Semester 5

Rencana Pembelajaran Semester (RPS/SAP)

 

   

PROGRAM STUDI SARJANA
TEKNIK MESIN FAKULTAS TEKNIK
UNIVERSITAS SUMATERA UTARA
Gedung J17 Jl. Almamater Kampus USU Medan 2015
dtm.usu.ac.id

 

 

Semester 5

 

 

KINEMATIKA

Program Studi (Study Program)
Teknik Mesin (Mechanical Engineering)
Fakultas / Sekolah (Faculty / School)
Fakultas Teknik (Engineering Faculty)
Kode Kuliah (Course Number)
RTM 3104
Nama Kuliah (Course Title)
Kinematika
Beban Kuliah (Course Load)
2 sks / 2 crs.
Sifat Kuliah (Wajib / Pilihan)
Course Type (Mandatory / Elective)
Pilihan Wajib Prodi
(Selection Program-Mandatory)
Prasyarat (Prerequisites)
Syarat Pengambilan Bersama (CoRequisites)
Referensi Utama (Primary References)
–        Dynamics, O.C. R.C. Hibbeler, Prentice Hall, Pearson
–        Dynamics, J.L. Meriam, L.G. Kraige
Bahan Pelengkap (Supplemental Material)
Course handouts, modul & laporan Lab Instruksional
Semester Posisi Kuliah (Course Semester)
5
Koordinator Matakuliah (Course Coordinator)
Dosen Pengampu (Course Instructor)
Ir. Tugiman, MT
Beban Kerja Kuliah dalam Jam Per Minggu (Course Load in Hours Per Week)
–    Tatap muka kelas (classroom sessions): 2
–    Responsi / tutorial (tutorials): 3
–    Belajar mandiri (independent study): 4
Deskripsi Matakuliah Sesuai Katalog (Course Description In Catalog)
Mata kuliah ini mempelajari analisa gerak, kecepatan dan percepatan dalam suatu mesin dan gaya-gaya yang terjadi dan analisa gaya-gaya dinamis, efek giroskopik, putaran kritis pada elemen yang berputar dan analisa flywheel (roda gila) pada motor bakar.
Tujuan Instruksional Umum (Course Objectives)
Setelah menyelesaikan mata kuliah ini mahasiswa akan dapat menghitung, menggambarkan poligon kecepatan, percepatan dan gaya-gaya yang timbul pada suatu mesin. Mahasiswa juga dapat membuat mekanisme yang sebenarnya dengan mekanisme ekivalen agar mudah menganalisisnya akan dapat menghitung, dan menganalisa kesetimbangan massa yang berputar, massa bolak-balik (reciprocating), menentukan putaran kritis dari suatu mesin, menghitung ukuran-ukuran flywheel dan gunanya serta dapat menentukan efek giroskopik dari suatu sistem yang bergerak
Luaran-Luaran Pembelajaran Matakuliah
(Course Learning Outcomes)
IABEE SO
Assessment
1.        Menerapkan pemahaman mekanik untuk konstruksi engineering
3
–       Specific exam problems
–       Homeworks
–       Quizzes
2.        Membangun rangkaian dan pasangan/paduan batang kinematic dalam konstruksi permesinan.
4
–    Specific exam problems
–    Homeworks
–    Quizzes
3.        Merancang dan memilih berbagai bentuk rangkaian kinematic yang sesuai untuk aplikasi engineering.
3
–       Specific exam problems
–       Homeworks
4.         Menghitung dan merumuskan konstruksi rangkaian kinematic dalam aplikasi engineering.
4
–       Specific exam problems
–       Homeworks
5.        menganalisis hasil simulasi dan optimasi Derajat kebebasan gerak rangkaian kinematik.
9
–   Specific exam problems
–   Homeworks / assignment

Rencana Perkuliahan Mingguan (Weekly Course Plan)

Minggu Ke-
(Week No.)
Topik (Topics)
LPK (CLO)1
Sub-topik / indikator kinerja (Subtopics / performance indicators)
Tugas-tugas (Assignments)
1
•   Diagram Kinematis
•   Mekanisme
•   Pasangan
•   Gerak Translasi dan Rotasi
•   Perjumlahan dan pengurangan vektor
•   Penggabungan dan penguraian vector
1,2
mampu memahami dan menjelaskan tentang Konsep dasar kinematika
Baca Ch.1
Tugas lakukan pemantauan kondisi kereta
2
•  Lintasan dan kecepatan linier
•  Pergerakan sudut dan kecepatan sudut
•  Percepatan linier dan percepatan sudut
•  Percepatan normal dan tangential
2,3
 mampu memahami dan menjelaskan tentang pergerakan mekanisme
Baca Ch.berkaitan
Memberi kajian tugas membangun model pemantauan kondisi
3
•  Gerakan Absolute dan Relative
•  Metode Pemindahan Gerakan
•  Rasio Kecepatan sudut
•  Kontak meluncur dan menggelinding
2,3
mampu memahami dan menjelaskan tentang pergerakan mekanisme
Baca Ch.berkaitan
Responsi: membangun model pantauan kondisi
4
•  Sistem empat batang
•  Batang penghubung seret
•  Mekanisme engkol peluncur
•  Mekanisme pembalik cepat
2,3
mampu memahami dan menjelaskan tentang pergerakan mekanisme
Baca Ch berkaitan
memberi kajian tugas pengukuran terhadap permesinan
5
•  Benda meluncur dan menggelinding
•  Teori Kenedy
•  Mekanisme kontak langsung
•  Metoda diagram lingkaran
2,3
mampu memahami dan menjelaskan letak titik pusat pada mekanisme
Baca Ch.berkaitan
Responsi: membangun model pengukuran kondisi permesinan
6
•  Menentukan kecepatan linier
•  Kecepatan dalam rangkaian system batang penghubung empat batang
•  Kecepatan mekanisme engkol peluncur
•  Menentukan kecepatan sudut
1,5
mampu memahami dan menjelaskan penggunaan titik pusat pada mekanisme
Baca Ch.berkaitan
Memberi kajian tugas , mendesain dan membangun model pemantauan kondisi yang sesuai
7
•  Kecepatan relative dua titik berbeda
•  Kecepatan relative Dua Titik pada satu penghubung kaku
4,5
mampu memahami dan menjelaskan kecepatan  pada mekanisme
8
•     Mekanisme engkol peluncur
•     Mekanisme empat batang
1,2,3,4
mampu memahami dan menjelaskan kecepatan  pada mekanisme
9
•  Mesin Powel
•  Dua titik berimpit
•  Mekanisme penyerut
1,4,5
mampu memahami dan menjelaskan kecepatan pada mekanisme
Studi resiko kegagalan
–  Internet
–  Survey bengkel
–  presentasi
10
•  Mekanisme penyerut
•  Metode khusus penyelesaian kecepatan
•  Titik Bantu
mampu memahami dan menjelaskan kecepatan pada mekanisme
11
•  Percepatan relative dua titik berbeda
•  Percepatan relative Dua Titik pada satu penghubung kaku
•  Percepatan Normal dan Tangential
mampu memahami dan menjelaskan percepatan  pada mekanisme
12
•  Mekanisme engkol peluncur
•  Mekanisme empat batang
•  Mesin Powel
•  Dua titik berimpit
mampu memahami dan menjelaskan percepatan  pada mekanisme
13
•  Mekanisme penyerut
•  Metode khusus penyelesaian kecepatan
•  Titik Bantu
mampu memahami dan menjelaskan percepatan  pada mekanisme
14
•  Rangkaian roda gigi normal
•  Rangkaian roda gigi gabungan
•  Rangkaian roda gigi membalik (Riverted gear train)
mampu memahami dan menjelaskan Rangkaian Roda Gigi
15
•  Hubungan putaran rangkaian roda gigi planet (Roda gigi lurus)
•  Roda gigi planet dengan dua masukan
mampu memahami dan menjelaskan Rangkaian Roda Gigi
16
•  Rangkaian roda gigi planet miring
•  Rangkaian roda gigi differential miring
•  Keuntungan mekanis
mampu memahami dan menjelaskan Rangkaian Roda Gigi
Final Examination
2,3,4,5
Tingkat pembelajaran IABEE SO (ABET SO learning level) – L(low), M(medium), H(high)
SO
Deskripsi
Description
Level
1,2
[3].  Mampu merancang dan merekayasa kontruksi  mesin dengan menerapkan teori dan prinsip rekayasa mekanik dengan benar. Serta merancang Prosedur Standard operasi Mesin dan Merancang Perawatan mesin-mesin produksi;
[3].  Able to design machinery construction by applying the principles of mechanical engineering. As well as designing Standard Operating Procedures for Machinery and Maintenance planning;
T,A,S
0,2
[6].  Mampu memilih sumberdaya dan memanfaatkan perangkat perancangan-dan-analisis berbasis TIK dan komputasi untuk melakukan aktivitas rekayasa teknik mesin.
[6].  Capable of selecting resources and utilizing computational design-and-analysis tools for mechanical engineering activities.
T,A,S
0,6
[9].  Mampu melakukan identifikasi, formulasi dan analisis masalah rekayasa sesuai dengan bidang keilmuan teknik mesin melalui penelitian.
[9].  Able to identify, formulate and analyse engineering problems in accordance with the field of mechanical engineering through research.
A,S,E
K – (Knowledge) Pengetahuan
P – Pemahaman
T – Terapan(Aplikasi)
A – Analisa
S – Perpaduan (Sintesa)
E – Evaluasi

 

 

MANAJEMEN TEKNIK

Program Studi (Study Program)
Teknik Mesin (Mechanical Engineering)
Fakultas / Sekolah (Faculty / School)
Fakultas Teknik (Engineering Faculty)
Kode Kuliah (Course Number)
RTM 3105
Nama Kuliah (Course Title)
Manajemen Teknik
Beban Kuliah (Course Load)
2 sks / 2 crs.
Sifat Kuliah (Wajib / Pilihan)
Course Type (Mandatory / Elective)
Pilihan Wajib Prodi
(Selection Program-Mandatory)
Prasyarat (Prerequisites)
Syarat Pengambilan Bersama (CoRequisites)
Referensi Utama (Primary References)
–          Shannon, R.E., Engineering Management, John Wiley, New York, 1980.
–          Sumanth, Productivity Engineering and Management, McGraw-Hill, 1985.
–          Ezey, productivity Improvement, Elsevier, 1986.
–          Mali, Improving Total Productivity, John Wiley, 1978.
–          Joyowiyono dan Marsud, F.X., Ekonomi Teknik, Jilid 1, Dep.P.U., Jakarta, 1989.
Bahan Pelengkap (Supplemental Material)
Semester Posisi Kuliah (Course Semester)
5
Koordinator Matakuliah (Course Coordinator)
Dosen Pengampu (Course Instructor)
Prof.Dr.Ir. Darwin Sitompul, M.Eng
Beban Kerja Kuliah dalam Jam Per Minggu (Course Load in Hours Per Week)
–    Tatap muka kelas (classroom sessions): 2
–    Responsi / tutorial (tutorials): 3
–    Belajar mandiri (independent study): 4
Deskripsi Matakuliah Sesuai Katalog (Course Description In Catalog)
Mata kuliah ini diselenggarakan dengan tatap muka selama satu semester. Tinjauan strategi perusahaan, Pengetahuan dasar siklus produktivitas, Definisi dan konsep dasar produktifitas, Pengukuran produktifitas, Evaluasi produktifitas, Pengembangan dan penyempurnaan produktifitas, berbagai aspek dan biaya yang harus diperhitungkan dalam mengembangkan suatu ide produk sampai menjadi suatu industri.
Tujuan Instruksional Umum (Course Objectives)
Setelah menyelesaikan mata kuliah ini mahasiswa dapat mengetahui dasar-dasar manajemen teknik
Luaran-Luaran Pembelajaran Matakuliah
(Course Learning Outcomes)
IABEE SO
Assessment
1.
2.
3.
4.
5.

Rencana Perkuliahan Mingguan (Weekly Course Plan)

Minggu Ke-
(Week No.)
Topik (Topics)
LPK (CLO)1
Sub-topik / indikator kinerja (Subtopics / performance indicators)
Tugas-tugas (Assignments)
1-2
Dasar-dasar teori ilmu manajemen
Fungsi-fungsi dan struktur manajemen teknik serta analisi operasinya
•    Manajemen teori ilmu dan praktek, evolusi pemikiran manajemen, pola pola analisis manajemen, lingkungan manajerial
•    Fungsi dari suatu usaha industry, struktur manajemen teknik, analisa operasi manajemen teknik
Pengenalan terhadap dasar-dasar teori manajemen, metodologi-metodologi pendekatan, pengenalan terhadap manajemen teknik
3-4
Tantangan-tantangan manajemen teknik
Kerangka dasar dan perkembangan manajemen mutu terpadu
•    Koordinasi usaha industry, multinasional operasi pada usaha industry, adaptasi terhadap perubahan situasi, sekurit usaha industry.
•    Definisi mutu, unsur-unsur total quality manajemen, perkembangan total quality manajemen
Pengenalan terhadap identifikasi masalah –masalah manajemen teknik, pengenalan terhadap total quality manajemen
5-6
Bench Marking
Gugus Kendali Mutu
•    Definisi-definisi tipe Bench marking, sumber-sumber informasi bench marking, proses bench marking
•    Definisi dan tipe gugus kendali mutu, program gugus kendali mutu, model-model gugus kendali mutu
Pengenalan bench marking aplikasinya dalam usaha industri, pengenalan gugus kendali mutu dan aplikasinya dalam usaha industri
7-8
Perencanaan mutu
Perencanaan mutu ulang
•    Perenanaan mutu strategis, perencanaan mutu fungsional, perencanaan mutu departemental
•   Situasi khusus
Pengenalan rancangan mutu untuk berbagai  tingkatan, Perencanaan revesna ulang untuk revesna mutu pada suatu proses industri
Tingkat pembelajaran IABEE SO (ABET SO learning level) – L(low), M(medium), H(high)
SO
Deskripsi
Description
Level
1,2
[4].  Mampu merancang suatu proses kerekayasaan dengan menerapkan prinsip perancangan sistem mekanik dari berbagai aplikasi Industri dengan memperhatikan unsur keselamatan, kehandalan, kemudahan serta faktor faktor ekonomi, sosiokultur dan lingkungan.
[4].  Able to design a engineering process by applying the principles of designing mechanical systems from various Industri applications with attention to the element of safety, reliability, convenience and economic factors, sociocultural and environment.
T,S,E
0,2
[6].  Mampu memilih sumberdaya dan memanfaatkan perangkat perancangan-dan-analisis berbasis TIK dan komputasi untuk melakukan aktivitas rekayasa teknik mesin
[6].  Capable of selecting resources and utilizing computational design-and-analysis tools for mechanical engineering activities.
T,A,S
0,4
[7].   Mampu bekerja sama dalam tim dan memberikan solusi masalah dalam lintas bidang keteknikan dengan memperhatikan faktor-faktor ekonomi, kesehatan dan keselamatan publik, etika dan lingkungan.
[7].  Able to provide solution in cross-engineering field with attention to economic, public health and safety factors, ethics and environmental consideration.
T,A,S
0,2
[8].  Mampu menulis proposal untuk penawaran dan laporan Proyek berkaitan Menguasai rekayasa permesinan, berkomunikasi, negosiasi dan presentasi berkaitan bidang teknik mesin; sesuai bidang konsentrasi.
[8].  Able to write proposals for bidding and Project reports relating to Mastering in mechanical engineering, communicate, negotiate and presentations related to mechanical engineering; according to the field of concentration.
P,T,A
K – (Knowledge) Pengetahuan
P – Pemahaman
T – Terapan(Aplikasi)
A – Analisa
S – Perpaduan (Sintesa)
E – Evaluasi

 

 

METROLOGI TEKNIK

Program Studi (Study Program)
Teknik Mesin (Mechanical Engineering)
Fakultas / Sekolah (Faculty / School)
Fakultas Teknik (Engineering Faculty)
Kode Kuliah (Course Number)
RTM3228
Nama Kuliah (Course Title)
Metrologi Teknik
Beban Kuliah (Course Load)
2 sks / 2 crs.
Sifat Kuliah (Wajib / Pilihan)
Course Type (Mandatory / Elective)
Pilihan Wajib Prodi
(Selection Program-Mandatory)
Prasyarat (Prerequisites)
Syarat Pengambilan Bersama (CoRequisites)
Referensi Utama (Primary References)
Bahan Pelengkap (Supplemental Material)
Semester Posisi Kuliah (Course Semester)
5
Koordinator Matakuliah (Course Coordinator)
Dosen Pengampu (Course Instructor)
Prof.Dr.Ir. Armansyah Ginting, M.Eng
Beban Kerja Kuliah dalam Jam Per Minggu (Course Load in Hours Per Week)
–    Tatap muka kelas (classroom sessions): 2
–    Responsi / tutorial (tutorials): 3
–    Belajar mandiri (independent study): 4
Deskripsi Matakuliah Sesuai Katalog (Course Description In Catalog)
Mata kuliah ini mempelajari tentang konsep dasar alat ukur, elemen fungsi suatu alat ukur, pembagian alat ukur, jenis-jenis masukan dari alat ukur, dan beberapa cara menangani masukan gangguan
Tujuan Instruksional Umum (Course Objectives)
Mahasiswa akan mampu menyusun/merancang suatu proses pengukuran teknik yang benar berdasarkan pertimbangan umum, metode-metode dasar, kalibrasi, hubungan selaras sederhana dan respon amplitude
Luaran-Luaran Pembelajaran Matakuliah
(Course Learning Outcomes)
IABEE SO
Assessment
1.
2.
3.
4.
5.

Rencana Perkuliahan Mingguan (Weekly Course Plan)

Minggu Ke-
(Week No.)
Topik (Topics)
LPK (CLO)1
Sub-topik / indikator kinerja (Subtopics / performance indicators)
Tugas-tugas (Assignments)
1
Melihat alat ukur secara garis besar
•     Pendahuluan, generalisasi elemen-elemen fungsi pada alat ukur, pembagian alat –alat ukur, masukan gangguan, modifikasi dan yang diinginkan, cara penanganan masukan gangguan, jangkauan, span
Diharapkan mahasiswa mampu menggunakan alat ukur, mengetahui setiap penggunaan alat ukur
•     Mendengar, mencatat dan bertanya
•     Mahasiswa menyimpulkan
•     Presentase tugas kelompok
2
Melihat alat ukur secara garis besar
•     Pendahuluan, generalisasi elemen-elemen fungsi pada alat ukur, pembagian alat –alat ukur, masukan gangguan, modifikasi dan yang diinginkan, cara penanganan masukan gangguan, jangkauan, span
Diharapkan mahasiswa mampu menggunakan alat ukur, mengetahui setiap penggunaan alat ukur
•     Mendengar, mencatat dan bertanya
•     Mahasiswa menyimpulkan
•     Presentase tugas kelompok
3
Melihat alat ukur secara garis besar
•     Kalibrasi statik, istilah-istilah pada karakteristik static, penerapan statik pada pengukuran, prosedur kalibrasi, kombinasi kesalahan komponen pada perhitungan akurasi system secara keseluruhan, pembebanan, karakteristik dinamik, orde nol, orde satu, dan orde dua, respons frekuensi, modulasi amplitude, frequensi modulasi
Diharapkan mahasiswa mampu menggunakan alat ukur, mengetahui setiap penggunaan alat ukur, dan istilah istilah pada karakteristik static
•     Mendengar, mencatat dan bertanya
•     Mahasiswa menyimpulkan
•     Presentase tugas kelompok
4
Melihat alat ukur secara garis besar
•     Kalibrasi statik, istilah-istilah pada karakteristik static, penerapan statik pada pengukuran, prosedur kalibrasi, kombinasi kesalahan komponen pada perhitungan akurasi system secara keseluruhan, pembebanan, karakteristik dinamik, orde nol, orde satu, dan orde dua, respons frekuensi, modulasi amplitude, frequensi modulasi
Diharapkan mahasiswa mampu menggunakan alat ukur, mengetahui setiap penggunaan alat ukur, dan istilah istilah pada karakteristik static
•     Mendengar, mencatat dan bertanya
•     Mahasiswa menyimpulkan
•     Presentase tugas kelompok
5
Melihat alat ukur secara garis besar
•     Kalibrasi statik, istilah-istilah pada karakteristik static, penerapan statik pada pengukuran, prosedur kalibrasi, kombinasi kesalahan komponen pada perhitungan akurasi system secara keseluruhan, pembebanan, karakteristik dinamik, orde nol, orde satu, dan orde dua, respons frekuensi, modulasi amplitude, frequensi modulasi
Diharapkan mahasiswa mampu menggunakan alat ukur, mengetahui setiap penggunaan alat ukur, dan istilah istilah pada karakteristik static
•     Mendengar, mencatat dan bertanya
•     Mahasiswa menyimpulkan
•     Presentase tugas kelompok
6
Prinsip kerja alat-alat ukur perpindahan translasi dan rotasi ; kecepatan translasi dan rotasi dan pengukuran percepatan dan fungsi responsnya
•     Standard, Perpindahan translasi dan rotasi; kalibrasi, beberapa jenis alat ukur; kecepatan translasi dan rotasi; kalibrasi dan beberapa jenis alat ukur dan pengukuran percepatan
Diharapkan mahasiswa mampu mengerti tentang prinsip kerja alat ukur perpindahan translasi dan rotasi dan mengaplikasikannya
•     Mendengar, mencatat dan bertanya
•     Mahasiswa menyimpulkan
•     Presentase tugas kelompok
7
Prinsip kerja alat-alat ukur perpindahan translasi dan rotasi ; kecepatan translasi dan rotasi dan pengukuran percepatan dan fungsi responsnya
•     Standard, Perpindahan translasi dan rotasi; kalibrasi, beberapa jenis alat ukur; kecepatan translasi dan rotasi; kalibrasi dan beberapa jenis alat ukur dan pengukuran percepatan
Diharapkan mahasiswa mampu mengerti tentang prinsip kerja alat ukur perpindahan translasi dan rotasi dan mengaplikasikannya
•     Mendengar, mencatat dan bertanya
•     Mahasiswa menyimpulkan
•     Presentase tugas kelompok
8
Prinsip kerja alat-alat ukur perpindahan translasi dan rotasi ; kecepatan translasi dan rotasi dan pengukuran percepatan dan fungsi responsnya
•     Standard, Perpindahan translasi dan rotasi; kalibrasi, beberapa jenis alat ukur; kecepatan translasi dan rotasi; kalibrasi dan beberapa jenis alat ukur dan pengukuran percepatan
Diharapkan mahasiswa mampu mengerti tentang prinsip kerja alat ukur perpindahan translasi dan rotasi dan mengaplikasikannya
•     Mendengar, mencatat dan bertanya
•     Mahasiswa menyimpulkan
•     Presentase tugas kelompok
9
Prinsip kerja alat ukur tekanan, kalibrasi, dan fungsi respons
•     Standard, metode-metode pengukuran tekanan, Transducer Elastik, Manometer, Testing dinamik pada pengukuran tekanan, Pengukuran tekanan tinggi dan rendah (vakum)
Diharapkan mahasiswa mampu mengerti tentang prinsip kerja alat ukur perpindahan translasi dan rotasi dan mengaplikasikannya
•     Mendengar, mencatat dan bertanya
•     Mahasiswa menyimpulkan
•     Presentase tugas kelompok
10
Prinsip kerja alat ukur tekanan, kalibrasi, dan fungsi respons
•     Standard, metode-metode pengukuran tekanan, Transducer Elastik, Manometer, Testing dinamik pada pengukuran tekanan, Pengukuran tekanan tinggi dan rendah (vakum)
Diharapkan mahasiswa mampu mengerti tentang prinsip kerja alat ukur perpindahan translasi dan rotasi dan mengaplikasikannya
•     Mendengar, mencatat dan bertanya
•     Mahasiswa menyimpulkan
•     Presentase tugas kelompok
11
Prinsip kerja alat ukur aliran fluida, kalibrasi dan fungsi responnya
•     Standard, metode-metode pengukuran aliran, Kecepatan aliran local (arah dan besarnya), Pengukuran Laju aliran volume, Pengukuran laju aliran massa
Diharapkan mahasiswa mampu mengerti tentang prinsip kerja alat ukur perpindahan translasi dan rotasi dan mengaplikasikannya
•     Mendengar, mencatat dan bertanya
•     Mahasiswa menyimpulkan
•     Presentase tugas kelompok
12
Prinsip kerja alat ukur aliran fluida, kalibrasi dan fungsi responnya
•     Standard, metode-metode pengukuran aliran, Kecepatan aliran local (arah dan besarnya), Pengukuran Laju aliran volume, Pengukuran laju aliran massa
Diharapkan mahasiswa mampu mengerti tentang prinsip kerja alat ukur perpindahan translasi dan rotasi dan mengaplikasikannya
•     Mendengar, mencatat dan bertanya
•     Mahasiswa menyimpulkan
•     Presentase tugas kelompok
13
Prinsip kerja alat ukur temperature, kalibrasi dan fungsi responnya
•     Standard, metode-metode pengukuran temperature, respons, dan kompensasi dinamik dari alat ukur temperature, pengukuran temperature pada fluida yang mengalir
Diharapkan mahasiswa mampu mengerti tentang prinsip kerja alat ukur temperature, kalibrasi dan fungsi responnya
•     Mendengar, mencatat dan bertanya
•     Mahasiswa menyimpulkan
•     Presentase tugas kelompok
14
Prinsip kerja alat ukur temperature, kalibrasi dan fungsi responnya
•     Standard, metode-metode pengukuran temperature, respons, dan kompensasi dinamik dari alat ukur temperature, pengukuran temperature pada fluida yang mengalir
Diharapkan mahasiswa mampu mengerti tentang prinsip kerja alat ukur temperature, kalibrasi dan fungsi responnya
•     Mendengar, mencatat dan bertanya
•     Mahasiswa menyimpulkan
•     Presentase tugas kelompok
Tingkat pembelajaran IABEE SO (ABET SO learning level) – L(low), M(medium), H(high)
SO
Deskripsi
Description
Level
0,4
[2].  Mampu mendeskripsikan rancangan dalam bentuk gambar teknik menggunakan perangkat lunak CAD sesuai dengan ketentuan/standarisasi (ISO, SNI, dll.); dan merancang buku manual pengoperasian dan perawatan.
[2].  Able to describe the design in accordance with the standardization (ISO, SNI, etc.); and also manuals operation and maintenance.
.
K,P,T
0,4
[3].  Mampu merancang dan merekayasa kontruksi  mesin dengan menerapkan teori dan prinsip rekayasa mekanik dengan benar. Serta merancang Prosedur Standard operasi Mesin dan Merancang Perawatan mesin-mesin produksi;
[3].  Able to design machinery construction by applying the principles of mechanical engineering. As well as designing Standard Operating Procedures for Machinery and Maintenance planning;
T,A,S
0,4
[4].   Mampu merancang suatu proses kerekayasaan dengan menerapkan prinsip perancangan sistem mekanik dari berbagai aplikasi Industri dengan memperhatikan unsur keselamatan, kehandalan, kemudahan serta faktor faktor ekonomi, sosiokultur dan lingkungan.
[4].  Able to design a engineering process by applying the principles of designing mechanical systems from various Industri applications with attention to the element of safety, reliability, convenience and economic factors, sociocultural and environment.
T,S,E
0,8
[5].  Mampu merencanakan dan mendesain proses pengukuran yang presisi dan akurat dalam menyelesaikan masalah keteknikan secara bertanggung jawab dan beretika
[5].    Able to plan and design precise and accurate measurement process in solving engineering problems with full a responsible and ethical manner.
T,S,E
K – (Knowledge) Pengetahuan
P – Pemahaman
T – Terapan(Aplikasi)
A – Analisa
S – Perpaduan (Sintesa)
E – Evaluasi

 

 

PERPINDAHAN PANAS II

Program Studi (Study Program)
Teknik Mesin (Mechanical Engineering)
Fakultas / Sekolah (Faculty / School)
Fakultas Teknik (Engineering Faculty)
Kode Kuliah (Course Number)
RTM 3102
Nama Kuliah (Course Title)
Perpindahan Panas II
Beban Kuliah (Course Load)
2 sks / 2 crs.
Sifat Kuliah (Wajib / Pilihan)
Course Type (Mandatory / Elective)
Pilihan Wajib Prodi
(Selection Program-Mandatory)
Prasyarat (Prerequisites)
Syarat Pengambilan Bersama (CoRequisites)
Referensi Utama (Primary References)
–        Fundamental of Heat Transfer, 1981-frank P. Incropera & David P. Dewitt
Bahan Pelengkap (Supplemental Material)
Semester Posisi Kuliah (Course Semester)
5
Koordinator Matakuliah (Course Coordinator)
Dosen Pengampu (Course Instructor)
Dr.Eng. Taufiq Bin Nur, ST, M.Eng.Sc
Beban Kerja Kuliah dalam Jam Per Minggu (Course Load in Hours Per Week)
–    Tatap muka kelas (classroom sessions): 2
–    Responsi / tutorial (tutorials): 3
–    Belajar mandiri (independent study): 4
Deskripsi Matakuliah Sesuai Katalog (Course Description In Catalog)
Mata kuliah ini menjelaskan persoalan pindahan panas konveksi, aliran eksternal, aliran internal, konveksi bebas, pendidihan dan kondensasi
Tujuan Instruksional Umum (Course Objectives)
Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa dapat mengaplikasikan pindahan panas konveksi pada bidang rekayasa yang berhubungan dengan pindahan panas.
Luaran-Luaran Pembelajaran Matakuliah
(Course Learning Outcomes)
IABEE SO
Assessment
1.
2.
3.
4.
5.

Rencana Perkuliahan Mingguan (Weekly Course Plan)

Minggu Ke-
(Week No.)
Topik (Topics)
LPK (CLO)1
Sub-topik / indikator kinerja (Subtopics / performance indicators)
Tugas-tugas (Assignments)
1
Pengantar konveksi panas
•   Persoalan pindahan panas konveksi
•   Lapisan batas konveksi
•   Aliran laminar dan turbulen
•   Persamaan pindahan panas konveksi
mampu memahami dan menjelaskan tentang pengertian pindahan panas konveksi
2
Aliran eksternal
•   Asal korelasi empiris
•   Plat datar dalam aliran paralel
•   Silinder dengan aliran menyilang
Mampu memahami dan menjelaskan tentang persoalan perhitungan laju pindahan panas ke atau dari permukaan dalam aliran eksternal
3
Aliran internal
•   Konsiderasi hidrodinamika
•   Konsiderasi panas
•   Neraca energi
•   Korelasi konveksi : aliaran turbulen dalam tabung bulat
•   Korelasi konveksi : aliran turbulen dalam tabung bulat
•  Korelasi konveksi : tabung tidak bulat
•   Cincin tabung yang sesumbu
mampu memahami dan menjelaskan tentang persoalan perhitungan laju pindahan panas dalam aliran internal
4
Konveksi bebas
Korelasi empiris : aliaran konveksi bebas eksternal
Korelasi empiris : terpisah
Gabungan konveksi bebas dan paksa
•   Konsiderasi fisik
•   Pengembangan persamaan
•   Efek furbulensi
•   Plat vertical
•   Plat horizontal
•   Plat miring
•   Silinder horizontal yang panjang
•   Bola
•    “Cavity” empat segi
•   Silinder yang sesumbu
•   Bola yang sesumbu
•   Plat horizontal dan vertical
•   Aliran tabung
mampu memahami pindahan panas konveksi bebas
5
Pendidihan (“boiling”)
•   Mekanisme (“boiling”)
•   Korelasi pendidihan
mampu memahami dan menjelaskan persoalan pindahan panas konveksi pada fluida yang mendidih (“boiling”)
6
Kondensasi
•   Mekanisme fisik
•  Kondensasi film laminar pada plat vertical
•   Kondensasi film turbulen
•  Kondensasi film pada tabung dan segiup tabung yang   horizontal
• Kondensasi film dalam tabung horizontal
mampu memahami dan menjelaskan persoalan pindahan panas konveksi pada fluida yang mengembun (kondensasi)
Tingkat pembelajaran IABEE SO (ABET SO learning level) – L(low), M(medium), H(high)
SO
Deskripsi
Description
Level
0,8
[3].  Mampu merancang dan merekayasa kontruksi  mesin dengan menerapkan teori dan prinsip rekayasa mekanik dengan benar. Serta merancang Prosedur Standard operasi Mesin dan Merancang Perawatan mesin-mesin produksi;
[3].  Able to design machinery construction by applying the principles of mechanical engineering. As well as designing Standard Operating Procedures for Machinery and Maintenance planning;
T,A,S
0,8
[4].  Mampu merancang suatu proses kerekayasaan dengan menerapkan prinsip perancangan sistem mekanik dari berbagai aplikasi Industri dengan memperhatikan unsur keselamatan, kehandalan, kemudahan serta faktor faktor ekonomi, sosiokultur dan lingkungan.
[4].  Able to design a engineering process by applying the principles of designing mechanical systems from various Industri applications with attention to the element of safety, reliability, convenience and economic factors, sociocultural and environment.
T,S,E
0,4
[9].  Mampu melakukan identifikasi, formulasi dan analisis masalah rekayasa sesuai dengan bidang keilmuan teknik mesin melalui penelitian.
[9].  Able to identify, formulate and analyse engineering problems in accordance with the field of mechanical engineering through research.
A,S,E
K – (Knowledge) Pengetahuan
P – Pemahaman
T – Terapan(Aplikasi)
A – Analisa
S – Perpaduan (Sintesa)
E – Evaluasi

 

 

PRAKTIKUM PROSES PRODUKSI

Program Studi (Study Program)
Teknik Mesin (Mechanical Engineering)
Fakultas / Sekolah (Faculty / School)
Fakultas Teknik (Engineering Faculty)
Kode Kuliah (Course Number)
RTM3110P
Nama Kuliah (Course Title)
Praktikum Proses Produksi
Beban Kuliah (Course Load)
2 sks / 2 crs.
Sifat Kuliah (Wajib / Pilihan)
Course Type (Mandatory / Elective)
Pilihan Wajib Prodi
(Selection Program-Mandatory)
Prasyarat (Prerequisites)
Syarat Pengambilan Bersama (CoRequisites)
Referensi Utama (Primary References)
–     R.M.Maan,  1993. Material Processing. California US.
–     Shaw, M.C. 1984. Material Handling  Principles. Clarendon Press. Oxford. UK.
–     Trent, E.M. 1991. Bulk and unit materials. Butterworth-Heinemann. London. UK
Bahan Pelengkap (Supplemental Material)
Semester Posisi Kuliah (Course Semester)
5
Koordinator Matakuliah (Course Coordinator)
Dosen Pengampu (Course Instructor)
Beban Kerja Kuliah dalam Jam Per Minggu (Course Load in Hours Per Week)
–    Tatap muka kelas (classroom sessions): 2
–    Responsi / tutorial (tutorials): 3
–    Belajar mandiri (independent study): 4
Deskripsi Matakuliah Sesuai Katalog (Course Description In Catalog)
Mata kuliah ini diselenggarakan dengan pelaksanaan  praktikum. Dalam pelaksanaan praktikum  diberikan  pengetahuan teoritis dan pelaksanaan lapangan tentang prosedur praktek dan keselamatan kerja Proses Produksi yang terdiri dari praktikum teknologi mekanik, pembuatan roda gigi dan crankshaft.
Tujuan Instruksional Umum (Course Objectives)
Mahasiswa akan mampu menyusun/merancang suatu proses praktikum, melakukan pekerjaan dengan selamat dan menghasilkan produk yang terukur
Luaran-Luaran Pembelajaran Matakuliah
(Course Learning Outcomes)
IABEE SO
Assessment
1.
2.
3.
4.
5.

Rencana Perkuliahan Mingguan (Weekly Course Plan)

Minggu Ke-
(Week No.)
Topik (Topics)
LPK (CLO)1
Sub-topik / indikator kinerja (Subtopics / performance indicators)
Tugas-tugas (Assignments)
1
Proses pemilihan bahan baku
•   Pendahuluan
•   Konsep dasar
•   Defenisi dan terminologi
•   Analisa dan seleksi
•   Pemilihan bahan
•   Sumber Daya
•   References
mampu memahami  tentang menguraikan konsep dasar praktikum proses produksi.
2
Penyetelan mesin bubut
•   Pendahuluan
•   Hal-hal yang penting
 mampu memahami defenisi  mesin bubut dan klasifikasi bahan.
3
Penyetelan mesin bubut
•   Faktor-faktor yang mempengaruhi kapasitas
Mesin bubut
mampu memahami tentang menguraikan faktor-faktor yang berhubungan dengan daya motor
4
Dasar-dasar tegangan
•   Diagram tegangan
•   Gaya-gaya pada meisn bubut
mampu memahami dan menjelaskan tentang Sudut inklinasi, teganganbelt
5
Faktor tegangan
•   Faktor berat belt
mampu memahami dan menjelaskan tegangan minimum
6
Tail stock
•   Lebar dan kecepatan belt
mampu memahami dan menjelaskan Penyetelan  beban.
7
Dasar-dasar pertimbangan
Perencanaan
•   Pendahuluan
•   Perencanaan tail stokc
mampu memahami dan mengaplikasikan mesin bubut
8
Screw tunggal
•   Klasifikasi bahan secara umum
mampu memahami dan menjelaskan tentang Type mata pahat
9
Kapasitas rate
•   Batasan ukuran bahan
•   Daya dan Torsi
mampu memahami dan menjelaskan kapasitas,  kecepatan , data unjuk kerja
10
Daya netto
•   Perhitungan daya
mampu memahami tentang perhitungan daya dan ukuran
11
Perencanaan konveyor rantai
•   Rating torsi
Mampu menganalisa/merencanakan  daya mesin bubut
12
Struktur tetap
•   Pendahuluan
•   Pembahagian mesin bubut
mampu memahami dan menjelaskan tentang apron, struktur penumpu
13
Ulir
•   Jenis eretan
•   Arah gerakan
mampu memahami dan menjelaskan tentang Eretan
14
Type lurus
•   Spur gear
•   References
mampu memahami dan menjelaskan tentang Roda gigi
Tingkat pembelajaran IABEE SO (ABET SO learning level) – L(low), M(medium), H(high)
SO
Deskripsi
Description
Level
1,2
[2].  Mampu mendeskripsikan rancangan dalam bentuk gambar teknik menggunakan perangkat lunak CAD sesuai dengan ketentuan/standarisasi (ISO, SNI, dll.); dan merancang buku manual pengoperasian dan perawatan.
[2].  Able to describe the design in accordance with the standardization (ISO, SNI, etc.); and also manuals operation and maintenance.
K,P,T
0,2
[4].  Mampu merancang suatu proses kerekayasaan dengan menerapkan prinsip perancangan sistem mekanik dari berbagai aplikasi Industri dengan memperhatikan unsur keselamatan, kehandalan, kemudahan serta faktor faktor ekonomi, sosiokultur dan lingkungan.
[4].  Able to design a engineering process by applying the principles of designing mechanical systems from various Industri applications with attention to the element of safety, reliability, convenience and economic factors, sociocultural and environment.
T,S,E
0,6
[5].  Mampu merencanakan dan mendesain proses pengukuran yang presisi dan akurat dalam menyelesaikan masalah keteknikan secara bertanggung jawab dan beretika.
 [5]. Able to plan and design precise and accurate measurement process in solving engineering problems with full a responsible and ethical manner.
T,S,E
[10].     Mampu menerapkan kerekayasaan teknik mesin dan melakukan penelitian dibawah bimbingan dengan memakai kaedah-kaedah ilmiah dan menghasilkan karya ilmiah, melibatkan proses pembelajaran sepanjang hayat terhadap pengetahuan kekinian yang relevan.
[10].   Able to apply mechanical engineering and conduct research under guidance by using scientific methods and producing scientific papers, involve a lifelong learning process to the relevant contemporary knowledge.
K,P,T,A
K – (Knowledge) Pengetahuan
P – Pemahaman
T – Terapan(Aplikasi)
A – Analisa
S – Perpaduan (Sintesa)
E – Evaluasi

 

 

STATISTIK DAN PROBABILITAS

Program Studi (Study Program)
Teknik Mesin (Mechanical Engineering)
Fakultas / Sekolah (Faculty / School)
Fakultas Teknik (Engineering Faculty)
Kode Kuliah (Course Number)
RTM 3103
Nama Kuliah (Course Title)
Statistik dan Probabilitas
Beban Kuliah (Course Load)
2 sks / 2 crs.
Sifat Kuliah (Wajib / Pilihan)
Course Type (Mandatory / Elective)
Pilihan Wajib Prodi
(Selection Program-Mandatory)
Prasyarat (Prerequisites)
Syarat Pengambilan Bersama (CoRequisites)
Referensi Utama (Primary References)
–     J.Supranto,”Statistik Teori dan Aplikasi”,Jilid Dua Edisi Keenam, Penerbit Erlangga, 2001
–     Hald,”Statistic Theory and Application”,Mc-Graw Hill 1988
–     Schum Series,”Statistic”,1990
Bahan Pelengkap (Supplemental Material)
Semester Posisi Kuliah (Course Semester)
7
Koordinator Matakuliah (Course Coordinator)
Dosen Pengampu (Course Instructor)
Andianto Pintoro, ST. MT
Beban Kerja Kuliah dalam Jam Per Minggu (Course Load in Hours Per Week)
–    Tatap muka kelas (classroom sessions): 2
–    Responsi / tutorial (tutorials): 3
–    Belajar mandiri (independent study): 4
Deskripsi Matakuliah Sesuai Katalog (Course Description In Catalog)
Mata Kulah Statistik dan Probabilitas membahas tentang arti dan ruang lingkup statistik, kegunaan statistik inferens dalam penelitian, distribusi frekuensi, pengukuran statistik sampel, permutasi dan kombinasi, teori probabilita, distribusi binomial,distribusi poisson, distribusi normal, estimasi secara statistik, pengujian hipotesis dan regresi dan korelasi serta metode non parametrik
Tujuan Instruksional Umum (Course Objectives)
Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswaDepartemen Teknik Mesin semester 1 (satu) diharapkan mampu menyusun/merancang suatu proses pengukuran teknik yang benar berdasarkan pertimbangan umum dan metodemetode dasar dalam ilmu metrologi teknik, kalibrasi, hubungan selaras sederhana dan respon amplitudo.
Luaran-Luaran Pembelajaran Matakuliah
(Course Learning Outcomes)
IABEE SO
Assessment
1.
2.
3.
4.
5.

Rencana Perkuliahan Mingguan (Weekly Course Plan)

Pertemuan  Ke-
(Week No.)
Topik (Topics)
LPK (CLO)1
Sub-topik / indikator kinerja (Subtopics / performance indicators)
Tugas-tugas (Assignments)
1
Konsep dan Ruang Lingkup Statistik pada bidang teknik dan aplikasinya
•   Konsep dan ruang lingkup statisti pada bidang teknik.
•   Metode pengolahan data dan penyajian data.
•   Notasi penjumlahan.
Setelah mengikuti perkuliahan dengan pokok bahasan konsep dan ruang lingkup statistic, mahasiswa dapat memahami kegunaan statistik di bidang penelitiandan metode pengolahan serta penyajian data
2
Distribusi Frekuensi
•   Distribusi frekuensi meliputi distribusi frekuensi numerik dan kategorikal,
distribusi frekuensi absolut & relatif, distribusi frekuensi satuan dan kumulatif .
 Setelah mengikuti kuliah dengan pokok bahasan distribusi frekuensi mahasiswa dapat menyusun data statistik ke dalam distribusi frekuensi.
3
Ukuran Pemusatan Data
•   Ukuran pemusatan data meliputi rata-rata (hitung, ukur, harmonis), median
modus dan ukuran letak data.
Setelah mengikuti kuliah dengan pokok bahasan ukuran pemusatan data mahasiswa
dapat melakukan dan menentukan nilai-nilai ukuran pemusatan data statistik.
4
Dispersi Data
•   Dispersi data meliputirange, simpangan rata-rata, variansi dan standar deviasi.
Setelah mengikuti kuliah dengan pokok bahasan Dispersi Data mahasiswa dapat
melakukan perhitungan tendensi sentral dan pengukuran dispersi dari data statistic
5
QUIZ
6
Dispersi Data (lanjutan…)
•   Dispersi data (lanjutan) meliputi deviasi quartil, koefisien variansi, kemiringan
kurva distribusi data,
keruncingan kurvadistribusi data.
Setelah mengikuti kuliah dengan pokok bahasan Dispersi Data mahasiswa dapat
melakukan perhitungan tendensi sentral dan pengukuran dispersi dari data statistik.
7
Permutasi dan Kombinasi
•   Permutasi dan Kombinasi meliputi pengertian Permutasi dan Kombinasi
Setelah mengikuti kuliah dengan pokok bahasan permutasi dan kombinasi diharapkan
mahasiswa mampu melakukan analisa untuk memilih berbagai kemungkinan sampel
dari suatu populasi tertentu.
8
Teori Probabilitas
•   Pengertian dan sejarah probabilitas
•   Perumusan Probabilitas
•   Ruang sampel
•   Probabilita Bersyarat
•   Probabilita Marginal dan Rumus Bayes
Setelah mengikuti kuliah dengan pokok bahasan teori probabilita diharapkan mahasiswa mampu melakukan analisis besar kecilnya peluang suatu peristiwa yang dapat digunakan sebagai dasar pengambilan keputusan.
9
Distribusi Teoritis
•   Distribusi Binomial
•   Distribusi Poisson
•   Distribusi Normal
Setelah mengikuti kuliah dengan pokok bahasan distribusi teoritis mahasiswa
diharapkan memahami ciri-ciri distribusi yang digunakan untuk menentukan besarnya
nilai probabilita terjadinya suatu peristiwa..
10
Distribusi Teoritis (lanjutan..)
•   Distribusi Chi Kuadrat
•   Distribusi T
Setelah mengikuti kuliah dengan pokok bahasan distribusi teoritis mahasiswa
diharapkan memahami ciri-ciri distribusi yang digunakan untuk menentukan besarnya
nilai probabilita terjadinya suatu peristiwa..
11
Perkiraan/estimasi secara statistik
•   Estimasi titik distribusi parameter
•   Estimasi interval
•   Besaran sampel dan ketelitian estimasi
Setelah mengikuti kuliah dengan pokok bahasan perkiraan/estimasi secara statistik
diharapkan mahasiswa mampu melakukan estimasi besarnya nilai parameter populasi
menggunakann data kuantitatif..
12
UJIAN TENGAH SEMESTER
13
Pengujian Hipotesis
•   Arti hipotesis
•   Perumusan Hipotesis
•   Uji hipotesis rerata
•   Uji hipotesis variance
•   Uji independensi suatu fungsi
•   Uji kecocokan suatu fungsi
Setelah mengikuti kuliah dengan pokok bahasanpengujian hipotesismahasiswa dapat melakukan pengujian berbagai proposisi yang akan digunakan untuk dasar pembuatan keputusan.
14
Regresi dan Korelasi
•   Estimasi dan pengujian koefisien regresi
•   Estimasi parameter A, B dan variance
•   Uji hipotesis koefisien regresi dengan analisis
•   Variance.
•   Estimasi dan uji hipotesis koefisien korelasi
Setelah mengikuti kuliah dengan pokok bahasan regresi dan korelasi mahasiswa mampu menyusun persamaan regresi dan melakukan analisis hubungan antara dua variable dengan menggunakan koefisien korelasi
Tingkat pembelajaran IABEE SO (ABET SO learning level) – L(low), M(medium), H(high)
SO
Deskripsi
Description
Level
  1
[4].  Mampu merancang suatu proses kerekayasaan dengan menerapkan prinsip perancangan sistem mekanik dari berbagai aplikasi Industri dengan memperhatikan unsur keselamatan, kehandalan, kemudahan serta faktor faktor ekonomi, sosiokultur dan lingkungan.
[4].  Able to design a engineering process by applying the principles of designing mechanical systems from various Industri applications with attention to the element of safety, reliability, convenience and economic factors, sociocultural and environment.
T,S,E
0,6
[7].  Mampu bekerja sama dalam tim dan memberikan solusi masalah dalam lintas bidang keteknikan dengan memperhatikan faktor-faktor ekonomi, kesehatan dan keselamatan publik, etika dan lingkungan.
[7].  Able to provide solution in cross-engineering field with attention to economic, public health and safety factors, ethics and environmental consideration.
T,A,S
0,4
[10].     Mampu menerapkan kerekayasaan teknik mesin dan melakukan penelitian dibawah bimbingan dengan memakai kaedah-kaedah ilmiah dan menghasilkan karya ilmiah, melibatkan proses pembelajaran sepanjang hayat terhadap pengetahuan kekinian yang relevan.
[10].     Able to apply mechanical engineering and conduct research under guidance by using scientific methods and producing scientific papers, involve a lifelong learning process to the relevant contemporary knowledge.
K,P,T,A
K – (Knowledge) Pengetahuan
P – Pemahaman
T – Terapan(Aplikasi)
A – Analisa
S – Perpaduan (Sintesa)
E – Evaluasi

 

 

TEKNIK TENAGA LISTRIK

Program Studi (Study Program)
Teknik Mesin (Mechanical Engineering)
Fakultas / Sekolah (Faculty / School)
Fakultas Teknik (Engineering Faculty)
Kode Kuliah (Course Number)
RTM 3107
Nama Kuliah (Course Title)
Teknik Tenaga Listrik
Beban Kuliah (Course Load)
2 sks / 2 crs.
Sifat Kuliah (Wajib / Pilihan)
Course Type (Mandatory / Elective)
Pilihan Wajib Prodi
(Selection Program-Mandatory)
Prasyarat (Prerequisites)
Syarat Pengambilan Bersama (CoRequisites)
Referensi Utama (Primary References)
–      Fitzgerald, et al, Basic Electric Engineering, McGraw-Hill, 1985.
 –     Fitzgerald, Electric Machinery and Transfor-mers, Prentice Hall, 1972
Bahan Pelengkap (Supplemental Material)
Semester Posisi Kuliah (Course Semester)
5
Koordinator Matakuliah (Course Coordinator)
Dosen Pengampu (Course Instructor)
–          Ir. Arman Sani
–          Ir. Eddy Warman, MT
Beban Kerja Kuliah dalam Jam Per Minggu (Course Load in Hours Per Week)
–    Tatap muka kelas (classroom sessions): 2
–    Responsi / tutorial (tutorials): 3
–    Belajar mandiri (independent study): 4
Deskripsi Matakuliah Sesuai Katalog (Course Description In Catalog)
Mata kuliah ini mengkaji tentang prinsip kelistrikan, motor dan altenator, hubungan star-delta, kerusakan listrik, factor daya, arus AC-DC, single phasa dan 3 phasa dan hubungan daya keluar dan daya masuk motor / generator.
Tujuan Instruksional Umum (Course Objectives)
Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa diharapkan dapat memahami karakteristik mesin listrik, cara penghubungan meter listrik ke sumber listrik serta ke sumber listrik generator.
Luaran-Luaran Pembelajaran Matakuliah
(Course Learning Outcomes)
IABEE SO
Assessment
1.
2.
3.
4.
5.

Rencana Perkuliahan Mingguan (Weekly Course Plan)

Minggu Ke-
(Week No.)
Topik (Topics)
LPK (CLO)1
Sub-topik / indikator kinerja (Subtopics / performance indicators)
Tugas-tugas (Assignments)
1-2
Prinsip kelistrikan
•   Pendahuluan
•   Prinsip kelistrikan
•   Motor dan altenator arus searah (DC)
mampu memahami mengenai prinsif kelistrikan
3-4
Motor dan altenator
•   Motor dan altenator arus bolak-balik (AC)
•   Transformator
 mampu memahami mengenai motor dan altenator
5-6
Hubungan star-Delta
•   Cara-cara / jenis-jenis hubungan hubungan Star-Delta dan Trouble-Shooting.
mampu memahami mengenai hubungan star-delta.
7-8
Kerusakan-kerusakan listrik
•   Kerusakan listrik pada mesin-mesin yang digerakan listrik
mampu memahami mengenai kerusakan-kerusakan listrik
9-10
Faktor daya
•   Faktor daya, daya semu, daya aktif dan daya reaktif
mampu memahami mengenai factor daya
11-12
Arus AC-DC
•   Perubahan arus AC ke DC dan sebaliknya
mampu memahami mengenai arus AC-DC
13-14
Single phasa dan 3 phasa
•   Perhitungan daya pada phasa tunggal dan phasa tiga
mampu memahami mengenai single phasa dan 3 phasa
15-16
Hubungan daya keluaran dan daya masukan motor / generator
•   Hubungan daya keluaran dan daya masukan motor
•   Generator listrik , Faktor daya, putaran dan jumlah katub generator
mampu memahami mengenai hubungan daya keluaran dan daya masukan motor / generator
Tingkat pembelajaran IABEE SO (ABET SO learning level) – L(low), M(medium), H(high)
SO
Deskripsi
Description
Level
0,8
[4].  Mampu merancang suatu proses kerekayasaan dengan menerapkan prinsip perancangan sistem mekanik dari berbagai aplikasi Industri dengan memperhatikan unsur keselamatan, kehandalan, kemudahan serta faktor faktor ekonomi, sosiokultur dan lingkungan.
 [4]. Able to design a engineering process by applying the principles of designing mechanical systems from various Industri applications with attention to the element of safety, reliability, convenience and economic factors, sociocultural and environment.
T,S,E
1,2
[7].  Mampu bekerja sama dalam tim dan memberikan solusi masalah dalam lintas bidang keteknikan dengan memperhatikan faktor-faktor ekonomi, kesehatan dan keselamatan publik, etika dan lingkungan
[7].  Able to provide solution in cross-engineering field with attention to economic, public health and safety factors, ethics and environmental consideration.
T,A,S
K – (Knowledge) Pengetahuan
P – Pemahaman
T – Terapan(Aplikasi)
A – Analisa
S – Perpaduan (Sintesa)
E – Evaluasi