PROGRAM STUDI SARJANA
TEKNIK MESIN - FAKULTAS TEKNIK
UNIVERSITAS SUMATERA UTARA
Gedung J17 Jl. Almamater Kampus USU Medan 2015
mesin.usu.ac.id
RTM3204 MEKATRONIKA
2 SKS
Wajib
Program Studi
Teknik Mesin
Fakultas
Fakultas Teknik
Referensi Utama
Bahan Pelengkap
Koordinator Mata Kuliah
Dosen Pengampu
-
Dr.Ir.M. Sabri, MT
Beban kerja Kuliah dalam Jam Per Minggu
Tatap muka kelas (2 jam)
Responsi / tutorial (3 jam)
Belajar Mandiri (4 jam)
Deskripsi Mata Kuliah Sesuai Katalog
Mata kuliah ini menjelaskan dasar perangkat semikonduktor, Penyearah arus, Operational Amplifier, Sistem bilangan, Aljabar Boolean, Sistem analog dan digital. Konversi data, Perangkat keras logika. Prosesor mikro. Programmable logic controller. Sensor (Tachometer, pot., encoders.Infrared, Ultrasonic, Acc’s). Simbol rangkaian kendali pneumatic, hidrolik, elektro-pneumatik, elektro-hidrolik. Pengaturan motor pnemuatik, hidrolik dan listrik. Teknik dan perangkat kendali motor step dan motor DC. Pemodelan sistem mekanik sederhana. Simulasi sistem mekanik. Perancangan sistem kendali untuk sistem mekanik.
Tujuan Instruksional Umum
Setelah menyelesaikan mata kuliah ini (pada akhir semester) maka diharapkan mahasiswa dapat mengerti dan merancang suatu sistem pengaturan yang sederhana baik menggunakan pneumaik, hidrolik dan listrik.
No. | Luaran-Luaran Pembelajaran Mata Kuliah | IABEE SO | Assessment |
---|---|---|---|
1. | - | ||
2. | - | ||
3. | - | ||
4. | - | ||
5. | - |
Minggu Ke-(Week No.) |
Topik (Topics) |
LPK (CLO)1
|
Sub-topik / indikator kinerja (Subtopics / performance
|
Tugas-tugas (Assignments) |
1,2 |
Semikonduktor• Dasar-dasar Semikonduktor• Dioda• Penyearah Arus• Operational Amplifier |
Dapat memahami tentang semikonduktor |
||
3 |
Sistem Bilangan• Sistem Bilangan• Aljabar Boolean |
Dapat memahami sistem bilangan dan operasinya |
||
4 |
Sistem Analog dan Digital• Sistem Analog & Digital• Konversi Data• Perangkat Keras Logika• Prosessor Mikro |
Dapat memahami tentang sistem analog dan digital |
||
5, 6 |
Progammable Logic Controller• Progammable Logic Controller• Ladder Diagram• Lambang-lambang Umum• Studi Kasus |
Dapat memahami tentang progammable Logic Controller |
||
7 |
Sensor• Tachometer• Pot, Encoder• Infra Merah• Ultrasonik• Acc’s |
Dapat memahami tentang Sensor |
||
8 |
Sistem Pneumatik• Simbol Rangkaian Pneumatik dan Elektro-pneumatik• Perangkat kendali Pneumatik• Sistem pengaturan motor pneumatik |
Dapat memahami tentang sistem pneumatik |
||
9 |
Sistem Hidrolik• Simbol Rangkaian Hidrolik dan Elektro- Hidrolik• Perangkat kendali Hidrolik• Sistem pengaturan motor Hidrolik |
Dapat memahami tentang sistem Hidrolik |
||
10 |
Sistem Listrik• Sistem pengaturan motor listrik, motor step dan DC. |
Dapat memahami tentang sistem listrik |
- |
|
11,12 |
Sistem Mekanik• Pemodelan sistem mekanik sederhana• Simulasi sistem mekanik• Perancangan Sistem Kendali untuk sistem mekanik |
Dapat memahami tentang sistem mekanik |
Tingkat pembelajaran IABEE SO (ABET SO learning level) - L(low),
|
|||
SO |
Deskripsi |
Description |
Level |
0,6 |
[3]. Mampu merancang dan merekayasa kontruksi mesin dengan
|
[3]. Able to design machinery construction by applying the
|
T,A,S |
0,8 |
[4]. Mampu merancang suatu proses kerekayasaan dengan menerapkan
|
[4]. Able to design a engineering process by applying the principles
|
T,S,E |
0,6 |
[6]. Mampu memilih sumberdaya dan memanfaatkan perangkat
|
[6]. Capable of selecting resources and utilizing computational
|
T,A,S |
- K - (Knowledge) Pengetahuan
- P - Pemahaman
- T - Terapan(Aplikasi)
- A - Analisa
- S - Perpaduan (Sintesa)
- E - Evaluasi
RTM3202 METODOLOGI PENELITIAN
2 SKS
Wajib
Program Studi
Teknik Mesin
Fakultas
Fakultas Teknik
Referensi Utama
Bahan Pelengkap
Koordinator Mata Kuliah
Dosen Pengampu
Beban kerja Kuliah dalam Jam Per Minggu
Tatap muka kelas (2 jam)
Responsi / tutorial (3 jam)
Belajar Mandiri (4 jam)
Deskripsi Mata Kuliah Sesuai Katalog
Mata kuliah ini menyajikan relevansi metodologi penelitian bagi para mahasiswa di perguruan tinggi yang terutama dalam pencarian teori, pengujian teori maupun pemecahan masalah.
Tujuan Instruksional Umum
Setelah mengikuti kuliah ini mahasiswa akan mempunyai kemampuan, keterampilan dan sikap yang bertumbuh dalam hal melaksanakan penelitian melalui metode ilmiah yang dibangun diatas teori tertentu, terutama dalam bidang-bidang teknik.
No. | Luaran-Luaran Pembelajaran Mata Kuliah | IABEE SO | Assessment |
---|---|---|---|
1. | - | ||
2. | - | ||
3. | - | ||
4. | - | ||
5. | - |
Minggu Ke-(Week No.) |
Topik (Topics) |
LPK (CLO)1
|
Sub-topik / indikator kinerja (Subtopics / performance
|
Tugas-tugas (Assignments) |
1. |
Relevansi metode penelitianbagi mahasiswa di perguruantinggi dalam menyosongperkembangan ilmu danteknologi• Hasrat ingin tahu• Pendekatan ilmiah dan nonilmiah• Tugas-tugas Penelitian dancontoh-contoh umum. |
Memperkenalkan kepada mahasiswa,bahwa ilmu dan teknologi selalu berkem-bang dan mahasiswa harus meningkatkankemempuannya. |
||
2-3 |
Berbagai metode dan macam-macam penelitian• Orientasi dalam metodepenelitian• Metode dan rancanganPenelitian |
Memperkenalkan bahan ilmu pengetahuanbersifat multidimensional. |
||
4-5 |
Rancangan Exprerimental• Rancangan pra-exprerimental• Rancangan Exprimentalsungguhan• Peluasan rancangan faktorial |
Pengenalan terhadap mahasiswa bahwapenelitian expremental paling mantapuntuk teknik mesin |
||
6-7 |
Proses Penelitian• Identifikasi dan perumusanmasalah• Perumusan Hipotesa |
Pengenalan langkah-langkah penelitiansejak awal sampai dengan akhir |
||
8-9 |
Proses Penelitian• Klasifikasi Variabel• Operasional variable• Pengambilan Data danpenyiapan peralatan-peralatan |
Pengenalan langkah-langkah penelitiansejak awal sampai dengan akhir |
||
10-11 |
Proses Penelitian• Rancangan penelitian• Penentuan sampel danpengumpulan data exprimen• Pengolahan data dan analisa• Peranan Statistik. |
Pengenalan langkah-langkah penelitiansejak awal sampai dengan akhir |
||
12-13 |
Penyusuanan laporan• Bagian Awal• Bagian Data• Bagian Akhir |
Pengenalan cara penyusunan laporanagar ilmuan lain dapat memahami,
|
Tingkat pembelajaran IABEE SO (ABET SO learning level) - L(low),
|
|||
SO |
Deskripsi |
Description |
Level |
0,2 |
[6]. Mampu memilih sumberdaya dan memanfaatkan perangkat
|
[6]. Capable of selecting resources and utilizing computational
|
T,A,S |
0,4 |
[7]. Mampu bekerja sama dalam tim dan memberikan solusi masalah dalam
|
[7]. Able to provide solution in cross-engineering field with
|
T,A,S |
1,2 |
[8]. Mampu menulis proposal untuk penawaran dan laporan Proyek
|
[8]. Able to write proposals for bidding and Project reports relating
|
P,T,A |
0,2 |
[10]. Mampu menerapkan kerekayasaan teknik mesin dan melakukan
|
[10]. Able to apply mechanical engineering and conduct research
|
K,P,T,A |
- K - (Knowledge) Pengetahuan
- P - Pemahaman
- T - Terapan(Aplikasi)
- A - Analisa
- S - Perpaduan (Sintesa)
- E - Evaluasi
RTM3207P PRAKTIKUM FENOMENA DASAR
2 SKS
Wajib
Program Studi
Teknik Mesin
Fakultas
Fakultas Teknik
Referensi Utama
Bahan Pelengkap
Koordinator Mata Kuliah
Dosen Pengampu
Beban kerja Kuliah dalam Jam Per Minggu
Tatap muka kelas (2 jam)
Responsi / tutorial (3 jam)
Belajar Mandiri (4 jam)
Deskripsi Mata Kuliah Sesuai Katalog
Mata kuliah praktikum ini mengkaji bagaimana melakukan pengujian yang meliputi : Percobaan tarik, percobaan torsi, percobaan defleksi, percobaan impact, dan pecobaan getaran mekanis untuk mengetahui dari pada kekuatan material yang diuji.
Tujuan Instruksional Umum
Setelah mengikuti praktikum ini mahasiswa diharapkan dapat memahami dan mampu melakukan pengujian, menganalisa, membuat grafik dan kesimpulan.
No. | Luaran-Luaran Pembelajaran Mata Kuliah | IABEE SO | Assessment |
---|---|---|---|
1. | - | ||
2. | - | ||
3. | - | ||
4. | - | ||
5. | - |
Minggu Ke-(Week No.) |
Topik (Topics) |
LPK (CLO)1
|
Sub-topik / indikator kinerja (Subtopics / performance
|
Tugas-tugas (Assignments) |
1-2-3 |
Percobaan tarik• Percobaan/ Pengujian tensile (tarik)• Colecting data• Analisa data• Tabulasi data• Membuat grafik dan kesimpulan |
mampu memahami dan mampu melakukan pengujian,menganalisa membuat
|
||
4-5-6 |
Percobaan torsi• Percobaan/ Pengujian torsi• Colecting data• Analisa data• Tabulasi data• Membuat grafik dan kesimpulan |
mampu memahami dan mampu melakukan pengujian,menganalisa membuat
|
||
7-8-9 |
Percobaan defleksi• Percobaan/ Pengujian defleksi• Colecting data• Analisa data• Tabulasi data• Membuat grafik dan kesimpulan |
mampu memahami dan dan mampu melakukan pengujian,menganalisa membuat
|
||
10-11-12 |
Percobaan impact• Percobaan/ Pengujian impact• Colecting data• Analisa data• Tabulasi data• Membuat grafik dan kesimpulan |
mampu memahami dan dan mampu melakukan pengujian,menganalisa membuat
|
||
13-14-15 |
Percobaan getaran mekanis• Percobaan/ Pengujian getaran mekanis• Colecting data• Analisa data• Tabulasi data• Membuat grafik dan kesimpulan |
mampu memahami dan dan mampu melakukan pengujian,menganalisa membuat
|
Tingkat pembelajaran IABEE SO (ABET SO learning level) - L(low),
|
|||
SO |
Deskripsi |
Description |
Level |
0,4 |
[2]. Mampu mendeskripsikan rancangan dalam bentuk gambar teknik
|
[2]. Able to describe the design in accordance with the
|
K,P,T |
0,6 |
[4]. Mampu merancang suatu proses kerekayasaan dengan menerapkan
|
[4]. Able to design a engineering process by applying the principles
|
T,S,E |
0,2 |
[5]. Mampu merencanakan dan mendesain proses pengukuran yang presisi
|
[5]. Able to plan and design precise and accurate measurement
|
T,S,E |
0,2 |
[8]. Mampu mendeskripsikan rancangan dalam bentuk gambar teknik
|
[8]. Able to write proposals for bidding and Project reports
|
P,T,A |
0,6 |
[9]. Mampu mendeskripsikan rancangan dalam bentuk gambar teknik
|
[9]. Able to identify, formulate and analyse engineering problems
|
A,S,E |
- K - (Knowledge) Pengetahuan
- P - Pemahaman
- T - Terapan(Aplikasi)
- A - Analisa
- S - Perpaduan (Sintesa)
- E - Evaluasi