor dan altenator
•   Motor dan altenator arus bolak-balik (AC)
•   Transformator
 mampu memahami mengenai motor dan altenator
5-6
Hubungan star-Delta
•   Cara-cara / jenis-jenis hubungan hubungan Star-Delta dan
Trouble-Shooting.
mampu memahami mengenai hubungan star-delta.
7-8
Kerusakan-kerusakan listrik
•   Kerusakan listrik pada mesin-mesin yang digerakan listrik
mampu memahami mengenai kerusakan-kerusakan listrik
9-10
Faktor daya
•   Faktor daya, daya semu, daya aktif dan daya reaktif
mampu memahami mengenai factor daya
11-12
Arus AC-DC
•   Perubahan arus AC ke DC dan sebaliknya
mampu memahami mengenai arus AC-DC
13-14
Single phasa dan 3 phasa
•   Perhitungan daya pada phasa tunggal dan phasa tiga
mampu memahami mengenai single phasa dan 3 phasa
15-16
Hubungan daya keluaran dan daya masukan motor / generator
•   Hubungan daya keluaran dan daya masukan motor
•   Generator listrik , Faktor daya, putaran dan jumlah katub
generator
mampu memahami mengenai hubungan daya keluaran dan daya masukan motor
/ generator
Tingkat pembelajaran IABEE SO (ABET SO learning level) - L(low),
M(medium), H(high)
SO
Deskripsi
Description
Level
0,8
[4].  Mampu merancang suatu proses kerekayasaan dengan menerapkan
prinsip perancangan sistem mekanik dari berbagai aplikasi Industri
dengan memperhatikan unsur keselamatan, kehandalan, kemudahan serta
faktor faktor ekonomi, sosiokultur dan lingkungan.
 [4]. Able to design a engineering process by applying the principles
of designing mechanical systems from various Industri applications
with attention to the element of safety, reliability, convenience and
economic factors, sociocultural and environment.
T,S,E
1,2
[7].  Mampu bekerja sama dalam tim dan memberikan solusi masalah dalam
lintas bidang keteknikan dengan memperhatikan faktor-faktor ekonomi,
kesehatan dan keselamatan publik, etika dan lingkungan
[7].  Able to provide solution in cross-engineering field with
attention to economic, public health and safety factors, ethics and
environmental consideration.
T,A,S
  • K - (Knowledge) Pengetahuan
  • P - Pemahaman
  • T - Terapan(Aplikasi)
  • A - Analisa
  • S - Perpaduan (Sintesa)
  • E - Evaluasi